M. Syafi'i Antonio Raih Anugerah "Tokoh Perbukuan Islam 2013" -->

M. Syafi'i Antonio Raih Anugerah "Tokoh Perbukuan Islam 2013"

Admin
Rabu, 06 Maret 2013
Islamedia - Muhammad Syafii Antonio lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 12 mei 1965. Nama aslinya Nio Cwan Chung. 

Muhammad Syafii Antonio adalah WNI keturunan Tionghoa, dia merupakan pakar ekonomi islam. Sejak kecil Muhammad Syafii Antonio mengenal dan menganut ajaran Konghucu, karena ayah Muhammad Syafii Antonio seorang pendeta Konghucu. Selain mengenal ajaran Konghucu, Muhammad Syafii Antonio juga mengenal ajaran Islam melalui pergaulan di lingkungan rumah dan sekolah. 

Setelah mengikrarkan diri menjadi seorang Muslim, Muhammad Syafii Antonio terus mempelajari Islam, mulai dari membaca buku, diskusi, dan sebagainya. Kemudian Muhammad Syafii Antonio mempelajari bahasa Arab di Pesantren an-Nidzom, Sukabumi, dibawah pimpinan K.H.Abdullah Muchtar. Lulus SMA Muhammad Syafii Antonio melanjutkan ke ITB dan IKIP, tapi kemudian pindah ke IAIN Syarif Hidayatullah. Itupun tidak lama, kemudian Muhammad Syafii Antonio melanjutkan sekolah ke University of yourdan (Yordania). Selesai studi S1 Muhammad Syafii Antonio melanjutkan program S2 di international Islamic University (IIU) di Malaysia, khusus mempelajari ekonomi Islam.

Kini Syafii Antonio dikenal sebagai ikon Islamic banking and finance di Indonesia. Dia adalah Ketua dari Tazkia University College of Islamic Economics (studi TAZKIA). Ia menerima gelar PhD dalam keuangan mikro dari University of Melbourne (2004), Master of Economics bentuk internasional Universitas Islam, Malaysia (1992), ia juga melakukan program penelitian mengunjungi di Al-Azhar University Cairo dan Oxford University, Inggris.

Kiprahnya dalam dunia penulisan dan penerbitan buku membuahkan hasil manis. Beberapa bukunya menjadi best seller dan banyak dijadikan rujukan oleh banyak kalangan. Diantara bukunya yang fenomenal adalah "Muhammad SAW; The Super Leader Super Manager" yang juga pernah mendapat anugerah IBF Award 2010 sebagai Buku Islam Terbaik Kategori Non Fiksi Dewasa. Bukunya yang terbaru "Ensiklopedia Peradaban Islam" pun kini mengikuti kesuksesan bukunya terdahulu. Dia pun memiliki penerbitan sendiri yaitu Tazkia Publishing.

Panitia Islamic Book Fair 2013 dan IKAPI DKI Jakarta memberikan anugerah kepada Syafii Antonio sebagai Tokoh Perbukuan Islam 2013. Pengumuman pemberian anugerah ini dilakukan pada saat pembukaan Islamic Book Fair 2013 pada Jumat, 1 Maret 2013 di Istora Senayan Jakarta.[ibf2013/im]