Menggugat Vonis Mati bagi Darsem

Islam edia - Darsem bin Dawut (25 tahun) tengah gelisah menunggu 7 Juli. Pada hari itu telah ditentukan jadwal hukuman pancung baginya ...


http://www.wartakota.co.id/upload/photo/2011/01/06/067e3e22614f84961184021938cab5e4.jpg
Islamedia - Darsem bin Dawut (25 tahun) tengah gelisah menunggu 7 Juli. Pada hari itu telah ditentukan jadwal hukuman pancung baginya yang telah diputuskan tahun 2009 lalu. Beruntung bagi Darsem, pihak keluarga korban akhirnya menurunkan tuntutannya(tanazul) dan memberi peluang bagi Darsem untuk lolos hukuman pancung dengan membayar denda (diyat) sebesar dua juta riyal atau setara dengan 4,7 milyar. Terakhir pada Rabu, 22 Juni kemarin, pihak Kementrian Luar Negeri menegaskan bahwa dana tersebut sudah siap dan diambilkan dari anggaran perlindungan hukum. Banyak pihak sedikit bernafas lega dengan hal ini.

Namun perlu juga kita sedikit mengkaji tentang kelayakan vonis mati bagi Darsem yang ditentukan oleh  pengadilan Riyadh, Arab Saudi. Darsem divonis mati karena terbukti bersalah membunuh Waled bin Salem Assegaf, saudara dari majikan tempatnya bekerja. Waled meninggal dengan tidak kurang 45 hantaman benda tumpul bersarang di kepala.  Mengapa Darsem bisa berubah menjadi sekeji itu ? Ternyata terungkap bahwa Darsem mati-matian membela diri saat akan diperkosa oleh Waleed di pagi hari tahun 2007 saat majikannya tengah bepergian dan dirumah hanya ada Darsem, Walid, dan seorang anak majikan yang tertidur pulas di kamarnya.

Sebenarnya sudah menjadi kelakuan Waled menggoda-goda dan merayu Darsem  saat tengah sibuk bekerja, dan Darsem  sama sekali tidak menghiraukannya. Namun naas bagi Darsem, saat ia ingin beristirahat sejenak di kamar tidurnya tiba-tiba saja Waled nyelonong memasuki kamar Darsem dan menindih tubuh Darsem. Spontan Darsem terkejut dan langsung mendorong Waled hingga terjatuh ke lantai. Darsem langsung berlari ke dapur, namun Waled terus mengejar. Darsem pun akhirnya menemukan martil dan dipukulnya kepala Darsem dengan martil itu. Perlawanan berlangsung sengit hingga berakhir dengan terkaparnya Waled.  Darsem pun begitu panik dengan kematian Waled, lalu diambilnya selimut untuk membungkus mayat Waled dan dimasukkan ke Tangki penampungan air. Pada hari itu pula kejadian itu terungkap, dan Darsem ditangkap atas tuduhan pembunuhan.

Secara sederhana, Darsem membunuh Waled dalam rangka mempertahankan diri dan kehormatannya sebagai muslimah dan ibu dari seorang anak. Kebuasan Waled yang ingin memperkosanya menjadikannya naluri mempertahankan diri Darsem memuncak hebat dan akhirnya berujung kepada kematian Waled. Lantas, apakah membunuh karena mempertahankan diri layak mendapatkan vonis mati, terlepas dari perkembangan selanjutnya tentang permakluman dari keluarga korban atas inisiatif KBRI di Riyadh. Saya ingin sedikit mengkaji dengan sederhana hal ini  dalam dua persepktif yaitu fikih dan historis.
Pertama : Perspektif Fikih
 
Dalam syariat Islam ada beberapa kondisi tertentu yang menjadikan seseorang kemudian ‘dimaklumi’ saat melakukan sebuah pembunuhan atau kejahatan pidana lainnya. Dr. Abdul Qodir Audah, - yang juga meninggal di tiang gantungan- menuliskan dalam buku monumentalnya Tasyri Jinai Al-Islami ( Perundangan Pidana Islam), tentang beberapa sebab dan kondisi tersebut.  Beliau menuliskan sebab yang pertama adalah ad-difa’ syar’iy (mempertahankan diri sesuai syariat). Para fuqoha jauh-jauh hari telah memberikan istilah khusus tentang membunuh karena pertahanan diri dengan sebutan daf’u so-il. Jadi jika seseorang membunuh dalam rangka mempertahankan diri, atau hartanya dari segala gangguan yang kuat dan berlebihan, maka hal tersebut bisa menjadi sebab gugur atau tercabutnya hukuman qishos darinya.

Landasan dalil syari dari hal ini adalah ayat Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW :
 
Allah SWT berfirman : “Barangsiapa yang menyerang kamu, Maka seranglah ia, seimbang dengan serangannya terhadapmu. bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah, bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa”. (QS Al Baqoroh 194)

Rasulullah SAW bersabda : “ Barang siapa yang dirampas hartanya tanpa alasan yang benar, lalu ia melawan (mempertahankan diri), kemudian ia terbunuh, maka ia syahid “ (HR Tirmidzi dari Abdullah bin Umar)
 
Rasulluah SAW juga menjelaskan : “ Barangsiapa yang dibunuh karena hartanya maka dia syahid, barangsiapa dibunuh karena agamanya maka dia syahid, barangsiapa yang dibunuh karena darahnya maka dia syahid, barangsiapa yang dibunuh karena membela keluarganya maka dia syahid.” (HR Tirmidzi)

Maka secara fiqh , maka jika yang terungkap di pengadilan tentang pembelaan Darsem itu sepenuhnya benar, maka peluang hukuman Darsem dibatalkan atau setidaknya diringankan tidak sampai ke hukuman mati, seharusnya masih sangat terbuka. Namun tentu saja dibutuhkan usaha pembelaan yang keras dan sungguh-sungguh, dalam hal ini dari pihak KBRI Riyadh, misalnya.
Kedua : Perspektif Sejarah pada Masa Umar bin Khottob
 
Dalam sejarah Amirul Mukminin Umar bin Khottob, tercatat beberapa pembunuhan atas dasar pertahanan diri, dalam hal ini sama persis dengan yang dialami Darsem yaitu upaya pemerkosaan, ternyata berakhir dengan pembebasan sang pembunuh. Dan hal ini bukan saja terjadi sekali tetapi dalam beberapa kejadian sebagaimana riwayat yang kuat menuliskan.

Diantaranya yang dituliskan oleh Ibnul Qayyim Al-Jauziyah dalam kitabnya At-Thoriq Al-Hakimah ila Siyasah Syar’iyah, secara ringkasnya sebagai berikut :  Ditemukan jasad seorang pemuda bersimbah darah di sebuah tempat di Madinah, tanpa ada yang tahu siapa pembunuhnya dan bagaimana kejadiannya. Beberapa bulan kemudian, ditempat yang sama ditemukan bayi tergeletak hidup. Umar bin Khottob dengan kecerdasannya berusaha mengaitkan dua kejadian di tempat yang sama tersebut. Lalu ia menitipkan bayi tersebut kepada seorang pengasuh bayi dan berpesan jika ada seorang yang datang dan mempunyai sikap berbeda terhadap bayi tersebut, yaitu penuh kasih sayang yang berlebihan, segera dilaporkan kepada Umar.

Maka benarlah perkiraan Umar, ada seorang putri dari kalangan syeikh Anshor yang terhormat yang terlihat begitu sayang terhadap bayi tersebut. Umar pun dengan sigap segera mendatangi rumah syaikh Anshor untuk segera menyerahkan putrinya dengan dakwaan membunuh pemuda tersebut. Bahkan tidak berlebihan Umar pun menghunus pedangnya, dan meminta putri Anshor tadi menceritakan kejadian sesungguhnya, jika tidak Umar sendiri yang akan menghukum sang putri tersebut.

Maka kemudian sang wanita tadi bercerita : Bahwa dahulu ada seorang perempuan tua yang datang ke rumahnya, dan karena kasihan maka dipersilahkan tinggal bersamanya dan dianggapnya sebagai ibunya sendiri. Ia pun menyayangi perempuan tua tersebut bagaikan ibunya sendiri. Sampai suatu ketika perempuan tadi mengatakan bahwa ia akan bepergian sementara, dan ia takut dengan kondisi putrinya, dan ia ingin menitipkan putrinya ke rumah tersebut juga selama ia pergi. Maka benar kemudian, perempuan tadi datang dengan putrinya, menitipkannya lalu pergi begitu saja. Maka putri perempuan tadi pun tinggal bersama putri anshor selayaknya teman dan sahabat. Namun ternyata pada suatu ketika, putri perempuan tadi sebenarnya adalah seorang pemuda tampan yang memang berniat untuk memperkosa putri syeikh anshor yang terhormat.

Sehingga pada suatu malam saat putri tertidur, pemuda tadi berhasil memperdaya sang putri dan merenggut kehormatannya, namun kemudian sang putri berhasil merengkuh pisau cukur yang ada di dekat ranjang dan menikam sang pemuda tampan tadi yang tengah memperkosanya dengan buas. Maka pemuda tampan itu pun tersungkur tewas, dan sang putri memerintahkan pembantunya untuk meletakkannya di jalan. Beberapa bulan kemudian, sang putri melahirkan anak hasil perkosaan tersebut, dan diletakkan kembali di jalan tempat yang sama dengan jenazah ayahnya.

