Wasiat Syuhada Rabia Ini Menggetarkan Hati Siapa Saja yang Membacanya

Islam edia .co - Ahmad Ali Sonbol (24 tahun) merupakan lulusan Farmasi MSA 2011. Ia anak laki-laki satu-satunya dari enam bersaudara dan ...


Islamedia.co - Ahmad Ali Sonbol (24 tahun) merupakan lulusan Farmasi MSA 2011. Ia anak laki-laki satu-satunya dari enam bersaudara dan kelima saudaranya yang lain adalah perempuan. Menurut Sarah Sonbul, salah satu saudarinya, As-Syahid Ahmad Sonbol gugur syahid pukul 11 pagi di hari pembantaian demonstrasi damai di Lapangan Rab’ah Al-Adaweah (14 Agustus 2013), dengan tembakan peluru yang menyasar bagian bawah perutnya.

Kepribadiannya dicintai semua orang yang mengenalnya, menyayangi keluarga, supel, berakhlak mulia, lemah lembut, berbakti pada kedua orang tua, selalu berusaha untuk berbakti pada agama dan taat pada Allah Swt., juga selalu berusaha untuk berbuat baik di mana pun ia berada.

Ia juga salah satu pendiri kelompok Promise di Universitasnya, ia juga banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan dakwah di kampusnya, kegiatan-kegiatan akademis dan SDM. Aktivitas lainnya sebagai salah satu pendiri Akademi Islam untuk Pemuda, koordinator akademik, penanggung jawab kelompok pemuda di masjid kampungnya, aktivis dakwah di Universitas Amerika melalui Serenity Society, dan membuat tempat ibadah di fakultas Lingkungan Hidup di Universitas Amerika, serta ia juga adalah seorang aktifis lingkungan hidup dan banyak melakukan penelitian di Laut Merah Mediterania bersama lembaga HEPCA (Hurgada Environment Protection and Conservation Association). Dan ada Desember tahun 2012, Ahmad Ali Sonbol berangkat ke Turki untuk mengambil gelar Master di jurusan Lingkungan Hidup.

Wasiat As-Syahid

Menurut Usamah Syafei, sahabat As-Syahid, bahwa As-Syahid Ahmad Ali Sonbol, dua kali menulis surat wasiat, wasiat pertama, ia tulis sekitar sebulan sebelum syahid, dan wasiat kedua ia tulis pada tanggal 10 dan 11 Agustus 2013 atau tiga hari sebelum gugur syahid di Lapangan Rab’ah, wasiatnya ia tujukan untuk keluargaa, kerabat dan saudara-saudaranya, juga untuk kaum muslimin.

“Saya telah menyebarkan wasiat terakhir Ahmad Sonbul, sebelumnya wasiatnya telah disebarkan. Wasiat yang disebarkan ini adalah wasiat yang ia tulis sekitar sebulan sebelum ia syahid. Kita mendapatkan wasiat tambahan lainnya yang ia tulis pada tanggal 10 dan 11 Agustus 2013, atau tiga hari sebelum syahid. Sekarang kita berada di hari Jum'at 30 Agustus yang kita harapkan pada hari ini Allah memperlihatkan kepada kita karamah (kemuliaan As-Syahid), sehingga saya berpandangan agar penyebaran wasiat beliau tidak telat.” Ungkap Usamah Syafei.

Berikut adalah isi wasiat As-Syahid Ahmad Sonbul yang disampaikan oleh Usama Syafei.

Wasiat As-Syahid Ahmad Ali Sunbul

“Orang pertama yang membaca wasiatku (setelah keluargaku) adalah Usama Hesham Syafei (pemuda masjid Al-Haq) dan Muhammad Majid (pemuda dari Syaikh Syarif Ibady).

Saya berharap kepada Allah agar Allah menerima amalku, karena sesungguhnya saya telah rindu bertemu dengan-Nya, juga rindu bertemu dengan orang-orang yang Allah beri kenikmatan. Kami telah terdidik di atas ubudiyah hanya kepada Allah, dan mengingkari kemampuan kami dan kami berlepas diri dari kehendak dan kemampuan kami, menuju kehendak dan kemampuan-Nya. Kami menghadap kepada Allah dengan sayap ketundukan dan sayap harapan.

Saya telah mencoba untuk mengaflikasikan ini.
Saya telah berusaha meneladani Nabi Muhammad Saw.
Saya telah berusaha menolong Islam.
Saya telah berusaha membangun Islam yang sempurna dengan lima pilarnya, dan agar saya tidak berdiri di atas pilar yang tidak membuat orang kafir marah atau mendirikan negara walaupun saya melakukannya sendiri.

Kemudian celaan menimpaku, lalu aku membaca nasihat, "wahai anak-anakku, serulah kebaikan, cegahlah kemungkaran dan bersabarlah atas apa yang menimpamu."

Banyak orang mengingatkanku dan mereka berkata, "jika kami mengikuti bimbinganmu maka kami terculik di negeri kami." Mereka mengetahui bahwa itulah bimbingan dan petunjuk. Saya telah membaca halaman 70 dari Mushab Madinah setiap kali ketakutan menghampiriku.

Hati-hatilah saudaraku, kadang jumlah kita yang banyak membuat kita takjub. Kebaikan kita telah memburuk. Yang kita berikan untuk dakwah hanyalah sisa-sisa waktu kita, hingga ujian kudeta menghampiri kita (Allah menghinakan setiap yang angkuh). Kita harus belajar bahwa jangan sekali-kali takjub dengan jumlah kita yang banyak. Kita harus menghormati diri kita pada hal-hal yang membuat kita bahagia atau niat kita, aib demi Allah. Kita juga harus memberikan semua waktu-waktu utama kita untuk dakwah dan Islam. Kemuliaan hanya milik Allah.

Amal-amal kita tidak ada artinya, seperti pengemis yang memberimu tissu lalu kamu membayarnya dengan sepuluh ribu Pound. Apakah ini harga sebuah tissu??  Apakah harga amal-amal kita bisa membeli surga??

Saya berharap agar saya tidak menjadi orang-orang yang diistilahkan Al-Qur'an:

“Dan jika mereka mau berangkat, tentulah mereka menyiapkan persiapan untuk keberangkatan itu, tetapi Allah tidak menyukai keberangkatan mereka. Maka Allah melemahkan keinginan mereka dan dikatakan kepada mereka: "Tinggallah kamu bersama orang-orang yang tinggal itu." (QS. At-Taubah : 46)

Dan mereka yang disebutkan sebagai:

“Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang menghalang-halangi di antara kamu dan orang-orang yang berkata kepada saudara-saudaranya, "Marilah kepada kami" dan mereka tidak mendatangi peperangan melainkan sebentar.” (QS. Al-Ahzab : 18)

Atau termasuk orang-orang yang:

“Kalau yang kamu serukan kepada mereka itu keuntungan yang mudah diperoleh dan perjalanan yang tidak seberapa jauh, pastilah mereka mengikutimu. Tetapi tempat yang dituju itu amat jauh terasa oleh mereka. Mereka akan bersumpah dengan (nama) Allah: "Jikalau Kami sanggup tentulah Kami berangkat bersamamu." Mereka membinasakan diri mereka sendiri dan Allah mengetahui bahwa Sesungguhnya mereka benar-benar orang-orang yang berdusta.” (QS. At-Taubah : 42)

Saya berharap saya termasuk orang-orang yang dikatakan kepada mereka:

 “Dan orang-orang yang syahid pada jalan Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakan amal mereka.” (QS. Muhammad : 4)

Atau mereka yang dikatakan:

“Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; Maka di antara mereka ada yang gugur dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu- nunggu dan mereka tidak merobah (janjinya).” (QS. Al-Ahzab : 23)

Dan termasuk orang-orang yang dikatakan kepada mereka:

“(yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul-Nya), yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan, Sesungguhnya manusia, telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka. Maka Perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, Cukuplah Allah menjadi penolong Kami dan Allah adalah Sebaik-baik Pelindung.” (QS. Ali Imran : 173)

Dan agar saya dimasukkan bersama para shiddiqin, walaupun saya bersalah atau lamban.

Wasiatkku:
Barang siapa yang Allah pilih dari kalian, namun belum meraih syahid, maka tunggulah suatu momentum, dan jika momentum itu datang maka bersungguh-sungguhlah menanggung beban, karena Allah akan memilih sesuai dengan kadar kemampuan orang menanggung beban
"Dan Allah Yang Menghidupkan dan mematikan"

"maka berangkatlah kamu ke medan jihad, baik dalam keadaan ringan maupun dalam keadaan berat""dan pukullah leher mereka."

Saya rindu bertemu dengan Rasulullah Saw., Abu Bakar yang tercinta, Umar yang saya anggap sahabatku karena Allah, Utsman (tahukan kamu siapa Utsman itu), Ali (lautan dalam dan singa ...), Muhammad bin  Muslimah (pahlawan), Thalhah bin Ubaidilah (pengurban), Khalid bin Walid (pedang Allah), Hamzah bin Abdul Muthalib (Pembesar), Saad bin Muadz (yang agung), Saad bin Ubadah (yang pemurah), Muadz bin Jabal (demi Allah saya rindu bertemu dengannya) ,Saad bin Abi Waqqash (yang cerdas),Umar bin Al-Ash (Pemilik akal), Nu'man bin Maqar (Pemimpin), Qa'qa' (seribu orang), Uwais Al-Qarni (Yang tersembunyi), Abdullah bin Mas'ud (Sang Gunung), Abu Sufyan (Wakil yang Mujahid), Safwan (Yang Kembali), Ikrimah (Yang Berpengaruh), Al-Barra bin Malik, dan saudaranya Anas (Keduanya orang yang ditakuti oleh orang kafir), Zubair bin Al-Awam (Kerabat yang tercinta), Abu Ayub Al-Anshari (Yang Berangkat ke Medan Perang), Zaid (Yang Rupawan), Usamah bin Zaid (Yang Terpilih untuk memimpin),dan Ammar bin Yasir (Yang Penyabar).

Ya Allah kumpulkanlah aku bersama mereka, dan Engkau Maha Mengetahui apa yang ada dalam dada.

Hampir saya lupa dengan Mushab bin Amir (Yang Jujur), Ja'far dan Sawad (Yang Tampan) bin Nadhr (Yang Bersegera), Abu Dujana (Pembawa Pedang Nabi), Abu Dzar (Yang Lembut), Abu Hurairah (Yang Dekat) dan Abu Ubaidah (Sang Pemimpin).

Dan semua yang terjadi saat ini adalah bentuk penyaringan yang ketat, "Dan kemudian kami wariskan Al-Kitab (Al-Quran) ini kepada orang-orang yang kami pilih dari hamba-hamba kami, maka di antara mereka ada yang mendzalimi diri mereka, pertengahan, dan ada yang berlomba-lomba dalam kebaikan dengan izin Allah. Itulah keutamaan Allah yang besar.Dan janganlah kalian seperti orang-orang yang dikatakan kepada mereka: "Dan jika mereka disakiti di jalan Allah, mereka menjadikan fitnah manusia sebagai adzab Allah."

Penutup
Bahwa kematian adalah satu, maka jadikanlah kematian itu pada jalan Allah Azza Wajalla.

Kepada siswa kelompok SMU yang saya bina (Ahmad Mustafa, Tamir, Umar, Karanisyi, Mustafa Said, Usama Minjawy, Abdul Hamid El-Syabasi, Ahmad El-Hidad, Ahmad Said, Ahmad Abdul Fattah, Ahmad Isham, Hisham Malihy dan banyak yang lainnya). Saya berharap bahwa saya akan bangga dan sungguh saya telah bangga kepada kalian di hadapan Tuhanku. Sungguh demi Allah kalian telah banyak membuat saya menangis di hadapan tuhanku. Saya memohon kepadanya agar Allah memberi saya petunjuk untuk kalian, agar kalian menjadi para duat yang memberikan petunjuk, dan memakmurkan bumi dengan kebenaran, kesatriaan dan kemuliaan.

Dan saya katakan kepada ibu dan ayahku yang mujahidah dan mujahid: Bahwa sesungguhnya saya untuk Allah, terima kasih tak terhingga wahai hadiah yang paling mahal.

Dan untuk Ikhwanul Muslimin, saya katakan: Janganlah kalian melupakan pelajaran kudeta dan bertawakallah kepada Allah dengan tawakallah yang murni dan tulus. Hendaklah saya dimandikan oleh Syaikh Syarif Ibadi (jika ia ada) atau orang lain yang mengetahui hukum-hukum memandikan (boleh Al-Muhannadi, Khalid, Abdul Rahman).

Demi Allah janganlah kalian membuat tenda, jangan pula kalian menyewa aula dan jangan datangkan seorang Qari. Dan hendaklah bela sungkawa di kuburan atau di rumah.

Penting untuk dipanggil agar mereka ikut shalat jenazah: Yaitu seluruh anggota group pengajianku dalam Ikhwanul Muslimin yang sekarang dan yang dulu. Saudara-saudara di Roksi, Alhaq, dan seandainya bisa saudara-saudara Masr Al-Jadidah dan Nasr City. Guruku Asyraf Namir, Khalid, Muhammad Ganiah, Mushab, Abdul Rahman El-Sayyar, Muhammad, Mustafa Al-Farmawy, Alhaj Sayyid Ali, Ir. Khalid Abdul Rahman, Khalid Swailim, Muhammad Rantisi, dan ikhwah Dhiya dan Al-Haj Nabil Sonbol dan anak-anaknya, serta Amru dan Abu Zaed dan mahasiswa Akademi Islam.”

Demikianlah isi wasiat As-Syahid Ahmad Sonbol, siapa pun yang menyelemai wasiat ini, akan mendapatkan dalam diri As-Syahid Ahmad Sonbol penuh dengan makna-makna Al-Qur’an, hidup dengan ruhnya, kekuatan ruhiyah yang dahsyat dan kerinduan kepada negeri keabadian Surga, hingga Allah pun memilihnya menjadi syahid.

“Maka Tuhan mereka mengabulkan permohonan mereka, 'Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Aku hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik'.” (Q.s. Ali Imran: 195).

Fuzta warabbil Ka’bati ya syahid (Demi Tuhan Kabbah engkau telah sukses wahai As-Syahid). Dan Barang Siapa yang dijauhkan dari api nereka dan dimasukkan kedalam surga, maka sungguh ia telah sukses.

Allahumma amitna Allassyahadati fi sabiilik (Ya Allah ya Tuhan Kami, matikanlah kami dengan mati syahid di jalan-Mu). Allahumma Aamiin.[syuhadar4bia.com]
Nama

#2019GantiPresiden,5,#cabutpermendikbudno.30,1,#kejahatanseksual,4,#palestina #aqsa #smart171 #aaw #aqsaawarenessweek headline nasional,1,#permen,1,#Permendikbudno.30,1,#seksbebas,4,#zina,1,212mart,1,aa gym,4,aadk,1,Aaw,1,ACN,4,ada apa dengan konsen,1,adara,1,ahmat davutoglu,1,ahzami samiun jazuli,1,aid al-qarni,1,aidit,1,air zam zam,1,ajat syaikhu,2,ak parti,1,akhrawi,1,akmal sjafril,4,AKP,6,aksi 112,1,aksi 115,1,aksi 212,2,Aksi 64,2,Aksi Bela Baitul Maqdis,1,aksi bela palestina,6,aksi kemanusiaan,1,aksi peduli aleppo,1,aktivitasdakwah,146,Aku Kamu Adalah Kita,2,al aqsha,4,al irsyad,1,al zawari,1,al-aqsa,1,al-qarni,1,al-qassam,1,al-qur'an,5,al-quran,4,alamislami,926,alaqsa,4,alasan logis mengelilingi ka'bah,1,alasan nikah muda,1,aleppo,6,aleppoisburning,1,alexis,3,alkhusairi,1,Allah,3,Almuzzammil Yusuf,2,alquds,1,alqur'an,2,alquran,41,Alvin,1,ambulans,1,amerika,7,amerika serikat,1,amien,1,Amien rais,5,anak,2,anak dilarang ke masjid,1,Anak Inggris Hafal Al-Qur'an,1,anak kembar,1,anak masjid,2,anak masjid ribut,1,anak palestina,2,anak pendeta,1,anak TK CHina baca Al Quran,1,anak-anak masjid,1,analisa,24,anggota dewan PKS,2,anggota dewan sederhana,2,anggota dprd bekasi,1,anggota odoj meninggal dunia,1,anggota parlemen,1,anggota PKI,1,Anggota TNI,1,anggota TNI Hafal Al Qur'an,1,anggota TNI Hafal Qur'an,1,angsuran bank,1,ani yudhoyono,1,anies baswedan,57,Anies sandi,8,anjing,1,anti lgbt,2,anti vaksin,7,Anya,1,aqsha,2,arab,1,arab israel,1,arab saudi,7,arab saudi jamin kesehatan warga yaman,1,arabic,3,ari purbono,1,arie untung,1,arifin ilham,3,artefak,1,as-sisi,1,asma nadia,2,asyuro,1,ataturk,1,ateisme hanya kenakalan saja,1,atheis,1,Aung San Suu Kyi,2,australia,1,Awkarin,1,ayah,8,ayat ayat cinta,2,azan,1,azan pengeras suara,1,azan turki,1,bachtiar nashir,1,bachtiar nasir,2,bahasa arab,1,baliho KB,1,bandara paris,1,bandung,4,bangkok,1,banjir,2,banjir Jakarta,1,bank riba,2,bantuan,1,bantuan kemanusiaan,1,bantuan turki,1,bantuan turki gaza,1,barat,1,barokah,1,basar asad,1,bashar asad,1,batik trusmi,1,bayan,4,bayar puasa,1,bds,1,bebas hutang,1,Begin Again,1,Belanda,1,belum hamil?,1,Bencana Purworejo,1,bendera,1,Bendri Jaisyurrahman,1,beras maknyus,2,berau,2,berita,4933,berita duka muhammad ali,1,berita nasional,4,beritafoto,51,bermain di masjid,1,bhiksu budha,1,bid'ah,1,bila ingin disebut Allah,1,bin,1,binali,1,birokrasi,1,bisnis,2,boikot,1,boikot starbuck,2,bom,1,bom depok,1,brasil,2,Britain,1,brunei,5,budha,2,bukan negero dongeng,1,buku,19,bunda yoyoh,15,burqa,2,buruh,1,busana,1,buya hamka,5,cadar,5,caesar,1,cagub jabar,1,cahyadi takariawan,1,caisar,1,cara mendidik anak,1,charles darwin,1,Charlie Hebdo,1,chelsea,1,China,4,cicak,1,cincin,1,cinta masjid,1,cirebon,1,corona,9,covid19,2,crane,2,cupink topan,2,daerah,7,dahlan iskan,4,dakwah,147,dakwahkantor,1,davutoglu,1,Deen Mohammad Shaikh,1,dembaba,2,demokrasi,1,demokratis,1,denny indrayana,1,denny JA,1,depok,2,derajat,1,dewan dakwah,1,Dibutuhkan Masjid Ramah Anak,1,Didin Hafidhuddin,1,dina lorenza,1,diskriminasi,1,Dk pbb,1,doa,1,doa gempa,1,dokter pembersih sepatu,1,dokter Tirta,1,Domingus Roudolsifa,1,Donal Trump,1,donald trump,3,Dosen Amerika Masuk Islam,1,dosen FMIPA UNY,1,dosen katolik masuk islam,1,dprd semarang,1,Dr Zakir Naik,5,dropship dalam Islam,1,Dropship halal,1,dropship haram,1,dsp pks,1,dunia,60,dunia islam,235,duniaislam,13,duta besar israel,1,duterte,1,e-ktp,1,egi john,4,Egyptair,1,ekonomi syariah,1,ekonomisyariah,90,ektp kepercayaan,2,elang gumilang,1,embunpagi,29,Entertainment,2,erdogan,57,Erez,1,eropa,3,Esebius Pomats,1,etika membutuhkan agennya,1,Eurasia,1,event,50,facebook,3,fahmi salim,1,farid nu'man,1,Fariq Zakir Naik,1,fatih,1,fds,1,felix siau,1,felix siauw,9,Feminisme,2,feriza,1,fethullah gulen,1,film 212,6,film islami,1,film pendek,3,fiqih,1,firanda adireja,1,FISIP Universitas Indonesia,1,flp,1,forum,1,foto,1,fpi,5,FPI Gaza,1,FPI Palestina,1,FPI peduli Palestina,1,FPKS,2,fpks dprd jakarta,2,fpks Jakarta,1,freemansory,1,gadis gereja masuk islam,1,gaji halal,1,gaji kecil,1,gardu listri,1,garuda,1,gatot,3,gay,1,gaza,26,gema keadilan,1,gempa,4,gerakan,14,gereja,1,gereja katolik,1,gerhana bulan,2,gerhana bulan total,1,ghazwul fikri,6,ghilad salit,1,gnpf mui,3,gnpf ulama,1,gojek,1,good governance,1,gpmp,1,Grand Metropolitan Mall Bekasi,1,gulen,2,gus nur,1,habib rizieq,10,habib salim,2,hadits,12,hafal al-qur'an,2,Hafalan Surat Yasin,1,hafidz anah,1,hafidz anak,1,hafidz quran,1,hafiz indonesia,1,Hafiz Indonesia RCTI,1,hagia sophia,2,haji,22,hak allah,1,halal haram dropship,1,hamas,7,hamil,3,hamka,2,handhphone ViTELL,1,hary tanoesoedibjo,1,hasan al banna,1,hasyim asyari,1,headline,8050,headline nasional,4,Helvy Tiana Rosa,1,hidayah,4,hidayatullah,1,hidup,1,hidup sederhana,1,hijab,2,hijrah,20,hikmah,27,Hindu Masuk Islam,2,Hizbut Tahrir,5,Hizbut Tahrir Indonesia,1,hmi,1,hoax,4,hti,11,hti dibubarkan,1,hukum dropship,1,hukum sropshipping,1,hukuman mati,1,hutang,1,ibadah haji,1,IBF 2918,1,ibnu mubarak,1,Ibnu Riyanto,1,ibu,2,ibu walikota padang,1,icc,1,idul adha,5,idul fitri,3,idul Fitri,4,idul Fitri Muhammadiyah,1,idulfitri,2,ikhwanul muslimin,2,iklan,15,ikrar syahadat,2,ikrar syahadat di yogyakarta,1,ikrimah,1,ilmu syar'i,1,ilmuan,1,IM,2,imam,1,imam malik,1,imunisasi,1,Indahnya Masjid MALL,1,indonesia,50,indonesia abstain suriah,1,Indonesia PBB,1,Indonesia salah PKI,1,indonesia tanpa jil,2,indosat,1,infoumat,20,injil barnabas,1,innalillahi muhammad ali,1,inspirasi,737,internasional,1836,intifadhah,1,Intifaha 3,1,intoleransi,1,irak,1,iran,1,Irfan Hakim Hafiz Indonesia,1,Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri,1,irwan prayitno,3,irwansyah,1,isbal,1,isil,1,isis,1,islam,11,Islam Bersatu,1,islam bukan agama arab,1,islam liberal,1,islam papua,1,islam-download.net,1,islamediaredaksi,38,islamophobia,1,Ismail Yusanto,1,israel,26,Israel hentikam bantuan luar negeri,1,Israel pasang kamera pengintai,1,istambul,1,istiqlal,2,istiqomah,1,istri,2,Italia,3,itikaf,3,itj,3,itj bandung,1,ITJ Jakarta,1,jamaah,1,Jamaah Tabligh,1,jamin kesehatan,1,jangan ada tebang pilih dalam kasus penistaan agam,1,jangan lakukan ini,1,janji kampanye,1,janji pemerintah,1,jepang,1,jidat hitam,1,jihad,2,jihad islam,1,jilbab,3,jilbab diskriminasi,1,jilbab pramugari,1,JK,1,jodoh,1,jomblo,1,jordania,1,jual cincin,1,jurnal ramadhan,1,jurnalistik,3,jurnalistik dakwah,1,Jusuf Kalla,2,Juventus,1,ka'bah,3,kairo,1,kajian,29,kalender arab saudi masehi,1,kalender hijriah,2,kalender masehi,1,kanada,1,kangen band,1,Kapan Muhammadiyah Lebaran,1,kapan nikah,2,Kapolda Sumsel,1,karikatur,8,kaset,1,kashmir,1,kasunanan surakarta,1,Katharina Sutarni Sutanty,1,Katharina Sutarni Sutanty masuk islam,1,katolik,1,katolik masuk islam,2,katolik merapi,1,katolik papua,1,kawin,1,kdm,1,kebakaran,1,Kebangkitan,2,kedaulatan rakyat,1,kejam,1,kekejaman PKI,1,keluarga,183,kemenag,1,kenaikan upah,1,kepala suku papua,1,Kepanduan,1,kepenulisan,1,kesehatan,44,kesultanan yogyakarta,1,ketahanan keluarga,1,Kevin James,1,KH Arifin Ilham,1,khalid,1,khalid misy'al,1,Khilafiyah,1,khitbah,1,khusuf,1,khutbah,3,khutbah idul adha,1,khutbah idul fitri,1,khutbah jumat,1,Kiai Idham Chalid,1,kiamat,1,kiblat,1,kislap,1,kitab suci,1,kitabisa,1,kiyai slamet,1,KMGP,1,knrp,20,knrp jawa timur,2,kodam,1,koin,1,komnas,1,komunis,3,komunis china,2,Komunitas aci,1,konsep diin,1,konsep kebahagiaan dalam islam,1,konstantinopel,2,korban tragedi mina asal indonesia,1,korea,1,korupsi,3,korupsi e-KTP,1,KPK,3,krl,2,kronologis penembakan al-qarni,1,kudeta,2,kudeta gagal,1,kudeta militer turki,1,kudeta turki,4,kultwit,226,kurban,2,Kuwait,1,larangan mendidik anak,1,Letkol I Wayan Arta,1,Letkol I Wayan Arta Hafal Al-Qur'an,1,LGBT,14,LGTB,1,Libya,2,Lifestyle,1,logo HTI,1,logo palu arit,2,logo pki,1,london,2,lowongan,1,LPOI,1,lukis wajah nabi,1,lukman hakim saifudin,2,ma,1,Maariya Aslam,1,mabit,2,Madinah,2,madrasah,1,mahathir,4,maher zain,1,mahmud,1,mahram,1,Mahyeldi Ansyarullah,1,Makanan,1,makkah,2,malaysia,3,malik,1,Mall Pasar Raya Manggarai,1,Malta,1,mandi wajib,1,mandul,1,manggarai,1,manhaj,16,manusia dan kebahagiaan,1,marah,1,marbot masjid,1,maroko,1,Mas Gagah,1,masjid,4,Masjid Ahmet Akseki Camii,1,masjid al aqsa,2,Masjid Al Latief,1,Masjid Al Latief Pasar Raya manggarai,1,masjid blom m square,1,masjid di turki,1,masjid gede kauman,2,masjid kokas,1,masjid nabawi,1,Masjid Pasar Raya Manggarai,1,masjid turki,2,masjidil haram,3,masuk islam,4,mata uang,1,mavi marmara,1,MCI,2,membawa anak ke masjid,1,Memeluk Islam,1,menang,1,menangis,1,mendagri tjahjo kumolo,1,mendidik anak,2,mengelilingi ka'bah,1,menghormati yang tidak berpuasa,1,menikah muda,1,meninggal dunia,3,menteri agama,3,mentoring,1,menulis,2,menuntut ilmu,1,menyebabkan stroke,1,merasa benar,1,merdeka,1,mesir,161,messi,2,Mesut ozil,1,mie babi,1,mie instant korea,1,migran,1,milad fpi,2,militer turki,1,mimpi,1,mimpi bertemu Rasulullah,1,mina,4,minta maaf PKI,1,minta maaf ramadhan,1,misyal,1,MLM haram,1,MLM itu haram,1,modern,1,mogok,1,Mossad,1,mtq,1,mts walisongo,1,MTT,2,mualaf,46,mualaf Budha,1,mualaf center indonesia,1,mualaf hindu,1,Mualaf Hindu Masuk Islam,2,mualaf kristen,1,Mualaf Pakistan,1,muallaf,14,mudik,1,Muhamad Ali meninggal dunia,1,Muhammad Abduh Tuasikal,1,Muhammad Al Fatih,1,muhammad ali,5,muhammad ali bicara kematian,1,muhammad ali masuk islam,1,muhammad ali mati,2,muhammad ali meninggal dunia,2,muhammad ali wafat,2,Muhammad badie,1,Muhammad Najeeb Abdur Razzaq,1,Muhammadilah Idul Fitri,1,muhammadiyah,8,muhammadiyah idul fitri 2016,1,Muhammadiyah Idul Fitri 6 Juli,1,Muhammadiyah Lebaran Rabu,1,muharam,1,MUI,5,munajat 212,1,murabithun,1,mursi,7,mursyid am,1,museum,1,museum nasional,1,Muslim,11,muslim bosnia,1,muslim myanmar,2,Muslim Paris,1,muslim perancis,2,muslim rohingya,3,muslimah,48,mustafa kemal pasha,1,mutabaah harian ramadhan,1,muzammil hasballah,6,myanmar,6,Nabawi,1,nabi,2,nama foundation,2,nandang burhanudin,1,nasihat,96,nasioanal,1,nasional,774,nasional. palestina,1,nasional. pilgub jabar 2018,1,nasional. pks,1,nasional. spi Jakarta,3,nasonal,2,nasyid,74,nativisasi,2,nato,1,Nazia Ali,1,nenek ikrar syahadat,1,Nenek Katharina Sutarni Sutanty,1,nenek katolik masuk islam,1,nenek masuk islam,1,neno warisman,1,netanyahu,2,new york times,1,ngo,1,Nico Ardiansyah,1,nikah,109,nikah 17 tahun,1,Nikah massal gaza,1,nikah muda,1,nikah murah,1,nikah tanpa pacaran,1,nimr al nimr,1,novel baswedan,8,november,1,NU,3,nusantara,1,obama,2,odoj,18,oemar mita,1,ok oce,1,oki setiana dewi,2,Okoso Zukin,1,opini,269,orang benar,1,orang merasa paling benar,1,ormas seragam tni,1,oslo,1,ottoman,3,pahlawan,1,palestin,1,palestina,1047,palestina suruah,1,palestinaterkini,64,pangeran saudi,1,pantai padang,1,panti wreda,1,papua,3,parenting,12,paris,1,parlemen,1,partai 212,3,partai berkuasa,1,partner,2,Pasar Raya Manggarai,1,PBB,3,PBB Suriah,1,pedang,1,peduli,208,pemakaman muhammad ali,1,pembunuhan ahli drone,1,pemeluk katolik masuk islam,1,Pemerintah Turki,1,pemilu,2,pemilu 2019,1,pemilu turki,1,pemimpin serbia,1,pemkot,1,pemuda papua ikrar syahadat,1,pemuda papua masuk islam,1,pemukim ilegal,1,pemukim yahudi,1,penakhlukan konstantinopel,1,Penaklukan Konstantinopel,1,penembakan,1,penemu,1,Pengadilan Surambi,1,pengajian,1,pengeras suara,2,Penghafal Al-Quran,1,pengungsi,2,pengungsi suriah,1,pengusaha golf masuk islam,1,pengusaha muslim,1,penista agama,1,penjahat peranng,1,penjajah israel,1,penyimpangan asyuro,1,peradaban,1,perancis,3,perasaan,1,perempuan peradaban,1,Peringatan Milad ke 563 Tahun Penaklukan Konstantinopel,1,pernikahan,2,perppu ormas,2,Persahabatan,1,persatuan islam,1,Persatuan Ulama Muslim Internasional,1,persis,2,philipina,1,pilgub jabar,2,pilkadadki,5,pilpres,1,Piprim Basarah Yanuarso,2,pki,4,PKI menyerang Gontor,1,pks,75,PKS Kota Tegal,1,pksmuda,1,PLN,2,plularitas,1,poligami,2,polisi sholeh,1,polisi tilawah al quran,1,politik,19,potong kuku,1,PPP,1,prabowo,1,prabowohatta,1,prancis,1,prasasti,1,Prasetyo Budi .W,1,presiden,2,presiden mesir,1,presiden pks,1,presiden Turki,1,pria suriah,1,proklamasi,1,puasa,2,puasa senin kamis,1,puasa syawal,1,puisi,3,pulung sampah padang,1,purwokerto,1,putin,3,Putra Arifin Ilham,1,putri yusuf mansur,1,putri Yusuf Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah,1,qatar,8,qunut,2,Qunut Shubuh,2,qur'an,3,qurban,6,r4biah,8,rabia,1,rabiah,1,Rabithah Alawiyah,1,radio,1,Radovan Karadzic,1,raja arab,1,raja faisal,1,raja salman,5,rakyat,1,ramadan,1,ramadhan,99,ramadhan 1437,1,Ramadhan di Paris,1,ramah anak,1,referendum,1,referendum turki,2,rekaman kajian,1,rekaman kajian ilmiah,1,Relawan PKS,1,remaja,46,resensi,3,resepsi mahal,1,resepsi pernikahan,1,resolusi,2,resolusi dk pbb,1,reuni 212,14,Revolusi,1,reyhan,1,reza noah,1,rezeki,1,rezeki milik siapa,1,riba,3,ridley,1,ridwan kamil,13,ridwan tulus,1,Rimpu Bima NTB,1,Rimpu Colo,1,Rimpu Mpida,1,rindu sang murabbi,1,Rodrigo Duterte,1,rohingya,14,rohis,2,rokok,1,ronaldo,1,rumah makan,1,Rumah Tangga Sakinah,1,rumah zakat,2,rusia,4,Ruu kk,1,ruu pks,4,ruutpks,2,RZ,1,sabana,1,sadiq khan,4,sakinag,1,salah alarouri,1,salaman,1,salim a fillah,4,salim segaf,1,Sally Giovani,1,Sally Giovanni,1,samuel etoo,1,sandiaga uno,8,saptuari,5,saptuari sugiharto,1,sari roti,2,sarjana,1,sastra,163,saudi,2,sby,2,SDIT,1,sedekah,1,sedih,1,sejarah,12,sejarah islam,4,sejarah palestina,1,sekolah,5,sekolah