PKS dan TNI Bahu Membahu Bantu Atasi Musibah Banjir Bandang di Aceh Tenggara


Islamedia Sejumlah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aceh Tenggara (Agara) membantu korban bencana Banjir Bandang di Kecamatan Babussalam Kutacane, Aceh Tenggara, Senin (31/12/2018).

Selain mendistribusikan makanan siap saji, bersama anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), Relawan PKS bahu membahu membersihkan pemukiman warga dari lumpur. Kedua instasi ini selalu tampak terdepan dalam berbagai penanganan kebencanaan di lapangan.

Menurut Ketua DPD PKS Agara Sahrul Selian, musibah banjir bandang ini akibat tingginya curah hujan yang menyebabkan meluapnya sungai Kalian pada Jumat (28/12) lalu.

"Tingginya curah hujan yang menyebabkan membludaknya air sungai Kali Bulan mengakibatkan terjadinya banjir bandang di kabupaten Aceh Tenggara beberapa hari lalu. Air membawa material lumpur, kayu dan batu sehingga menyebabkan genangan sebagian besar desa terdampak sampai sedalam 100 cm. Diperkirakan puluhan rumah dibantaran sungai Kali Bulan hanyut," jelas Sahrul.

Sahrul menyebutkan, terjadi dua kali banjir susulan keesokan harinya. Setidaknya ada enam kecamatan yang terdampak kejadian tersebut, seperti Desa Pulonas Baru, Kuta Kutacane, Kutacane Lama, Kutarih, Terandam dan Lawe Rutung.

Puluhan rumah dikabarkan hanyut dan terendam lumpur. Bahkan beberapa fasilitas umum, seperti jalan, masjid dan pasar masih dipenuhi lumpur.

Dalam musibah ini, ucap Sahrul, warga sangat memerlukan bantuan logistik dan perbaikan fasilitas umum.

"Seperti bahan makanan, pakaian dan perbaikan fasilitas umum serta perumahan warga," ucapnya.

Sebelumnya, musibah banjir bandang juga terjadi di Kabupaten Agara pada Senin (26/11/2018) lalu. Ada tiga desa yang terdampak saat itu, yakni Desa Natam Kecamaran Badar, Kayu Metangur Kecamatan Ketambe dan Kute Rambe Kecamatan Darul Hasanah.

Pada musibah itu, Relawan PKS sudah hadir membantu korban sejak satu jam setelah banjir yang pertama. Kemudian, datang banjir susulan yang lebih besar sehingga sebagian rumah warga hilang tersapu arus air.

sumber : pks.id

[islamedia]