Perlu Solusi Jitu Tingkatkan Pangsa Pasar Syariah -->

Perlu Solusi Jitu Tingkatkan Pangsa Pasar Syariah

Minggu, 07 Oktober 2012
Islamedia - Masih kecilnya market share perbankan syariah di Indonesia perlu dicari solusi dan faktor penentu keberhasilannya. Soalnya, pertumbuhan asst syariah yang pesat dan adanya penambahan jumlah bank ataupun jumlah cabang syariah tiap tahunnya tidak meningkatkan market share industri syariah secara signifikan.

Head of Syariah Banking Permatabank, Ahmad K. Permana, dalam Seminar & Penganugerahan Infobank The Best Sharia Finance Awards 2012, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis, 4 Oktober 2012, mengatakan, pertumbuhan aset syariah dan adanya penambahan jumlah bank syariah tidak serta merta meningkatkan market share industri syariah.

“Itu merupakan fakta perbankan syariah di Indonesia. Tentu itu menjadi pertanyaan. Mengapa dengan adanya peningkatan aset dan jumlah bank syariah tidak menaikkan porsi market share bank syariah”, kata Permana.

Menurut Permana, setidaknya terdapat tiga aspek yang menjadi faktor penentu keberhasilan bank syariah meningkat secara market share ditengah masyarakat Indonesia, yakni Leveraging, keberpihakan stakeholders, dan unique value propositions.

Untuk implementasi leveraging, kata Permana, maka perlu ada optimalisasi model leveraging di Unit Usaha Syariah, perlu ada perluasan konsep delivery channel sehingga bank umum syariah dapat melakukan leveraging secara optimal dengan bank induk, dan perlu ada perluasan network dan coverage dari bisnis syariah yang dapat dilakukan secara cepat dan efisien.

Sementara itu, lanjut Permana, keberpihakan stakeholder juga perlu ada, yakni dari pemerintah, Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, dan Ikatan Akuntansi Indonesia Syariah.
“Diperlukan dukungan dari setiap pihak yang terkait dengan industri perbankan konsisten menjalankan setiap fungsinya”,tegas Permana.

Sedangkan Unique Value Proposition, kata Permana, maka perbankan syariah perlu memiliki produk dengan karakteristik syariah yang unik, seperti gadai syariah dan murabahah emas, ijarah, dan talangan haji.

Tagline bahwa produk syariah adalah produk yang bersifat universal dan mengedepankan keunggulan fitur juga perlu ada. Jadi, memang faktor-faktor ini bisa meningkatkan market share perbankan syariah”, tutup Permana. (infobank)