pemikiran islam,7,selfie,1,semarang,1,seni,9,senyum,1,setya novanto,1,shalit,1,shamsi ali,1,shaum,1,SHIELD,3,shoes and care,1,shola idul fitri,1,sholat,2,sholat ashar,1,sholat berjamaah,2,silatnas 2017,1,sim gratis,1,sirah,1,siroh,52,smart171,1,Smartphones,1,soeharto,1,soekarno,1,sohibul iman,4,solo,2,somalia,2,Sonia Ristanti,1,sosial,2,spanduk,1,spi,12,spi bandung,11,Spi fatahillah,1,spi jakarta,38,SPI Tangerang,1,spj,1,sri lanka,1,steven indra wibowo,1,suami sholeh,1,suara ibu,1,suara pembaca,1,suarapembaca,107,sudah hamil?,1,Sudan,2,sudrajat syaikhu,2,sukmawati,18,sukmawatii,1,suku pedalaman,1,suku wana,1,sulawesi tenggara,1,suleiman,1,sultan murad,1,sumbar,1,sundar,1,surah,1,surahman hidayat,1,suriah,26,suster katolik,1,swedia,1,swiss,2,syafii antonio,2,syahadat,3,syahid,1,syaikh yusuf al-qaradawi,2,syam,1,Syamsul Falah,1,syariah,146,syariat,1,syawal,1,syeik al-qarni,1,Syeikh Al-Qarni,1,syekh,1,syiah,7,Syiekh Sholah al Budair,1,taaruf,2,taat suami,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,tabrakan mobil di saudi,1,tahuidullah,1,takdir,1,tanpa riba,3,tanyajawab,75,tarbawi,45,tarhib,1,tato,1,taujih,2,taujih online,53,Tausyiah,17,Tech,6,tedc,1,teheran,1,teknologi,4,teladan,91,Telkomsel,2,tenggelam,1,tentang dahlan iskan,1,Tentang Oki Setiana Dewi,1,Tentara,1,tentara israel,1,Tentara Korea,1,tepi barat,1,tere liye,2,teror,2,teuku wisnu,4,thulabiy,133,tidur,1,tidur sahur stroke,1,tidur setelah sahur,1,tikam,1,tilawah,3,time,1,timur tengah,1,tinggalkan riba,1,tips,9,tips menulis,1,tips trik menulis,1,Tirta Mandira Hudhi,1,TNI,4,togutil,1,tokoh,15,tol bawah laut,1,toleransi,1,tolikara,1,tqd,11,tradisi bid'ah,1,tragedi,2,trump,7,Tsabit bin Ibrahim,1,tsaqofah,140,tsunami,2,tukang sayur,1,tuna rungu mualaf,1,tunahan kuzu,1,tunisia,1,turki,72,tvone,1,ubn,1,uganda,1,uighur,3,ukhuwah,11,ukmi,1,ulama,1,ulil,1,Ulil Abshar Abdala,1,umahat,62,umar,1,umar bin abdul azis,1,umat,14,Ummi Pipik,1,Unesco,2,uni eropa,1,Univsersitas Islam Gaza Palestina,1,upah minimum,1,usradz Firanda adirja,1,ustadz,66,ustadz abdul somad,20,ustadz adi hidayat,8,Ustadz Arifin Ilham,4,ustadz Felix,4,ustadz hanan attaki,1,Ustadz Hasan Lubis,1,ustadz hilmy,1,ustadz zulkifli,1,utang,1,utsmani,1,vaksin,8,van damme,1,video,18,vitell logo pki,1,wahabi,1,wahyu dan kenabian,1,wali kota padang,1,walid,1,Walikota Bogor Bima Arya,2,walikota muslim london,1,walikota padang,1,walimah murah,1,wanita amerika,1,warga amerika ikrar syahadat,2,warga gaza,1,warga palestina,1,warga suriah,1,warga yaman,1,wawancara,37,White helmet,1,wilders,2,wirausaha,17,Wirda Salamah Ulya,1,Wirda Yusuf Mansur,1,worldview islam,2,xinjiang,1,Yaminah Elsyaib,1,Yasser arafat,1,Yerussalem,3,yudas iskariot,1,yunani,1,yusuf alqaradawi,1,yusuf mansur,1,Yusuf Qaradawi,1,yvonne,1,zakat,6,Zakir Naik,7,
ltr
item
Islamedia - Media Islam Online: Wasiat Syuhada Rabia Ini Menggetarkan Hati Siapa Saja yang Membacanya
Wasiat Syuhada Rabia Ini Menggetarkan Hati Siapa Saja yang Membacanya
http://islamediaonline.files.wordpress.com/2014/05/islamedia-co-syuhada-rabia.jpg
Islamedia - Media Islam Online
https://www.islamedia.id/2014/05/wasiat-syuhada-rabia-ini-menggetarkan.html
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/2014/05/wasiat-syuhada-rabia-ini-menggetarkan.html
false
4462325520328585611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content