[#AYTKTM] Zona Ilahi -->

[#AYTKTM] Zona Ilahi

Admin
Jumat, 03 Januari 2014
Islamedia - Sesaat usai menolong menyeberangkan seorang nenek yang buta di jalan yang penuh lalu lalang kendaraan, ada perasaan aman dan tenteram di hati. Perasaan bahagia dan sesuatu banget yang sulit dilukiskan dengan kata. 

Sesaat  usai bersedekah beras  dan sembako kepada tetangga jauh yang miskin yang ternyata sudah dua hari tidak makan, perasaan nyaman dan damai itu ada lagi. Bahagia di hati, jiwa dan perasaan hadir menyelimuti diri.


Sesaat usai mencium tangan, kedua pipi dan memeluk mesra ibunda serta melihatnya tersenyum dengan mata berbinar memandang buah kegemaran bawaan kita, rasa itu juga ada. Sesaat usai shalat yang khusyu’ di keheningan sepertiga malam yang akhir, kita juga merasakan sesuatu yang sulit dilukiskan dengan kata. Suatu yang luar biasa. Kombinasi dari perasaan aman, nyaman, damai, tenang, tenteram, bahagia, terharu, dan lain-lain perasaan positif. Itulah “zona ilahi”.

Zona ilahi sering muncul ketika seorang hamba usai melalukan takwa, kebaikan dan kebajikan sesuai panggilan fitrah jiwa sebagaimana yang diinginkan Sang Pencipta. Saat itu adalah saat terdekatnya seorang hamba kepada Tuhannya. Jangan pernah sia-siakan waktu yang mungkin hanya beberapa detik atau amat sesaat itu untuk berdoa, karena itulah waktu yang sangat mustajabah

Silakan mohon ampun, mohon taufik dan hidayah, mohon sehat dan bugar, mohon jodoh yang baik, mohon anak yang shalih dan hebat, mohon lulus ujian sarjana, mohon bisa ziarah haji, mohon bisa promosi, mohon mobil terbaru, mohon uang banyak , halal dan barakah, atau mohon apapun kepada-Nya.

Ada waktu khusus yang “patut diduga” zona ilahi sering muncul. Waktu itu adalah sesaat usai shalat, waktu dhuha,  ketika menunggu waktu shalat antara azan dan iqamat, sepertiga malam yang terakhir, seluruh waktu pada hari Jumat lebih-lebih waktu diantara dua khutbah Jumat, atau sepanjang waktu di bulan Ramadhan. Waktu shalat terutama saat ruku’ dan sujud, waktu berjihad, haji, waktu puasa apalagi sesaat setelah berbuka, waktu sakit, hujan,  dan terjadinya gerhana, juga demikian. Ada tempat yang patut diduga juga sering didatangi zona ilahi, yakni seluruh tempat di Masjid al-Haram terutama Multazam, Hijir Ismail dan Maqam Ibrahim, di Arafah, Muzdalifah dan Mina, serta Raudhah di Masjid Nabawi. Doa orang yang sedang berhaji dan doa di depan Masjid al-Haram amat mustajabah karena mereka itu sedang berada di zona ilahi.

Sesungguhnya kita juga sering menjumpai zona ilahi, namun kita sering kurang perhatian, dan tidak memanfaatkannya dengan baik. Sesaat sebelum dan sesudah bersedekah dan atau berbuat kebajikan, itu adalah zona ilahi. Kita akan merasakan sesuatu yang luar biasa, kombinasi perasaan aman, nyaman, damai, tenang, tenteram, bahagia dan terharu. Itulah waktu yang amat mustajabah untuk berdoa kepada-Nya.

Maka perbanyaklah bersedekah dan lain-lain amal kebajikan. Temukan zona ilahi, dan berdoalah sebanyak-banyaknya kepada Allah. Minta apapun, insya Allah, dikabulkan. Wallahu a’lam. ***


NUR SYA’DIYAH AMANATI YAHYA AMIN
Rumah Madu HQ
Jl. Trunojoyo Gg. Wijayakusuma No. 44
Ngawi, Jawa Timur


[Lomba #AYTKTM]