Mendengar penjelasan tersebut, Umar bin Khottob pun kembali menyarungkan pedangnya dan mengatakan : Demi Allah engkau telah berkata jujur. Lalu Umar pun mendoakan kebaikan kepada putri Anshor tersebut, dan memuji syeikh Anshor dengan mengatakan bahwa putrinya adalah wanita yang sangat baik dan mulia.

Kejadian semacam ini, yaitu pembebasan dan pengampunan kepada tersangka pembunuhan karena mempertahankan diri dalam kejahatan perkosaan, bukan hanya sekali dalam pemerintahan Umar. Dua kejadian lainnya diriwayatkan dalam Mushoniif Abdu Rozaq dan Sunan Kubro nya Imam Nasa’i. Dan terlamapau panjang untuk diceritakan kembali dalam tulisan ini. Namun sederhananya, secara perspektif sejarah, Umar bin Khottob yang dikenal sebagai pemimpin dan hakim yang adil, pernah beberapa kali memvonis bebas pelaku pembunuhan atas dasar pembelaan diri dari pemerkosaan dan percobaan pemerkosaan.
Kesimpulan
 
Akhirnya, tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menggurui ilmu para hakim di Arab Saudi, karena apalah arti ilmu penulis yang tak seberapa ini dibanding mereka. Namun tulisan ini secara khusus menyimpan pesan kepada pihak-pihak yang berwenang, khususnya pemerintah Indonesia dan KBRI di Riyadh, agar melihat hal ini sebagai peluang sekaligus motivasi untuk melakukan pembelaan yang sungguh-sungguh atas kejadian-kejadian yang semacam ini. Karena diakui atau tidak, masih banyak daftar deretan menanti persidangan TKI yang terancam hukuman mati karena membela diri dari sebuah upaya pemerkosaan.

Begitu pula, tulisan ini kami maksudkan agar pandangan kita dalam memahami syariah tidaklah sempit, bahwa pembunuhan harus selalu berakibat qishos. Penentangan terhadap vonis mati Darsem dianggap upaya melawan syariat. Tidak dan sekali-kali tidak. Syariat kita yang indah mempunyai mekanisme yang panjang bagi pelaksanaan sebuah hukuman. Ada yang disebut dengan qonun murofaat jina’iyah (hukum acara pidana), sebagaimana ada pula pertimbangan-pertimbangan yang syar’I dalam peringanan dan juga pembatalan hukuman. 

Semoga kita mampu untuk terus belajar dan belajar memahami syariah yang indah ini. Salam optimis 

http://2.bp.blogspot.com/-IkxfuRGV3vQ/Tehgv3pb9GI/AAAAAAAABDk/2hO0d_Kcu9U/s1600/caa.jpg
Hatta Syamsuddin
Ingin ngobrol dengan saya ? Follow saya di Twitter @hattasy
Nama

#2019GantiPresiden,5,#cabutpermendikbudno.30,1,#kejahatanseksual,4,#palestina #aqsa #smart171 #aaw #aqsaawarenessweek headline nasional,1,#permen,1,#Permendikbudno.30,1,#seksbebas,4,#zina,1,212mart,1,aa gym,4,aadk,1,Aaw,1,ACN,4,ada apa dengan konsen,1,adara,1,ahmat davutoglu,1,ahzami samiun jazuli,1,aid al-qarni,1,aidit,1,air zam zam,1,ajat syaikhu,2,ak parti,1,akhrawi,1,akmal sjafril,4,AKP,6,aksi 112,1,aksi 115,1,aksi 212,2,Aksi 64,2,Aksi Bela Baitul Maqdis,1,aksi bela palestina,6,aksi kemanusiaan,1,aksi peduli aleppo,1,aktivitasdakwah,146,Aku Kamu Adalah Kita,2,al aqsha,4,al irsyad,1,al zawari,1,al-aqsa,1,al-qarni,1,al-qassam,1,al-qur'an,5,al-quran,4,alamislami,926,alaqsa,4,alasan logis mengelilingi ka'bah,1,alasan nikah muda,1,aleppo,6,aleppoisburning,1,alexis,3,alkhusairi,1,Allah,3,Almuzzammil Yusuf,2,alquds,1,alqur'an,2,alquran,41,Alvin,1,ambulans,1,amerika,7,amerika serikat,1,amien,1,Amien rais,5,anak,2,anak dilarang ke masjid,1,Anak Inggris Hafal Al-Qur'an,1,anak kembar,1,anak masjid,2,anak masjid ribut,1,anak palestina,2,anak pendeta,1,anak TK CHina baca Al Quran,1,anak-anak masjid,1,analisa,24,anggota dewan PKS,2,anggota dewan sederhana,2,anggota dprd bekasi,1,anggota odoj meninggal dunia,1,anggota parlemen,1,anggota PKI,1,Anggota TNI,1,anggota TNI Hafal Al Qur'an,1,anggota TNI Hafal Qur'an,1,angsuran bank,1,ani yudhoyono,1,anies baswedan,57,Anies sandi,8,anjing,1,anti lgbt,2,anti vaksin,7,Anya,1,aqsha,2,arab,1,arab israel,1,arab saudi,7,arab saudi jamin kesehatan warga yaman,1,arabic,3,ari purbono,1,arie untung,1,arifin ilham,3,artefak,1,as-sisi,1,asma nadia,2,asyuro,1,ataturk,1,ateisme hanya kenakalan saja,1,atheis,1,Aung San Suu Kyi,2,australia,1,Awkarin,1,ayah,8,ayat ayat cinta,2,azan,1,azan pengeras suara,1,azan turki,1,bachtiar nashir,1,bachtiar nasir,2,bahasa arab,1,baliho KB,1,bandara paris,1,bandung,4,bangkok,1,banjir,2,banjir Jakarta,1,bank riba,2,bantuan,1,bantuan kemanusiaan,1,bantuan turki,1,bantuan turki gaza,1,barat,1,barokah,1,basar asad,1,bashar asad,1,batik trusmi,1,bayan,4,bayar puasa,1,bds,1,bebas hutang,1,Begin Again,1,Belanda,1,belum hamil?,1,Bencana Purworejo,1,bendera,1,Bendri Jaisyurrahman,1,beras maknyus,2,berau,2,berita,4933,berita duka muhammad ali,1,berita nasional,4,beritafoto,51,bermain di masjid,1,bhiksu budha,1,bid'ah,1,bila ingin disebut Allah,1,bin,1,binali,1,birokrasi,1,bisnis,2,boikot,1,boikot starbuck,2,bom,1,bom depok,1,brasil,2,Britain,1,brunei,5,budha,2,bukan negero dongeng,1,buku,19,bunda yoyoh,15,burqa,2,buruh,1,busana,1,buya hamka,5,cadar,5,caesar,1,cagub jabar,1,cahyadi takariawan,1,caisar,1,cara mendidik anak,1,charles darwin,1,Charlie Hebdo,1,chelsea,1,China,4,cicak,1,cincin,1,cinta masjid,1,cirebon,1,corona,9,covid19,2,crane,2,cupink topan,2,daerah,7,dahlan iskan,4,dakwah,147,dakwahkantor,1,davutoglu,1,Deen Mohammad Shaikh,1,dembaba,2,demokrasi,1,demokratis,1,denny indrayana,1,denny JA,1,depok,2,derajat,1,dewan dakwah,1,Dibutuhkan Masjid Ramah Anak,1,Didin Hafidhuddin,1,dina lorenza,1,diskriminasi,1,Dk pbb,1,doa,1,doa gempa,1,dokter pembersih sepatu,1,dokter Tirta,1,Domingus Roudolsifa,1,Donal Trump,1,donald trump,3,Dosen Amerika Masuk Islam,1,dosen FMIPA UNY,1,dosen katolik masuk islam,1,dprd semarang,1,Dr Zakir Naik,5,dropship dalam Islam,1,Dropship halal,1,dropship haram,1,dsp pks,1,dunia,60,dunia islam,235,duniaislam,13,duta besar israel,1,duterte,1,e-ktp,1,egi john,4,Egyptair,1,ekonomi syariah,1,ekonomisyariah,90,ektp kepercayaan,2,elang gumilang,1,embunpagi,29,Entertainment,2,erdogan,57,Erez,1,eropa,3,Esebius Pomats,1,etika membutuhkan agennya,1,Eurasia,1,event,50,facebook,3,fahmi salim,1,farid nu'man,1,Fariq Zakir Naik,1,fatih,1,fds,1,felix siau,1,felix siauw,9,Feminisme,2,feriza,1,fethullah gulen,1,film 212,6,film islami,1,film pendek,3,fiqih,1,firanda adireja,1,FISIP Universitas Indonesia,1,flp,1,forum,1,foto,1,fpi,5,FPI Gaza,1,FPI Palestina,1,FPI peduli Palestina,1,FPKS,2,fpks dprd jakarta,2,fpks Jakarta,1,freemansory,1,gadis gereja masuk islam,1,gaji halal,1,gaji kecil,1,gardu listri,1,garuda,1,gatot,3,gay,1,gaza,26,gema keadilan,1,gempa,4,gerakan,14,gereja,1,gereja katolik,1,gerhana bulan,2,gerhana bulan total,1,ghazwul fikri,6,ghilad salit,1,gnpf mui,3,gnpf ulama,1,gojek,1,good governance,1,gpmp,1,Grand Metropolitan Mall Bekasi,1,gulen,2,gus nur,1,habib rizieq,10,habib salim,2,hadits,12,hafal al-qur'an,2,Hafalan Surat Yasin,1,hafidz anah,1,hafidz anak,1,hafidz quran,1,hafiz indonesia,1,Hafiz Indonesia RCTI,1,hagia sophia,2,haji,22,hak allah,1,halal haram dropship,1,hamas,7,hamil,3,hamka,2,handhphone ViTELL,1,hary tanoesoedibjo,1,hasan al banna,1,hasyim asyari,1,headline,8049,headline nasional,4,Helvy Tiana Rosa,1,hidayah,4,hidayatullah,1,hidup,1,hidup sederhana,1,hijab,2,hijrah,20,hikmah,27,Hindu Masuk Islam,2,Hizbut Tahrir,5,Hizbut Tahrir Indonesia,1,hmi,1,hoax,4,hti,11,hti dibubarkan,1,hukum dropship,1,hukum sropshipping,1,hukuman mati,1,hutang,1,ibadah haji,1,IBF 2918,1,ibnu mubarak,1,Ibnu Riyanto,1,ibu,2,ibu walikota padang,1,icc,1,idul adha,5,idul fitri,3,idul Fitri,4,idul Fitri Muhammadiyah,1,idulfitri,2,ikhwanul muslimin,2,iklan,15,ikrar syahadat,2,ikrar syahadat di yogyakarta,1,ikrimah,1,ilmu syar'i,1,ilmuan,1,IM,2,imam,1,imam malik,1,imunisasi,1,Indahnya Masjid MALL,1,indonesia,50,indonesia abstain suriah,1,Indonesia PBB,1,Indonesia salah PKI,1,indonesia tanpa jil,2,indosat,1,infoumat,20,injil barnabas,1,innalillahi muhammad ali,1,inspirasi,737,internasional,1836,intifadhah,1,Intifaha 3,1,intoleransi,1,irak,1,iran,1,Irfan Hakim Hafiz Indonesia,1,Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri,1,irwan prayitno,3,irwansyah,1,isbal,1,isil,1,isis,1,islam,11,Islam Bersatu,1,islam bukan agama arab,1,islam liberal,1,islam papua,1,islam-download.net,1,islamediaredaksi,38,islamophobia,1,Ismail Yusanto,1,israel,26,Israel hentikam bantuan luar negeri,1,Israel pasang kamera pengintai,1,istambul,1,istiqlal,2,istiqomah,1,istri,2,Italia,3,itikaf,3,itj,3,itj bandung,1,ITJ Jakarta,1,jamaah,1,Jamaah Tabligh,1,jamin kesehatan,1,jangan ada tebang pilih dalam kasus penistaan agam,1,jangan lakukan ini,1,janji kampanye,1,janji pemerintah,1,jepang,1,jidat hitam,1,jihad,2,jihad islam,1,jilbab,3,jilbab diskriminasi,1,jilbab pramugari,1,JK,1,jodoh,1,jomblo,1,jordania,1,jual cincin,1,jurnal ramadhan,1,jurnalistik,3,jurnalistik dakwah,1,Jusuf Kalla,2,Juventus,1,ka'bah,3,kairo,1,kajian,29,kalender arab saudi masehi,1,kalender hijriah,2,kalender masehi,1,kanada,1,kangen band,1,Kapan Muhammadiyah Lebaran,1,kapan nikah,2,Kapolda Sumsel,1,karikatur,8,kaset,1,kashmir,1,kasunanan surakarta,1,Katharina Sutarni Sutanty,1,Katharina Sutarni Sutanty masuk islam,1,katolik,1,katolik masuk islam,2,katolik merapi,1,katolik papua,1,kawin,1,kdm,1,kebakaran,1,Kebangkitan,2,kedaulatan rakyat,1,kejam,1,kekejaman PKI,1,keluarga,183,kemenag,1,kenaikan upah,1,kepala suku papua,1,Kepanduan,1,kepenulisan,1,kesehatan,44,kesultanan yogyakarta,1,ketahanan keluarga,1,Kevin James,1,KH Arifin Ilham,1,khalid,1,khalid misy'al,1,Khilafiyah,1,khitbah,1,khusuf,1,khutbah,3,khutbah idul adha,1,khutbah idul fitri,1,khutbah jumat,1,Kiai Idham Chalid,1,kiamat,1,kiblat,1,kislap,1,kitab suci,1,kitabisa,1,kiyai slamet,1,KMGP,1,knrp,20,knrp jawa timur,2,kodam,1,koin,1,komnas,1,komunis,3,komunis china,2,Komunitas aci,1,konsep diin,1,konsep kebahagiaan dalam islam,1,konstantinopel,2,korban tragedi mina asal indonesia,1,korea,1,korupsi,3,korupsi e-KTP,1,KPK,3,krl,2,kronologis penembakan al-qarni,1,kudeta,2,kudeta gagal,1,kudeta militer turki,1,kudeta turki,4,kultwit,226,kurban,2,Kuwait,1,larangan mendidik anak,1,Letkol I Wayan Arta,1,Letkol I Wayan Arta Hafal Al-Qur'an,1,LGBT,14,LGTB,1,Libya,2,Lifestyle,1,logo HTI,1,logo palu arit,2,logo pki,1,london,2,lowongan,1,LPOI,1,lukis wajah nabi,1,lukman hakim saifudin,2,ma,1,Maariya Aslam,1,mabit,2,Madinah,2,madrasah,1,mahathir,4,maher zain,1,mahmud,1,mahram,1,Mahyeldi Ansyarullah,1,Makanan,1,makkah,2,malaysia,3,malik,1,Mall Pasar Raya Manggarai,1,Malta,1,mandi wajib,1,mandul,1,manggarai,1,manhaj,16,manusia dan kebahagiaan,1,marah,1,marbot masjid,1,maroko,1,Mas Gagah,1,masjid,4,Masjid Ahmet Akseki Camii,1,masjid al aqsa,2,Masjid Al Latief,1,Masjid Al Latief Pasar Raya manggarai,1,masjid blom m square,1,masjid di turki,1,masjid gede kauman,2,masjid kokas,1,masjid nabawi,1,Masjid Pasar Raya Manggarai,1,masjid turki,2,masjidil haram,3,masuk islam,4,mata uang,1,mavi marmara,1,MCI,2,membawa anak ke masjid,1,Memeluk Islam,1,menang,1,menangis,1,mendagri tjahjo kumolo,1,mendidik anak,2,mengelilingi ka'bah,1,menghormati yang tidak berpuasa,1,menikah muda,1,meninggal dunia,3,menteri agama,3,mentoring,1,menulis,2,menuntut ilmu,1,menyebabkan stroke,1,merasa benar,1,merdeka,1,mesir,161,messi,2,Mesut ozil,1,mie babi,1,mie instant korea,1,migran,1,milad fpi,2,militer turki,1,mimpi,1,mimpi bertemu Rasulullah,1,mina,4,minta maaf PKI,1,minta maaf ramadhan,1,misyal,1,MLM haram,1,MLM itu haram,1,modern,1,mogok,1,Mossad,1,mtq,1,mts walisongo,1,MTT,2,mualaf,46,mualaf Budha,1,mualaf center indonesia,1,mualaf hindu,1,Mualaf Hindu Masuk Islam,2,mualaf kristen,1,Mualaf Pakistan,1,muallaf,14,mudik,1,Muhamad Ali meninggal dunia,1,Muhammad Abduh Tuasikal,1,Muhammad Al Fatih,1,muhammad ali,5,muhammad ali bicara kematian,1,muhammad ali masuk islam,1,muhammad ali mati,2,muhammad ali meninggal dunia,2,muhammad ali wafat,2,Muhammad badie,1,Muhammad Najeeb Abdur Razzaq,1,Muhammadilah Idul Fitri,1,muhammadiyah,8,muhammadiyah idul fitri 2016,1,Muhammadiyah Idul Fitri 6 Juli,1,Muhammadiyah Lebaran Rabu,1,muharam,1,MUI,5,munajat 212,1,murabithun,1,mursi,7,mursyid am,1,museum,1,museum nasional,1,Muslim,11,muslim bosnia,1,muslim myanmar,2,Muslim Paris,1,muslim perancis,2,muslim rohingya,3,muslimah,48,mustafa kemal pasha,1,mutabaah harian ramadhan,1,muzammil hasballah,6,myanmar,6,Nabawi,1,nabi,2,nama foundation,2,nandang burhanudin,1,nasihat,96,nasioanal,1,nasional,774,nasional. palestina,1,nasional. pilgub jabar 2018,1,nasional. pks,1,nasional. spi Jakarta,3,nasonal,2,nasyid,74,nativisasi,2,nato,1,Nazia Ali,1,nenek ikrar syahadat,1,Nenek Katharina Sutarni Sutanty,1,nenek katolik masuk islam,1,nenek masuk islam,1,neno warisman,1,netanyahu,2,new york times,1,ngo,1,Nico Ardiansyah,1,nikah,109,nikah 17 tahun,1,Nikah massal gaza,1,nikah muda,1,nikah murah,1,nikah tanpa pacaran,1,nimr al nimr,1,novel baswedan,8,november,1,NU,3,nusantara,1,obama,2,odoj,18,oemar mita,1,ok oce,1,oki setiana dewi,2,Okoso Zukin,1,opini,269,orang benar,1,orang merasa paling benar,1,ormas seragam tni,1,oslo,1,ottoman,3,pahlawan,1,palestin,1,palestina,1047,palestina suruah,1,palestinaterkini,64,pangeran saudi,1,pantai padang,1,panti wreda,1,papua,3,parenting,12,paris,1,parlemen,1,partai 212,3,partai berkuasa,1,partner,2,Pasar Raya Manggarai,1,PBB,3,PBB Suriah,1,pedang,1,peduli,208,pemakaman muhammad ali,1,pembunuhan ahli drone,1,pemeluk katolik masuk islam,1,Pemerintah Turki,1,pemilu,2,pemilu 2019,1,pemilu turki,1,pemimpin serbia,1,pemkot,1,pemuda papua ikrar syahadat,1,pemuda papua masuk islam,1,pemukim ilegal,1,pemukim yahudi,1,penakhlukan konstantinopel,1,Penaklukan Konstantinopel,1,penembakan,1,penemu,1,Pengadilan Surambi,1,pengajian,1,pengeras suara,2,Penghafal Al-Quran,1,pengungsi,2,pengungsi suriah,1,pengusaha golf masuk islam,1,pengusaha muslim,1,penista agama,1,penjahat peranng,1,penjajah israel,1,penyimpangan asyuro,1,peradaban,1,perancis,3,perasaan,1,perempuan peradaban,1,Peringatan Milad ke 563 Tahun Penaklukan Konstantinopel,1,pernikahan,2,perppu ormas,2,Persahabatan,1,persatuan islam,1,Persatuan Ulama Muslim Internasional,1,persis,2,philipina,1,pilgub jabar,2,pilkadadki,5,pilpres,1,Piprim Basarah Yanuarso,2,pki,4,PKI menyerang Gontor,1,pks,75,PKS Kota Tegal,1,pksmuda,1,PLN,2,plularitas,1,poligami,2,polisi sholeh,1,polisi tilawah al quran,1,politik,19,potong kuku,1,PPP,1,prabowo,1,prabowohatta,1,prancis,1,prasasti,1,Prasetyo Budi .W,1,presiden,2,presiden mesir,1,presiden pks,1,presiden Turki,1,pria suriah,1,proklamasi,1,puasa,2,puasa senin kamis,1,puasa syawal,1,puisi,3,pulung sampah padang,1,purwokerto,1,putin,3,Putra Arifin Ilham,1,putri yusuf mansur,1,putri Yusuf Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah,1,qatar,8,qunut,2,Qunut Shubuh,2,qur'an,3,qurban,6,r4biah,8,rabia,1,rabiah,1,Rabithah Alawiyah,1,radio,1,Radovan Karadzic,1,raja arab,1,raja faisal,1,raja salman,5,rakyat,1,ramadan,1,ramadhan,99,ramadhan 1437,1,Ramadhan di Paris,1,ramah anak,1,referendum,1,referendum turki,2,rekaman kajian,1,rekaman kajian ilmiah,1,Relawan PKS,1,remaja,46,resensi,3,resepsi mahal,1,resepsi pernikahan,1,resolusi,2,resolusi dk pbb,1,reuni 212,14,Revolusi,1,reyhan,1,reza noah,1,rezeki,1,rezeki milik siapa,1,riba,3,ridley,1,ridwan kamil,13,ridwan tulus,1,Rimpu Bima NTB,1,Rimpu Colo,1,Rimpu Mpida,1,rindu sang murabbi,1,Rodrigo Duterte,1,rohingya,14,rohis,2,rokok,1,ronaldo,1,rumah makan,1,Rumah Tangga Sakinah,1,rumah zakat,2,rusia,4,Ruu kk,1,ruu pks,4,ruutpks,2,RZ,1,sabana,1,sadiq khan,4,sakinag,1,salah alarouri,1,salaman,1,salim a fillah,4,salim segaf,1,Sally Giovani,1,Sally Giovanni,1,samuel etoo,1,sandiaga uno,8,saptuari,5,saptuari sugiharto,1,sari roti,2,sarjana,1,sastra,163,saudi,2,sby,2,SDIT,1,sedekah,1,sedih,1,sejarah,12,sejarah islam,4,sejarah palestina,1,sekolah,5,sekolah pemikiran islam,7,selfie,1,semarang,1,seni,9,senyum,1,setya novanto,1,shalit,1,shamsi ali,1,shaum,1,SHIELD,3,shoes and care,1,shola idul fitri,1,sholat,2,sholat ashar,1,sholat berjamaah,2,silatnas 2017,1,sim gratis,1,sirah,1,siroh,52,smart171,1,Smartphones,1,soeharto,1,soekarno,1,sohibul iman,4,solo,2,somalia,2,Sonia Ristanti,1,sosial,2,spanduk,1,spi,12,spi bandung,11,Spi fatahillah,1,spi jakarta,38,SPI Tangerang,1,spj,1,sri lanka,1,steven indra wibowo,1,suami sholeh,1,suara ibu,1,suara pembaca,1,suarapembaca,107,sudah hamil?,1,Sudan,2,sudrajat syaikhu,2,sukmawati,18,sukmawatii,1,suku pedalaman,1,suku wana,1,sulawesi tenggara,1,suleiman,1,sultan murad,1,sumbar,1,sundar,1,surah,1,surahman hidayat,1,suriah,26,suster katolik,1,swedia,1,swiss,2,syafii antonio,2,syahadat,3,syahid,1,syaikh yusuf al-qaradawi,2,syam,1,Syamsul Falah,1,syariah,146,syariat,1,syawal,1,syeik al-qarni,1,Syeikh Al-Qarni,1,syekh,1,syiah,7,Syiekh Sholah al Budair,1,taaruf,2,taat suami,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,tabrakan mobil di saudi,1,tahuidullah,1,takdir,1,tanpa riba,3,tanyajawab,75,tarbawi,45,tarhib,1,tato,1,taujih,2,taujih online,53,Tausyiah,17,Tech,6,tedc,1,teheran,1,teknologi,4,teladan,91,Telkomsel,2,tenggelam,1,tentang dahlan iskan,1,Tentang Oki Setiana Dewi,1,Tentara,1,tentara israel,1,Tentara Korea,1,tepi barat,1,tere liye,2,teror,2,teuku wisnu,4,thulabiy,133,tidur,1,tidur sahur stroke,1,tidur setelah sahur,1,tikam,1,tilawah,3,time,1,timur tengah,1,tinggalkan riba,1,tips,9,tips menulis,1,tips trik menulis,1,Tirta Mandira Hudhi,1,TNI,4,togutil,1,tokoh,15,tol bawah laut,1,toleransi,1,tolikara,1,tqd,11,tradisi bid'ah,1,tragedi,2,trump,7,Tsabit bin Ibrahim,1,tsaqofah,140,tsunami,2,tukang sayur,1,tuna rungu mualaf,1,tunahan kuzu,1,tunisia,1,turki,72,tvone,1,ubn,1,uganda,1,uighur,3,ukhuwah,11,ukmi,1,ulama,1,ulil,1,Ulil Abshar Abdala,1,umahat,62,umar,1,umar bin abdul azis,1,umat,14,Ummi Pipik,1,Unesco,2,uni eropa,1,Univsersitas Islam Gaza Palestina,1,upah minimum,1,usradz Firanda adirja,1,ustadz,66,ustadz abdul somad,20,ustadz adi hidayat,8,Ustadz Arifin Ilham,4,ustadz Felix,4,ustadz hanan attaki,1,Ustadz Hasan Lubis,1,ustadz hilmy,1,ustadz zulkifli,1,utang,1,utsmani,1,vaksin,8,van damme,1,video,18,vitell logo pki,1,wahabi,1,wahyu dan kenabian,1,wali kota padang,1,walid,1,Walikota Bogor Bima Arya,2,walikota muslim london,1,walikota padang,1,walimah murah,1,wanita amerika,1,warga amerika ikrar syahadat,2,warga gaza,1,warga palestina,1,warga suriah,1,warga yaman,1,wawancara,37,White helmet,1,wilders,2,wirausaha,17,Wirda Salamah Ulya,1,Wirda Yusuf Mansur,1,worldview islam,2,xinjiang,1,Yaminah Elsyaib,1,Yasser arafat,1,Yerussalem,3,yudas iskariot,1,yunani,1,yusuf alqaradawi,1,yusuf mansur,1,Yusuf Qaradawi,1,yvonne,1,zakat,6,Zakir Naik,7,
ltr
item
Islamedia - Media Islam Online: Menggugat Vonis Mati bagi Darsem
Menggugat Vonis Mati bagi Darsem
http://www.wartakota.co.id/upload/photo/2011/01/06/067e3e22614f84961184021938cab5e4.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-IkxfuRGV3vQ/Tehgv3pb9GI/AAAAAAAABDk/2hO0d_Kcu9U/s72-c/caa.jpg
Islamedia - Media Islam Online
https://www.islamedia.id/2011/06/menggugat-vonis-mati-bagi-darsem.html
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/2011/06/menggugat-vonis-mati-bagi-darsem.html
false
4462325520328585611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content