Erdogan Bangun Masjid Terbesar di Turki dengan Gaya Arsitektur Ottoman


masjid camlika turki
Islamedia Pemerintah Turki dibawah kepemimpinan Erdogan mendirikan sebuah Masjid terbesar di Turki bernama Camlica. Masjid Camlika dibangun diatas lahan seluas 15.000 meter persegi di bukit tertinggi Istanbul.

Pembangunan konstruksi dimulai pada 2013 dan ditandai sebagai salah satu megaproyek Presiden Recep Tayyip Erdogan. Masjid ini mampu menampung 60.000 jamaah.

Masjid ini dirancang oleh dua arsitek perempuan, Bahar Mizrak dan Hayriye Gul Totu, dengan biaya konstruksi sebesar $ 66,5 juta, demikian menurut surat kabar Daily Sabah.

Dibangun dalam gaya arsitektur Ottoman-Seljuk, masjid ini dapat dengan mudah dilihat dari setiap sudut kota.

Masjid memiliki enam menara - dua di antaranya lebih dari 100 meter - dan kubah utama setinggi 72 meter. Di atas kubah ada ornamen masjid (finial) terbesar di dunia - yang panjangnya 7,77 m dan berat sekitar 4 ton.

Karpet sebesar 17.000 meter persegi yang digulirkan di masjid adalah karpet rajutan tangan yang dirancang khusus.

Masjid Çamlıca juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk museum, galeri seni, perpustakaan umum, ruang konfrensi serta area parkir underground. Lebih menariknya lagi masjid yang sebegini megah dirancang oleh dua arsitek perempuan yakni Bahar Mızrak dan Hayriye Gül Totu, dan proyek pembangunannya menghabiskan dana sebesar TL 150 juta Lira Turki atau setara dengan ($66.5 juta dolar). 

Pembangunan masjid ini tidak saja sebagai tempat ibadah, namun juga bagian dari upaya pemerintah Turki untuk menunjukkan keagungan Negara itu kepada dunia terutama kekuatan ekonomi dibawah pimpinan presiden Erdogan.

Berikut ini foto suasana keindahan Masjid Camlika yang dibuka secara resmi pada 7 Maret 2019.














Berikut ini video liputan Masjid Camlika yang dilakukan TRT World
https://www.youtube.com/watch?v=keDugd-2WnI



[islamedia].


Baca Ini Juga ...: