Worldview Islam Vs Worldview Barat


Islamedia Perkuliahan kedua School of Islamic Education and Leadership (SHIELD) yang merupakan program kerjasama antara Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT) dengan Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Jakarta kembali digelar Selasa (13/03) silam di gedung Telkomsel Smart Office (TSO) , Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Perkuliahan kali ini mendiskusikan tema The Worldview of Islam yang disampaikan oleh Dr. Wido Supraha, dosen pascasarjana Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, peneliti INSISTS dan sekaligus dosen SPI.

Worldview atau pandangan hidup berasal dari kata Weltenschaaung yang mulai digunakan pada akhir abad ke-18 dan berkembang ke seluruh Eropa pada abad ke-19. Adalah Immanuel Kant yang pertama kali menggunakan istilah ‘weltenschauung dalam karyanya yang berjudul Critique of Judgement. Dalam pandangan Barat, worldview ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu agama, kepercayaan, pendidikan, tradisi dan kebudayaan. Tentunya worldview yang dikenal di Barat amat berbeda dengan worldview Islam,” ungkap Wido Supraha saat membuka perkuliahan.

Worldview of Islam atau pandangan hidup Islam ini berbeda dengan pandangan hidup Barat atau yang lainnya. Kalau worldview Barat cenderung bersumber hanya pada sains dan spekulasi saja, sementara worldview Islam ini didasari oleh konsep-konsep yang semua bersumber dari wahyu Allah SWT. Itulah sebabnya kenapa saat ini dunia sains yang kebanyakan didominasi oleh Barat menjadi kering. Karena ruhnya kering, dipisahkan antara ilmu sains dengan ilmu agama,” jelas Wido yang juga merupakan Wakil Sekretaris Komisi Ukhuwah MUI Pusat ini.

Impresi positif diungkapkan oleh salah satu peserta, Fahmi Hidayatullah setelah mengikuti perkuliahan kedua. “Tiap materi yang diberikan membuka pikiran saya tentang kondisi saat ini dan membuka wawasan saya bahwa tugas kita semakin berat. Semakin banyak tahu, akan semakin paham kebodohan kita di mana. Selain itu, menambah pengetahuan bagaimana harus menyusun langkah yang perlu dilakukan untuk kondisi umat saat ini,” ujarnya. [islamedia/dini/abe]

Baca Ini Juga ...: