“Minal ‘Aaidin wal Faaizin” kalimat bid’ah?

Islam edia - Di negeri kita, sudah biasa dan telah menjadi tradisi yang turun temurun jika Idul Fitri - Lebaran mengucakan: minal ‘Aa...

Islamedia - Di negeri kita, sudah biasa dan telah menjadi tradisi yang turun temurun jika Idul Fitri - Lebaran mengucakan: minal ‘Aadin wal faaizin, yang artinya kembali (menjadi suci) dan menjadi pemenang (faaiz). Aslinya adalah ja’alanallahu wa iyyakum minal ‘aaidin wal faaizin (semoga Allah menjadikan kami dan kalian termasuk orang yang kembali suci dan beruntung). Tapi ketika kalimat ini masuk ke negeri kita, selalu digandengkan dengan: mohon maaf lahir dan batin, sehingga tidak sedikit yang mengira itulah terjemahannya. Padahal bukan.

                Beragam versi telah disampaikan tentang asal muasal kalimat tersebut, namun yang pasti kalimat tersebut tidak pernah diucapkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, tidak dalam Al Quran dan As Sunnah. Tetapi, apakah serta merta ucapan ini terlarang bahkan disebut bid’ah dalam agama?

Syariat Memerintahkan berkata-kata yang baik

                Secara umum, Islam menganjurkan umatnya untuk berkata-kata yang baik, di mana pun dan kapan pun. “Berkata-kata” adalah perbuatan naluriah manusia sebagaimana mendengar, melihat, memegang, berjalan, dan lainnya. Semua ini memiliki kaidah: jika baik maka itu adalah kebaikan, jika buruk maka itu adalah keburukan.

                Begitu pula kata-kata baik yang berisikan doa dan tahniah, yang kemudian menjadi kultur bicara yang menjadi kata idiom atau sapaan sebagian manusia, maka semuanya adalah hal yang bagus-bagus saja, walau tidak secara eksplisit disebutkan dalam nash. Sebagaimana ucapan sehari-hari orang Arab: barakallahu fiik ……. , hayyakallah ……, dan sebagainya.

                Dalam Al Quran, Allah Ta’ala berfirman:

وَقُولُوا لَهُمْ قَوْلا مَعْرُوفًا

                Dan ucapkanlah oleh kalian kepada mereka perkataan yang baik-baik (ma’ruf). (QS. An Nisa (4): 5 dan 8)          
                Dalam hadits, dari Ibnu Abbas Radhiallahu ‘Anhuma, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

كَلِمَةٌ طَيِّبَةٌ يَتَكَلَّمُ بِهَا الرَّجُلُ صَدَقَةٌ

                Perkataan baik yang diucapkan oleh seorang laki-laki adalah sedekah. (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad No. 422, Ath Thabarani dalam Al Mu’jam Al Kabir No. 11027, Alauddin Al Muttaqi Al Hindi dalam Kanzul ‘Ummal No. 16309. Syaikh Al Albani menshahihkannya dalam berbagai kitabnya seperti Shahihul Jami’, Shahih Adabil Mufrad, Irwa’ul Ghalil, dll)

                Maka, mengucapkan kalimat-kalimat yang mengandung makna kebaikan seperti “minal ‘aaidin …, dan semisalnya ketika dihari raya adalah boleh berdasarkan keumuman nash-nash ini.

“Taqabballahu Minna wa Minkum” juga tidak ada sunahnya!
Telah diriwayatkan dari Al Watsilah, bahwa beliau berjumpa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan mengucakan:  Taqabballahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amal kami dan Anda). Lalu Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab: Na’am, Taqabballahu minna wa minka (HR. Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 6519, 6520)
Namun sanad riwayat ini dhaif (lemah/tidak valid), sebagaimana yang dikatakan para imam.
Al Hafizh Ibnu ‘Adi mengatakan –sebagaimana dikutip Imam Al Baihaqi: “hadits ini munkar.” (Lihat As Sunan Al Kubra No. 6520)
Imam Ibnul Jauzi mengatakan: tidak shahih. (Al ‘Ilal Al Mutanahiyah, No. 811)
Al Hafizh Ibnu Hajar Al ‘Asqalani dalam Fathul Bari (2/446. Darul Fikr) juga menerangkan kelemahannya, karena dalam sanadnya terdapat Muhammad bin Ibrahim Asy Syaami seorang yang dhaif dan dia meriwayatkan hadits ini secara menyendiri.

Malah ada hadits lain yang melarang ucapan taqabbalallah mina wa minka yang diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi dari ‘Ubadah bin Ash Shaamit, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ditanya tentang ucapan taqabbalallah tersebut, Beliau menjawab: “Itu adalah perbuatan dua ahli kitab (Yahudi dan Nasrani).” Tetapi, hadits ini juga dhaif, seakan maksud dari Imam Al Baihaqi adalah tak ada satu pun yang shahih tentang ucapan ini.
  Namun,  Al Hafizh Ibnu Hajar berkata:

وَرَوَيْنَا فِي " الْمَحامِلِيَّاتِ " بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ " كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك "

                “Kami meriwayatkan dalam kitab Al Mahamiliyyat, dengan sanad yang hasan (bagus), dari Jubeir bin Nufair, katanya: dahulu para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jika mereka berjumpa pada hari raya, satu sama lain berkata: “taqabbalallahu minna wa minka.” (Fathul Bari, 2/446. Darul Fikr)

                Hal ini juga diriwayatkan oleh Muhammad bin Ziyad, bahwa beliau bersama Abu Umamah Al Bahili dan para sahabat nabi lainnya, bahwa mereka jika satu sama lain berjumpa sepulang shalat Id, mengucapkan: taqabballahu minna wa minka. Menurut Imam Ahmad bin Hambal sanadnya jayyid (bagus/baik). (Imam At Turkumani, Jauhar An Naqi, 3/320, Syaikh Al Albani, Tamamul Minnah, hal. 355-356). Imam As Suyuthi juga menghasankan. (Lihat Al Hawi Lil Fataawi, 1/117)

                Ad-ham –seorang pelayan Umar bin Abdul Aziz Radhiallahu ‘Anhu- berkata;
كُنَّا نَقُولُ لِعُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ فِى الْعِيدَيْنِ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ فَيَرُدُّ عَلَيْنَا وَلاَ يُنْكِرُ ذَلِكَ عَلَيْنَا.

                Dahulu kami berkata kepada Umar bin Abdul Aziz saat dua hari raya: “Taqabbalallah minna wa minka wahai amirul mu’minin” lalu dia menjawabnya kepada kami dan hal itu tidak diingkari. (As Sunan Al Kubra-nya Imam Al Baihaqi No. 6521)
                
Pengarang kitab Ad Durul Mukhtarmadzhab Hanafi- mengatakan:
 إِنَّ التَّهْنِئَةَ بِالْعِيدِ بِلَفْظِ " يَتَقَبَّل اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ " لاَ تُنْكَرُ
                Sesungguhnya ucapan selamat dengan lafaz: “Yataqabbalullah minna wa minkum”, tidaklah diingkari. (Al Mausu’ah, 14/99)

Ucapan-ucapan seperti minal aaidin … , ‘iduka Mubarak …,  termasuk yang dikatakan para sahabat nabi ini,  tidaklah serta merta dikatakan bid’ah (baca: hal baru yang menyesatkan) hanya karena nabi tidak pernah mengucapkan. Sebab itu semua mengandung muatan yang baik yakni doa, dan mencerminkan perkembangan fenomena sosial yang bersifat wajar di masing-masing negeri muslim. Telah menjadi kenyataan, bahwa kalimat yang beredar di berbagai negeri muslim pun tidak seragam, di sebagian negeri muslim Timur Tengah lebih terkenal ucapan: Iduka Mubarak! (Semoga Hari raya Anda yang penuh berkah). Juga Kullu ‘Aamin wa antum bi khair (Semoga Anda dalam keadaan baik sepanjang tahun). Semua ini tidak mengapa selama tidak dianggap sebagai ajaran syariat yang baku. Sebab kalimat ini merupakan doa dan idiom yang lahir dari tradisi masing-masing negeri. Jika baik maka  baik dan jika buruk maka  buruk.  Ditambah lagi tak satu pun ulama yang mengingkarinya.

Imam An Nawawi dalam kitab Al Khulashah membuat bab berjudul:

بَاب لَا بَأْس بقول الْإِنْسَان يَوْم الْعِيد لغيره : تقبّل الله منا ومنك " ، وَنَحْو هَذَا من الدُّعَاء

Bab: Tidak Apa-Apa dengan  Ucapan Manusia kepada lainnya pada hari raya: “Taqabbalallahu minna wa minka,” dan ucapan doa lain yang semisal ini(Khulashah Al Ahkam fi Muhimmat As Sunan wa Qawaaid Al Islam, 2/849)
                
Mari kita menjaga dan menahan lisan, untuk mencela sesama muslim hanya karena mereka menggunakan minal aaidin, bukannya taballallah minna wa minkum, apalagi setelah diketahui bahwa kedua kalimat ini juga tidak berasal dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Di sisi lain, lucunya kita diam saja terhadap orang Islam yang rajin  mengucapkan selamat natal dan tahun baru! Yang jelas-jelas bukan dari Islam, baik syariat, budaya, dan sejarahnya …!
Fatwa – Fatwa Ulama

Para ulama Islam juga tidak mempermasalahkan ucapan selamat dengan berbagai macam modelnya, selama berisi kebaikan dan doa.

  1. Imam Malik Rahimahullah
Imam Malik  tidak mengingkari berbagai ucapan selamat ketika hari raya:

أَمَّا عِنْدَ الْمَالِكِيَّةِ فَقَدْ سُئِل الإِْمَامُ مَالِكٌ عَنْ قَوْل الرَّجُل لأَِخِيهِ يَوْمَ الْعِيدِ : تَقَبَّل اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ يُرِيدُ الصَّوْمَ وَفِعْل الْخَيْرِ الصَّادِرِ فِي رَمَضَانَ ، وَغَفَرَ اللَّهُ لَنَا وَلَكَ فَقَال : مَا أَعْرِفُهُ وَلاَ أُنْكِرُهُ . قَال ابْنُ حَبِيبٍ : مَعْنَاهُ لاَ يَعْرِفُهُ سُنَّةً وَلاَ يُنْكِرُهُ عَلَى مَنْ يَقُولُهُ ؛ لأَِنَّهُ قَوْلٌ حَسَنٌ لأَِنَّهُ دُعَاءٌ

Ada pun kalangan Malikiyah, Imam Malik pernah ditanya tentang ucapan seseorang kepada saudaranya pada hari raya: Taqabbalallahu minna wa minka (semoga Allah menerima amal kita dan anda), maksudnya menerima puasa dan amal baik yang dilakukan pada Ramadhan. Dan ucapan Ghafarallahu lana wa laka, Beliau menjawab: “Saya tidak mengetahuinya, tetapi saya tidak mengingkarinya.” Ibnu Habib berkata: maknanya adalah dia tidak mengetahui sunahnya, dan dia tidak mengingkari orang yang mengucapkannya, karena itu adalah ucapan yang bagus sebab berisi doa. (Ibid, 14/100) 

  1. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah
Beliau ditanya sebagai berikut:

هَلْ التَّهْنِئَةُ فِي الْعِيدِ وَمَا يَجْرِي عَلَى أَلْسِنَةِ النَّاسِ : " عِيدُك مُبَارَكٌ " وَمَا أَشْبَهَهُ , هَلْ لَهُ أَصْلٌ فِي الشَّرِيعَةِ , أَمْ لا ؟ وَإِذَا كَانَ لَهُ أَصْلٌ فِي الشَّرِيعَةِ , فَمَا الَّذِي يُقَالُ ؟
فأجاب :
"أَمَّا التَّهْنِئَةُ يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ إذَا لَقِيَهُ بَعْدَ صَلاةِ الْعِيدِ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ , وَأَحَالَهُ اللَّهُ عَلَيْك , وَنَحْوُ ذَلِكَ , فَهَذَا قَدْ رُوِيَ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْ الصَّحَابَةِ أَنَّهُمْ كَانُوا يَفْعَلُونَهُ وَرَخَّصَ فِيهِ, الأَئِمَّةُ , كَأَحْمَدَ وَغَيْرِهِ . لَكِنْ قَالَ أَحْمَدُ : أَنَا لا أَبْتَدِئُ أَحَدًا , فَإِنْ ابْتَدَأَنِي أَحَدٌ أَجَبْته , وَذَلِكَ لأَنَّ
جَوَابَ التَّحِيَّةِ وَاجِبٌ , وَأَمَّا الابْتِدَاءُ بِالتَّهْنِئَةِ فَلَيْسَ سُنَّةً مَأْمُورًا بِهَا , وَلا هُوَ أَيْضًا مَا نُهِيَ عَنْهُ , فَمَنْ فَعَلَهُ فَلَهُ قُدْوَةٌ , وَمَنْ تَرَكَهُ فَلَهُ قُدْوَةٌ . وَاَللَّهُ أَعْلَمُ" اهـ .

Apakah  ucapan selamat ketika hari raya dan kalimat yang biasa diucapkan manusia: ‘Iduka Mubarak, dan yang semisalnya, memiliki dasar dalam syariat atau tidak? Kalau memang ada dasarnya seperti apa ucapannya?

Beliau menjawab:
Ada pun ucapan selamat ketika hari raya yang diucapkan manusia satu sama lain setelah mereka shalat Id: taqabballahu minna wa minkum .., wa ahallallahu ‘alaika .., dan yang semisalnya,  maka yang demikian ini telah diriwayatkan bahwa para sahabat nabi melakukannya dan mereka memberikan keringanan atas hal itu, juga para imam, seperti Imam Ahmad dan lainnya. Tetapi Imam Ahmad berkata: “Aku tidak memulai mengucapkannya kepada seorang pun, tapi jika ada seseorang yang memulainya maka aku akan menjawabnya.” Ini karena menjawab ucapan  selamat   adalah wajib, sedangkan memulai ucapan selamat bukanlah sunah yang diperintahkan, dan tidak pula terlarang. Barang siapa yang melakukannya maka dia memiliki contoh, dan barang siapa yang tidak melakukannya maka dia juga memiliki contoh. Wallahu A’lam. (Al Fatawa Al Kubra, 2/228)

  1. Imam Zakaria Al Anshari Rahimahullah
Beliau mengatakan:

وَقَوْلُهُ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك أَيْ وَنَحْوُ ذَلِكَ مِمَّا جَرَتْ بِهِ الْعَادَةُ فِي التَّهْنِئَةِ وَمِنْهُ الْمُصَافَحَةُ وَيُؤْخَذُ مِنْ قَوْلِهِ فِي يَوْمِ الْعِيدِ أَنَّهَا لَا تُطْلَبُ فِي أَيَّامِ التَّشْرِيقِ وَمَا بَعْدَ يَوْمِ عِيدِ الْفِطْرِ لَكِنْ جَرَتْ عَادَةُ النَّاسِ بِالتَّهْنِئَةِ فِي هَذِهِ الْأَيَّامِ وَلَا مَانِعَ مِنْهُ لِأَنَّ الْمَقْصُودَ مِنْهُ التَّوَدُّدُ وَإِظْهَارُ السُّرُورِ وَيُؤْخَذُ مِنْ قَوْلِهِ أَيْضًا فِي يَوْمِ الْعِيدِ أَنَّ وَقْتَ التَّهْنِئَةِ يَدْخُلُ بِالْفَجْرِ لَا بِلَيْلَةِ الْعِيدِ  

                Ucapannya (taqabbalallahu minna wa minka) -yaitu- dan ucapan yang semisalnya, yang telah menjadi adat kebiasaan dalam ucapan selamat, dan termasuk berjabat tangan, yang biasa digunakan   pada hari raya, ini tidaklah diperintahkan pada hari-hari tasyriq dan tidak pula setelah hari Idul Fitri. Tetapi sebagian manusia terbiasa mengucapkannya pada hari-hari tesebut dan hal itu tidak ada larangannya, karena maksudnya adalah untuk memperlihatkan rasa cinta dan menampakkan kebahagiaan.  Ucapan ini juga diucapkan pada hari raya, dan waktu ucapan selamat itu adalah ketika sudah masuk fajar bukan ketika malam hari rayanya. (Hasyiyah Al Jumal, 6/264. Mawqi’ Al Islam)

  1. Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz Rahimahullah
Beliau ditanya:

يقول الناس في تهنئة بعضهم البعض يوم العيد ( تقبل الله منا ومنكم الأعمال الصالحة) أليس من الأفضل يا سماحة الوالد أن يدعو الإنسان بتقبل جميع الأعمال , وهل هناك دعاء مشروع في مثل هذه المناسبة؟  
ج: لا حرج أن يقول المسلم لأخيه في يوم العيد أو غيره تقبل الله منا ومنك أعمالنا الصالحة , ولا أعلم في هذا شيئا منصوصا , وإنما يدعو المؤمن لأخيه بالدعوات الطيبة; لأدلة كثيرة وردت في ذلك. والله الموفق .

Dalam ucapan selamat pada hari raya, manusia mengucapkan (Taqabballallahu minna wa minkum al a’maal ash Shaalih), apakah hal ini –wahai syaikh-  bukan termasuk keutamaan mendoakan manusia agar diterima semua amalnya? Apakah ada doa khusus yang disyariatkan pada momen seperti ini?
Jawaban: “Tidak apa-apa seorang muslim berkata kepada saudaranya pada hari raya dan selainnya dengan ucapan: Taqabballallahu minna wa minkum al a’maal ash Shaalih, saya tidak mengetahui adanya nash sedikit pun tentang ucapan seperti ini. Sesungguhnya seorang mu’min  mendoakan saudaranya hanyalah mendoakannya dengan berbagai doa-doa yang baik, karena dalilnya begitu banyak tentang hal ini. Wallahu A’lam (Majmu’ Fatawa Ibni Baaz, 13/25)
Maka, ucapan doa apa pun yang baik-baik adalah boleh.
  1. Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin Rahimahullah
Beliau ditanya:
ما حكم التهنئة بالعيد ؟ وهل لها صيغة معينة ؟
فأجاب :
"التهنئة بالعيد جائزة ، وليس لها تهنئة مخصوصة ، بل ما اعتاده الناس فهو جائز ما لم يكن إثماً"

Apakah hukum ucapan selamat ketika hari raya? Apakah ada  ucapan khususnya ?
                Beliau menjawab:
                “Ucapan selamat pada saat hari raya adalah boleh, dan tidak ada ucapan selamat yang khusus, bahkan ucapan yang telah menjadi kebiasaan manusia adalah boleh selama tidak mengandung dosa.”
                Lalu Beliau ditanya lagi:
ما حكم المصافحة ، والمعانقة والتهنئة بعد صلاة العيد ؟
فأجاب :
"هذه الأشياء لا بأس بها ؛ لأن الناس لا يتخذونها على سبيل التعبد والتقرب إلى الله عز وجل ، وإنما يتخذونها على سبيل العادة ، والإكرام والاحترام ، ومادامت عادة لم يرد الشرع بالنهي عنها فإن الأصل فيها الإباحة"

                Apakah hukum berjabat tangan, berangkulan, dan ucapan selamat ketika hari raya?
                Beliau menjawab:
Semuanya  tidak apa-apa, karena manusia melakukannya tidak menjadikannya sebagai maksud peribadatan dan tidak sebagai sarana untuk taqarrub ilallah, tetapi mereka melakukan itu sebagai kebiasaan saja, untuk memuliakan dan menghormati,  dan  terus menerus menjalankan kebiasaan selama tidak ditentang oleh syariat dengan larangan, maka pada dasarnya boleh saja. (Majmu’ Fataawa Ibni Utsaimin, 16/208-210)
  1. Syaikh ‘Athiyah Shaqr Rahimahullah  
Beliau berkata:

لا مانع من تهنئة الناس بعضهم لبعض بالمناسبات السعيدة ، بل قد يكون ذلك سنة يثاب عليها الإنسان إذا قصد بذلك إدخال السرور على أخيه المسلم ، لمشاركته فرحته بهذه المناسبة أو النعمة التى أنعم الله بها عليه  
               
                Tidak terlarang ucapan selamat manusia kepada selainnya pada saat momen-momen yang membahagiakan,  bahkan hal itu menjadi perbuatan yang dianjurkan, dan mendapatkan pahala bagi orag yang melakukannya  jika hal itu dimaksudkan untuk membuat bahagia saudaranya yang muslim, supaya dia ikut merasakan kegembiraannya itu baik pada sebuah acara atau karena nikmat yang Allah Ta’ala berikan kepadanya. (Fatawa Al Azhar, 10/418)
                
Dan masih banyak ulama lainnya.

Wallahu A’lam

Ustadz Farid Nu'man
Nama

#2019GantiPresiden,5,#cabutpermendikbudno.30,1,#kejahatanseksual,4,#palestina #aqsa #smart171 #aaw #aqsaawarenessweek headline nasional,1,#permen,1,#Permendikbudno.30,1,#seksbebas,4,#zina,1,212mart,1,aa gym,4,aadk,1,Aaw,1,ACN,4,ada apa dengan konsen,1,adara,1,ahmat davutoglu,1,ahzami samiun jazuli,1,aid al-qarni,1,aidit,1,air zam zam,1,ajat syaikhu,2,ak parti,1,akhrawi,1,akmal sjafril,4,AKP,6,aksi 112,1,aksi 115,1,aksi 212,2,Aksi 64,2,Aksi Bela Baitul Maqdis,1,aksi bela palestina,6,aksi kemanusiaan,1,aksi peduli aleppo,1,aktivitasdakwah,146,Aku Kamu Adalah Kita,2,al aqsha,4,al irsyad,1,al zawari,1,al-aqsa,1,al-qarni,1,al-qassam,1,al-qur'an,5,al-quran,4,alamislami,926,alaqsa,4,alasan logis mengelilingi ka'bah,1,alasan nikah muda,1,aleppo,6,aleppoisburning,1,alexis,3,alkhusairi,1,Allah,3,Almuzzammil Yusuf,2,alquds,1,alqur'an,2,alquran,41,Alvin,1,ambulans,1,amerika,7,amerika serikat,1,amien,1,Amien rais,5,anak,2,anak dilarang ke masjid,1,Anak Inggris Hafal Al-Qur'an,1,anak kembar,1,anak masjid,2,anak masjid ribut,1,anak palestina,2,anak pendeta,1,anak TK CHina baca Al Quran,1,anak-anak masjid,1,analisa,24,anggota dewan PKS,2,anggota dewan sederhana,2,anggota dprd bekasi,1,anggota odoj meninggal dunia,1,anggota parlemen,1,anggota PKI,1,Anggota TNI,1,anggota TNI Hafal Al Qur'an,1,anggota TNI Hafal Qur'an,1,angsuran bank,1,ani yudhoyono,1,anies baswedan,57,Anies sandi,8,anjing,1,anti lgbt,2,anti vaksin,7,Anya,1,aqsha,2,arab,1,arab israel,1,arab saudi,7,arab saudi jamin kesehatan warga yaman,1,arabic,3,ari purbono,1,arie untung,1,arifin ilham,3,artefak,1,as-sisi,1,asma nadia,2,asyuro,1,ataturk,1,ateisme hanya kenakalan saja,1,atheis,1,Aung San Suu Kyi,2,australia,1,Awkarin,1,ayah,8,ayat ayat cinta,2,azan,1,azan pengeras suara,1,azan turki,1,bachtiar nashir,1,bachtiar nasir,2,bahasa arab,1,baliho KB,1,bandara paris,1,bandung,4,bangkok,1,banjir,2,banjir Jakarta,1,bank riba,2,bantuan,1,bantuan kemanusiaan,1,bantuan turki,1,bantuan turki gaza,1,barat,1,barokah,1,basar asad,1,bashar asad,1,batik trusmi,1,bayan,4,bayar puasa,1,bds,1,bebas hutang,1,Begin Again,1,Belanda,1,belum hamil?,1,Bencana Purworejo,1,bendera,1,Bendri Jaisyurrahman,1,beras maknyus,2,berau,2,berita,4933,berita duka muhammad ali,1,berita nasional,4,beritafoto,51,bermain di masjid,1,bhiksu budha,1,bid'ah,1,bila ingin disebut Allah,1,bin,1,binali,1,birokrasi,1,bisnis,2,boikot,1,boikot starbuck,2,bom,1,bom depok,1,brasil,2,Britain,1,brunei,5,budha,2,bukan negero dongeng,1,buku,19,bunda yoyoh,15,burqa,2,buruh,1,busana,1,buya hamka,5,cadar,5,caesar,1,cagub jabar,1,cahyadi takariawan,1,caisar,1,cara mendidik anak,1,charles darwin,1,Charlie Hebdo,1,chelsea,1,China,4,cicak,1,cincin,1,cinta masjid,1,cirebon,1,corona,9,covid19,2,crane,2,cupink topan,2,daerah,7,dahlan iskan,4,dakwah,147,dakwahkantor,1,davutoglu,1,Deen Mohammad Shaikh,1,dembaba,2,demokrasi,1,demokratis,1,denny indrayana,1,denny JA,1,depok,2,derajat,1,dewan dakwah,1,Dibutuhkan Masjid Ramah Anak,1,Didin Hafidhuddin,1,dina lorenza,1,diskriminasi,1,Dk pbb,1,doa,1,doa gempa,1,dokter pembersih sepatu,1,dokter Tirta,1,Domingus Roudolsifa,1,Donal Trump,1,donald trump,3,Dosen Amerika Masuk Islam,1,dosen FMIPA UNY,1,dosen katolik masuk islam,1,dprd semarang,1,Dr Zakir Naik,5,dropship dalam Islam,1,Dropship halal,1,dropship haram,1,dsp pks,1,dunia,60,dunia islam,235,duniaislam,13,duta besar israel,1,duterte,1,e-ktp,1,egi john,4,Egyptair,1,ekonomi syariah,1,ekonomisyariah,90,ektp kepercayaan,2,elang gumilang,1,embunpagi,29,Entertainment,2,erdogan,57,Erez,1,eropa,3,Esebius Pomats,1,etika membutuhkan agennya,1,Eurasia,1,event,50,facebook,3,fahmi salim,1,farid nu'man,1,Fariq Zakir Naik,1,fatih,1,fds,1,felix siau,1,felix siauw,9,Feminisme,2,feriza,1,fethullah gulen,1,film 212,6,film islami,1,film pendek,3,fiqih,1,firanda adireja,1,FISIP Universitas Indonesia,1,flp,1,forum,1,foto,1,fpi,5,FPI Gaza,1,FPI Palestina,1,FPI peduli Palestina,1,FPKS,2,fpks dprd jakarta,2,fpks Jakarta,1,freemansory,1,gadis gereja masuk islam,1,gaji halal,1,gaji kecil,1,gardu listri,1,garuda,1,gatot,3,gay,1,gaza,26,gema keadilan,1,gempa,4,gerakan,14,gereja,1,gereja katolik,1,gerhana bulan,2,gerhana bulan total,1,ghazwul fikri,6,ghilad salit,1,gnpf mui,3,gnpf ulama,1,gojek,1,good governance,1,gpmp,1,Grand Metropolitan Mall Bekasi,1,gulen,2,gus nur,1,habib rizieq,10,habib salim,2,hadits,12,hafal al-qur'an,2,Hafalan Surat Yasin,1,hafidz anah,1,hafidz anak,1,hafidz quran,1,hafiz indonesia,1,Hafiz Indonesia RCTI,1,hagia sophia,2,haji,22,hak allah,1,halal haram dropship,1,hamas,7,hamil,3,hamka,2,handhphone ViTELL,1,hary tanoesoedibjo,1,hasan al banna,1,hasyim asyari,1,headline,8050,headline nasional,4,Helvy Tiana Rosa,1,hidayah,4,hidayatullah,1,hidup,1,hidup sederhana,1,hijab,2,hijrah,20,hikmah,27,Hindu Masuk Islam,2,Hizbut Tahrir,5,Hizbut Tahrir Indonesia,1,hmi,1,hoax,4,hti,11,hti dibubarkan,1,hukum dropship,1,hukum sropshipping,1,hukuman mati,1,hutang,1,ibadah haji,1,IBF 2918,1,ibnu mubarak,1,Ibnu Riyanto,1,ibu,2,ibu walikota padang,1,icc,1,idul adha,5,idul fitri,3,idul Fitri,4,idul Fitri Muhammadiyah,1,idulfitri,2,ikhwanul muslimin,2,iklan,15,ikrar syahadat,2,ikrar syahadat di yogyakarta,1,ikrimah,1,ilmu syar'i,1,ilmuan,1,IM,2,imam,1,imam malik,1,imunisasi,1,Indahnya Masjid MALL,1,indonesia,50,indonesia abstain suriah,1,Indonesia PBB,1,Indonesia salah PKI,1,indonesia tanpa jil,2,indosat,1,infoumat,20,injil barnabas,1,innalillahi muhammad ali,1,inspirasi,737,internasional,1836,intifadhah,1,Intifaha 3,1,intoleransi,1,irak,1,iran,1,Irfan Hakim Hafiz Indonesia,1,Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri,1,irwan prayitno,3,irwansyah,1,isbal,1,isil,1,isis,1,islam,11,Islam Bersatu,1,islam bukan agama arab,1,islam liberal,1,islam papua,1,islam-download.net,1,islamediaredaksi,38,islamophobia,1,Ismail Yusanto,1,israel,26,Israel hentikam bantuan luar negeri,1,Israel pasang kamera pengintai,1,istambul,1,istiqlal,2,istiqomah,1,istri,2,Italia,3,itikaf,3,itj,3,itj bandung,1,ITJ Jakarta,1,jamaah,1,Jamaah Tabligh,1,jamin kesehatan,1,jangan ada tebang pilih dalam kasus penistaan agam,1,jangan lakukan ini,1,janji kampanye,1,janji pemerintah,1,jepang,1,jidat hitam,1,jihad,2,jihad islam,1,jilbab,3,jilbab diskriminasi,1,jilbab pramugari,1,JK,1,jodoh,1,jomblo,1,jordania,1,jual cincin,1,jurnal ramadhan,1,jurnalistik,3,jurnalistik dakwah,1,Jusuf Kalla,2,Juventus,1,ka'bah,3,kairo,1,kajian,29,kalender arab saudi masehi,1,kalender hijriah,2,kalender masehi,1,kanada,1,kangen band,1,Kapan Muhammadiyah Lebaran,1,kapan nikah,2,Kapolda Sumsel,1,karikatur,8,kaset,1,kashmir,1,kasunanan surakarta,1,Katharina Sutarni Sutanty,1,Katharina Sutarni Sutanty masuk islam,1,katolik,1,katolik masuk islam,2,katolik merapi,1,katolik papua,1,kawin,1,kdm,1,kebakaran,1,Kebangkitan,2,kedaulatan rakyat,1,kejam,1,kekejaman PKI,1,keluarga,183,kemenag,1,kenaikan upah,1,kepala suku papua,1,Kepanduan,1,kepenulisan,1,kesehatan,44,kesultanan yogyakarta,1,ketahanan keluarga,1,Kevin James,1,KH Arifin Ilham,1,khalid,1,khalid misy'al,1,Khilafiyah,1,khitbah,1,khusuf,1,khutbah,3,khutbah idul adha,1,khutbah idul fitri,1,khutbah jumat,1,Kiai Idham Chalid,1,kiamat,1,kiblat,1,kislap,1,kitab suci,1,kitabisa,1,kiyai slamet,1,KMGP,1,knrp,20,knrp jawa timur,2,kodam,1,koin,1,komnas,1,komunis,3,komunis china,2,Komunitas aci,1,konsep diin,1,konsep kebahagiaan dalam islam,1,konstantinopel,2,korban tragedi mina asal indonesia,1,korea,1,korupsi,3,korupsi e-KTP,1,KPK,3,krl,2,kronologis penembakan al-qarni,1,kudeta,2,kudeta gagal,1,kudeta militer turki,1,kudeta turki,4,kultwit,226,kurban,2,Kuwait,1,larangan mendidik anak,1,Letkol I Wayan Arta,1,Letkol I Wayan Arta Hafal Al-Qur'an,1,LGBT,14,LGTB,1,Libya,2,Lifestyle,1,logo HTI,1,logo palu arit,2,logo pki,1,london,2,lowongan,1,LPOI,1,lukis wajah nabi,1,lukman hakim saifudin,2,ma,1,Maariya Aslam,1,mabit,2,Madinah,2,madrasah,1,mahathir,4,maher zain,1,mahmud,1,mahram,1,Mahyeldi Ansyarullah,1,Makanan,1,makkah,2,malaysia,3,malik,1,Mall Pasar Raya Manggarai,1,Malta,1,mandi wajib,1,mandul,1,manggarai,1,manhaj,16,manusia dan kebahagiaan,1,marah,1,marbot masjid,1,maroko,1,Mas Gagah,1,masjid,4,Masjid Ahmet Akseki Camii,1,masjid al aqsa,2,Masjid Al Latief,1,Masjid Al Latief Pasar Raya manggarai,1,masjid blom m square,1,masjid di turki,1,masjid gede kauman,2,masjid kokas,1,masjid nabawi,1,Masjid Pasar Raya Manggarai,1,masjid turki,2,masjidil haram,3,masuk islam,4,mata uang,1,mavi marmara,1,MCI,2,membawa anak ke masjid,1,Memeluk Islam,1,menang,1,menangis,1,mendagri tjahjo kumolo,1,mendidik anak,2,mengelilingi ka'bah,1,menghormati yang tidak berpuasa,1,menikah muda,1,meninggal dunia,3,menteri agama,3,mentoring,1,menulis,2,menuntut ilmu,1,menyebabkan stroke,1,merasa benar,1,merdeka,1,mesir,161,messi,2,Mesut ozil,1,mie babi,1,mie instant korea,1,migran,1,milad fpi,2,militer turki,1,mimpi,1,mimpi bertemu Rasulullah,1,mina,4,minta maaf PKI,1,minta maaf ramadhan,1,misyal,1,MLM haram,1,MLM itu haram,1,modern,1,mogok,1,Mossad,1,mtq,1,mts walisongo,1,MTT,2,mualaf,46,mualaf Budha,1,mualaf center indonesia,1,mualaf hindu,1,Mualaf Hindu Masuk Islam,2,mualaf kristen,1,Mualaf Pakistan,1,muallaf,14,mudik,1,Muhamad Ali meninggal dunia,1,Muhammad Abduh Tuasikal,1,Muhammad Al Fatih,1,muhammad ali,5,muhammad ali bicara kematian,1,muhammad ali masuk islam,1,muhammad ali mati,2,muhammad ali meninggal dunia,2,muhammad ali wafat,2,Muhammad badie,1,Muhammad Najeeb Abdur Razzaq,1,Muhammadilah Idul Fitri,1,muhammadiyah,8,muhammadiyah idul fitri 2016,1,Muhammadiyah Idul Fitri 6 Juli,1,Muhammadiyah Lebaran Rabu,1,muharam,1,MUI,5,munajat 212,1,murabithun,1,mursi,7,mursyid am,1,museum,1,museum nasional,1,Muslim,11,muslim bosnia,1,muslim myanmar,2,Muslim Paris,1,muslim perancis,2,muslim rohingya,3,muslimah,48,mustafa kemal pasha,1,mutabaah harian ramadhan,1,muzammil hasballah,6,myanmar,6,Nabawi,1,nabi,2,nama foundation,2,nandang burhanudin,1,nasihat,96,nasioanal,1,nasional,774,nasional. palestina,1,nasional. pilgub jabar 2018,1,nasional. pks,1,nasional. spi Jakarta,3,nasonal,2,nasyid,74,nativisasi,2,nato,1,Nazia Ali,1,nenek ikrar syahadat,1,Nenek Katharina Sutarni Sutanty,1,nenek katolik masuk islam,1,nenek masuk islam,1,neno warisman,1,netanyahu,2,new york times,1,ngo,1,Nico Ardiansyah,1,nikah,109,nikah 17 tahun,1,Nikah massal gaza,1,nikah muda,1,nikah murah,1,nikah tanpa pacaran,1,nimr al nimr,1,novel baswedan,8,november,1,NU,3,nusantara,1,obama,2,odoj,18,oemar