Jeratan - Jeratan Manusia

“ Ilahi…Ilahi…Ilahi….!!!! “ Aku berteriak memanggil-manggil nama Dzat yang selalu kusebut itu. Ragaku seperti runtuh tak bertulang....



http://berita.univpancasila.ac.id/foto_berita/44anxious.jpg

“ Ilahi…Ilahi…Ilahi….!!!! “
Aku berteriak memanggil-manggil nama Dzat yang selalu kusebut itu. Ragaku seperti runtuh tak bertulang. Nafasku seakan berhenti seketika. Air mata keluar lebih banyak dari biasanya.

Aku bersimpuh menahan tangis. Hatiku terkoyak-koyak. Luka yang berdarah menjadi semakin parah dengan sayatan tajam di atasnya. Kata-kata menjadi tak berarti. Seperti kehilangan arah tak tahu harus berbuat apa.

“ Tahukah kamu siapa orang yang paling menyedihkan? Tahukah kamu siapa orang yang paling menyedihkan? Dan kau tahu apa penyebabnya?? “

Suara itu terngiang lagi di otakku. Suara yang berasal dari sumber yang tidak kuketahui. Aku menjerit-jerit. Menangis, berteriak, hingga akhirnya aku tersimpuh kembali.

“ Ilahi….Ilahi…Ilahi…!!!”

***
“ Bang aku ingin bertemu. Aku ingin curhat banyak,” seorang adik kelas menyapaku usai aku menyelesaikan sholat dhuha di Masjid kampus.

Aku tersenyum simpul. “ Urusan curhat bisa belakangan dik, tapi urusan sholat Dhuha ada waktu yang membatasi. Kau sudah sholat Dhuha?” aku balik bertanya padanya.

“ Astaghfirulloh….aku terlampau emosi Bang. Aku lupa belum sholat Dhuha,” adik kelasku segera beranjak menuju tempat wudhu.

Tiba-tiba aku merasa sedang diawasi. Beberapa pasang mata tertuju padaku. Pandangan yang tajam yang menembus pertahanan tubuhku. Namun ketika aku berpaling, mata-mata itu sudah hilang kembali. Aku beristighfar.

Sebuah nada pesan dari handphone mengusir kegelisahan yang kurasakan. Di layar terlihat tulisan “ 1 pesan masuk “. Segera aku menekan tombol enter hingga pesan itu terbuka.

“ Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh….Bang aku mau cerita…Aku sedang menghadapi masalah berat. Aku terserang virus merah jambu bang. Aku terjebak dengan rasa cinta tak beralasan terhadap seorang teman aktivis. Aku sakit Bang…Aku perlu bantuan….”

Aku melihat nama yang tertera di bawah pesan itu. Seorang adik kelas yang begitu aktif di kegiatan kampus. Seorang aktivis yang begitu dielu-elukan oleh semua adik angkatan. Seorang yang dinilai begitu baik dari segi agama maupun sikap.

Aku mengetik tombol-tombol angka yang ada di layar HP-ku. Secepat kilat membalas pesan yang tadi kuterima.

“ Wahai Ikhwan sholeh….segera cegah hatimu untuk bermaksiat kepada Allah. Kau adalah makhluk lemah yang tak pantas menduakan cinta-Nya. Kau tak berhak membuat-Nya cemburu. Segera basuh wajahmu dengan wudhu. Biarkan segala penyakit hati itu tersingkir bersama air yang kau gunakan,”.

Pesan terkirim.

Tak lama kurasakan kembali beberapa pasang mata mengamatiku. Aku merasa ketakutan. Ketika kuberbalik badan, tatapan-tatapan itu menghilang entah kemana. Aku beristighfar kembali. Sesosok adik kelas tadi sudah menyelesaikan sunnah Dhuhanya dan siap untuk berbincang. Aku mengajaknya ke sekretariat Masjid kampus.

“ Bang aku merasa bersalah…..” mengalirlah air mata dari kedua pipi adik kelasku itu. Dan terucaplah cerita yang membuat dadaku terasa sesak. Ya Rabbi Anta Ghoffurur Rahim….ujarku tak terucap.

***
Tatkala kita ditimpa musibah
Atau tertipu oleh kepalsuan
Kala tergiur bunga kehidupan
Terbujuk rayu godaan setan
Tergelincir dalam jurang nifaq dan riya

Jika hati hampa tanpa nilai ruhaniyah
Tiada kekuatan untuk memberi
Hampa dari cahaya petunjuk-Nya
Keikhlasan, Muroqobah dan ketakwaan

Berhentilah di terminal Ruhiyah
Agar kalah nafsu amarah
Tipu daya yang berbingkai kemunkaran
Selamat dari jurang ujub, nifaq dan riya

Berhentilah di terminal Ruhiyah
Agar sadar bahwa dunia fana
Agar selalu ingat kematian
Di kala dunia mencengkram jiwa

Aku menangis mendengar bait-bait syair nasyid yang kuputar lewat HP ku. Sepasang earphone terpasang rapi di telingaku. Ya Allah kiranya apa yang sedang terjadi dengan batinku ini. Begitu pelik masalah yang mesti kuhadapi. Begitu banyak beban yang tersangga di pundakku. Semuanya menghilangkan keindahan taman ruhiyah yang semakin kering sejak aku lama tinggalkan. Aku beristighfar dan larut dalam tangisan diam.

“ Kau tahu Bang Yas gak? “ terdengar suara seorang akhwat di perbatasan hijab tak jauh dari tempatku duduk.

“ Siapa yang gak kenal dia sih Ukh. Dia yang paling bijaksana di kampus ini. Paling pinter, paling sholeh, paling bagus ngajinya. Pokoknya Top deh…” akhwat yang lain menimpali.

“ Bener ukh…semua orang kalau ada masalah pasti curhatnya ke dia. And you know ukh, setelah itu kita yang curhat pada semangat kembali. Subhanallah khan? Pokoknya Bang Yas itu sumber dari segala sumber deh,” ujar akhwat pertama tak mau kalah.

“ Bener tuh ukh…tau gak ukh….bla…bla…bla…bla… “ kedua akhwat itu meneruskan percakapannya.

Tiba-tiba suara-suara itu perlahan menghilang. Aku mengencangkan volume musik yang sedang kudengarkan. Aku merasa terganggu. Aku merasa dilemparkan di suatu malam yang tak berbintang sedikit pun. Kelam, gelap, dan gulita.

Mata-mata itu kemudian menyergapku seketika. Mereka menatapku tanpa belas kasih. Seolah menelanjangi semua yang kupunya. Mata-mata itu muncul semakin banyak. Saat kupejamkan mata, mata-mata itu masih terbayang di segala penjuru otakku. Semakin memenuhi benakku dan mencampuri segala udara yang kuhembuskan.
“ Ilahi…Ilahi…Ilahi!!!!”

Puncaknya aku menjerit sekencang-kencangnya. Beberapa pasang mata yang berada di dalam Masjid menatapku heran. Suara-suara akhwat di balik hijab itu terhenti seketika. Aku membuka mata. Kutarik earphone yang masih menggantung di telingaku. Aku menarik nafas dalam-dalam. Mata-mata itu sudah hilang tak tentu rimba. Sekelilingku terlihat hening senyap. Aku segera bangkit dan bergegas. Ilahi, kenapa aku menjadi kacau seperti ini? Astaghfirullah Alladzim…
***
Kajian malam itu kubawakan dengan tidak penuh bersemangat seperti biasanya. Adik-adik kelas yang melihat ke arahku menaruh curiga pada diriku. Usai kajian, Rahman, adik kelasku mendekati.

“ Bang, kau sakit ya? Hari ini kau tampak tidak seperti biasanya?” Rahman mendatangiku di tempat aku memberikan kajian tadi.

“ Iya Bang, wajahmu juga terlihat pucat dan suram. Ada apa bang?” Febri, adik kelas lainnya ikut mendekat.

Aku tersenyum kecil. Dengan bersikap tegar aku menggelengkan kepala. “ Tidak akhi, abangmu ini baik-baik saja,” ujarku pelan.

“ Kau sakit bang?” selidik Rahman.

Aku tidak menjawab. Aku hanya mengingat, sebelum pergi ke tempat dauroh ini aku hanya makan nasi uduk saja pagi tadi.

“ Saya hanya perlu istirahat saja akhi,” ujarku pada akhirnya. Dengan sigap Rahman dan Febri mengantarku ke kamar panitia. Aku mengikuti.

“ Istirahat saja dulu bang, biar nanti kami minta akhwat menyiapkan makanan untukmu,” ujar Rahman, sang ketua panitia.

Aku tak bersuara lagi. Segera kubaringkan tubuhku di atas kasur busa itu. Lalu kupejamkan mata sekuat-kuatnya. Aku tak ingin membayangkan mata-mata itu lagi. Aku tak ingin. Aku hanya ingin istirahat dan tidur. Tak lama aku pun terlelap.
***
“ Ilahiiii!!!!!”

Aku berteriak kencang. Mata-mata itu muncul kembali. Kali ini lebih banyak dari biasanya. Menjadikan aku sebagai terdakwa yang sedang dilihat beratus-ratus mata yang ku tak tahu milik siapa. Sepasang tangan lalu mendorongku ke dasar sebuah lubang dalam.

“ Ilahiiiiii!!!!”

Suaraku parau. Aku jatuh di dasar lubang itu. Meninggalkan rasa perih yang tak bisa kuceritakan. Sepasang mata yang paling besar terlihat begitu mengerikan di hadapanku.

 “ Tahukah kau orang yang paling menyedihkan? Dia adalah orang yang tidak merasakan kegembiraan ketika bertemu dengan Allah. Seperti kau mengerjakan sesuatu yang kamu senangi dan berharap orang lain senang dengan pekerjaanmu tetapi mereka tidak senang dengan apa yang kau kerjakan. Seperti kau mengharapkan orang lain senang dengan apa yang kau lakukan tetapi kenyataannya tidak ada yang senang dengan yang kau lakukan. Kau menunjukkannya kepada yang lain, tetapi orang lain sibuk dengan yang lainnya dan tidak memedulikan dirimu,”

Suara itu terdengar menggelegar di setiap ruang pendengaranku. Aku menggigil ketakutan. Kupejamkan mata serapat-rapatnya.

“ Tahukah kau orang yang paling menyedihkan? Orang yang menemui Dzat Yang Maha Pengasih tetapi orang itu tidak melihat kegembiraan dari Dzat itu. Kau seharusnya beribadah secara sembunyi, tidak untuk diperlihatkan. Demi Allah…kau tidak akan menemui siapapun yang paling pengasih kecuali Allah!”

Aku semakin ketakutan. Bait demi bait kata-kata yang diucapkan makhluk itu terasa menusuk hatiku perlahan namun tepat di jantungku. Mengoyak setiap pertahanan keimanan yang kubangun dengan jatuh bangun.

“ Dan jika Allah tidak memberikan ampunan-Nya kepadamu, maka tak ada makhluk yang bisa memberikan ampunan padamu. Orang-orang sebelum kamu pernah berkata ‘Demi Allah, andaikan aku diberikan pilihan untuk diadili oleh orang tuaku sendiri atau diadili oleh Allah, sungguh aku akan memilih diadili oleh Allah karena dia Maha Pengasih daripada orang tuaku,’. Itu yang mereka katakan,”.

Aku menangis. Air mataku berkejaran semakin cepat. Seluruh tulangku seolah dicelos satu persatu.

“ Lihat dirimu Yas! Apakah kau bangga dengan dirimu? Apakah kau bangga dengan amalanmu? Apakah kau merasa bahwa semua orang membanggakanmu? Dan kau merasa bahwa engkau yang paling hebat? “ suara itu tiba-tiba terdengar bagai silet yang menyayat tubuhku.

“ Tidaaakkkkkk!!!! Aaa..kuu tiii..daak pernah baaa..ngga…” aku mulai memberanikan diri berbicara. Kuangkat beban yang berpuluh-puluh ton dari lidahku. Menghasilkan gumaman kecil hampir tak bernada.
“ BOOHOONNG!!!”

Suara makhluk itu menerpaku lebih keras.

“ Tanya pada hatimu! Tanya pada nuranimu! Apakah benar yang kau lakukan itu murni dengan keikhlasan? TANYAKANN!!” suara itu masih terdengar keras.
“ Aku tidak pernah bangga!” aku beranikan berteriak walaupun tenggorokkanku terasa tercekat.
“ Tidak pernah bangga?? Ketika kau menjadi tempat teman-temanmu bercerita kau merasa bahwa engkau adalah yang terbaik! Ketika kau menyuruh orang lain mengerjakan amal sholeh, kau merasa bahwa amalanmu lebih banyak dari mereka! Kau…..”
“ TIIIDDDAAKKKKK!!!!!” aku berteriak. Aku tak tahan mendengar suara itu lagi. Aku tidak pernah seperti itu. Aku…aku…aku…

“ Kau akan ditolak di hadapan Allah!”
“ Amalanmu akan ditolak!”
“ Allah tidak akan menerimamu!!!”  
“ Allah tidak akan senang padamu!!”
“ Allah akan….”
“ Allah akan…”

Mata-mata itu semakin banyak dan menatapku tajam. Bermunculan…. bermunculan dan terus bermunculan. Aku dikelilingi mata-mata itu. Aku terdesak dan semakin terhimpit.
“ Ilahi!!! Ilahi!!! Ilahi!!! “ Aku berteriak sekencangnya. Tak peduli suaraku yang akan habis setelahnya. Kemudian aku kembali terdorong ke dalam sebuah lubang tak berdasar yang semakin menjauh dari tempatku tadi berpijak.
“ILAHI!!!”

Teriakku terakhir kalinya. Kupasrahkan tubuhnya jatuh tak berarah.
“ Ilahi….aku tak layak ke surga-Mu… Tapi aku tak sanggup ke neraka-Mu…Ilahi…Ilahi…Ilahi….”
Dan semuanya menjadi gelap.
***
“ Bang…Bang…Bang…”

Satu suara terdengar di telingaku. Aku mengerjapkan mata. Sinar memasuki iris mataku. Mataku terbuka.

“ Bang, kau baik-baik saja?” sesosok Rahman ada di hadapanku.

“ Kau mengingau bang. Kau pasti bermimpi buruk. Istighfar Bang,” tambah Febri. Dia menyodorkan segelas air putih padaku.

Aku terbangun. Kemudian mengusap wajahku.
“ Aku baik-baik saja,” ujarku usai menelan air putih yang diberikan Febri. Dzikir memenuhi ruang hatiku.

“ Kau yakin Bang?” Rahman terlihat ragu.
Aku mengangguk pelan. Mencoba membuat situasi terlihat normal. “ Jam berapa sekarang?”.

“ Adzan Shubuh baru saja berkumandang. Kami kemari untuk mengajakmu sholat berjama’ah bang,” tutur Febri.

Aku segera beranjak kemudian bersama kami menuju aula villa untuk melaksanakan sholat Subuh berjam’ah. Aku menolak menjadi Imam kali itu. Aku melihat sekeliling, tak ada mata-mata lagi yang memperhatikanku. Kucoba meresapi setiap gerakan dan bacaan yang kulakukan hari ini.
           
Ilahi…sungguh aku tak layak ke surga-Mu
Namun aku tak sanggup ke neraka-Mu
Ampunkanlah dosaku
Dan terimalah taubatku…
Ilahi…Ilahi…Ilahi…
           
Aku menangis meratapi apa yang terjadi padaku semalam. Sungguh…aku benar-benar tak layak untuk masuk ke surga-Mu Ya Allah..
***
“ Assalamu’alaikum…Bang aku ingin curhat Bang. Aku terlibat masalah. Aku perlu bantuan Bang,”

Sms dari adik kelasku lagi. Aku tak segera membalasnya. Tadi pagi seorang teman juga datang ke tempat kost ku untuk meminta kesediaanku berbagi rasa dengannya.
“ Bang, aku kehilanganmu bang. Kau jarang terlihat di kampus bang,” suara yang lain terdengar.
“ Bang, aku memerlukanmu bang…” satu suara lainnya.
“ Bang, kenapa tak hadir pada kajian kemarin?”
“ Bang….”

Ya Allah…biar aku merasakannya sendiri saja.
Ya Allah…biar aku mendahulukan cinta-Mu di atas segalanya.
Ya Allah…biar aku meraih cinta –Mu.
Ya Allah…….

Aku berjalan menyusuri hari yang mulai senja. Semilir angin berhembus menerpa wajahku. Sungguh Ya Rabbi, aku tak layak ke surga-Mu….aku tak layak ke surga-Mu…aku tak layak ke surga-Mu…***(yas)



September 12, 2011
@my office, 13.45 am
Beribu kangen kupersembahkan untuk Dia yang tercinta… 
Nama

#2019GantiPresiden,5,#cabutpermendikbudno.30,1,#kejahatanseksual,4,#palestina #aqsa #smart171 #aaw #aqsaawarenessweek headline nasional,1,#permen,1,#Permendikbudno.30,1,#seksbebas,4,#zina,1,212mart,1,aa gym,4,aadk,1,Aaw,1,ACN,4,ada apa dengan konsen,1,adara,1,ahmat davutoglu,1,ahzami samiun jazuli,1,aid al-qarni,1,aidit,1,air zam zam,1,ajat syaikhu,2,ak parti,1,akhrawi,1,akmal sjafril,4,AKP,6,aksi 112,1,aksi 115,1,aksi 212,2,Aksi 64,2,Aksi Bela Baitul Maqdis,1,aksi bela palestina,6,aksi kemanusiaan,1,aksi peduli aleppo,1,aktivitasdakwah,146,Aku Kamu Adalah Kita,2,al aqsha,4,al irsyad,1,al zawari,1,al-aqsa,1,al-qarni,1,al-qassam,1,al-qur'an,5,al-quran,4,alamislami,926,alaqsa,4,alasan logis mengelilingi ka'bah,1,alasan nikah muda,1,aleppo,6,aleppoisburning,1,alexis,3,alkhusairi,1,Allah,3,Almuzzammil Yusuf,2,alquds,1,alqur'an,2,alquran,41,Alvin,1,ambulans,1,amerika,7,amerika serikat,1,amien,1,Amien rais,5,anak,2,anak dilarang ke masjid,1,Anak Inggris Hafal Al-Qur'an,1,anak kembar,1,anak masjid,2,anak masjid ribut,1,anak palestina,2,anak pendeta,1,anak TK CHina baca Al Quran,1,anak-anak masjid,1,analisa,24,anggota dewan PKS,2,anggota dewan sederhana,2,anggota dprd bekasi,1,anggota odoj meninggal dunia,1,anggota parlemen,1,anggota PKI,1,Anggota TNI,1,anggota TNI Hafal Al Qur'an,1,anggota TNI Hafal Qur'an,1,angsuran bank,1,ani yudhoyono,1,anies baswedan,57,Anies sandi,8,anjing,1,anti lgbt,2,anti vaksin,7,Anya,1,aqsha,2,arab,1,arab israel,1,arab saudi,7,arab saudi jamin kesehatan warga yaman,1,arabic,3,ari purbono,1,arie untung,1,arifin ilham,3,artefak,1,as-sisi,1,asma nadia,2,asyuro,1,ataturk,1,ateisme hanya kenakalan saja,1,atheis,1,Aung San Suu Kyi,2,australia,1,Awkarin,1,ayah,8,ayat ayat cinta,2,azan,1,azan pengeras suara,1,azan turki,1,bachtiar nashir,1,bachtiar nasir,2,bahasa arab,1,baliho KB,1,bandara paris,1,bandung,4,bangkok,1,banjir,2,banjir Jakarta,1,bank riba,2,bantuan,1,bantuan kemanusiaan,1,bantuan turki,1,bantuan turki gaza,1,barat,1,barokah,1,basar asad,1,bashar asad,1,batik trusmi,1,bayan,4,bayar puasa,1,bds,1,bebas hutang,1,Begin Again,1,Belanda,1,belum hamil?,1,Bencana Purworejo,1,bendera,1,Bendri Jaisyurrahman,1,beras maknyus,2,berau,2,berita,4933,berita duka muhammad ali,1,berita nasional,4,beritafoto,51,bermain di masjid,1,bhiksu budha,1,bid'ah,1,bila ingin disebut Allah,1,bin,1,binali,1,birokrasi,1,bisnis,2,boikot,1,boikot starbuck,2,bom,1,bom depok,1,brasil,2,Britain,1,brunei,5,budha,2,bukan negero dongeng,1,buku,19,bunda yoyoh,15,burqa,2,buruh,1,busana,1,buya hamka,5,cadar,5,caesar,1,cagub jabar,1,cahyadi takariawan,1,caisar,1,cara mendidik anak,1,charles darwin,1,Charlie Hebdo,1,chelsea,1,China,4,cicak,1,cincin,1,cinta masjid,1,cirebon,1,corona,9,covid19,2,crane,2,cupink topan,2,daerah,7,dahlan iskan,4,dakwah,147,dakwahkantor,1,davutoglu,1,Deen Mohammad Shaikh,1,dembaba,2,demokrasi,1,demokratis,1,denny indrayana,1,denny JA,1,depok,2,derajat,1,dewan dakwah,1,Dibutuhkan Masjid Ramah Anak,1,Didin Hafidhuddin,1,dina lorenza,1,diskriminasi,1,Dk pbb,1,doa,1,doa gempa,1,dokter pembersih sepatu,1,dokter Tirta,1,Domingus Roudolsifa,1,Donal Trump,1,donald trump,3,Dosen Amerika Masuk Islam,1,dosen FMIPA UNY,1,dosen katolik masuk islam,1,dprd semarang,1,Dr Zakir Naik,5,dropship dalam Islam,1,Dropship halal,1,dropship haram,1,dsp pks,1,dunia,60,dunia islam,235,duniaislam,13,duta besar israel,1,duterte,1,e-ktp,1,egi john,4,Egyptair,1,ekonomi syariah,1,ekonomisyariah,90,ektp kepercayaan,2,elang gumilang,1,embunpagi,29,Entertainment,2,erdogan,57,Erez,1,eropa,3,Esebius Pomats,1,etika membutuhkan agennya,1,Eurasia,1,event,50,facebook,3,fahmi salim,1,farid nu'man,1,Fariq Zakir Naik,1,fatih,1,fds,1,felix siau,1,felix siauw,9,Feminisme,2,feriza,1,fethullah gulen,1,film 212,6,film islami,1,film pendek,3,fiqih,1,firanda adireja,1,FISIP Universitas Indonesia,1,flp,1,forum,1,foto,1,fpi,5,FPI Gaza,1,FPI Palestina,1,FPI peduli Palestina,1,FPKS,2,fpks dprd jakarta,2,fpks Jakarta,1,freemansory,1,gadis gereja masuk islam,1,gaji halal,1,gaji kecil,1,gardu listri,1,garuda,1,gatot,3,gay,1,gaza,26,gema keadilan,1,gempa,4,gerakan,14,gereja,1,gereja