Belajar Tafsir di TafsirWeb.com


tafsir quran
Islamedia Sebagai seorang muslim membaca al-Qur'an adalah sebuah ibadah sunnah yang rasanya tidak boleh untuk terlewat sehari pun. Hal tersebut dikarenakan besarnya pahala dari membaca al-Qur'an dan banyaknya kebaikan yang bisa didapatkan dengan membaca kalam Rabbuna 'Azza wa Jalla yang diturunkan lebih dari 14 abad yang lalu.

Tidak dipungkiri lagi, mukjizat terbesar Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam ini memang membawa banyak kebaikan, dari sejak kita pertama kali membacanya saja langsung hati terasa nyaman dan tenteram, belum lagi jika bisa mengerti dan memahami apa yang kita baca. Sayangnya, seringkali saat kita ingin untuk mengetahui apa tafsir atau maksud dari ayat dalam al-Qur'an, kita terkendala masalah bahasa. Umumnya kita tidak faham bahasa Arab sehingga menjadi terbataslah kemampuan kita dalam memahami ayat-ayat yang kita baca tersebut.

Karena itulah, beberapa saudara kita berinisiatif membangun tafsirweb.com, sebuah website sederhana yang berusaha untuk membantu kita semua dengan menyajikan tafsir dari berbagai kitab para ulama, yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Dari info yg kami dapatkan, akan disediakan dan dimuat berbagai kitab tafsir di website ini, dan hingga sekarang yang sudah berjalan antara lain:

Tafsir al-Muyassar karya Syaikh Dr. Shalih Alu Syaikh et al., Menteri Agama Saudi Arabia tahun 1420H sampai 1436H.

Tafsir as-Sa'di karya Syaikh 'Abdurrahman bin Naashir as-Sa'di, wafat 1376H. Kitab ini sering dikaji di Masjid Nabawi, Madinah 

Tafsir al-Aisar karya Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, pakar tafsir Kota Madinah, pengajar di Masjid Nabawi, wafat 1439H.

Tafsir Juz 'Amma karya Syaikh Prof. Dr. Shalih Fauzan al-Fauzan, anggota Komite Fatwa Majelis Ulama Saudi Arabia

Ke depannya insyaaAllah akan terus bertambah berbagai tafsir lainnya, sesuai kemampuan dan keluangan waktu yang dimiliki oleh para pengelola website TafsirWeb tersebut. Kita do'akan agar website ini menjadi salah satu ajang amal shalih jariyah bagi para pengelola website tersebut, dan semoga membawa kemanfaatan yang besar bagi kaum muslimin. Allahumma aamiin.

Baca Ini Juga ...: