Catatan Perjalanan Saudaraku

Islam edia - Ini adalah catatan perjalanan seorang da'i untuk dibagi kepada rekan kerjanya di jalan dakwah. Tentang Semangat yang ...

Islamedia - Ini adalah catatan perjalanan seorang da'i untuk dibagi kepada rekan kerjanya di jalan dakwah.

Tentang Semangat yang Kuat

Pemain sepakbola itu meringis kesakitan, sambil menutupi mukanya dia menahan sakit yang sangat karena kaki kanannya retak setelah diganjal keras oleh pemain lawan. Setelah beberapa hari menjalani perawatan, ia ditanya oleh seorang wartawan sebuah televisi, “Apa yang akan anda lakukan sekarang ?” Ia menjawab, “Saya ingin cepat sembuh dan kembali bermain sepakbola, dan menjadi yang terbaik”. Sungguh sebuah jawaban yang sangat mengejutkan mengingat ia masih menjalani perawatan, kakinya pun masih dibalut gips dan dokter belum memberikan kepastian apakah ia dapat sembuh normal kembali atau tidak, tetapi tidak sedikitpun terlihat penyesalan di wajahnya bahkan yang terlihat adalah semangat yang menyala-nyala untuk kembali ke lapangan hijau.

Begitulah seharusnya semangat yang dimiliki oleh seorang kader dakwah, semangat yang kuat bagaikan sebuah pohon yang akarnya menghujam ke dalam tanah, tidak tergoyahkan oleh angin kencang, atau tsunami sekalipun, dalam keadaan bagaimanapun seorang kader dakwah akan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai cita-citanya walaupun kondisinya sedang lemah atau sulit. Allah SWT berfirman  “Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui (Q.S At-Taubah : 41)”

Sungguh indah firman Allah diatas, kita diberikan pilhan dalam jalan dakwah ini menuju jalan yang lebih baik.

Pertama berjihad dengan segala apa yang kita miliki baik itu kemampuan materi ataupun kemampuan jasmani

Kedua jalan yang diambil oleh orang-orang munafik ketika terjadi peperangan tabuk, dengan berbagai alasan berusaha untuk tidak mengikuti peperangan  “Di antara mereka ada orang yang berkata: "Berilah saya keizinan (tidak pergi berperang) dan janganlah kamu menjadikan saya terjerumus dalam fitnah." Ketahuilah bahwa mereka telah terjerumus ke dalam fitnah. Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar meliputi orang-orang yang kafir . (Q.S At-Taubah : 49) ”.

Rugi rasanya bila jalan yang kedua yang kita ikuti, sungguh kita akan rugi bila hanya diam melihat sementara saudara, sahabat atau teman kita berlomba-lomba dalam kebaikan, berjihad dalam dakwah, berlari mengejar amal menuju satu tujuan dakwah ilallah.

Mari kita awali catatan ini dengan azzam untuk memiliki semangat yang kuat menuju jalan Allah.

Tentang Kebersamaan

“Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh “ sebuah semboyan dari orang tua kita tentang persatuan dan kebersamaan, tentang saling menghargai, saling menghormati, yang lebih tua menghargai yang lebih muda, yang muda menghormati yang lebih tua.

Didalam mengarungi jalan dakwah seorang kader harus mempunyai jiwa kebersamaan, mau menerima pendapat walaupun pendapat itu merupakan kritikan terhadapnya atau pendapat itu berasal dari orang yang  lebih muda darinya. Begitulah seorang kader selalu berusaha melakukan apa saja demi untuk menjaga kebersamaan, bukankah Allah menyukai amal yang dikerjakan bersama-sama ?, seperti firmannya “Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh. (Q.S Ash Shaff : 4)”

Ketika catatan ini berjalan di jalan dakwah, ia menulis banyak sekali perilaku yang dimiliki para kader dakwah. Ada kader  yang tidak senang apabila ada orang yang bukan kelompoknya ikut-ikut-an berdakwah, ada kaum tua yang tidak mau mendengar pendapat dari kaum muda, ada yang malas bergerak, ada yang nyaman dengan kesendiriannya, ada yang tidak patuh dengan hasil keputusan bersama  atau menganggap tidak perlu ada keputusan bersama dan masih banyak lagi perilaku kader yang lainnya, apakah hanya perilaku negatif saja yang dimiliki oleh para kader ?, tentu tidak, banyak sekali atau mungkin sangat banyak perilaku positif yang dimilki para kader dakwah ini, mungkin jauh lebih sedikit dan hanya sebagian kecil saja kader yang berperilaku negatif , tetapi dari sebagian kecil itu, terasa cukup besar pegaruhnya untuk menjadi rintangan jalan dakwah yang akan kita lalui, bagai pohon tumbang yang melintang, menghalangi setiap orang yang akan lewat, di pohon tersebut ada dahan keegoisan, ketidak percayaan, kekecewaan, kesewenangan, kemalasan, sakit hati, ketidak teraturan, padahal di pohon tersebut masih banyak terdapat dahan.

Umat ini pernah merasakan akibat tidak ada nya kebersamaan, saat ada kecurigaan, ketidaksabaran, akibatnya kemenangan yang akan dicapai musnah digantikan kekalahan yang menyakitkan, itulah kisah perang Uhud sebagai bukti dari shaff yang berantakan. Untuk itu diperlukan aqidah yang kuat, ukhuwah dan pemahaman yang mendalam tentang fikrah islam maka kesatuan dan kekokohan shaff, kebersamaan dalam berjuang akan kita rasakan bersama.

Kader dakwah tidak mempunyai standar ganda dalam perkataan dan sikapnya, karena standar ganda akan menggagalkan perjuangan dan merusak barisan dakwah, lihat lah peristiwa sebelum peperangan Uhud, saat Rasulullah cenderung menghendaki peperangan dilakukan di madinah, dan hal tersebut disetujui oleh sebagian sahabat, namun mayoritas sahabat cenderung menginginkan peperangan dilakukan di luar madinah dan kebanyak dari sahabat itu adalah para pemuda yang belum ikut perang badar, Rasulullah pun akhirnya mengikuti pendapat mayoritas  dan langsung memimpin perang tersebut. Sungguh sebuah kejujuran yang luar biasa dari Rasul dan sahabatnya yang tidak mengedepankan ego-nya atau kekuasaanya, Beliau menghargai hasil keputusan bersama, mau mendengar pendapat orang lain walaupun mereka masih muda dan belum berpengalaman. Sikap seperti ini lah yang harus menjadi prinsip bagi kader dan pemimpin dakwah ketika berjalan di jalan dakwah.

Kader dakwah harus menjadi bagian dari sebuah bangunan yang tersusun kokoh yang tidak mudah hancur ketika badai menerjang, menjadi bagian dari barisan yang teratur, yang akan menggentarkan setiap musuh yang melihat, membuat ciut nyali siapa saja yang akan menghadang.

Begitulah seharusnya, ada kebersamaan di jalan dakwah.

Tentang Seruan

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar merekalah orang-orang yang beruntung. (Q.S Ali Imran : 104)“
Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah). (Q.S Al-Baqarah:269)
Sekiranya bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu, tentulah segolongan dari mereka berkeinginan keras untuk menyesatkanmu. Tetapi mereka tidak menyesatkan melainkan dirinya sendiri, dan mereka tidak dapat membahayakanmu sedikitpun kepadamu. Dan (juga karena) Allah telah menurunkan Kitab dan hikmah kepadamu, dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum kamu ketahui. Dan adalah karunia Allah sangat besar atasmu (Q.S An-Nisaa’:113)
"Islam adalah nidzam (aturan) komprehensif yang memuat seluruh dimensi kehidupan. Ia adalah daulah dan tanah air atau pemerintahan dan ummat, ia adalah akhlak dan kekuatan atau rahmat dan keadilan. Ia adalah tsaqafah (wawasan) dan qanun (perundang-undangan ) atau keilmuan dan peradilan, ia adalah materi dan kesejahteraan atau profesi dan kekayaan. Ia adalah jihad dan dakwah atau militer dan fikrah, sebagaimana ia adalah aqidah yang jujur dan ibadah yang benar. (Hasan Al-Bana)"
Sudah menjadi kewajiban kita untuk menyeru manusia kepada Allah, dengan segala daya dan upaya kita. Dalam perjalannannya seruan kita kadang tidak didengar atau hanya dianggap sebagai angin lalu saja. Lantas ketika tidak ada yang mau mendengar seruan kita , kita akan diam ditempat atau bahkan mundur dari kewajiban dawah ini ? seorang kader dakwah tentu tidak akan melakukannya, kader dakwah akan selalu senantiasa berada pada jalan yang diambil oleh Rasul dan para sahabat yaitu jalan dakwah.

Seruan kita harusnya seruan mulia, seruan menuju Allah, bukan seruan yang didalamnya terdapat misi-misi dunia, misi kekuasaan atau misi untuk mendapatkan materi.

Seruan kita adalah seruan dalam rangka ibadah, untuk menegakan kalimat Allah di muka bumi ini, mengajak manusia dari kegelapan menuju terang, meluruskan yang bengkok, menegakan yang rubuh, menyalahkan yang salah dan membenarkan yang benar.

Seruan kita haruslah dengan cara yang baik dan penuh hikmah, penuh kekeluargaan tanpa membedakan kelompok, lingkungan, latar belakang dan tingkatan sosial. Tidak seharusnya seruan kita hanya didengar oleh sebagian orang saja, hanya ditujukan untuk sebagian kelompok saja atau dilingkungan tertentu saja. Sungguh sia-sia seruan ini, bila kita merasa orang yang paling baik, yang paling benar sehingga tidak pantas orang lain untuk duduk sejajar dengan kita, atau berada dalam satu struktur dengan kita.

Sungguh sempit cara berpikir kita bila harus mengasingkan diri dari masyarakat hanya karena khawatir terpengaruh perilaku yang buruk, sementara masyarakat menunggu seruan bukan alergi kita.

Mari kita menyeru dengan beraksi, kita libatkan masyarakat dalam aksi kita, niatkan untuk memperbaiki sebanyak mungkin akhlak masyarakat, jangan niatkan untuk mencari pengikut.

Beginilah seruan kita di masyarakat.


Tentang Pemimpin

Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. (Q.S At-Taubah : 128)
Begitu indahnya kepemimpinan Rasulullah, penuh hormat dan sayang kepada sahabatnya, dan begitu sebaliknya sahabatnya pun hormat dan patuh kepadanya.

Kepatuhan dan rasa sayang para sahabat kepada Rasul bukan lah kepatuhan yang dipaksakan dengan ancaman hukuman, hal itu mengalir begitu saja bagai air yang menguap ke langit yang  akan kembali turun sebagai hujan menjadi satu siklus yang tetap. Rasa sayang dari rasul kepada sahabatnya yang membuat Umar bin Khaththab berkata “Engkau lebih kucintai lebih dari kecintaanku kepada diri dan keluargaku sendiri, ya Rasulullah”

Tak ada rasa takut, yang ada adalah rasa cinta, tak ada penghianatan, yang ada adalah kepatuhan. Mereka akan terus mengamalkan perkataan dan perbuatan Rasul selamanya, diwariskan kepada setiap generasi dari masa ke masa walaupun Rasul telah tiada.

Saat dimana catatan ini berada, tak ada lagi pemimpin seperti Rasulullah, yang ada adalah pemimpin yang berebut kekuasaan dengan berbagai kepentingan, mereka mencari popularitas, mereka investasikan kepopulerannya agar dapat dijual agar bisa membeli kedudukan dalam organisasi yang menguntungkan. Mereka bersaing untuk mendapatkan berbagai macam kepentingan dunia tanpa peduli kondisi sekitarnya.

Organisasi islam mempunyai satu kepentingan yang harusnya dapat meluruskan kepentingan-kepentingan dunia tersebut, organisasi islam mempunyai nilai dakwah yang lebih dari sekedar nilai popularitas atau komersial, kepentingan dakwah ini dasarnya hanya satu, yaitu meraih ridha Allah swt.

Mampukah kita menjadikan tujuan ini sebagai pijakan kita dalam berorganisasi ?, mampukah kita meluruskan kesalahan yang dilakukan oleh pemimpin atau senior kita ?, ya senior kita memang lebih berpengalaman, tapi  ia adalah manusia yang bisa salah juga, yang harus diluruskan, agar kesalahan nya tidak terjadi terus-menerus. Adalah perbuatan yang baik bila kita hormat dan patuh kepada pemimpin kita, tapi bentuk penghormatan itu ada saatnya harus berubah, saat terjadi penyimpangan dari aturan, saatnya tidak lagi kita menurut dan mengikuti apa yang dikatakan oleh pemimpin kita tapi kita meluruskannya secara tegas tapi bersahabat.

Indah ya, organisasi dalam islam, saling menghormati, saling menyayangi, ada kepatuhan tapi bukan taklid, ada kritikan tapi bersahabat, ada kebersamaan bukan kelompok-kelompok, saling melengkapi, saling menutupi kekurangan, menjadi pakaian untuk yang lain, ada pemimpin yang menyayangi, ada anggota yang menghormati, tidak ada kepentingan lain selain mencari ridha Allah swt.

Seorang pemimpin mengerti bahwa amanah yang diembannya tidak akansanggup dipikul sendirian, ia harus memberikan kepercayaan kepada anggotanya untuk membantunya, tapi tidak lantas ia pun berdiam diri dengan memberikan semua tugas kepada anggotanya. Ingat sebuah peristiwa ketika rasul bepergian bersama sahabatnya, pada saat mereka lapar, salah seorang sahabat berkata, “Aku akan menyembelih unta”, yang lainnya mengatakan akan menyiapkan pisau yang tajam, yang seorang lagi mengatakan akan menyiapkan perapian, dan Rasul mengatakan, “Aku akan mencari kayu bakar”, saat itu juga ketiga sahabat ini berkata, “Biarkan kami yang bekerja ya Rasul” dan Rasulpun berkata “Kenapa tidak kalian beri aku kesempatan aku ikut beramal”.

Jangan berharap orang akan patuh dan menghormati kita, bila kita tidak bisa menjadi contoh bagi mereka, bagaimana anggota kita akan hormat bila sebagai pemimpin kita tidak pernah hadir dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh organisasi yang kita pimpin, organisasi islam adalah organisasi jamaah, bukan organisasi individu, disana ada syura yang harus ditaati, ada kerja yang harus dilakukan bersama, bukan ekploitasi toleransi pada pimpinan, bukan juga tuntutan berlebih dari anggota, ada keseimbangan agar semua berjalan pada porsinya masing-masing.

Setiap kita adalah pemimpin, dan setiap kita mempunyai beban amanah. Bagilah beban amanah itu , agar terasa ringan di perjalanan dakwah ini, agar rapi organisasi kita , agar tidak ada agenda yang tertunda, agar mudah pertanggungjawaban kita sebagai pemimpin.

Begitulah Pemimpin yang di impikan.

Verdian F
@namakoeian
Nama

#2019GantiPresiden,5,#cabutpermendikbudno.30,1,#kejahatanseksual,4,#palestina #aqsa #smart171 #aaw #aqsaawarenessweek headline nasional,1,#permen,1,#Permendikbudno.30,1,#seksbebas,4,#zina,1,212mart,1,aa gym,4,aadk,1,Aaw,1,ACN,4,ada apa dengan konsen,1,adara,1,ahmat davutoglu,1,ahzami samiun jazuli,1,aid al-qarni,1,aidit,1,air zam zam,1,ajat syaikhu,2,ak parti,1,akhrawi,1,akmal sjafril,4,AKP,6,aksi 112,1,aksi 115,1,aksi 212,2,Aksi 64,2,Aksi Bela Baitul Maqdis,1,aksi bela palestina,6,aksi kemanusiaan,1,aksi peduli aleppo,1,aktivitasdakwah,146,Aku Kamu Adalah Kita,2,al aqsha,4,al irsyad,1,al zawari,1,al-aqsa,1,al-qarni,1,al-qassam,1,al-qur'an,5,al-quran,4,alamislami,926,alaqsa,4,alasan logis mengelilingi ka'bah,1,alasan nikah muda,1,aleppo,6,aleppoisburning,1,alexis,3,alkhusairi,1,Allah,3,Almuzzammil Yusuf,2,alquds,1,alqur'an,2,alquran,41,Alvin,1,ambulans,1,amerika,7,amerika serikat,1,amien,1,Amien rais,5,anak,2,anak dilarang ke masjid,1,Anak Inggris Hafal Al-Qur'an,1,anak kembar,1,anak masjid,2,anak masjid ribut,1,anak palestina,2,anak pendeta,1,anak TK CHina baca Al Quran,1,anak-anak masjid,1,analisa,24,anggota dewan PKS,2,anggota dewan sederhana,2,anggota dprd bekasi,1,anggota odoj meninggal dunia,1,anggota parlemen,1,anggota PKI,1,Anggota TNI,1,anggota TNI Hafal Al Qur'an,1,anggota TNI Hafal Qur'an,1,angsuran bank,1,ani yudhoyono,1,anies baswedan,57,Anies sandi,8,anjing,1,anti lgbt,2,anti vaksin,7,Anya,1,aqsha,2,arab,1,arab israel,1,arab saudi,7,arab saudi jamin kesehatan warga yaman,1,arabic,3,ari purbono,1,arie untung,1,arifin ilham,3,artefak,1,as-sisi,1,asma nadia,2,asyuro,1,ataturk,1,ateisme hanya kenakalan saja,1,atheis,1,Aung San Suu Kyi,2,australia,1,Awkarin,1,ayah,8,ayat ayat cinta,2,azan,1,azan pengeras suara,1,azan turki,1,bachtiar nashir,1,bachtiar nasir,2,bahasa arab,1,baliho KB,1,bandara paris,1,bandung,4,bangkok,1,banjir,2,banjir Jakarta,1,bank riba,2,bantuan,1,bantuan kemanusiaan,1,bantuan turki,1,bantuan turki gaza,1,barat,1,barokah,1,basar asad,1,bashar asad,1,batik trusmi,1,bayan,4,bayar puasa,1,bds,1,bebas hutang,1,Begin Again,1,Belanda,1,belum hamil?,1,Bencana Purworejo,1,bendera,1,Bendri Jaisyurrahman,1,beras maknyus,2,berau,2,berita,4933,berita duka muhammad ali,1,berita nasional,4,beritafoto,51,bermain di masjid,1,bhiksu budha,1,bid'ah,1,bila ingin disebut Allah,1,bin,1,binali,1,birokrasi,1,bisnis,2,boikot,1,boikot starbuck,2,bom,1,bom depok,1,brasil,2,Britain,1,brunei,5,budha,2,bukan negero dongeng,1,buku,19,bunda yoyoh,15,burqa,2,buruh,1,busana,1,buya hamka,5,cadar,5,caesar,1,cagub jabar,1,cahyadi takariawan,1,caisar,1,cara mendidik anak,1,charles darwin,1,Charlie Hebdo,1,chelsea,1,China,4,cicak,1,cincin,1,cinta masjid,1,cirebon,1,corona,9,covid19,2,crane,2,cupink topan,2,daerah,7,dahlan iskan,4,dakwah,147,dakwahkantor,1,davutoglu,1,Deen Mohammad Shaikh,1,dembaba,2,demokrasi,1,demokratis,1,denny indrayana,1,denny JA,1,depok,2,derajat,1,dewan dakwah,1,Dibutuhkan Masjid Ramah Anak,1,Didin Hafidhuddin,1,dina lorenza,1,diskriminasi,1,Dk pbb,1,doa,1,doa gempa,1,dokter pembersih sepatu,1,dokter Tirta,1,Domingus Roudolsifa,1,Donal Trump,1,donald trump,3,Dosen Amerika Masuk Islam,1,dosen FMIPA UNY,1,dosen katolik masuk islam,1,dprd semarang,1,Dr Zakir Naik,5,dropship dalam Islam,1,Dropship halal,1,dropship haram,1,dsp