katolik,1,gerhana bulan,2,gerhana bulan total,1,ghazwul fikri,6,ghilad salit,1,gnpf mui,3,gnpf ulama,1,gojek,1,good governance,1,gpmp,1,Grand Metropolitan Mall Bekasi,1,gulen,2,gus nur,1,habib rizieq,10,habib salim,2,hadits,12,hafal al-qur'an,2,Hafalan Surat Yasin,1,hafidz anah,1,hafidz anak,1,hafidz quran,1,hafiz indonesia,1,Hafiz Indonesia RCTI,1,hagia sophia,2,haji,22,hak allah,1,halal haram dropship,1,hamas,7,hamil,3,hamka,2,handhphone ViTELL,1,hary tanoesoedibjo,1,hasan al banna,1,hasyim asyari,1,headline,8050,headline nasional,4,Helvy Tiana Rosa,1,hidayah,4,hidayatullah,1,hidup,1,hidup sederhana,1,hijab,2,hijrah,20,hikmah,27,Hindu Masuk Islam,2,Hizbut Tahrir,5,Hizbut Tahrir Indonesia,1,hmi,1,hoax,4,hti,11,hti dibubarkan,1,hukum dropship,1,hukum sropshipping,1,hukuman mati,1,hutang,1,ibadah haji,1,IBF 2918,1,ibnu mubarak,1,Ibnu Riyanto,1,ibu,2,ibu walikota padang,1,icc,1,idul adha,5,idul fitri,3,idul Fitri,4,idul Fitri Muhammadiyah,1,idulfitri,2,ikhwanul muslimin,2,iklan,15,ikrar syahadat,2,ikrar syahadat di yogyakarta,1,ikrimah,1,ilmu syar'i,1,ilmuan,1,IM,2,imam,1,imam malik,1,imunisasi,1,Indahnya Masjid MALL,1,indonesia,50,indonesia abstain suriah,1,Indonesia PBB,1,Indonesia salah PKI,1,indonesia tanpa jil,2,indosat,1,infoumat,20,injil barnabas,1,innalillahi muhammad ali,1,inspirasi,737,internasional,1836,intifadhah,1,Intifaha 3,1,intoleransi,1,irak,1,iran,1,Irfan Hakim Hafiz Indonesia,1,Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri,1,irwan prayitno,3,irwansyah,1,isbal,1,isil,1,isis,1,islam,11,Islam Bersatu,1,islam bukan agama arab,1,islam liberal,1,islam papua,1,islam-download.net,1,islamediaredaksi,38,islamophobia,1,Ismail Yusanto,1,israel,26,Israel hentikam bantuan luar negeri,1,Israel pasang kamera pengintai,1,istambul,1,istiqlal,2,istiqomah,1,istri,2,Italia,3,itikaf,3,itj,3,itj bandung,1,ITJ Jakarta,1,jamaah,1,Jamaah Tabligh,1,jamin kesehatan,1,jangan ada tebang pilih dalam kasus penistaan agam,1,jangan lakukan ini,1,janji kampanye,1,janji pemerintah,1,jepang,1,jidat hitam,1,jihad,2,jihad islam,1,jilbab,3,jilbab diskriminasi,1,jilbab pramugari,1,JK,1,jodoh,1,jomblo,1,jordania,1,jual cincin,1,jurnal ramadhan,1,jurnalistik,3,jurnalistik dakwah,1,Jusuf Kalla,2,Juventus,1,ka'bah,3,kairo,1,kajian,29,kalender arab saudi masehi,1,kalender hijriah,2,kalender masehi,1,kanada,1,kangen band,1,Kapan Muhammadiyah Lebaran,1,kapan nikah,2,Kapolda Sumsel,1,karikatur,8,kaset,1,kashmir,1,kasunanan surakarta,1,Katharina Sutarni Sutanty,1,Katharina Sutarni Sutanty masuk islam,1,katolik,1,katolik masuk islam,2,katolik merapi,1,katolik papua,1,kawin,1,kdm,1,kebakaran,1,Kebangkitan,2,kedaulatan rakyat,1,kejam,1,kekejaman PKI,1,keluarga,183,kemenag,1,kenaikan upah,1,kepala suku papua,1,Kepanduan,1,kepenulisan,1,kesehatan,44,kesultanan yogyakarta,1,ketahanan keluarga,1,Kevin James,1,KH Arifin Ilham,1,khalid,1,khalid misy'al,1,Khilafiyah,1,khitbah,1,khusuf,1,khutbah,3,khutbah idul adha,1,khutbah idul fitri,1,khutbah jumat,1,Kiai Idham Chalid,1,kiamat,1,kiblat,1,kislap,1,kitab suci,1,kitabisa,1,kiyai slamet,1,KMGP,1,knrp,20,knrp jawa timur,2,kodam,1,koin,1,komnas,1,komunis,3,komunis china,2,Komunitas aci,1,konsep diin,1,konsep kebahagiaan dalam islam,1,konstantinopel,2,korban tragedi mina asal indonesia,1,korea,1,korupsi,3,korupsi e-KTP,1,KPK,3,krl,2,kronologis penembakan al-qarni,1,kudeta,2,kudeta gagal,1,kudeta militer turki,1,kudeta turki,4,kultwit,226,kurban,2,Kuwait,1,larangan mendidik anak,1,Letkol I Wayan Arta,1,Letkol I Wayan Arta Hafal Al-Qur'an,1,LGBT,14,LGTB,1,Libya,2,Lifestyle,1,logo HTI,1,logo palu arit,2,logo pki,1,london,2,lowongan,1,LPOI,1,lukis wajah nabi,1,lukman hakim saifudin,2,ma,1,Maariya Aslam,1,mabit,2,Madinah,2,madrasah,1,mahathir,4,maher zain,1,mahmud,1,mahram,1,Mahyeldi Ansyarullah,1,Makanan,1,makkah,2,malaysia,3,malik,1,Mall Pasar Raya Manggarai,1,Malta,1,mandi wajib,1,mandul,1,manggarai,1,manhaj,16,manusia dan kebahagiaan,1,marah,1,marbot masjid,1,maroko,1,Mas Gagah,1,masjid,4,Masjid Ahmet Akseki Camii,1,masjid al aqsa,2,Masjid Al Latief,1,Masjid Al Latief Pasar Raya manggarai,1,masjid blom m square,1,masjid