Muslim Brazil Terbitkan Buku Panduan Islam Sambut Piala Dunia di Brazil


Islamedia.co - Umat Muslim yang menjadi penggemar sepakbola akan bisa menikmati Piala Dunia 2014 Brazil dengan tenang dan bisa beribadah seperti biasanya. Setelah diterbitkannya buku panduan yang memberi petunjuk keberadaan masjid, restoran halal dan kebutuhan umat Islam lainnya.

Buku setebal 32 halaman tersebut berjudul Salam, diterbitkan oleh Asosiasi Islam Brazil bekerjasama dengan kedutaan Oman di Amerika Selatan, seperti dilaporkan oleh kantor berita IQNA. Menurut Muhammad Hussein Al-Zuqbi, kepala organisasi tersebut, buku tersebut menyediakan Muslim penggemar bola alamat Islamic centers, tempat sholat, restoran halal dan pusat hiburan yang sesuai dengan ketentuan syariah.

Buku tersebut juga menjelaskan sejarah Islam di Brazil dan pengaruh Islam terhadap kebudayaan Brazil. Untuk menarik penggemar Muslim, buku tersebut dibagikan di penerbangan yang berasal dari negara Muslim dan Arab yang melakukan perjalanan ke Brazil.

Aljazair, Iran, dan Bosnia Herzegovina merupakan negara Muslim yang tim sepak bolanya lolos ke putaran final Piala Dunia 2014. Beberapa tim dari sejumlah negara juga memiliki pemain bola beragama Islam seperti Perancis, Pantai Gading, dan Kamerun. Buku panduan ini bukan hal yang pertama dilakukan oleh organisasi Islam di Brazil.

Dalam payung besar “Mengenal Islam” organisasi tersebut menyebarkan sejumlah selebaran dengan topik seputar Islam. Mereka juga mendistribusikan jutaan terjemahan Qur’an serta membuat film pendek tentang Islam dalam bahasa Portugis dan bahasa lainnya.

Menurut sensus 2001 terdapat 27,239 Muslim di Brazil. Namun demikian, Federasi Muslim Brazil memperkirakan jumlah sebenarnya mencapai 1.5 juta orang. Pakar Islam Paulo Pinto dari Fuminense Federal University memperkirakan terdapat sekitar satu juta Muslim di Brazil.

Dengan tiadanya jumlah Muslim yang pasti, maka indikator terbaik untuk melihat pertumbuhan Islam di negeri tersebut dengan melihat pertumbuhan yang cepat jumlah masjid. Saat ini terdapat 127 masjid, empat kali lebih banyak dibandingkan pada tahun 2000. [SuaraMerdeka/Berlin/Islamedia]