Sebuah masjid yang dinamai untuk menghormati Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov dan mampu menampung 10.000 jamaah akan dibangun di kota Shali, Chechnya, demikian menurut pemerintah republik itu dalam siaran persnya.

Upacara peletakan batu pertama untuk pondasi dan kapsul peringatan diadakan pada ahad (02/12/2012).

Masjid tersebut akan diberi nama Ramzan Kadyrov sebagai pengakuan atas pengabdian presiden kepada Islam, kata Khozh-Akhmad Kadyrov, kepala Dewan Ulama Chechnya, demikian dikutip dari siaran pers itu, seperti yang dilaporkan oleh RIA Novosti.

"Masjid baru, madrasah, dan sekolah Hafiz semua berlangsung sepanjang waktu di sini. Semua bangunan negara memiliki ruang untuk beribadah. Itu adalah hasil dari upaya pemimpin kami Ramzan Kadyrov," katanya.

Masjid, yang dirancang oleh tim arsitek dari Uzbekistan itu, diperkirakan membutuhkan waktu tiga tahun untuk menyelesaikannya.

Chechnya telah memiliki sebuah masjid, salah satu yang terbesar di Eropa. Dibuka pada tahun 2008, Masjid Jantung Chechnya di Grozny, yang juga merupakan nama ayah Kadyrov dan pendahulunya, Haji Akhmad Kadyrov, dapat menampung 10.000 jamaah.[antara]