Peran Strategis Israel di Balik Kekacauan Timur Tengah (Mesir dan Suriah)

Islam edia - Transformasi demokrasi yang terjadi di Timur Tengah dengan adanya Arab Spring, adalah tuntutan utama bangsa (rakyat) Arab ...

Islamedia - Transformasi demokrasi yang terjadi di Timur Tengah dengan adanya Arab Spring, adalah tuntutan utama bangsa (rakyat) Arab untuk mewujudkan kebangkitan Arab yang akan mengubah timbangan kekuatan yang ada di Timur Tengah dan ini sama sekali tidak menguntungkan kepentingan Zionis Israel dan Amerika di Timur Tengah. 

Maka berbagai upaya dilakukan untuk menggagalkan transformasi demokrasi di Timur Tengah khususnya di Mesir dan Suriah, dua negara yang menjadi sekutu strategis Israel sepanjang beberapa dekade terakhir. Baik karena peran strategis yang dimainkan oleh dua negara ini, juga karena secara geograpis dua negara ini yang langsung berbatasan dengan Israel. Maka berapapun harga yang harus dibayar dua negara ini harus tunduk pada kebijakan dan kepentingan Israel dan Amerika.

Dua Negara ini, Mesir dan Suriah juga memiliki sejarah perjuangan pembebasan Palestina dan Al-Aqsa dari tangan penjajah Salibis dan musuh Islam, baik pada masa Salahuddin Al-Ayubi yang berhasil membebaskan Mesir dari pengaruh dinasti Syiah Fatimiyah (Para sejarawan muslim lebih memilih penggunaan penyebutan dinasti Fatimiyah sebagai dinasti Ubaidiyah, dinisbatkan kepada pendiri dinasti Syiah di Mesir yaitu Abu Abdillah Ubaidillah, penggunaan dinasti Fatimiyah kurang tepat karena dinistbatkan ke keturunan Rasulullah Saw., yaitu Fatimah r.a), setelah Salahuddin berhasil membebaskan Mesir dari pengaruh Syiah di Mesir, Salahuddin lalu menyatukan Mesir dan Suriah (saat itu bernama Syam), lalu kemudian terjadilah perang pembebasan Palestina dan Al-Quds dari tangan tentara Salib. Dan skenario sejarah ini yang kita harapkan kembali terjadi,  Mesir dan Suriah dikuasai oleh pejuang revolusi dan bersatu membebaskan Palestina dari cengkraman Zionisme.

Peran Israel Membantu Junta Militer dalam Pembantaian Demonstran Damai

Kembali membahas situasi yang terjadi di Mesir,  pasca pembantaian demonstrasi damai di Rabaa dan Nahdah Squera serta tempat lainnya di Mesir yang menelan ribuan jiwa dan puluhan ribu luka-luka, Yossi Melmen seorang kolumnis Haaretz dan Jerusalem Post pada tanggal 15/8 sehari pasca pembantaian di Rabaa, ia membeberkan peran strategi Israel yang membantu Abdul Fattah El-Sisi melakukan pembantaian demonstrasi damai tersebut, dalam artikelnya Yossi Melmen menulis;

“Dari perspektif diplomatik dan militer, Israel mengikuti perkembangan yang terjadi di Mesir dengan penuh kekhwatiran, Israel menyadari peran membantu militer Mesir menjadi terbatas setelah peristiwa kemarin (Pembantaian), namun kalau kita perhatikan dengan teliti, Israel memiliki kekuatan untuk membantu militer Mesir melalui peran diplomatik yang dimainkan Israel baik di Washington maupun di kota-kota Eropa, untuk menenangkan pemerintahan kota-kota Eropa dan Washington, agar tidak cepat mengutuk operasi militer Mesir yang membubarkan dan mengosongkan lapangan Mesir dari demonstrans Ikhwanul Muslimin di Kairo dan kota-kota lainnya. 
Sejak dewan militer mengambil alih kekuasaan dibawa kepemimpinan Jenderal Abdul Fattah El-Sisi yang menggulingkan presiden pemerintahan Islami Muhammad Mursi sejak  enam minggu lalu. Pemerintahan Israel  bekerja rahasia dan dibantu oleh sahabat-sahabatnya, menggunakan kemampuan diplomasi dan sumber-sumber pengaruh lainya, agar negara-negara Barat,  khususnya Amerika Serikat tidak mengutuk penggunaan kekuatan oleh militer Mesir terhadap Ikhwanul Muslimin, Israel berperan penting untuk menenangkan negara-negara Barat agar tidak menyebut apa yang terjadi di Mesir sebagai "pembantaian"."

Ketakutan Israel adalah bahwa hukuman tersebut akan melemahkan pemerintah  baru Mesir yang didukung militer karena kecaman internasional, dan akan memperkuat kehendak Ikhwanul Muslimin untuk melanjutkan perjuangan hingga akhir dan akan menguatkan sikap penolakannya terhadap solusi politik untuk menangani krisis.”

Dan Israel takut keruntuhan perjanjian Cam David dengan terjadinya dua kondisi yang tidak diinginkan, pertama runtuhnya kekuasaan militer di Mesir, kedua memburuknya situasi di Mesir hingga terjadi perang saudara.

Inilah peran stategis Israel yang menjadi dalang dari krisis yang terjadi di Mesir, negara yang menjadi sekutu paling stategis bagi Israel selama pemerintahan presiden terguling Husni Mubarak.

Zionis juga sangat menyadari ujung bencana kudeta Sisi dan pembantaiannya serta dampaknya terhadap masa depan Musim Semi Arab, yang tersandung di Suriah dan Mesir.

Kesaksian ini disampaikan oleh Ihzakil Dror, yang dijuluki bapak pemikir strategis Zionis, dan dikutip oleh Dr. Nu'mani pakar Zionis: "Pentingnya kudeta yang dilakukan oleh Sisi tidak terletak dalam penghapusan kelompok ekstremis seperti Ikhwanul Muslimin, tetapi  langkah ini sebagai paku terakhir dalam peti mati transformasi demokrasi yang mulai meledakkan revolusi transformasi demokrasi, dan perubahan ini menjadi sangat penting bagi kami, karena tuntutan transformasi demokrasi adalah salah satu tuntutan utama untuk mewujudkan kebangkitan Arab yang akan mengubah timbangan kekuatan yang ada yang tidak mendukung kepentingan kami".

Peran Israel Dibalik Kampanye Serangan Amerika ke Suriah

Kini beberapa pekan terakhir, isu pembantaian junta Militer di Mesir seakan-akan tenggelam dengan adanya pembantaian kimia (Rabu, 21/8) atau serangan senjata kimia di Ghouta yang dilakukan oleh rezim Basyar Asad terhadap rakyatnya yang menelan sedikitnya 1500 orang, dan setengahnya adalah anak-anak.
Penggunaan senjata kimia ini, serentak mendapat kecaman dan kutukan dunia Internasional, misi PBB pun diutus untuk meneliti penggunaan senjata kimia, sementara itu Amerika Serikat melalui Kemenlu Jhon Kerry memastikan rezim Basyar Asad bertanggung jawab atas serangan kimia tersebut.

Secara cepat, pergerakan diplomasi dan konsolidasi cepat dilakukan oleh Amerika dengan mengumpulkan pemimpin militer dari 10 negara di Yordania untuk membahas nasib Suriah, pertemuan malam Ahad (24/8) menghadirkan Ketua Kepala Staf militer Gabungan AS Jenderal Martin Dempsey, dan kepala Staf militer di Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Kanada, Arab Saudi, Qatar dan Turki, mereka membahas dampak dari krisis Suriah, terutama setelah terjadi pembantaian kimia di Damaskus.

Kapal Induk Amerika langsung dikonsentrasikan di laut Mediterania dan pernyataan Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel, Sabtu lalu mengatakan bahwa militer AS siap melakukan aksi militer untuk menangani krisis Suriah jika presiden Obama memutuskan demikian.

Sementara Rusia dan Iran yang menjadi sekutu utama rezim Suriah, memperingatkan AS dan sekutunya agar tidak mengulangi kesalahan masa lalu dan secara tegas Iran menyebut serangan terhadap Suriah adalah garis merah, yang jika AS menyerang Suriah maka akan berdampak apda Gedung Putih. Rusia sendiri langsung mengirimkan dua kapal lautnya ke laut Mediterania melihat pergerakan militer Amerika dan sekutunya yang akan menyerang rezim Suriah. Dunia diambang perang dunia ketika.

Namun yang menarik untuk diteliti apa penyebab dan tujuan dari penyerangan yang kabarnya akan dilancarkan dalam hitungan beberapa jam atau beberapa hari lagi, apakah benar AS dan dunia Barat ingin menyerang Suriah karena tergerak oleh nurani kemanusiaan atas pembantaian kimia yang dilakukan rezim Basyar Asad terhadap wanita dan anak-anak saat sedang terlelap tidur?

Yasir Zaatirah, seorang kolumnis Aljazeera menjawab pertanyaan ini dengan mengatakan bahwa dapat dipastikan AS dan Barat tidak digerakkan kerena penggunaan senjata kimia oleh Basyar Asad terhadap rakyatnya. Jika seandainya yang menggerakkan AS dan Barat adalah permasalahan akhlak dan nurani, maka kematian ratusan ribu jiwa rakyat Suriah sudah cukup menjadi alasan AS dan Barat untuk menyerang rezim Basyar Asad.

Menurut Yasir Zaatirah yang menggerakan Amerika mengambil keputusan akan menyerang Suriah adalah permintaan Israel dengan melihat realitas yang terjadi saat ini. 

Lalu apa dan dimana peran strategis Israel dibalik pergerakan militer Barat dan didukung oleh beberapa negara teluk ini? Sebelum menjawab ini, kita perlu mengetahui kepentingan Israel di Suriah, berikut beberapa kepentingan strategis Israel di Suriah;

Suriah sendiri dalam perspektif Israel tak kalah strategisnya dengan Mesir, baik secara geografi maupun geo-politik, sebagaimana Israel telah mengerahkan segala usahanya untuk menggagalkan revolusi Mesir 25 Januari serta mempertahankan rezim Mubarak, begitupun revolusi di Suriah, dengan pertimbangan strategis keamanan nasional dan masa depan Israel, maka tidak ada pilihan bagi Israel selain mempertahankan rezim berkuasa saat ini di Suriah. Secara singkat, setidaknnya ada bebarapa alasan strategis Isreal ingin mempertahankan rezim Basyar Asad di Suriah. Alasan strategis tersebut sebagai berikut:

1. Batas antara Israel dan Suriah kini ini, adalah batas yang paling tenang dibandingkan dengan batas-batas lain bersama negara-negara Arab lainnya.

2. Rezim Suriah merupakan model rezim Arab yang Israel secara jelas berhasil melakukan pencegahan pembalasan kepada Israel, sebagai bukti, rezim ini tidak berusaha membalas provokasi Israel saat membombardir pasilitas riset nuklir Suriah di Utara Suriah akhir tahun 2006, juga tindakan Mossad yang membunuh sejumlah petinggi program nuklir Suriah, serta membunuh komandan bersenjata Hizbullah Imad Mughniyeh.

3. Jatuhnya Rezim saat ini berarti bahaya naiknya kelompok Islam, lebih-lebih Kelompok Ikhwanul Muslimin, yang dianggap sebagai kelompok oposisi yang paling teroganisir, dan ini akan merubah skenario strategis Israel di Kawasan, keberhasilan revolusi Mesir sudah cukup membuat Israel rugi secara ekonomi dan keteteran harus memformat ulang kebijakan-kebijakannya di Timur Tengah, dan jika revolusi Suriah sukses ini akan semakin mengisolasi dan menekan Israel di kawasan.

4. Keruntuhan rezim akan menyebabkan hilangnya stabilitas keamanan di kawasan, yang bisa jadi akan mengantar pada perang  yang tidak dihendaki oleh Israel. Sebagaimana terjadi tahun 1967, salah satu penyebab terjadinya perang karena tidak ada stabilitas di Suriah.

5. Jika rezim jatuh, maka akan ada bahaya yang mengancam yaitu kemampuan kelompok-kelompok "yang tidak bertanggung jawab" menguasai gudang bersenjata militer Suriah, lebih khusus gudang roket Suriah, yang bisa mencapai seluruh kota Israel dan yang menambah kekhawatiran Isreal, bahwa banyak dari roket-roket tersebut dilengkapi dengan hulu ledak kimia.

8. Kekhawatiran jika rezim Asad jatuh akan berakibat negatif bagi stabilitas rezim pemerintahan di Yordania yang dianggap sebagai sekutu Israel paling dipercaya di kawasan, kajatuhannya akan mengancam eksisetensi Isreal. karena peran Yordania dalam menjaga perbatasan yang memisahkan antara Yordania dari Palestina, yang untuk menjaganya butuh dana besar untuk mengerahkan pasukan infanteri Israel untuk melaksanakan tugas ini, saat tidak ada kerjasama dengan Yordania.

Menjawab pertanyaan apa dan dimana peran strategis Israel dibalik pergerakan militer Barat dan didukung oleh beberapa negara teluk ini  untuk menyerang Suriah? Mari kita melihat beberapa point penting berikut;

1. Walaupun perang di Suriah belum menampakkan hasil terakhirnya, namun revolusioner semakin maju walau lambat, kekuatan revolusi yang didominasi kelompok jihadi semakin meningkat,  dan ini menjadi ancaman besar ketika rezim Basyar Asad runtuh begitu juga munyebarnya kekacauan yang tak dapat dibendung atau ketika kelompok-kelompok ini juga menguasai sebagian besar lokasi di Suriah, yang saat ini telah menguasai 60% bumi Syam. Di sini jelas ada kepentingan Israel untuk menghancurkan sebagian gudang senjata kimia, karena kekhwatiran senjata-senjata kimia ini jatuh ke tangan kelompok-kelompok yang tidak bisa dikontrol.

2. Serangan Amerika ini ditegaskan oleh obama adalah terbatas di sini, kemungkinan besar adalah tempat-tempat strategis penyimpangan senjata dan senjata kimia. Tujuannya agar senjata berat ini dan senjata kimia tidak jatuh ke tangan revolusioner yang tidak mampu dikontrol.

3. Sasaran-sasarangan serangan ini ditentukan oleh Israel yang diinginkan oleh Israel untuk dihancurkan, karena sumber imformasi utama bagi Amarika dan Barat adalah intelejen Israel, Mossad.

4. Sebagian sasaran-sasaran tersebut adalah lokasi-lokasi kelompok mujahidin tujuannya untuk melemahkan kekuatan pejuang oposisi, jika pada operasi serangan kali ini juga mencakup wilayah bagian Utara dan Selatan yang mayoritasnya dikuasai oleh revolusioner.

5. Pernyataan Obama yang menyatakan bahwa serangan bukan untuk menggulingkan basyar Asad, atau melemahkannya.

6. Mengenai penggulingan rezim di Suriah, yang mengikuti perkembangan di koran-koran Israel dan sebagian reaksi dan isyarat-isyarat resmi Israel bahwa ada kesepakatan di antara mereka agar serangan tidak untuk menjatuhkan rezim di Damasqus dan ini juga dikuatkan dengan peryataan obama yang dilansir di Aljazeera dan dikutip Islamicgeo, bahwa serangan bukan untuk menggulingkan Basyar Asad atau melemahkannya karena hal ini bukanlah solusi menyelesaikan masalah di Suriah, menurut Obama.

7. Namun lebih penting dari itu adalah sekedar "hukuman" ini menurut sebagian pengamat di Israel begitu juga menurut petinggi Amerika Serikat yang dikutip Washington Post, bahkan sebagai sumber Israel menyebutkan bahwa serangan ini sekedar "simbol".

Kesimpulan dari point di atas bahwa serangan yang akan dilancarkan Amerika dan sekutunya adalah serangan terbatas, dan tempat-tempat yang akan diserang nantinya telah ditentukan oleh Israel sebagia pusat informasi bagi Amerika, dan penyerangan kali ini bukanlah untuk menggulingkan rezim Basyar Asad atau melemahkannya, dan penyerangan lokasi-lokasi rezim Basyar Asad sekedar simbol untuk menutupi serangan yang sebenarnya yaitu lokasi-lokasi mujahidin dan pejuang oposisi.

Beberapa hari lalu penulis mendapat informasi dari teman Arab yang juga dapat informasi dari temannya yang mengikuti perkembangan dan berita di Amerika menyebutkan tahapan penyerangan Amerika Serikat bahwa Serangan pertama akan menyerang target-target strategis gudang senjata milik rezim Basyar Asad, di antaranya; Sistem radar, sistem pertahanan udar, pabrik pembuat senjata kimia, gudang rudal Scud.
Kemudian serangan kedua Amerika, yaitu; Tempat latihan militer mujahidin Suriah, pemimpin ring 1 dan ring dua dari kelompok Jihad.

Untuk menutupi serangan ini, maka terakhir Amerika juga akan menyerang sebagian lokasi rezim Basyar Asad di wilayah-wilayah yang tenang, yang tidak menguntungkan revolusi, serangan-serang yang diprediksi ke beberapa lokasi di antaranya; Pelabuhan Thartus, Istana Presiden yang sudah ditinggalkan Basyar Asad, tokoh-tokoh Suriah untuk membuat penggelembungan media menutupi target serangan brigade mujahidin.

Jika perang sangat erat kaitannya dengan politik transaksioal, siapa yang paling diuntungkan dibalik perang ini, maka sangat jelas bahwa kampanye perang yang digalakkan oleh Amerika dan Barat tak lain, selain kampanye untuk memperjuangkan kepentingan Israel yang juga menjadi kepentingan Amerika di Timur Tengah. Dunia diarahkan untuk mengikuti dan memperjuangkan kepentingan mereka dan bisa jadi menjadi awal dari perang dunia ketiga.

Lalu apa di mana peran Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia? Sebagai negara yang memiliki politik luar negeri yang bebas aktif, negara yang prinsip dasarnya adalah menciptakan perdamaian dunia dan anti terhadap segala bentuk penjajahan. 

Kiranya, Presiden Indonesia SBY perlu kembali membaca sejarah pendahulunya ketika Indonesia di bawah kepemimpinan Bung Karno memprakarsai Gerakan non-blok sebagai reaksi atas memuncaknya ketegangan blok Barat dan Timur. Agar Indonesia ikut berperan aktif dalam mencari solusi terbaik dalam rangka menciptakan perdamaian dan keamanan dunia. Wallahu A’lam.

Referensi;
http://www.jpost.com/Defense/What-can-Israel-do-about-Egypt-323157
http://www.aljazeera.net/opinions/pages/4eb077d7-160d-4d7b-8494-7a0055550544
http://www.islamicgeo.com/2013/08/obama-tak-berniat-menggulingkan-basyar.html
http://www.islamicgeo.com/2013/08/kerumunan-militer-persiapan-serang.html
http://www.islamicgeo.com/2013/08/10-pemimpin-militer-berkumpul-di.html
http://sejarahindonesiaa.blogspot.com/2013/02/perkembangan-gerakan-non-blok-gnb-dan.html
Nama

#2019GantiPresiden,5,#cabutpermendikbudno.30,1,#kejahatanseksual,4,#palestina #aqsa #smart171 #aaw #aqsaawarenessweek headline nasional,1,#permen,1,#Permendikbudno.30,1,#seksbebas,4,#zina,1,212mart,1,aa gym,4,aadk,1,Aaw,1,ACN,4,ada apa dengan konsen,1,adara,1,ahmat davutoglu,1,ahzami samiun jazuli,1,aid al-qarni,1,aidit,1,air zam zam,1,ajat syaikhu,2,ak parti,1,akhrawi,1,akmal sjafril,4,AKP,6,aksi 112,1,aksi 115,1,aksi 212,2,Aksi 64,2,Aksi Bela Baitul Maqdis,1,aksi bela palestina,6,aksi kemanusiaan,1,aksi peduli aleppo,1,aktivitasdakwah,146,Aku Kamu Adalah Kita,2,al aqsha,4,al irsyad,1,al zawari,1,al-aqsa,1,al-qarni,1,al-qassam,1,al-qur'an,5,al-quran,4,alamislami,926,alaqsa,4,alasan logis mengelilingi ka'bah,1,alasan nikah muda,1,aleppo,6,aleppoisburning,1,alexis,3,alkhusairi,1,Allah,3,Almuzzammil Yusuf,2,alquds,1,alqur'an,2,alquran,41,Alvin,1,ambulans,1,amerika,7,amerika serikat,1,amien,1,Amien rais,5,anak,2,anak dilarang ke masjid,1,Anak Inggris Hafal Al-Qur'an,1,anak kembar,1,anak masjid,2,anak masjid ribut,1,anak palestina,2,anak pendeta,1,anak TK CHina baca Al Quran,1,anak-anak masjid,1,analisa,24,anggota dewan PKS,2,anggota dewan sederhana,2,anggota dprd bekasi,1,anggota odoj meninggal dunia,1,anggota parlemen,1,anggota PKI,1,Anggota TNI,1,anggota TNI Hafal Al Qur'an,1,anggota TNI Hafal Qur'an,1,angsuran bank,1,ani yudhoyono,1,anies baswedan,57,Anies sandi,8,anjing,1,anti lgbt,2,anti vaksin,7,Anya,1,aqsha,2,arab,1,arab israel,1,arab saudi,7,arab saudi jamin kesehatan warga yaman,1,arabic,3,ari purbono,1,arie untung,1,arifin ilham,3,artefak,1,as-sisi,1,asma nadia,2,asyuro,1,ataturk,1,ateisme hanya kenakalan saja,1,atheis,1,Aung San Suu Kyi,2,australia,1,Awkarin,1,ayah,8,ayat ayat cinta,2,azan,1,azan pengeras suara,1,azan turki,1,bachtiar nashir,1,bachtiar nasir,2,bahasa arab,1,baliho KB,1,bandara paris,1,bandung,4,bangkok,1,banjir,2,banjir Jakarta,1,bank riba,2,bantuan,1,bantuan kemanusiaan,1,bantuan turki,1,bantuan turki gaza,1,barat,1,barokah,1,basar asad,1,bashar asad,1,batik trusmi,1,bayan,4,bayar puasa,1,bds,1,bebas hutang,1,Begin Again,1,Belanda,1,belum hamil?,1,Bencana Purworejo,1,bendera,1,Bendri Jaisyurrahman,1,beras maknyus,2,berau,2,berita,4933,berita duka muhammad ali,1,berita nasional,4,beritafoto,51,bermain di masjid,1,bhiksu budha,1,bid'ah,1,bila ingin disebut Allah,1,bin,1,binali,1,birokrasi,1,bisnis,2,boikot,1,boikot starbuck,2,bom,1,bom depok,1,brasil,2,Britain,1,brunei,5,budha,2,bukan negero dongeng,1,buku,19,bunda yoyoh,15,burqa,2,buruh,1,busana,1,buya hamka,5,cadar,5,caesar,1,cagub jabar,1,cahyadi takariawan,1,caisar,1,cara mendidik anak,1,charles darwin,1,Charlie Hebdo,1,chelsea,1,China,4,cicak,1,cincin,1,cinta masjid,1,cirebon,1,corona,9,covid19,2,crane,2,cupink topan,2,daerah,7,dahlan iskan,4,dakwah,147,dakwahkantor,1,davutoglu,1,Deen Mohammad Shaikh,1,dembaba,2,demokrasi,1,demokratis,1,denny indrayana,1,denny JA,1,depok,2,derajat,1,dewan dakwah,1,Dibutuhkan Masjid Ramah Anak,1,Didin Hafidhuddin,1,dina lorenza,1,diskriminasi,1,Dk pbb,1,doa,1,doa gempa,1,dokter pembersih sepatu,1,dokter Tirta,1,Domingus Roudolsifa,1,Donal Trump,1,donald trump,3,Dosen Amerika Masuk Islam,1,dosen FMIPA UNY,1,dosen katolik masuk islam,1,dprd semarang,1,Dr Zakir Naik,5,dropship dalam Islam,1,Dropship halal,1,dropship haram,1,dsp pks,1,dunia,60,dunia islam,235,duniaislam,13,duta besar israel,1,duterte,1,e-ktp,1,egi john,4,Egyptair,1,ekonomi syariah,1,ekonomisyariah,90,ektp kepercayaan,2,elang gumilang,1,embunpagi,29,Entertainment,2,erdogan,57,Erez,1,eropa,3,Esebius Pomats,1,etika membutuhkan agennya,1,Eurasia,1,event,50,facebook,3,fahmi salim,1,farid nu'man,1,Fariq Zakir Naik,1,fatih,1,fds,1,felix siau,1,felix siauw,9,Feminisme,2,feriza,1,fethullah gulen,1,film 212,6,film islami,1,film pendek,3,fiqih,1,firanda adireja,1,FISIP Universitas Indonesia,1,flp,1,forum,1,foto,1,fpi,5,FPI Gaza,1,FPI Palestina,1,FPI peduli Palestina,1,FPKS,2,fpks dprd jakarta,2,fpks Jakarta,1,freemansory,1,gadis gereja masuk islam,1,gaji halal,1,gaji kecil,1,gardu listri,1,garuda,1,gatot,3,gay,1,gaza,26,gema keadilan,1,gempa,4,gerakan,14,gereja,1,gereja katolik,1,gerhana bulan,2,gerhana bulan total,1,ghazwul fikri,6,ghilad salit,1,gnpf mui,3,gnpf ulama,1,gojek,1,good governance,1,gpmp,1,Grand Metropolitan Mall Bekasi,1,gulen,2,gus nur,1,habib rizieq,10,habib salim,2,hadits,12,hafal al-qur'an,2,Hafalan Surat Yasin,1,hafidz anah,1,hafidz anak,1,hafidz quran,1,hafiz indonesia,1,Hafiz Indonesia RCTI,1,hagia sophia,2,haji,22,hak allah,1,halal haram dropship,1,hamas,7,hamil,3,hamka,2,handhphone ViTELL,1,hary tanoesoedibjo,1,hasan al banna,1,hasyim asyari,1,headline,8050,headline nasional,4,Helvy Tiana Rosa,1,hidayah,4,hidayatullah,1,hidup,1,hidup sederhana,1,hijab,2,hijrah,20,hikmah,27,Hindu Masuk Islam,2,Hizbut Tahrir,5,Hizbut Tahrir Indonesia,1,hmi,1,hoax,4,hti,11,hti dibubarkan,1,hukum dropship,1,hukum sropshipping,1,hukuman mati,1,hutang,1,ibadah haji,1,IBF 2918,1,ibnu mubarak,1,Ibnu Riyanto,1,ibu,2,ibu walikota padang,1,icc,1,idul adha,5,idul fitri,3,idul Fitri,4,idul Fitri Muhammadiyah,1,idulfitri,2,ikhwanul muslimin,2,iklan,15,ikrar syahadat,2,ikrar syahadat di yogyakarta,1,ikrimah,1,ilmu syar'i,1,ilmuan,1,IM,2,imam,1,imam malik,1,imunisasi,1,Indahnya Masjid MALL,1,indonesia,50,indonesia abstain suriah,1,Indonesia PBB,1,Indonesia salah PKI,1,indonesia tanpa jil,2,indosat,1,infoumat,20,injil barnabas,1,innalillahi muhammad ali,1,inspirasi,737,internasional,1836,intifadhah,1,Intifaha 3,1,intoleransi,1,irak,1,iran,1,Irfan Hakim Hafiz Indonesia,1,Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri,1,irwan prayitno,3,irwansyah,1,isbal,1,isil,1,isis,1,islam,11,Islam Bersatu,1,islam bukan agama arab,1,islam liberal,1,islam papua,1,islam-download.net,1,islamediaredaksi,38,islamophobia,1,Ismail Yusanto,1,israel,26,Israel hentikam bantuan luar negeri,1,Israel pasang kamera pengintai,1,istambul,1,istiqlal,2,istiqomah,1,istri,2,Italia,3,itikaf,3,itj,3,itj bandung,1,ITJ Jakarta,1,jamaah,1,Jamaah Tabligh,1,jamin kesehatan,1,jangan ada tebang pilih dalam kasus penistaan agam,1,jangan lakukan ini,1,janji kampanye,1,janji pemerintah,1,jepang,1,jidat hitam,1,jihad,2,jihad islam,1,jilbab,3,jilbab diskriminasi,1,jilbab pramugari,1,JK,1,jodoh,1,jomblo,1,jordania,1,jual cincin,1,jurnal ramadhan,1,jurnalistik,3,jurnalistik dakwah,1,Jusuf Kalla,2,Juventus,1,ka'bah,3,kairo,1,kajian,29,kalender arab saudi masehi,1,kalender hijriah,2,kalender masehi,1,kanada,1,kangen band,1,Kapan Muhammadiyah Lebaran,1,kapan nikah,2,Kapolda Sumsel,1,karikatur,8,kaset,1,kashmir,1,kasunanan surakarta,1,Katharina Sutarni Sutanty,1,Katharina Sutarni Sutanty masuk islam,1,katolik,1,katolik masuk islam,2,katolik merapi,1,katolik papua,1,kawin,1,kdm,1,kebakaran,1,Kebangkitan,2,kedaulatan rakyat,1,kejam,1,kekejaman PKI,1,keluarga,183,kemenag,1,kenaikan upah,1,kepala suku papua,1,Kepanduan,1,kepenulisan,1,kesehatan,44,kesultanan yogyakarta,1,ketahanan keluarga,1,Kevin James,1,KH Arifin Ilham,1,khalid,1,khalid misy'al,1,Khilafiyah,1,khitbah,1,khusuf,1,khutbah,3,khutbah idul adha,1,khutbah idul fitri,1,khutbah jumat,1,Kiai Idham Chalid,1,kiamat,1,kiblat,1,kislap,1,kitab suci,1,kitabisa,1,kiyai slamet,1,KMGP,1,knrp,20,knrp jawa timur,2,kodam,1,koin,1,komnas,1,komunis,3,komunis china,2,Komunitas aci,1,konsep diin,1,konsep kebahagiaan dalam islam,1,konstantinopel,2,korban tragedi mina asal indonesia,1,korea,1,korupsi,3,korupsi e-KTP,1,KPK,3,krl,2,kronologis penembakan al-qarni,1,kudeta,2,kudeta gagal,1,kudeta militer turki,1,kudeta turki,4,kultwit,226,kurban,2,Kuwait,1,larangan mendidik anak,1,Letkol I Wayan Arta,1,Letkol I Wayan Arta Hafal Al-Qur'an,1,LGBT,14,LGTB,1,Libya,2,Lifestyle,1,logo HTI,1,logo palu arit,2,logo pki,1,london,2,lowongan,1,LPOI,1,lukis wajah nabi,1,lukman hakim saifudin,2,ma,1,Maariya Aslam,1,mabit,2,Madinah,2,madrasah,1,mahathir,4,maher zain,1,mahmud,1,mahram,1,Mahyeldi Ansyarullah,1,Makanan,1,makkah,2,malaysia,3,malik,1,Mall Pasar Raya Manggarai,1,Malta,1,mandi wajib,1,mandul,1,manggarai,1,manhaj,16,manusia dan kebahagiaan,1,marah,1,marbot masjid,1,maroko,1,Mas Gagah,1,masjid,4,Masjid Ahmet Akseki Camii,1,masjid al aqsa,2,Masjid Al Latief,1,Masjid Al Latief Pasar Raya manggarai,1,masjid blom m square,1,masjid di turki,1,masjid gede kauman,2,masjid kokas,1,masjid nabawi,1,Masjid Pasar Raya Manggarai,1,masjid turki,2,masjidil haram,3,masuk islam,4,mata uang,1,mavi marmara,1,MCI,2,membawa anak ke masjid,1,Memeluk Islam,1,menang,1,menangis,1,mendagri tjahjo kumolo,1,mendidik anak,2,mengelilingi ka'bah,1,menghormati yang tidak berpuasa,1,menikah muda,1,meninggal dunia,3,menteri agama,3,mentoring,1,menulis,2,menuntut ilmu,1,menyebabkan stroke,1,merasa benar,1,merdeka,1,mesir,161,messi,2,Mesut ozil,1,mie babi,1,mie instant korea,1,migran,1,milad fpi,2,militer turki,1,mimpi,1,mimpi bertemu Rasulullah,1,mina,4,minta maaf PKI,1,minta maaf ramadhan,1,misyal,1,MLM haram,1,MLM itu haram,1,modern,1,mogok,1,Mossad,1,mtq,1,mts walisongo,1,MTT,2,mualaf,46,mualaf Budha,1,mualaf center indonesia,1,mualaf hindu,1,Mualaf Hindu Masuk Islam,2,mualaf kristen,1,Mualaf Pakistan,1,muallaf,14,mudik,1,Muhamad Ali meninggal dunia,1,Muhammad Abduh Tuasikal,1,Muhammad Al Fatih,1,muhammad ali,5,muhammad ali bicara kematian,1,muhammad ali masuk islam,1,muhammad ali mati,2,muhammad ali meninggal dunia,2,muhammad ali wafat,2,Muhammad badie,1,Muhammad Najeeb Abdur Razzaq,1,Muhammadilah Idul Fitri,1,muhammadiyah,8,muhammadiyah idul fitri 2016,1,Muhammadiyah Idul Fitri 6 Juli,1,Muhammadiyah Lebaran Rabu,1,muharam,1,MUI,5,munajat 212,1,murabithun,1,mursi,7,mursyid am,1,museum,1,museum nasional,1,Muslim,11,muslim bosnia,1,muslim myanmar,2,Muslim Paris,1,muslim perancis,2,muslim rohingya,3,muslimah,48,mustafa kemal pasha,1,mutabaah harian ramadhan,1,muzammil hasballah,6,myanmar,6,Nabawi,1,nabi,2,nama foundation,2,nandang burhanudin,1,nasihat,96,nasioanal,1,nasional,774,nasional. palestina,1,nasional. pilgub jabar 2018,1,nasional. pks,1,nasional. spi Jakarta,3,nasonal,2,nasyid,74,nativisasi,2,nato,1,Nazia Ali,1,nenek ikrar syahadat,1,Nenek Katharina Sutarni Sutanty,1,nenek katolik masuk islam,1,nenek masuk islam,1,neno warisman,1,netanyahu,2,new york times,1,ngo,1,Nico Ardiansyah,1,nikah,109,nikah 17 tahun,1,Nikah massal gaza,1,nikah muda,1,nikah murah,1,nikah tanpa pacaran,1,nimr al nimr,1,novel baswedan,8,november,1,NU,3,nusantara,1,obama,2,odoj,18,oemar mita,1,ok oce,1,oki setiana dewi,2,Okoso Zukin,1,opini,269,orang benar,1,orang merasa paling benar,1,ormas seragam tni,1,oslo,1,ottoman,3,pahlawan,1,palestin,1,palestina,1047,palestina suruah,1,palestinaterkini,64,pangeran saudi,1,pantai padang,1,panti wreda,1,papua,3,parenting,12,paris,1,parlemen,1,partai 212,3,partai berkuasa,1,partner,2,Pasar Raya Manggarai,1,PBB,3,PBB Suriah,1,pedang,1,peduli,208,pemakaman muhammad ali,1,pembunuhan ahli drone,1,pemeluk katolik masuk islam,1,Pemerintah Turki,1,pemilu,2,pemilu 2019,1,pemilu turki,1,pemimpin serbia,1,pemkot,1,pemuda papua ikrar syahadat,1,pemuda papua masuk islam,1,pemukim ilegal,1,pemukim yahudi,1,penakhlukan konstantinopel,1,Penaklukan Konstantinopel,1,penembakan,1,penemu,1,Pengadilan Surambi,1,pengajian,1,pengeras suara,2,Penghafal Al-Quran,1,pengungsi,2,pengungsi suriah,1,pengusaha golf masuk islam,1,pengusaha muslim,1,penista agama,1,penjahat peranng,1,penjajah israel,1,penyimpangan asyuro,1,peradaban,1,perancis,3,perasaan,1,perempuan peradaban,1,Peringatan Milad ke 563 Tahun Penaklukan Konstantinopel,1,pernikahan,2,perppu ormas,2,Persahabatan,1,persatuan islam,1,Persatuan Ulama Muslim Internasional,1,persis,2,philipina,1,pilgub jabar,2,pilkadadki,5,pilpres,1,Piprim Basarah Yanuarso,2,pki,4,PKI menyerang Gontor,1,pks,75,PKS Kota Tegal,1,pksmuda,1,PLN,2,plularitas,1,poligami,2,polisi sholeh,1,polisi tilawah al quran,1,politik,19,potong kuku,1,PPP,1,prabowo,1,prabowohatta,1,prancis,1,prasasti,1,Prasetyo Budi .W,1,presiden,2,presiden mesir,1,presiden pks,1,presiden Turki,1,pria suriah,1,proklamasi,1,puasa,2,puasa senin kamis,1,puasa syawal,1,puisi,3,pulung sampah padang,1,purwokerto,1,putin,3,Putra Arifin Ilham,1,putri yusuf mansur,1,putri Yusuf Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah,1,qatar,8,qunut,2,Qunut Shubuh,2,qur'an,3,qurban,6,r4biah,8,rabia,1,rabiah,1,Rabithah Alawiyah,1,radio,1,Radovan Karadzic,1,raja arab,1,raja faisal,1,raja salman,5,rakyat,1,ramadan,1,ramadhan,99,ramadhan 1437,1,Ramadhan di Paris,1,ramah anak,1,referendum,1,referendum turki,2,rekaman kajian,1,rekaman kajian ilmiah,1,Relawan PKS,1,remaja,46,resensi,3,resepsi mahal,1,resepsi pernikahan,1,resolusi,2,resolusi dk pbb,1,reuni 212,14,Revolusi,1,reyhan,1,reza noah,1,rezeki,1,rezeki milik siapa,1,riba,3,ridley,1,ridwan kamil,13,ridwan tulus,1,Rimpu Bima NTB,1,Rimpu Colo,1,Rimpu Mpida,1,rindu sang murabbi,1,Rodrigo Duterte,1,rohingya,14,rohis,2,rokok,1,ronaldo,1,rumah makan,1,Rumah Tangga Sakinah,1,rumah zakat,2,rusia,4,Ruu kk,1,ruu pks,4,ruutpks,2,RZ,1,sabana,1,sadiq khan,4,sakinag,1,salah alarouri,1,salaman,1,salim a fillah,4,salim segaf,1,Sally Giovani,1,Sally Giovanni,1,samuel etoo,1,sandiaga uno,8,saptuari,5,saptuari sugiharto,1,sari roti,2,sarjana,1,sastra,163,saudi,2,sby,2,SDIT,1,sedekah,1,sedih,1,sejarah,12,sejarah islam,4,sejarah palestina,1,sekolah,5,sekolah pemikiran islam,7,selfie,1,semarang,1,seni,9,senyum,1,setya novanto,1,shalit,1,shamsi ali,1,shaum,1,SHIELD,3,shoes and care,1,shola idul fitri,1,sholat,2,sholat ashar,1,sholat berjamaah,2,silatnas 2017,1,sim gratis,1,sirah,1,siroh,52,smart171,1,Smartphones,1,soeharto,1,soekarno,1,sohibul iman,4,solo,2,somalia,2,Sonia Ristanti,1,sosial,2,spanduk,1,spi,12,spi bandung,11,Spi fatahillah,1,spi jakarta,38,SPI Tangerang,1,spj,1,sri lanka,1,steven indra wibowo,1,suami sholeh,1,suara ibu,1,suara pembaca,1,suarapembaca,107,sudah hamil?,1,Sudan,2,sudrajat syaikhu,2,sukmawati,18,sukmawatii,1,suku pedalaman,1,suku wana,1,sulawesi tenggara,1,suleiman,1,sultan murad,1,sumbar,1,sundar,1,surah,1,surahman hidayat,1,suriah,26,suster katolik,1,swedia,1,swiss,2,syafii antonio,2,syahadat,3,syahid,1,syaikh yusuf al-qaradawi,2,syam,1,Syamsul Falah,1,syariah,146,syariat,1,syawal,1,syeik al-qarni,1,Syeikh Al-Qarni,1,syekh,1,syiah,7,Syiekh Sholah al Budair,1,taaruf,2,taat suami,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,tabrakan mobil di saudi,1,tahuidullah,1,takdir,1,tanpa riba,3,tanyajawab,75,tarbawi,45,tarhib,1,tato,1,taujih,2,taujih online,53,Tausyiah,17,Tech,6,tedc,1,teheran,1,teknologi,4,teladan,91,Telkomsel,2,tenggelam,1,tentang dahlan iskan,1,Tentang Oki Setiana Dewi,1,Tentara,1,tentara israel,1,Tentara Korea,1,tepi barat,1,tere liye,2,teror,2,teuku wisnu,4,thulabiy,133,tidur,1,tidur sahur stroke,1,tidur setelah sahur,1,tikam,1,tilawah,3,time,1,timur tengah,1,tinggalkan riba,1,tips,9,tips menulis,1,tips trik menulis,1,Tirta Mandira Hudhi,1,TNI,4,togutil,1,tokoh,15,tol bawah laut,1,toleransi,1,tolikara,1,tqd,11,tradisi bid'ah,1,tragedi,2,trump,7,Tsabit bin Ibrahim,1,tsaqofah,140,tsunami,2,tukang sayur,1,tuna rungu mualaf,1,tunahan kuzu,1,tunisia,1,turki,72,tvone,1,ubn,1,uganda,1,uighur,3,ukhuwah,11,ukmi,1,ulama,1,ulil,1,Ulil Abshar Abdala,1,umahat,62,umar,1,umar bin abdul azis,1,umat,14,Ummi Pipik,1,Unesco,2,uni eropa,1,Univsersitas Islam Gaza Palestina,1,upah minimum,1,usradz Firanda adirja,1,ustadz,66,ustadz abdul somad,20,ustadz adi hidayat,8,Ustadz Arifin Ilham,4,ustadz Felix,4,ustadz hanan attaki,1,Ustadz Hasan Lubis,1,ustadz hilmy,1,ustadz zulkifli,1,utang,1,utsmani,1,vaksin,8,van damme,1,video,18,vitell logo pki,1,wahabi,1,wahyu dan kenabian,1,wali kota padang,1,walid,1,Walikota Bogor Bima Arya,2,walikota muslim london,1,walikota padang,1,walimah murah,1,wanita amerika,1,warga amerika ikrar syahadat,2,warga gaza,1,warga palestina,1,warga suriah,1,warga yaman,1,wawancara,37,White helmet,1,wilders,2,wirausaha,17,Wirda Salamah Ulya,1,Wirda Yusuf Mansur,1,worldview islam,2,xinjiang,1,Yaminah Elsyaib,1,Yasser arafat,1,Yerussalem,3,yudas iskariot,1,yunani,1,yusuf alqaradawi,1,yusuf mansur,1,Yusuf Qaradawi,1,yvonne,1,zakat,6,Zakir Naik,7,
ltr
item
Islamedia - Media Islam Online: Peran Strategis Israel di Balik Kekacauan Timur Tengah (Mesir dan Suriah)
Peran Strategis Israel di Balik Kekacauan Timur Tengah (Mesir dan Suriah)
http://3.bp.blogspot.com/-4sJTEac14AE/UiBuCSw7a8I/AAAAAAAAQkA/CPFQHiKgyNo/s1600/israel-hegmony2.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-4sJTEac14AE/UiBuCSw7a8I/AAAAAAAAQkA/CPFQHiKgyNo/s72-c/israel-hegmony2.jpg
Islamedia - Media Islam Online
https://www.islamedia.id/2013/08/peran-strategis-israel-di-balik.html
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/2013/08/peran-strategis-israel-di-balik.html
false
4462325520328585611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content