PM Turki Tetap ke Gaza, Tidak Terpengaruh siapapun -->

PM Turki Tetap ke Gaza, Tidak Terpengaruh siapapun

Admin
Senin, 22 April 2013
Islamedia - Penasehat politik PM Palestina Ismail Haniyah, Dr. Yusuf Rizqa, menegaskan bahwa PM Turki Erdogan telah mengambil keputusan untuk mengunjungi Gaza dan tidak terpengaruh siapapun atas keputusan tersebut.
 
Rizqa menyatakan ada sinyalemen dari banyak media masa seputar langkah Presiden Mahmud Abbas untuk pergi ke Turki guna mencegah Erdogan mengunjungi Jalur Gaza.  Rizqa memprediksi kunjungan Abbas ke Turki untuk mendiskusikan masa lain melakukan kunjungan Erdogan ke Gaza, seperti melanjutkan perundingan dan sikap Amerika yang menekan Otoritas Palestina dan rakyat Palestina. 

Dia menegaskan bahwa Erdogan akan terus melanjutkan kunjungannya ke Jalur Gaza untuk meringankan blockade, sampai tujuan kunjungan terealisasi tanpa memperdulikan tekanan asing.

Sebelumnya Menlu Amerika John Kerry di Istanbul Turki, Ahad (21/4), mengusulkan kepada PM Turki Erdogan agar membatalkan kunjungan yang hendak dilakukan ke Jalur Gaza. 

Kepada wartawan, Kerry mengatakannya usai bertemu dengan Erdogan dan Mahmud Abbas.

“Kami telah menyampaikan kepada PM agar lebih baik menunda kunjungan ini.” Dia menambahkan, “Kami yakin bahwa tahap ini benar-benar akurat. Kami yakin bahwa lebih baik membatalkan sampai menunggu kondisinya lebih tepat.”.
[IFP/asw/IM]