pks,1,dunia,60,dunia islam,235,duniaislam,13,duta besar israel,1,duterte,1,e-ktp,1,egi john,4,Egyptair,1,ekonomi syariah,1,ekonomisyariah,90,ektp kepercayaan,2,elang gumilang,1,embunpagi,29,Entertainment,2,erdogan,57,Erez,1,eropa,3,Esebius Pomats,1,etika membutuhkan agennya,1,Eurasia,1,event,50,facebook,3,fahmi salim,1,farid nu'man,1,Fariq Zakir Naik,1,fatih,1,fds,1,felix siau,1,felix siauw,9,Feminisme,2,feriza,1,fethullah gulen,1,film 212,6,film islami,1,film pendek,3,fiqih,1,firanda adireja,1,FISIP Universitas Indonesia,1,flp,1,forum,1,foto,1,fpi,5,FPI Gaza,1,FPI Palestina,1,FPI peduli Palestina,1,FPKS,2,fpks dprd jakarta,2,fpks Jakarta,1,freemansory,1,gadis gereja masuk islam,1,gaji halal,1,gaji kecil,1,gardu listri,1,garuda,1,gatot,3,gay,1,gaza,26,gema keadilan,1,gempa,4,gerakan,14,gereja,1,gereja katolik,1,gerhana bulan,2,gerhana bulan total,1,ghazwul fikri,6,ghilad salit,1,gnpf mui,3,gnpf ulama,1,gojek,1,good governance,1,gpmp,1,Grand Metropolitan Mall Bekasi,1,gulen,2,gus nur,1,habib rizieq,10,habib salim,2,hadits,12,hafal al-qur'an,2,Hafalan Surat Yasin,1,hafidz anah,1,hafidz anak,1,hafidz quran,1,hafiz indonesia,1,Hafiz Indonesia RCTI,1,hagia sophia,2,haji,22,hak allah,1,halal haram dropship,1,hamas,7,hamil,3,hamka,2,handhphone ViTELL,1,hary tanoesoedibjo,1,hasan al banna,1,hasyim asyari,1,headline,8050,headline nasional,4,Helvy Tiana Rosa,1,hidayah,4,hidayatullah,1,hidup,1,hidup sederhana,1,hijab,2,hijrah,20,hikmah,27,Hindu Masuk Islam,2,Hizbut Tahrir,5,Hizbut Tahrir Indonesia,1,hmi,1,hoax,4,hti,11,hti dibubarkan,1,hukum dropship,1,hukum sropshipping,1,hukuman mati,1,hutang,1,ibadah haji,1,IBF 2918,1,ibnu mubarak,1,Ibnu Riyanto,1,ibu,2,ibu walikota padang,1,icc,1,idul adha,5,idul fitri,3,idul Fitri,4,idul Fitri Muhammadiyah,1,idulfitri,2,ikhwanul muslimin,2,iklan,15,ikrar syahadat,2,ikrar syahadat di yogyakarta,1,ikrimah,1,ilmu syar'i,1,ilmuan,1,IM,2,imam,1,imam malik,1,imunisasi,1,Indahnya Masjid MALL,1,indonesia,50,indonesia abstain suriah,1,Indonesia PBB,1,Indonesia salah PKI,1,indonesia tanpa jil,2,indosat,1,infoumat,20,injil barnabas,1,innalillahi muhammad ali,1,inspirasi,737,internasional,1836,intifadhah,1,Intifaha 3,1,intoleransi,1,irak,1,iran,1,Irfan Hakim Hafiz Indonesia,1,Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri,1,irwan prayitno,3,irwansyah,1,isbal,1,isil,1,isis,1,islam,11,Islam Bersatu,1,islam bukan agama arab,1,islam liberal,1,islam papua,1,islam-download.net,1,islamediaredaksi,38,islamophobia,1,Ismail Yusanto,1,israel,26,Israel hentikam bantuan luar negeri,1,Israel pasang kamera pengintai,1,istambul,1,istiqlal,2,istiqomah,1,istri,2,Italia,3,itikaf,3,itj,3,itj bandung,1,ITJ Jakarta,1,jamaah,1,Jamaah Tabligh,1,jamin kesehatan,1,jangan ada tebang pilih dalam kasus penistaan agam,1,jangan lakukan ini,1,janji kampanye,1,janji pemerintah,1,jepang,1,jidat hitam,1,jihad,2,jihad islam,1,jilbab,3,jilbab diskriminasi,1,jilbab pramugari,1,JK,1,jodoh,1,jomblo,1,jordania,1,jual cincin,1,jurnal ramadhan,1,jurnalistik,3,jurnalistik dakwah,1,Jusuf Kalla,2,Juventus,1,ka'bah,3,kairo,1,kajian,29,kalender arab saudi masehi,1,kalender hijriah,2,kalender masehi,1,kanada,1,kangen band,1,Kapan Muhammadiyah Lebaran,1,kapan nikah,2,Kapolda Sumsel,1,karikatur,8,kaset,1,kashmir,1,kasunanan surakarta,1,Katharina Sutarni Sutanty,1,Katharina Sutarni Sutanty masuk