di turki,1,masjid gede kauman,2,masjid kokas,1,masjid nabawi,1,Masjid Pasar Raya Manggarai,1,masjid turki,2,masjidil haram,3,masuk islam,4,mata uang,1,mavi marmara,1,MCI,2,membawa anak ke masjid,1,Memeluk Islam,1,menang,1,menangis,1,mendagri tjahjo kumolo,1,mendidik anak,2,mengelilingi ka'bah,1,menghormati yang tidak berpuasa,1,menikah muda,1,meninggal dunia,3,menteri agama,3,mentoring,1,menulis,2,menuntut ilmu,1,menyebabkan stroke,1,merasa benar,1,merdeka,1,mesir,161,messi,2,Mesut ozil,1,mie babi,1,mie instant korea,1,migran,1,milad fpi,2,militer turki,1,mimpi,1,mimpi bertemu Rasulullah,1,mina,4,minta maaf PKI,1,minta maaf ramadhan,1,misyal,1,MLM haram,1,MLM itu haram,1,modern,1,mogok,1,Mossad,1,mtq,1,mts walisongo,1,MTT,2,mualaf,46,mualaf Budha,1,mualaf center indonesia,1,mualaf hindu,1,Mualaf Hindu Masuk Islam,2,mualaf kristen,1,Mualaf Pakistan,1,muallaf,14,mudik,1,Muhamad Ali meninggal dunia,1,Muhammad Abduh Tuasikal,1,Muhammad Al Fatih,1,muhammad ali,5,muhammad ali bicara kematian,1,muhammad ali masuk islam,1,muhammad ali mati,2,muhammad ali meninggal dunia,2,muhammad ali wafat,2,Muhammad badie,1,Muhammad Najeeb Abdur Razzaq,1,Muhammadilah Idul Fitri,1,muhammadiyah,8,muhammadiyah idul fitri 2016,1,Muhammadiyah Idul Fitri 6 Juli,1,Muhammadiyah Lebaran Rabu,1,muharam,1,MUI,5,munajat 212,1,murabithun,1,mursi,7,mursyid am,1,museum,1,museum nasional,1,Muslim,11,muslim bosnia,1,muslim myanmar,2,Muslim Paris,1,muslim perancis,2,muslim rohingya,3,muslimah,48,mustafa kemal pasha,1,mutabaah harian ramadhan,1,muzammil hasballah,6,myanmar,6,Nabawi,1,nabi,2,nama foundation,2,nandang burhanudin,1,nasihat,96,nasioanal,1,nasional,774,nasional. palestina,1,nasional. pilgub jabar 2018,1,nasional. pks,1,nasional. spi Jakarta,3,nasonal,2,nasyid,74,nativisasi,2,nato,1,Nazia Ali,1,nenek ikrar syahadat,1,Nenek Katharina Sutarni Sutanty,1,nenek katolik masuk islam,1,nenek masuk islam,1,neno warisman,1,netanyahu,2,new york times,1,ngo,1,Nico Ardiansyah,1,nikah,109,nikah 17 tahun,1,Nikah massal gaza,1,nikah muda,1,nikah murah,1,nikah tanpa pacaran,1,nimr al nimr,1,novel baswedan,8,november,1,NU,3,nusantara,1,obama,2,odoj,18,oemar mita,1,ok oce,1,oki setiana dewi,2,Okoso Zukin,1,opini,269,orang benar,1,orang merasa paling benar,1,ormas seragam tni,1,oslo,1,ottoman,3,pahlawan,1,palestin,1,palestina,1047,palestina suruah,1,palestinaterkini,64,pangeran saudi,1,pantai padang,1,panti wreda,1,papua,3,parenting,12,paris,1,parlemen,1,partai 212,3,partai berkuasa,1,partner,2,Pasar Raya Manggarai,1,PBB,3,PBB Suriah,1,pedang,1,peduli,208,pemakaman muhammad ali,1,pembunuhan ahli drone,1,pemeluk katolik masuk islam,1,Pemerintah Turki,1,pemilu,2,pemilu 2019,1,pemilu turki,1,pemimpin serbia,1,pemkot,1,pemuda papua ikrar syahadat,1,pemuda papua masuk islam,1,pemukim ilegal,1,pemukim yahudi,1,penakhlukan konstantinopel,1,Penaklukan Konstantinopel,1,penembakan,1,penemu,1,Pengadilan Surambi,1,pengajian,1,pengeras suara,2,Penghafal Al-Quran,1,pengungsi,2,pengungsi suriah,1,pengusaha golf masuk islam,1,pengusaha muslim,1,penista agama,1,penjahat peranng,1,penjajah israel,1,penyimpangan asyuro,1,peradaban,1,perancis,3,perasaan,1,perempuan peradaban,1,Peringatan Milad ke 563 Tahun Penaklukan Konstantinopel,1,pernikahan,2,perppu ormas,2,Persahabatan,1,persatuan islam,1,Persatuan Ulama Muslim Internasional,1,persis,2,philipina,1,pilgub jabar,2,pilkadadki,5,pilpres,1,Piprim Basarah Yanuarso,2,pki,4,PKI menyerang Gontor,1,pks,75,PKS Kota Tegal,1,pksmuda,1,PLN,2,plularitas,1,poligami,2,polisi sholeh,1,polisi tilawah al quran,1,politik,19,potong kuku,1,PPP,1,prabowo,1,prabowohatta,1,prancis,1,prasasti,1,Prasetyo Budi .W,1,presiden,2,presiden mesir,1,presiden pks,1,presiden Turki,1,pria suriah,1,proklamasi,1,puasa,2,puasa senin kamis,1,puasa syawal,1,puisi,3,pulung sampah padang,1,purwokerto,1,putin,3,Putra Arifin Ilham,1,putri yusuf mansur,1,putri Yusuf Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah,1,qatar,8,qunut,2,Qunut Shubuh,2,qur'an,3,qurban,6,r4biah,8,rabia,1,rabiah,1,Rabithah Alawiyah,1,radio,1,Radovan Karadzic,1,raja arab,1,raja faisal,1,raja