Ini 5 Tips Alami Cara Menghilangkan Bau ‘Prengus’ Pada Daging Kambing Kurban


Islamedia Umat Islam diseluruh dunia rabu(22/8/2018) kemarin bergembira menyambut Hari Raya Idul Adha. Salah satu rangkaian Ibadah adalah memotong hewan Qurban seperti kambing. Namun permasalahan yang sering dihadapi adalah bau menyengat "prengus" daging kambing yang mengganggu.

Berikut ini 5 tips menghilangkan bau “prengus” daging kambing secara alami menggunakan apa yang ada di alam.

1. Hingkan Prengus dengan Timun

Ternyata buah Timun dapat menghilangkan bau prengus kambing. Timun yang sudah dipotong-potong kita lumatkan bersamaan dengan daging kambing. Kita aduk bersamaan dengan daging selama 10-15 menit atau hingga dominan bau timun.

2. Hilangkan Prengus dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis atau limau memang terkenal dengan kasiatnya menghilangkan bau amis atau prengus didalam bahan masakan, termasuk daging-dagingan. Oleh karena itu, sebelum kita mengolah daging kambing, ada baiknya kita juga menggunakan perasan jeruk nipis atau limau untuk menghilangkan baunya.

3. Hilangkan Prengus dengan Kunyit dan Jahe

Selain menggunakan timun dan jeruk nipis, bau prengus dapat dihilangkan dengan menggunakan potongan jahe dan kunyit. Perlu diperhatikan, jumlah kunyit yang kita pakai jangan terlalu banyak, jika ingin jahenya yang banyak. Proses ini berlangsung saat perebusan pertama daging. Jadi, kita merebus daging kambing bersama dengan jahe dan kunyit.

4. Menggunakan Daun Jambu Klutuk

Daun jambu klutuk juga dapat kita pakai dalam proses perebusan daging untuk menghilangkan bau ‘prengus’ daging kambing. Caranya mudah, dengan menambahkan beberapa lembar daun jambu klutuk dalam perebusan pertama daging.

5. Gunakan Lobak atau Kacang Hijau

Mungkin terkesan jarang didengar, namun ternyata lobak dan kacang hijau juga dapat digunakan dalam upaya menghilangkan bau daging saat dimasak. Kita dapat menambahkan irisan lobak atau segenggam kacang hijau dalam proses perebusan pertama daging.

Semoga 5 tips alamai menghilangkan bau ‘prengus’ dalam mengolah hidangan kurban. Selamat mencoba. [islamedia].

Baca Ini Juga ...: