Wawancara Presiden Mursi, "Tanggung Jawab Saya Menjaga Bahtera Kebangsaan Ini Melayari Masa Transisinya"

Islam edia - Pada 28 November 2012, Presiden Mesir Mohamed Morsi menjalani wawancara eksklusif bersama majalah TIME. Pihak protokol kep...

Islamedia - Pada 28 November 2012, Presiden Mesir Mohamed Morsi menjalani wawancara eksklusif bersama majalah TIME. Pihak protokol kepresidenan menentukan bahwa Presiden Morsi akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari redaktur dan reporter TIME itu dalam bahasa ibu yakni bahasa Arab, bahasa resmi negara Mesir. Kendati demikian, sebagai bentuk keramahtamahan kepada para tamunya, selama jam wawancara berlangsung, Sang Presiden yang Hafidz Qur'an dan masuk nominasi teratas Person of the Year 2102 majalah TIME itu, berbicara sebagian besarnya dalam bahasa Inggris, bahasa yang sudah tak biasa lagi ia pakai sejak tiga dekade lalu (ketika ia di Amerika menempuh studi).

Dalam wawancaranya, ia berbincang mengenai kisahnya bersama Ikhwanul Muslimin, bagaimana ia memandang dunia, kesepakatannya dengan Presiden Obama dalam soal gencatan senjata di Gaza, serta situasi politik mutakhir yang tengah menderanya: penentangan dari sebagian kalangan kehakiman dan oposisi sekuler terhadap dekritnya. Morsi juga mengenang kembali bagaimana ia menonton televisi AS sewaktu ia menjalani tahun-tahun perkuliahannya meraih Doktoral bidang teknik di University of Southern California. Ia juga menceritakan kesukaannya secara khusus terhadap film-film tertentu, termasuk film Planet of the Apes versi asli. Berikut ini ialah sekilas isi wawancaranya, dibagi sesuai sub-tema, seperti kami kutip dari laman majalah TIME.

Mengenai keadaan dunia dewasa ini: Sekarang adalah era baru, bukan saja bagi Mesir atau rakyat Arab dengan Musim Semi Arabnya, tetapi juga bagi seluruh dunia. (Ini era baru bagi dunia) untuk memikirkan ulang apa-apa kesalahan yang telah diperbuat di masa lalu, dan menatap ke depan bagaimana kita bisa memperbaikinya, semampu kita. Tentu saja itu butuh waktu. Jadi kecepatannya rendah, sedangkan percepatannya tinggi. Bagaimanapun juga, kita sedang mendorong ke segala arah, berusaha untuk menyampaikan kepada warga dunia, dan meyakinkan pemerintahan serta para pemimpinnnya, bahwa hendaklah kita hidup dalam perdamaian. Konflik tidak bisa mengarah kepada stabilitas dunia. Kerjasamalah yang bisa. 

Bagaimana bisa kita melakukannya? Itu perjuangan tersendiri. Perjuangan yang teramat sangat sulit. (Perjuangan) untuk memiliki suatu kebudayaan baru, kebudayaan internasional, yang tetap menghormati kebudayaan masing-masing negeri dan masyarakatnya, termasuk dengan kebudayaan setempatnya. Namun bisakah kita memiliki kebudayaan internasional? Sanggupkah kita melakukannya? Suatu budaya bekerjasama, budaya penghentian perang dan pertumpahan darah. Suatu budaya yang saling mengusung perdamaian sejati, sedangkan tindakan militer hanya untuk membela diri, bukan untuk menyerang, suatu budaya yang menggunakan kekuasaan lebih banyak dalam kerangka-kerangka sipil, bukannya kerangka militer. 

Kita mampu bekerjasama, kita dapat bersatu sebisa kita. Bagaimana bisa kita melakukannya? Saya pikir, para pemimpin di dunia mengemban tanggungjawab besar dalam persoalan ini. Umat manusia bisa hidup bersama secara berdampingan.

Mengenai pelajaran terpetik dari film Planet of the Apes: Saya terkenang sebuah film. Judulnya Planet of the Apes. Yang versi lama, bukan yang baru. Memang ada yang baru, tapi berbeda. Kurang terlalu bagus, sebab tidak mengungkapkan kenyataan sebenarnya, sebagaimana diungkap dalam versi terdahulunya. Tetapi intinya, saya masih teringat, kesimpulannya seperti ini: Ketika sang kera besar, yang menjadi 'kepala Mahkamah Agung' -- di film itu! -- kemudian ada juga seorang ilmuwan hebat yang bekerja untuknya, membersihkan banyak hal, [sang ilmuwan sebelumnya pernah mengalami keadaan] terikat rantai. 

Kondisi di planet itu sedang hancur-hancuran seusai perang besar, bom atom atau apapun yang terjadi dalam film itu. Kemudian sang ilmuwan meminta sang kera untuk melakukan sesuatu ... "Jangan lupa, kau itu seekor kera," kata si manusia ilmuwan kepada kera. "Jangan suruh saya melakukan pekerjaan kotor ini." Lalu apa yang dikatakan sang kera besar? Ia berkata, "Anda adalah manusia, Anda melakukannya untuk diri anda sendiri." Itulah kesimpulannya. Bisakah kita melakukan sesuatu yang lebih baik bagi diri kita sendiri?

Mengenai Presiden Obama dan gencatan senjata di Gaza: Presiden Obama telah bersikap sangat, sangat membantu. Sungguh dapat saya katakan, bahwa perbuatannya sejalan dengan kata hatinya. Kami telah saling berbincang mengenai gencatan senjata itu. Itu yang paling penting. Kemudian kami bisa berbincang mengenai perbedaan-perbedaan antara Palestina dan Israel. Ini tidak mudah, sangat sukar. Kedua belah pihak membicarakan perbedaan-perbedaan mereka. Kami menghendaki mereka berbicara tentang persamaan-persamaan. Kami kini masih sedang menunaikan kerja (perdamaian) ini semampu kami.

Mengenai kebebasan di era baru Mesir: Saya sungguh bersemangat mewujudkan kebebasan berekspresi yang sebenarnya. Kebebasan beragama yang sejati. Kebebasan menjalankan agama. Saya bersemangat dan akan selalu bersemangat selama peralihan kekuasaan ini. Saya seorang Presiden terpilih. Tanggung jawab kepemimpinan saya ialah untuk menjaga bahtera kebangsaan ini melayari masa transisinya. Ini tidak mudah. 

Rakyat Mesir bertekad untuk bergerak ke depan dalam jalur kebebasan dan demokrasi, inilah yang saya pahami. Penegakkan hukum dan keadilan masyarakat. Pembangunan dalam arti seutuhnya. Pembagunan manusia. Pembangunan industri produktif. Riset-riset keilmuan. Pembangunan politik. Hubungan internasional yang berimbang dengan seluruh pihak, timur dan barat. Kami di Mesir ini sedang begitu bersemangat, dan saya pribadi saat ini pun bekerja keras, dalam menjaga kebebasan, demokrasi, penegakan hukum, dan keadilan sosial. Ikhwanul Muslimin tidak ada perbedaan dalam hal ini.

Mengenai, jika ditarik mundur ke belakang, apakah ia akan menangani dekritnya secara berbeda: Oh, tidak, saya tidak memandang keadaannya seperti itu. Yang saya lihat sekarang ialah, rakyat Mesir telah bebas. Mereka angkat suara ketika mereka menolak (kebijakan) Presidennya dan menentang apa yang sedang terjadi. Inilah hal yang sangat penting. 

Sudah merupakan hak mereka untuk berekspresi dan angkat suara, mengungkapkan perasaan dan sikap mereka. Tetapi (dekrit) itu ialah tanggung jawab saya. Saya melihat berbagai hal lebih banyak daripada yang mereka lihat. Saya pikir Anda sudah melihat berbagai jajak pendapat terbaru, lebih dari 80%, hampir 90%, rakyat Mesir, menurut berbagai hasil jajak pendapat ini, mendukung langkah saya. (Dekrit) itu tidak melawan rakyat, tetapi bersama rakyat, sesuai dengan kepentingan rakyat. 

Ada sejumlah perbedaan antara  apa yang terjadi sekarang ketika rakyat mengekspresikan pendapat mereka, dengan apa yang dulu terjadi pada Januari 2011 [sewaktu periode pembangkangan melawan rezim Presiden Husni Mubarak]. Kini terdapat sejumlah aksi kekerasan [dari para demonstran] yang belum pernah kami lihat sebelumnya, itu sesuatu yang buruk.

Ini merupakan tanggung jawab saya, tetapi secara umum, pengungkapan ekspresi itu baik-baik saja. Namun ada beberapa aksi kekerasan. Ada hubungan antara aksi-aksi kekerasan itu dengan sejumlah simbol dari rezim yang lalu. Saya pikir Anda dan saya -- saya punya informasi lebih, tetapi anda bisa merasakan sendiri ada sesuatu seperti tadi dalam persoalan (aksi protes) ini.

Saya yakin rakyat Mesir akan berhasil melalui masa-masa ini. Kami sedang belajar. Kami sedang belajar bagaimana menjadi bebas merdeka.

Mengenai tuduhan bahwa ia seorang fir'aun baru dan tiran: Firaun baru? [Tertawa] ... Saya jadi firaun? Saya pribadi pernah mengalami kerasnya penderitaan!

Kiprah politik saya dimulai sejak dulu, tahun 1986. Saya dicalonkan dalam pemilu parlemen pada tahun 1995, tetapi pemilihan ini dicurangi. Kemudian pada tahun 2000, saya dicalonkan lagi untuk pemilu parlemen dan menjadi anggota parlemen periode 2000 - 2005. Saya dicalonkan lagi pada tahun 2005 tetapi lagi-lagi pemilihannya penuh kecurangan. Saya mengemban amanah untuk kerja politik Ikhwanul Muslimin selama sepuluh tahun. Saya berasal dari jantung masyarakat Mesir. Saya mengenali masyarakat, orang-orangnya, dan apa yang menjadi penderitaan mereka. Aslinya saya berasal dari distrik Sharkia, Kairo timur. Saya lulusan Cairo University, dan kemudian meraih doktor dari Amerika Serikat.

Saya pernah dipenjara. [Ia membetulkan dasinya.] Dulu saya kepala departemen material di universitas, ketika dipenjara. Alasan mengapa saya dipenjarakan ialah karena saya membela institusi kehakiman dan hakim-hakim Mesir. Saya tahu persis betapa pentingnya pemisahan tiga kekuasaan -- kekuasaan eksekutif, legislatif dan yudikatif. Inilah konsep utama dari sebuah negara berdasar institusi-insitusi (di dalamnya). Presiden mewakili kekuasaan eksekutif, dan presiden dipilih oleh rakyat. 

Saya optimis bahwa rakyat bakal menuntaskan kebebasan memilih (melalui pemilu), dan saya bersungguh-sungguh dalam hal pemindahan kekuasaan melalui pemilu yang bebas. Saya telah bepergian ke penjuru dunia, baik itu di AS, di Eropa, ataupun di Timur, dan saya mengetahui bagaimana hal itu berjalan. Saya mengetahui teknologi, riset, penerapan ilmiah, kebudayaan, peradaban, perbedaan di antara bangsa-bangsa di dunia, dan tabiat sejarah.

Mengenai bagaimana ia berkiprah sebagai Presiden: Berapa bulan ya saya di kepresidenan? Sudah lima bulan. Bukan 30 tahun [seperti lama Mubarak berkuasa]. Tetapi baru lima bulan... Lima bulan setelah [peninggalan rezim lama berupa] kerusakan besar, berbagai korupsi, dan bermacam perilaku buruk. Dulu rakyat selalu terpinggirkan. Saya bagian dari revolusi. Dari pihak Ikhwanul Muslimin, saya merupakan penanggung jawab aksi di Alun-alun Tahrir, mewakili Ikhwanul Muslimin selama berlangsungnya revolusi. 

Saya berharap, ketika kami kelak memiliki suatu konstitusi, apa yang telah saya terbitkan [dekritnya] akan berhenti secara segera [tidak berlaku lagi], dan saya memiliki berbagai hal lain untuk berbagi bersama anda. Kami akan memiliki parlemen. Kami akan melaksanakan pemilu. [Kira-kira] dalam dua bulanan.

Mengenai apakah Mesir sedang dan akan terpecah belah: Bukan, itu bukanlah keterpecahbelahan. Bukan ke-tercerai-beraian. Itu adalah kondisi mayoritas dan oposisi. Saya dapat melihatnya dengan jelas. Tetapi oposisi ini tidak seperti yang sebelumnya. Kini mereka memiliki hak, mereka (dapat) melakukan apa yang mereka katakan. Jika anda punya 25% atau 30% oposisi, itu adalah jumlah yang besar. Apalagi kami (Mesir) memiliki populasi 90 juta-an orang.

Karenanya, mengekspresikan sesuatu, sebagaimana telah saya katakan tadi, oposisi yang mengekspresikan suaranya secara damai ialah kondisi yang sangat sehat. Ini yang paling penting. Tetapi tidak disertai kekerasan. Itulah yang membedakannya. Sebagaimana saya tadi sampaikan, dalam berbagai bentuknya, kekerasan itu berkait dengan rezim lawas. Mereka mencoba untuk menghentikan dan mengacaukan (revolusi).

2012 ini tahun terbaik bagi rakyat Mesir dalam kehidupan mereka, dalam sejarah mereka. Kami melaksanakan pemilu presiden pertama yang sebenarnya dalam sejarah kami. Ini bukan hal mudah. Ini memang tidak mudah sekarang. Kami sedang menderita kesukaran, tetapi selalunya kelahiran baru itu tidak mudah, terlebih lagi jika itu merupakan kelahiran sebuah bangsa. Apalagi untuk ukuran sebuah bangsa yang besar seperti (Mesir) ini, bangsa yang kuna, bangsa yang kuat, dan memiliki akar mendalam dalam sejarah. Kami memiliki para ilmuwan, para politisi, kami memiliki golongan oposisi, para petani, para cendekiawan, kami memiliki kanak-kanak. Beragam kalangan (ada dalam bangsa ini).

Memang bukan hal mudah untuk menuju semua itu pada saat sekarang ini. Tetapi tidak mengapa. Kami sanggup menunaikannya. Insya Allah kami bakal berhasil melaluinya, secara damai. Bagi kami sendiri, bagi segenap kawasan, dan bagi seluruh dunia. Kami hadir dengan misi perdamaian. Kami tidak melawan individu atau negeri atau negara manapun, kami menghendaki hidup damai bersama yang lainnya, dalam perdamaian sejati, perdamaian yang menyeluruh.[time]
Nama

#2019GantiPresiden,5,#cabutpermendikbudno.30,1,#kejahatanseksual,4,#palestina #aqsa #smart171 #aaw #aqsaawarenessweek headline nasional,1,#permen,1,#Permendikbudno.30,1,#seksbebas,4,#zina,1,212mart,1,aa gym,4,aadk,1,Aaw,1,ACN,4,ada apa dengan konsen,1,adara,1,ahmat davutoglu,1,ahzami samiun jazuli,1,aid al-qarni,1,aidit,1,air zam zam,1,ajat syaikhu,2,ak parti,1,akhrawi,1,akmal sjafril,4,AKP,6,aksi 112,1,aksi 115,1,aksi 212,2,Aksi 64,2,Aksi Bela Baitul Maqdis,1,aksi bela palestina,6,aksi kemanusiaan,1,aksi peduli aleppo,1,aktivitasdakwah,146,Aku Kamu Adalah Kita,2,al aqsha,4,al irsyad,1,al zawari,1,al-aqsa,1,al-qarni,1,al-qassam,1,al-qur'an,5,al-quran,4,alamislami,926,alaqsa,4,alasan logis mengelilingi ka'bah,1,alasan nikah muda,1,aleppo,6,aleppoisburning,1,alexis,3,alkhusairi,1,Allah,3,Almuzzammil Yusuf,2,alquds,1,alqur'an,2,alquran,41,Alvin,1,ambulans,1,amerika,7,amerika serikat,1,amien,1,Amien rais,5,anak,2,anak dilarang ke masjid,1,Anak Inggris Hafal Al-Qur'an,1,anak kembar,1,anak masjid,2,anak masjid ribut,1,anak palestina,2,anak pendeta,1,anak TK CHina baca Al Quran,1,anak-anak masjid,1,analisa,24,anggota dewan PKS,2,anggota dewan sederhana,2,anggota dprd bekasi,1,anggota odoj meninggal dunia,1,anggota parlemen,1,anggota PKI,1,Anggota TNI,1,anggota TNI Hafal Al Qur'an,1,anggota TNI Hafal Qur'an,1,angsuran bank,1,ani yudhoyono,1,anies baswedan,57,Anies sandi,8,anjing,1,anti lgbt,2,anti vaksin,7,Anya,1,aqsha,2,arab,1,arab israel,1,arab saudi,7,arab saudi jamin kesehatan warga yaman,1,arabic,3,ari purbono,1,arie untung,1,arifin ilham,3,artefak,1,as-sisi,1,asma nadia,2,asyuro,1,ataturk,1,ateisme hanya kenakalan saja,1,atheis,1,Aung San Suu Kyi,2,australia,1,Awkarin,1,ayah,8,ayat ayat cinta,2,azan,1,azan pengeras suara,1,azan turki,1,bachtiar nashir,1,bachtiar nasir,2,bahasa arab,1,baliho KB,1,bandara paris,1,bandung,4,bangkok,1,banjir,2,banjir Jakarta,1,bank riba,2,bantuan,1,bantuan kemanusiaan,1,bantuan turki,1,bantuan turki gaza,1,barat,1,barokah,1,basar asad,1,bashar asad,1,batik trusmi,1,bayan,4,bayar puasa,1,bds,1,bebas hutang,1,Begin Again,1,Belanda,1,belum hamil?,1,Bencana Purworejo,1,bendera,1,Bendri Jaisyurrahman,1,beras maknyus,2,berau,2,berita,4933,berita duka muhammad ali,1,berita nasional,4,beritafoto,51,bermain di masjid,1,bhiksu budha,1,bid'ah,1,bila ingin disebut Allah,1,bin,1,binali,1,birokrasi,1,bisnis,2,boikot,1,boikot starbuck,2,bom,1,bom depok,1,brasil,2,Britain,1,brunei,5,budha,2,bukan negero dongeng,1,buku,19,bunda yoyoh,15,burqa,2,buruh,1,busana,1,buya hamka,5,cadar,5,caesar,1,cagub jabar,1,cahyadi takariawan,1,caisar,1,cara mendidik anak,1,charles darwin,1,Charlie Hebdo,1,chelsea,1,China,4,cicak,1,cincin,1,cinta masjid,1,cirebon,1,corona,9,covid19,2,crane,2,cupink topan,2,daerah,7,dahlan iskan,4,dakwah,147,dakwahkantor,1,davutoglu,1,Deen Mohammad Shaikh,1,dembaba,2,demokrasi,1,demokratis,1,denny indrayana,1,denny JA,1,depok,2,derajat,1,dewan dakwah,1,Dibutuhkan Masjid Ramah Anak,1,Didin Hafidhuddin,1,dina lorenza,1,diskriminasi,1,Dk pbb,1,doa,1,doa gempa,1,dokter pembersih sepatu,1,dokter Tirta,1,Domingus Roudolsifa,1,Donal Trump,1,donald trump,3,Dosen Amerika Masuk Islam,1,dosen FMIPA UNY,1,dosen katolik masuk islam,1,dprd semarang,1,Dr Zakir Naik,5,dropship dalam Islam,1,Dropship halal,1,dropship haram,1,dsp pks,1,dunia,60,dunia islam,235,duniaislam,13,duta besar israel,1,duterte,1,e-ktp,1,egi john,4,Egyptair,1,ekonomi syariah,1,ekonomisyariah,90,ektp kepercayaan,2,elang gumilang,1,embunpagi,29,Entertainment,2,erdogan,57,Erez,1,eropa,3,Esebius Pomats,1,etika membutuhkan agennya,1,Eurasia,1,event,50,facebook,3,fahmi salim,1,farid nu'man,1,Fariq Zakir Naik,1,fatih,1,fds,1,felix siau,1,felix siauw,9,Feminisme,2,feriza,1,fethullah gulen,1,film 212,6,film islami,1,film pendek,3,fiqih,1,firanda adireja,1,FISIP Universitas Indonesia,1,flp,1,forum,1,foto,1,fpi,5,FPI Gaza,1,FPI Palestina,1,FPI peduli Palestina,1,FPKS,2,fpks dprd jakarta,2,fpks Jakarta,1,freemansory,1,gadis gereja masuk islam,1,gaji halal,1,gaji kecil,1,gardu listri,1,garuda,1,gatot,3,gay,1,gaza,26,gema keadilan,1,gempa,4,gerakan,14,gereja,1,gereja katolik,1,gerhana bulan,2,gerhana bulan total,1,ghazwul fikri,6,ghilad salit,1,gnpf mui,3,gnpf ulama,1,gojek,1,good governance,1,gpmp,1,Grand Metropolitan Mall Bekasi,1,gulen,2,gus nur,1,habib rizieq,10,habib salim,2,hadits,12,hafal al-qur'an,2,Hafalan Surat Yasin,1,hafidz anah,1,hafidz anak,1,hafidz quran,1,hafiz indonesia,1,Hafiz Indonesia RCTI,1,hagia sophia,2,haji,22,hak allah,1,halal haram dropship,1,hamas,7,hamil,3,hamka,2,handhphone ViTELL,1,hary tanoesoedibjo,1,hasan al banna,1,hasyim asyari,1,headline,8050,headline nasional,4,Helvy Tiana Rosa,1,hidayah,4,hidayatullah,1,hidup,1,hidup sederhana,1,hijab,2,hijrah,20,hikmah,27,Hindu Masuk Islam,2,Hizbut Tahrir,5,Hizbut Tahrir Indonesia,1,hmi,1,hoax,4,hti,11,hti dibubarkan,1,hukum dropship,1,hukum sropshipping,1,hukuman mati,1,hutang,1,ibadah haji,1,IBF 2918,1,ibnu mubarak,1,Ibnu Riyanto,1,ibu,2,ibu walikota padang,1,icc,1,idul adha,5,idul fitri,3,idul Fitri,4,idul Fitri Muhammadiyah,1,idulfitri,2,ikhwanul muslimin,2,iklan,15,ikrar syahadat,2,ikrar syahadat di yogyakarta,1,ikrimah,1,ilmu syar'i,1,ilmuan,1,IM,2,imam,1,imam malik,1,imunisasi,1,Indahnya Masjid MALL,1,indonesia,50,indonesia abstain suriah,1,Indonesia PBB,1,Indonesia salah PKI,1,indonesia tanpa jil,2,indosat,1,infoumat,20,injil barnabas,1,innalillahi muhammad ali,1,inspirasi,737,internasional,1836,intifadhah,1,Intifaha 3,1,intoleransi,1,irak,1,iran,1,Irfan Hakim Hafiz Indonesia,1,Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri,1,irwan prayitno,3,irwansyah,1,isbal,1,isil,1,isis,1,islam,11,Islam Bersatu,1,islam bukan agama arab,1,islam liberal,1,islam papua,1,islam-download.net,1,islamediaredaksi,38,islamophobia,1,Ismail Yusanto,1,israel,26,Israel hentikam bantuan luar negeri,1,Israel pasang kamera pengintai,1,istambul,1,istiqlal,2,istiqomah,1,istri,2,Italia,3,itikaf,3,itj,3,itj bandung,1,ITJ Jakarta,1,jamaah,1,Jamaah Tabligh,1,jamin kesehatan,1,jangan ada tebang pilih dalam kasus penistaan agam,1,jangan lakukan ini,1,janji kampanye,1,janji pemerintah,1,jepang,1,jidat hitam,1,jihad,2,jihad islam,1,jilbab,3,jilbab diskriminasi,1,jilbab pramugari,1,JK,1,jodoh,1,jomblo,1,jordania,1,jual cincin,1,jurnal ramadhan,1,jurnalistik,3,jurnalistik dakwah,1,Jusuf Kalla,2,Juventus,1,ka'bah,3,kairo,1,kajian,29,kalender arab saudi masehi,1,kalender hijriah,2,kalender masehi,1,kanada,1,kangen band,1,Kapan Muhammadiyah Lebaran,1,kapan nikah,2,Kapolda Sumsel,1,karikatur,8,kaset,1,kashmir,1,kasunanan surakarta,1,Katharina Sutarni Sutanty,1,Katharina Sutarni Sutanty masuk islam,1,katolik,1,katolik masuk islam,2,katolik merapi,1,katolik papua,1,kawin,1,kdm,1,kebakaran,1,Kebangkitan,2,kedaulatan rakyat,1,kejam,1,kekejaman PKI,1,keluarga,183,kemenag,1,kenaikan upah,1,kepala suku papua,1,Kepanduan,1,kepenulisan,1,kesehatan,44,kesultanan yogyakarta,1,ketahanan keluarga,1,Kevin James,1,KH Arifin Ilham,1,khalid,1,khalid misy'al,1,Khilafiyah,1,khitbah,1,khusuf,1,khutbah,3,khutbah idul adha,1,khutbah idul fitri,1,khutbah jumat,1,Kiai Idham Chalid,1,kiamat,1,kiblat,1,kislap,1,kitab suci,1,kitabisa,1,kiyai slamet,1,KMGP,1,knrp,20,knrp jawa timur,2,kodam,1,koin,1,komnas,1,komunis,3,komunis china,2,Komunitas aci,1,konsep diin,1,konsep kebahagiaan dalam islam,1,konstantinopel,2,korban tragedi mina asal indonesia,1,korea,1,korupsi,3,korupsi e-KTP,1,KPK,3,krl,2,kronologis penembakan al-qarni,1,kudeta,2,kudeta gagal,1,kudeta militer turki,1,kudeta turki,4,kultwit,226,kurban,2,Kuwait,1,larangan mendidik anak,1,Letkol I Wayan Arta,1,Letkol I Wayan Arta Hafal Al-Qur'an,1,LGBT,14,LGTB,1,Libya,2,Lifestyle,1,logo HTI,1,logo palu arit,2,logo pki,1,london,2,lowongan,1,LPOI,1,lukis wajah nabi,1,lukman hakim saifudin,2,ma,1,Maariya Aslam,1,mabit,2,Madinah,2,madrasah,1,mahathir,4,maher zain,1,mahmud,1,mahram,1,Mahyeldi Ansyarullah,1,Makanan,1,makkah,2,malaysia,3,malik,1,Mall Pasar Raya Manggarai,1,Malta,1,mandi wajib,1,mandul,1,manggarai,1,manhaj,16,manusia dan kebahagiaan,1,marah,1,marbot masjid,1,maroko,1,Mas Gagah,1,masjid,4,Masjid Ahmet Akseki Camii,1,masjid al aqsa,2,Masjid Al Latief,1,Masjid Al Latief Pasar Raya manggarai,1,masjid blom m square,1,masjid di turki,1,masjid gede kauman,2,masjid kokas,1,masjid nabawi,1,Masjid Pasar Raya Manggarai,1,masjid turki,2,masjidil haram,3,masuk islam,4,mata uang,1,mavi marmara,1,MCI,2,membawa anak ke masjid,1,Memeluk Islam,1,menang,1,menangis,1,mendagri tjahjo kumolo,1,mendidik anak,2,mengelilingi ka'bah,1,menghormati yang tidak berpuasa,1,menikah muda,1,meninggal dunia,3,menteri agama,3,mentoring,1,menulis,2,menuntut ilmu,1,menyebabkan stroke,1,merasa benar,1,merdeka,1,mesir,161,messi,2,Mesut ozil,1,mie babi,1,mie instant korea,1,migran,1,milad fpi,2,militer turki,1,mimpi,1,mimpi bertemu Rasulullah,1,mina,4,minta maaf PKI,1,minta maaf ramadhan,1,misyal,1,MLM haram,1,MLM itu haram,1,modern,1,mogok,1,Mossad,1,mtq,1,mts walisongo,1,MTT,2,mualaf,46,mualaf Budha,1,mualaf center indonesia,1,mualaf hindu,1,Mualaf Hindu Masuk Islam,2,mualaf kristen,1,Mualaf Pakistan,1,muallaf,14,mudik,1,Muhamad Ali meninggal dunia,1,Muhammad Abduh Tuasikal,1,Muhammad Al Fatih,1,muhammad ali,5,muhammad ali bicara kematian,1,muhammad ali masuk islam,1,muhammad ali mati,2,muhammad ali meninggal dunia,2,muhammad ali wafat,2,Muhammad badie,1,Muhammad Najeeb Abdur Razzaq,1,Muhammadilah Idul Fitri,1,muhammadiyah,8,muhammadiyah idul fitri 2016,1,Muhammadiyah Idul Fitri 6 Juli,1,Muhammadiyah Lebaran Rabu,1,muharam,1,MUI,5,munajat 212,1,murabithun,1,mursi,7,mursyid am,1,museum,1,museum nasional,1,Muslim,11,muslim bosnia,1,muslim myanmar,2,Muslim Paris,1,muslim perancis,2,muslim rohingya,3,muslimah,48,mustafa kemal pasha,1,mutabaah harian ramadhan,1,muzammil hasballah,6,myanmar,6,Nabawi,1,nabi,2,nama foundation,2,nandang burhanudin,1,nasihat,96,nasioanal,1,nasional,774,nasional. palestina,1,nasional. pilgub jabar 2018,1,nasional. pks,1,nasional. spi Jakarta,3,nasonal,2,nasyid,74,nativisasi,2,nato,1,Nazia Ali,1,nenek ikrar syahadat,1,Nenek Katharina Sutarni Sutanty,1,nenek katolik masuk islam,1,nenek masuk islam,1,neno warisman,1,netanyahu,2,new york times,1,ngo,1,Nico Ardiansyah,1,nikah,109,nikah 17 tahun,1,Nikah massal gaza,1,nikah muda,1,nikah murah,1,nikah tanpa pacaran,1,nimr al nimr,1,novel baswedan,8,november,1,NU,3,nusantara,1,obama,2,odoj,18,oemar mita,1,ok oce,1,oki setiana dewi,2,Okoso Zukin,1,opini,269,orang benar,1,orang merasa paling benar,1,ormas seragam tni,1,oslo,1,ottoman,3,pahlawan,1,palestin,1,palestina,1047,palestina suruah,1,palestinaterkini,64,pangeran saudi,1,pantai padang,1,panti wreda,1,papua,3,parenting,12,paris,1,parlemen,1,partai 212,3,partai berkuasa,1,partner,2,Pasar Raya Manggarai,1,PBB,3,PBB Suriah,1,pedang,1,peduli,208,pemakaman muhammad ali,1,pembunuhan ahli drone,1,pemeluk katolik masuk islam,1,Pemerintah Turki,1,pemilu,2,pemilu 2019,1,pemilu turki,1,pemimpin serbia,1,pemkot,1,pemuda papua ikrar syahadat,1,pemuda papua masuk islam,1,pemukim ilegal,1,pemukim yahudi,1,penakhlukan konstantinopel,1,Penaklukan Konstantinopel,1,penembakan,1,penemu,1,Pengadilan Surambi,1,pengajian,1,pengeras suara,2,Penghafal Al-Quran,1,pengungsi,2,pengungsi suriah,1,pengusaha golf masuk islam,1,pengusaha muslim,1,penista agama,1,penjahat peranng,1,penjajah israel,1,penyimpangan asyuro,1,peradaban,1,perancis,3,perasaan,1,perempuan peradaban,1,Peringatan Milad ke 563 Tahun Penaklukan Konstantinopel,1,pernikahan,2,perppu ormas,2,Persahabatan,1,persatuan islam,1,Persatuan Ulama Muslim Internasional,1,persis,2,philipina,1,pilgub jabar,2,pilkadadki,5,pilpres,1,Piprim Basarah Yanuarso,2,pki,4,PKI menyerang Gontor,1,pks,75,PKS Kota Tegal,1,pksmuda,1,PLN,2,plularitas,1,poligami,2,polisi sholeh,1,polisi tilawah al quran,1,politik,19,potong kuku,1,PPP,1,prabowo,1,prabowohatta,1,prancis,1,prasasti,1,Prasetyo Budi .W,1,presiden,2,presiden mesir,1,presiden pks,1,presiden Turki,1,pria suriah,1,proklamasi,1,puasa,2,puasa senin kamis,1,puasa syawal,1,puisi,3,pulung sampah padang,1,purwokerto,1,putin,3,Putra Arifin Ilham,1,putri yusuf mansur,1,putri Yusuf Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah,1,qatar,8,qunut,2,Qunut Shubuh,2,qur'an,3,qurban,6,r4biah,8,rabia,1,rabiah,1,Rabithah Alawiyah,1,radio,1,Radovan Karadzic,1,raja arab,1,raja faisal,1,raja salman,5,rakyat,1,ramadan,1,ramadhan,99,ramadhan 1437,1,Ramadhan di Paris,1,ramah anak,1,referendum,1,referendum turki,2,rekaman kajian,1,rekaman kajian ilmiah,1,Relawan PKS,1,remaja,46,resensi,3,resepsi mahal,1,resepsi pernikahan,1,resolusi,2,resolusi dk pbb,1,reuni 212,14,Revolusi,1,reyhan,1,reza noah,1,rezeki,1,rezeki milik siapa,1,riba,3,ridley,1,ridwan kamil,13,ridwan tulus,1,Rimpu Bima NTB,1,Rimpu Colo,1,Rimpu Mpida,1,rindu sang murabbi,1,Rodrigo Duterte,1,rohingya,14,rohis,2,rokok,1,ronaldo,1,rumah makan,1,Rumah Tangga Sakinah,1,rumah zakat,2,rusia,4,Ruu kk,1,ruu pks,4,ruutpks,2,RZ,1,sabana,1,sadiq khan,4,sakinag,1,salah alarouri,1,salaman,1,salim a fillah,4,salim segaf,1,Sally Giovani,1,Sally Giovanni,1,samuel etoo,1,sandiaga uno,8,saptuari,5,saptuari sugiharto,1,sari roti,2,sarjana,1,sastra,163,saudi,2,sby,2,SDIT,1,sedekah,1,sedih,1,sejarah,12,sejarah islam,4,sejarah palestina,1,sekolah,5,sekolah pemikiran islam,7,selfie,1,semarang,1,seni,9,senyum,1,setya novanto,1,shalit,1,shamsi ali,1,shaum,1,SHIELD,3,shoes and care,1,shola idul fitri,1,sholat,2,sholat ashar,1,sholat berjamaah,2,silatnas 2017,1,sim gratis,1,sirah,1,siroh,52,smart171,1,Smartphones,1,soeharto,1,soekarno,1,sohibul iman,4,solo,2,somalia,2,Sonia Ristanti,1,sosial,2,spanduk,1,spi,12,spi bandung,11,Spi fatahillah,1,spi jakarta,38,SPI Tangerang,1,spj,1,sri lanka,1,steven indra wibowo,1,suami sholeh,1,suara ibu,1,suara pembaca,1,suarapembaca,107,sudah hamil?,1,Sudan,2,sudrajat syaikhu,2,sukmawati,18,sukmawatii,1,suku pedalaman,1,suku wana,1,sulawesi tenggara,1,suleiman,1,sultan murad,1,sumbar,1,sundar,1,surah,1,surahman hidayat,1,suriah,26,suster katolik,1,swedia,1,swiss,2,syafii antonio,2,syahadat,3,syahid,1,syaikh yusuf al-qaradawi,2,syam,1,Syamsul Falah,1,syariah,146,syariat,1,syawal,1,syeik al-qarni,1,Syeikh Al-Qarni,1,syekh,1,syiah,7,Syiekh Sholah al Budair,1,taaruf,2,taat suami,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,tabrakan mobil di saudi,1,tahuidullah,1,takdir,1,tanpa riba,3,tanyajawab,75,tarbawi,45,tarhib,1,tato,1,taujih,2,taujih online,53,Tausyiah,17,Tech,6,tedc,1,teheran,1,teknologi,4,teladan,91,Telkomsel,2,tenggelam,1,tentang dahlan iskan,1,Tentang Oki Setiana Dewi,1,Tentara,1,tentara israel,1,Tentara Korea,1,tepi barat,1,tere liye,2,teror,2,teuku wisnu,4,thulabiy,133,tidur,1,tidur sahur stroke,1,tidur setelah sahur,1,tikam,1,tilawah,3,time,1,timur tengah,1,tinggalkan riba,1,tips,9,tips menulis,1,tips trik menulis,1,Tirta Mandira Hudhi,1,TNI,4,togutil,1,tokoh,15,tol bawah laut,1,toleransi,1,tolikara,1,tqd,11,tradisi bid'ah,1,tragedi,2,trump,7,Tsabit bin Ibrahim,1,tsaqofah,140,tsunami,2,tukang sayur,1,tuna rungu mualaf,1,tunahan kuzu,1,tunisia,1,turki,72,tvone,1,ubn,1,uganda,1,uighur,3,ukhuwah,11,ukmi,1,ulama,1,ulil,1,Ulil Abshar Abdala,1,umahat,62,umar,1,umar bin abdul azis,1,umat,14,Ummi Pipik,1,Unesco,2,uni eropa,1,Univsersitas Islam Gaza Palestina,1,upah minimum,1,usradz Firanda adirja,1,ustadz,66,ustadz abdul somad,20,ustadz adi hidayat,8,Ustadz Arifin Ilham,4,ustadz Felix,4,ustadz hanan attaki,1,Ustadz Hasan Lubis,1,ustadz hilmy,1,ustadz zulkifli,1,utang,1,utsmani,1,vaksin,8,van damme,1,video,18,vitell logo pki,1,wahabi,1,wahyu dan kenabian,1,wali kota padang,1,walid,1,Walikota Bogor Bima Arya,2,walikota muslim london,1,walikota padang,1,walimah murah,1,wanita amerika,1,warga amerika ikrar syahadat,2,warga gaza,1,warga palestina,1,warga suriah,1,warga yaman,1,wawancara,37,White helmet,1,wilders,2,wirausaha,17,Wirda Salamah Ulya,1,Wirda Yusuf Mansur,1,worldview islam,2,xinjiang,1,Yaminah Elsyaib,1,Yasser arafat,1,Yerussalem,3,yudas iskariot,1,yunani,1,yusuf alqaradawi,1,yusuf mansur,1,Yusuf Qaradawi,1,yvonne,1,zakat,6,Zakir Naik,7,
ltr
item
Islamedia - Media Islam Online: Wawancara Presiden Mursi, "Tanggung Jawab Saya Menjaga Bahtera Kebangsaan Ini Melayari Masa Transisinya"
Wawancara Presiden Mursi, "Tanggung Jawab Saya Menjaga Bahtera Kebangsaan Ini Melayari Masa Transisinya"
http://1.bp.blogspot.com/-Qak1iWccKlM/ULnDv3IW73I/AAAAAAAAA2E/tkYP3ttMPDA/s320/1500_int_morsy_1128.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-Qak1iWccKlM/ULnDv3IW73I/AAAAAAAAA2E/tkYP3ttMPDA/s72-c/1500_int_morsy_1128.jpg
Islamedia - Media Islam Online
https://www.islamedia.id/2012/12/wawancara-presiden-mursi-tanggung-jawab.html
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/2012/12/wawancara-presiden-mursi-tanggung-jawab.html
false
4462325520328585611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content