salman,5,rakyat,1,ramadan,1,ramadhan,99,ramadhan 1437,1,Ramadhan di Paris,1,ramah anak,1,referendum,1,referendum turki,2,rekaman kajian,1,rekaman kajian ilmiah,1,Relawan PKS,1,remaja,46,resensi,3,resepsi mahal,1,resepsi pernikahan,1,resolusi,2,resolusi dk pbb,1,reuni 212,14,Revolusi,1,reyhan,1,reza noah,1,rezeki,1,rezeki milik siapa,1,riba,3,ridley,1,ridwan kamil,13,ridwan tulus,1,Rimpu Bima NTB,1,Rimpu Colo,1,Rimpu Mpida,1,rindu sang murabbi,1,Rodrigo Duterte,1,rohingya,14,rohis,2,rokok,1,ronaldo,1,rumah makan,1,Rumah Tangga Sakinah,1,rumah zakat,2,rusia,4,Ruu kk,1,ruu pks,4,ruutpks,2,RZ,1,sabana,1,sadiq khan,4,sakinag,1,salah alarouri,1,salaman,1,salim a fillah,4,salim segaf,1,Sally Giovani,1,Sally Giovanni,1,samuel etoo,1,sandiaga uno,8,saptuari,5,saptuari sugiharto,1,sari roti,2,sarjana,1,sastra,163,saudi,2,sby,2,SDIT,1,sedekah,1,sedih,1,sejarah,12,sejarah islam,4,sejarah palestina,1,sekolah,5,sekolah pemikiran islam,7,selfie,1,semarang,1,seni,9,senyum,1,setya novanto,1,shalit,1,shamsi ali,1,shaum,1,SHIELD,3,shoes and care,1,shola idul fitri,1,sholat,2,sholat ashar,1,sholat berjamaah,2,silatnas 2017,1,sim gratis,1,sirah,1,siroh,52,smart171,1,Smartphones,1,soeharto,1,soekarno,1,sohibul iman,4,solo,2,somalia,2,Sonia Ristanti,1,sosial,2,spanduk,1,spi,12,spi bandung,11,Spi fatahillah,1,spi jakarta,38,SPI Tangerang,1,spj,1,sri lanka,1,steven indra wibowo,1,suami sholeh,1,suara ibu,1,suara pembaca,1,suarapembaca,107,sudah hamil?,1,Sudan,2,sudrajat syaikhu,2,sukmawati,18,sukmawatii,1,suku pedalaman,1,suku wana,1,sulawesi tenggara,1,suleiman,1,sultan murad,1,sumbar,1,sundar,1,surah,1,surahman hidayat,1,suriah,26,suster katolik,1,swedia,1,swiss,2,syafii antonio,2,syahadat,3,syahid,1,syaikh yusuf al-qaradawi,2,syam,1,Syamsul Falah,1,syariah,146,syariat,1,syawal,1,syeik al-qarni,1,Syeikh Al-Qarni,1,syekh,1,syiah,7,Syiekh Sholah al Budair,1,taaruf,2,taat suami,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,tabrakan mobil di saudi,1,tahuidullah,1,takdir,1,tanpa riba,3,tanyajawab,75,tarbawi,45,tarhib,1,tato,1,taujih,2,taujih online,53,Tausyiah,17,Tech,6,tedc,1,teheran,1,teknologi,4,teladan,91,Telkomsel,2,tenggelam,1,tentang dahlan iskan,1,Tentang Oki Setiana Dewi,1,Tentara,1,tentara israel,1,Tentara Korea,1,tepi barat,1,tere liye,2,teror,2,teuku wisnu,4,thulabiy,133,tidur,1,tidur sahur stroke,1,tidur setelah sahur,1,tikam,1,tilawah,3,time,1,timur tengah,1,tinggalkan riba,1,tips,9,tips menulis,1,tips trik menulis,1,Tirta Mandira Hudhi,1,TNI,4,togutil,1,tokoh,15,tol bawah laut,1,toleransi,1,tolikara,1,tqd,11,tradisi bid'ah,1,tragedi,2,trump,7,Tsabit bin Ibrahim,1,tsaqofah,140,tsunami,2,tukang sayur,1,tuna rungu mualaf,1,tunahan kuzu,1,tunisia,1,turki,72,tvone,1,ubn,1,uganda,1,uighur,3,ukhuwah,11,ukmi,1,ulama,1,ulil,1,Ulil Abshar Abdala,1,umahat,62,umar,1,umar bin abdul azis,1,umat,14,Ummi Pipik,1,Unesco,2,uni eropa,1,Univsersitas Islam Gaza Palestina,1,upah minimum,1,usradz Firanda adirja,1,ustadz,66,ustadz abdul somad,20,ustadz adi hidayat,8,Ustadz Arifin Ilham,4,ustadz Felix,4,ustadz hanan attaki,1,Ustadz Hasan Lubis,1,ustadz hilmy,1,ustadz zulkifli,1,utang,1,utsmani,1,vaksin,8,van damme,1,video,18,vitell logo pki,1,wahabi,1,wahyu dan kenabian,1,wali kota padang,1,walid,1,Walikota Bogor Bima Arya,2,walikota muslim london,1,walikota padang,1,walimah murah,1,wanita amerika,1,warga amerika ikrar syahadat,2,warga gaza,1,warga palestina,1,warga suriah,1,warga yaman,1,wawancara,37,White helmet,1,wilders,2,wirausaha,17,Wirda Salamah Ulya,1,Wirda Yusuf Mansur,1,worldview islam,2,xinjiang,1,Yaminah Elsyaib,1,Yasser arafat,1,Yerussalem,3,yudas iskariot,1,yunani,1,yusuf alqaradawi,1,yusuf mansur,1,Yusuf Qaradawi,1,yvonne,1,zakat,6,Zakir Naik,7,
ltr
item
Islamedia - Media Islam Online: Jeratan - Jeratan Manusia
Jeratan - Jeratan Manusia
http://berita.univpancasila.ac.id/foto_berita/44anxious.jpg
Islamedia - Media Islam Online
https://www.islamedia.id/2011/09/jeratan-jeratan-manusia.html
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/2011/09/jeratan-jeratan-manusia.html
false
4462325520328585611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content