islam,1,katolik,1,katolik masuk islam,2,katolik merapi,1,katolik papua,1,kawin,1,kdm,1,kebakaran,1,Kebangkitan,2,kedaulatan rakyat,1,kejam,1,kekejaman PKI,1,keluarga,183,kemenag,1,kenaikan upah,1,kepala suku papua,1,Kepanduan,1,kepenulisan,1,kesehatan,44,kesultanan yogyakarta,1,ketahanan keluarga,1,Kevin James,1,KH Arifin Ilham,1,khalid,1,khalid misy'al,1,Khilafiyah,1,khitbah,1,khusuf,1,khutbah,3,khutbah idul adha,1,khutbah idul fitri,1,khutbah jumat,1,Kiai Idham Chalid,1,kiamat,1,kiblat,1,kislap,1,kitab suci,1,kitabisa,1,kiyai slamet,1,KMGP,1,knrp,20,knrp jawa timur,2,kodam,1,koin,1,komnas,1,komunis,3,komunis china,2,Komunitas aci,1,konsep diin,1,konsep kebahagiaan dalam islam,1,konstantinopel,2,korban tragedi mina asal indonesia,1,korea,1,korupsi,3,korupsi e-KTP,1,KPK,3,krl,2,kronologis penembakan al-qarni,1,kudeta,2,kudeta gagal,1,kudeta militer turki,1,kudeta turki,4,kultwit,226,kurban,2,Kuwait,1,larangan mendidik anak,1,Letkol I Wayan Arta,1,Letkol I Wayan Arta Hafal Al-Qur'an,1,LGBT,14,LGTB,1,Libya,2,Lifestyle,1,logo HTI,1,logo palu arit,2,logo pki,1,london,2,lowongan,1,LPOI,1,lukis wajah nabi,1,lukman hakim saifudin,2,ma,1,Maariya Aslam,1,mabit,2,Madinah,2,madrasah,1,mahathir,4,maher zain,1,mahmud,1,mahram,1,Mahyeldi Ansyarullah,1,Makanan,1,makkah,2,malaysia,3,malik,1,Mall Pasar Raya Manggarai,1,Malta,1,mandi wajib,1,mandul,1,manggarai,1,manhaj,16,manusia dan kebahagiaan,1,marah,1,marbot masjid,1,maroko,1,Mas Gagah,1,masjid,4,Masjid Ahmet Akseki Camii,1,masjid al aqsa,2,Masjid Al Latief,1,Masjid Al Latief Pasar Raya manggarai,1,masjid blom m square,1,masjid di turki,1,masjid gede kauman,2,masjid kokas,1,masjid nabawi,1,Masjid Pasar Raya Manggarai,1,masjid turki,2,masjidil haram,3,masuk islam,4,mata uang,1,mavi marmara,1,MCI,2,membawa anak ke masjid,1,Memeluk Islam,1,menang,1,menangis,1,mendagri tjahjo kumolo,1,mendidik anak,2,mengelilingi ka'bah,1,menghormati yang tidak berpuasa,1,menikah muda,1,meninggal dunia,3,menteri agama,3,mentoring,1,menulis,2,menuntut ilmu,1,menyebabkan stroke,1,merasa benar,1,merdeka,1,mesir,161,messi,2,Mesut ozil,1,mie babi,1,mie instant korea,1,migran,1,milad fpi,2,militer turki,1,mimpi,1,mimpi bertemu Rasulullah,1,mina,4,minta maaf PKI,1,minta maaf ramadhan,1,misyal,1,MLM haram,1,MLM itu haram,1,modern,1,mogok,1,Mossad,1,mtq,1,mts walisongo,1,MTT,2,mualaf,46,mualaf Budha,1,mualaf center indonesia,1,mualaf hindu,1,Mualaf Hindu Masuk Islam,2,mualaf kristen,1,Mualaf Pakistan,1,muallaf,14,mudik,1,Muhamad Ali meninggal dunia,1,Muhammad Abduh Tuasikal,1,Muhammad Al Fatih,1,muhammad ali,5,muhammad ali bicara kematian,1,muhammad ali masuk islam,1,muhammad ali mati,2,muhammad ali meninggal dunia,2,muhammad ali wafat,2,Muhammad badie,1,Muhammad Najeeb Abdur Razzaq,1,Muhammadilah Idul Fitri,1,muhammadiyah,8,muhammadiyah idul fitri 2016,1,Muhammadiyah Idul Fitri 6 Juli,1,Muhammadiyah Lebaran Rabu,1,muharam,1,MUI,5,munajat 212,1,murabithun,1,mursi,7,mursyid am,1,museum,1,museum nasional,1,Muslim,11,muslim bosnia,1,muslim myanmar,2,Muslim Paris,1,muslim perancis,2,muslim rohingya,3,muslimah,48,mustafa kemal pasha,1,mutabaah harian ramadhan,1,muzammil hasballah,6,myanmar,6,Nabawi,1,nabi,2,nama foundation,2,nandang burhanudin,1,nasihat,96,nasioanal,1,nasional,774,nasional. palestina,1,nasional. pilgub jabar 2018,1,nasional. pks,1,nasional. spi Jakarta,3,nasonal,2,nasyid,74,nativisasi,2,nato,1,Nazia Ali,1,nenek ikrar syahadat,1,Nenek Katharina Sutarni Sutanty,1,nenek katolik masuk islam,1,nenek masuk islam,1,neno warisman,1,netanyahu,2,new york times,1,ngo,1,Nico Ardiansyah,1,nikah,109,nikah 17 tahun,1,Nikah massal gaza,1,nikah muda,1,nikah murah,1,nikah tanpa pacaran,1,nimr al nimr,1,novel baswedan,8,november,1,NU,3,nusantara,1,obama,2,odoj,18,oemar mita,1,ok oce,1,oki setiana dewi,2,Okoso Zukin,1,opini,269,orang benar,1,orang merasa paling benar,1,ormas seragam tni,1,oslo,1,ottoman,3,pahlawan,1,palestin,1,palestina,1047,palestina suruah,1,palestinaterkini,64,pangeran saudi,1,pantai padang,1,panti wreda,1,papua,3,parenting,12,paris,1,parlemen,1,partai 212,3,partai berkuasa,1,partner,2,Pasar Raya Manggarai,1,PBB,3,PBB Suriah,1,pedang,1,peduli,208,pemakaman muhammad ali,1,pembunuhan ahli drone,1,pemeluk katolik masuk islam,1,Pemerintah Turki,1,pemilu,2,pemilu 2019,1,pemilu turki,1,pemimpin serbia,1,pemkot,1,pemuda papua ikrar syahadat,1,pemuda papua masuk islam,1,pemukim ilegal,1,pemukim yahudi,1,penakhlukan konstantinopel,1,Penaklukan Konstantinopel,1,penembakan,1,penemu,1,Pengadilan Surambi,1,pengajian,1,pengeras suara,2,Penghafal Al-Quran,1,pengungsi,2,pengungsi suriah,1,pengusaha golf masuk islam,1,pengusaha muslim,1,penista agama,1,penjahat peranng,1,penjajah israel,1,penyimpangan asyuro,1,peradaban,1,perancis,3,perasaan,1,perempuan peradaban,1,Peringatan Milad ke 563 Tahun Penaklukan Konstantinopel,1,pernikahan,2,perppu ormas,2,Persahabatan,1,persatuan islam,1,Persatuan Ulama Muslim Internasional,1,persis,2,philipina,1,pilgub jabar,2,pilkadadki,5,pilpres,1,Piprim Basarah Yanuarso,2,pki,4,PKI menyerang Gontor,1,pks,75,PKS Kota Tegal,1,pksmuda,1,PLN,2,plularitas,1,poligami,2,polisi sholeh,1,polisi tilawah al quran,1,politik,19,potong kuku,1,PPP,1,prabowo,1,prabowohatta,1,prancis,1,prasasti,1,Prasetyo Budi .W,1,presiden,2,presiden mesir,1,presiden pks,1,presiden Turki,1,pria suriah,1,proklamasi,1,puasa,2,puasa senin kamis,1,puasa syawal,1,puisi,3,pulung sampah padang,1,purwokerto,1,putin,3,Putra Arifin Ilham,1,putri yusuf mansur,1,putri Yusuf Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah,1,qatar,8,qunut,2,Qunut Shubuh,2,qur'an,3,qurban,6,r4biah,8,rabia,1,rabiah,1,Rabithah Alawiyah,1,radio,1,Radovan Karadzic,1,raja arab,1,raja faisal,1,raja salman,5,rakyat,1,ramadan,1,ramadhan,99,ramadhan 1437,1,Ramadhan di Paris,1,ramah anak,1,referendum,1,referendum turki,2,rekaman kajian,1,rekaman kajian ilmiah,1,Relawan PKS,1,remaja,46,resensi,3,resepsi mahal,1,resepsi pernikahan,1,resolusi,2,resolusi dk pbb,1,reuni 212,14,Revolusi,1,reyhan,1,reza noah,1,rezeki,1,rezeki milik siapa,1,riba,3,ridley,1,ridwan kamil,13,ridwan tulus,1,Rimpu Bima NTB,1,Rimpu Colo,1,Rimpu Mpida,1,rindu sang murabbi,1,Rodrigo Duterte,1,rohingya,14,rohis,2,rokok,1,ronaldo,1,rumah makan,1,Rumah Tangga Sakinah,1,rumah zakat,2,rusia,4,Ruu kk,1,ruu pks,4,ruutpks,2,RZ,1,sabana,1,sadiq khan,4,sakinag,1,salah alarouri,1,salaman,1,salim a fillah,4,salim segaf,1,Sally Giovani,1,Sally Giovanni,1,samuel etoo,1,sandiaga uno,8,saptuari,5,saptuari sugiharto,1,sari roti,2,sarjana,1,sastra,163,saudi,2,sby,2,SDIT,1,sedekah,1,sedih,1,sejarah,12,sejarah islam,4,sejarah palestina,1,sekolah,5,sekolah pemikiran islam,7,selfie,1,semarang,1,seni,9,senyum,1,setya novanto,1,shalit,1,shamsi ali,1,shaum,1,SHIELD,3,shoes and care,1,shola idul fitri,1,sholat,2,sholat ashar,1,sholat berjamaah,2,silatnas 2017,1,sim gratis,1,sirah,1,siroh,52,smart171,1,Smartphones,1,soeharto,1,soekarno,1,sohibul iman,4,solo,2,somalia,2,Sonia Ristanti,1,sosial,2,spanduk,1,spi,12,spi bandung,11,Spi fatahillah,1,spi jakarta,38,SPI Tangerang,1,spj,1,sri lanka,1,steven indra wibowo,1,suami sholeh,1,suara ibu,1,suara pembaca,1,suarapembaca,107,sudah hamil?,1,Sudan,2,sudrajat syaikhu,2,sukmawati,18,sukmawatii,1,suku pedalaman,1,suku wana,1,sulawesi tenggara,1,suleiman,1,sultan murad,1,sumbar,1,sundar,1,surah,1,surahman hidayat,1,suriah,26,suster katolik,1,swedia,1,swiss,2,syafii antonio,2,syahadat,3,syahid,1,syaikh yusuf al-qaradawi,2,syam,1,Syamsul Falah,1,syariah,146,syariat,1,syawal,1,syeik al-qarni,1,Syeikh Al-Qarni,1,syekh,1,syiah,7,Syiekh Sholah al Budair,1,taaruf,2,taat suami,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,tabrakan mobil di saudi,1,tahuidullah,1,takdir,1,tanpa riba,3,tanyajawab,75,tarbawi,45,tarhib,1,tato,1,taujih,2,taujih online,53,Tausyiah,17,Tech,6,tedc,1,teheran,1,teknologi,4,teladan,91,Telkomsel,2,tenggelam,1,tentang dahlan iskan,1,Tentang Oki Setiana Dewi,1,Tentara,1,tentara israel,1,Tentara Korea,1,tepi barat,1,tere liye,2,teror,2,teuku wisnu,4,thulabiy,133,tidur,1,tidur sahur stroke,1,tidur setelah sahur,1,tikam,1,tilawah,3,time,1,timur tengah,1,tinggalkan riba,1,tips,9,tips menulis,1,tips trik menulis,1,Tirta Mandira Hudhi,1,TNI,4,togutil,1,tokoh,15,tol bawah laut,1,toleransi,1,tolikara,1,tqd,11,tradisi bid'ah,1,tragedi,2,trump,7,Tsabit bin Ibrahim,1,tsaqofah,140,tsunami,2,tukang sayur,1,tuna rungu mualaf,1,tunahan kuzu,1,tunisia,1,turki,72,tvone,1,ubn,1,uganda,1,uighur,3,ukhuwah,11,ukmi,1,ulama,1,ulil,1,Ulil Abshar Abdala,1,umahat,62,umar,1,umar bin abdul azis,1,umat,14,Ummi Pipik,1,Unesco,2,uni eropa,1,Univsersitas Islam Gaza Palestina,1,upah minimum,1,usradz Firanda adirja,1,ustadz,66,ustadz abdul somad,20,ustadz adi hidayat,8,Ustadz Arifin Ilham,4,ustadz Felix,4,ustadz hanan attaki,1,Ustadz Hasan Lubis,1,ustadz hilmy,1,ustadz zulkifli,1,utang,1,utsmani,1,vaksin,8,van damme,1,video,18,vitell logo pki,1,wahabi,1,wahyu dan kenabian,1,wali kota padang,1,walid,1,Walikota Bogor Bima Arya,2,walikota muslim london,1,walikota padang,1,walimah murah,1,wanita amerika,1,warga amerika ikrar syahadat,2,warga gaza,1,warga palestina,1,warga suriah,1,warga yaman,1,wawancara,37,White helmet,1,wilders,2,wirausaha,17,Wirda Salamah Ulya,1,Wirda Yusuf Mansur,1,worldview islam,2,xinjiang,1,Yaminah Elsyaib,1,Yasser arafat,1,Yerussalem,3,yudas iskariot,1,yunani,1,yusuf alqaradawi,1,yusuf mansur,1,Yusuf Qaradawi,1,yvonne,1,zakat,6,Zakir Naik,7,
ltr
item
Islamedia - Media Islam Online: Catatan Perjalanan Saudaraku
Catatan Perjalanan Saudaraku
http://3.bp.blogspot.com/-a8DjiSkDiTI/UBVpvwJgHpI/AAAAAAAAAFM/1O1r2aRHLTU/s16000/kader_terlatih.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-a8DjiSkDiTI/UBVpvwJgHpI/AAAAAAAAAFM/1O1r2aRHLTU/s72-c/kader_terlatih.jpg
Islamedia - Media Islam Online
https://www.islamedia.id/2013/06/catatan-perjalanan-saudaraku.html
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/2013/06/catatan-perjalanan-saudaraku.html
false
4462325520328585611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content