mita,1,ok oce,1,oki setiana dewi,2,Okoso Zukin,1,opini,269,orang benar,1,orang merasa paling benar,1,ormas seragam tni,1,oslo,1,ottoman,3,pahlawan,1,palestin,1,palestina,1047,palestina suruah,1,palestinaterkini,64,pangeran saudi,1,pantai padang,1,panti wreda,1,papua,3,parenting,12,paris,1,parlemen,1,partai 212,3,partai berkuasa,1,partner,2,Pasar Raya Manggarai,1,PBB,3,PBB Suriah,1,pedang,1,peduli,208,pemakaman muhammad ali,1,pembunuhan ahli drone,1,pemeluk katolik masuk islam,1,Pemerintah Turki,1,pemilu,2,pemilu 2019,1,pemilu turki,1,pemimpin serbia,1,pemkot,1,pemuda papua ikrar syahadat,1,pemuda papua masuk islam,1,pemukim ilegal,1,pemukim yahudi,1,penakhlukan konstantinopel,1,Penaklukan Konstantinopel,1,penembakan,1,penemu,1,Pengadilan Surambi,1,pengajian,1,pengeras suara,2,Penghafal Al-Quran,1,pengungsi,2,pengungsi suriah,1,pengusaha golf masuk islam,1,pengusaha muslim,1,penista agama,1,penjahat peranng,1,penjajah israel,1,penyimpangan asyuro,1,peradaban,1,perancis,3,perasaan,1,perempuan peradaban,1,Peringatan Milad ke 563 Tahun Penaklukan Konstantinopel,1,pernikahan,2,perppu ormas,2,Persahabatan,1,persatuan islam,1,Persatuan Ulama Muslim Internasional,1,persis,2,philipina,1,pilgub jabar,2,pilkadadki,5,pilpres,1,Piprim Basarah Yanuarso,2,pki,4,PKI menyerang Gontor,1,pks,75,PKS Kota Tegal,1,pksmuda,1,PLN,2,plularitas,1,poligami,2,polisi sholeh,1,polisi tilawah al quran,1,politik,19,potong kuku,1,PPP,1,prabowo,1,prabowohatta,1,prancis,1,prasasti,1,Prasetyo Budi .W,1,presiden,2,presiden mesir,1,presiden pks,1,presiden Turki,1,pria suriah,1,proklamasi,1,puasa,2,puasa senin kamis,1,puasa syawal,1,puisi,3,pulung sampah padang,1,purwokerto,1,putin,3,Putra Arifin Ilham,1,putri yusuf mansur,1,putri Yusuf Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah,1,qatar,8,qunut,2,Qunut Shubuh,2,qur'an,3,qurban,6,r4biah,8,rabia,1,rabiah,1,Rabithah Alawiyah,1,radio,1,Radovan Karadzic,1,raja arab,1,raja faisal,1,raja salman,5,rakyat,1,ramadan,1,ramadhan,99,ramadhan 1437,1,Ramadhan di Paris,1,ramah anak,1,referendum,1,referendum turki,2,rekaman kajian,1,rekaman kajian ilmiah,1,Relawan PKS,1,remaja,46,resensi,3,resepsi mahal,1,resepsi pernikahan,1,resolusi,2,resolusi dk pbb,1,reuni 212,14,Revolusi,1,reyhan,1,reza noah,1,rezeki,1,rezeki milik siapa,1,riba,3,ridley,1,ridwan kamil,13,ridwan tulus,1,Rimpu Bima NTB,1,Rimpu Colo,1,Rimpu Mpida,1,rindu sang murabbi,1,Rodrigo Duterte,1,rohingya,14,rohis,2,rokok,1,ronaldo,1,rumah makan,1,Rumah Tangga Sakinah,1,rumah zakat,2,rusia,4,Ruu kk,1,ruu pks,4,ruutpks,2,RZ,1,sabana,1,sadiq khan,4,sakinag,1,salah alarouri,1,salaman,1,salim a fillah,4,salim segaf,1,Sally Giovani,1,Sally Giovanni,1,samuel etoo,1,sandiaga uno,8,saptuari,5,saptuari sugiharto,1,sari roti,2,sarjana,1,sastra,163,saudi,2,sby,2,SDIT,1,sedekah,1,sedih,1,sejarah,12,sejarah islam,4,sejarah palestina,1,sekolah,5,sekolah pemikiran islam,7,selfie,1,semarang,1,seni,9,senyum,1,setya novanto,1,shalit,1,shamsi ali,1,shaum,1,SHIELD,3,shoes and care,1,shola idul fitri,1,sholat,2,sholat ashar,1,sholat berjamaah,2,silatnas 2017,1,sim gratis,1,sirah,1,siroh,52,smart171,1,Smartphones,1,soeharto,1,soekarno,1,sohibul iman,4,solo,2,somalia,2,Sonia Ristanti,1,sosial,2,spanduk,1,spi,12,spi bandung,11,Spi fatahillah,1,spi jakarta,38,SPI Tangerang,1,spj,1,sri lanka,1,steven indra wibowo,1,suami sholeh,1,suara ibu,1,suara pembaca,1,suarapembaca,107,sudah hamil?,1,Sudan,2,sudrajat syaikhu,2,sukmawati,18,sukmawatii,1,suku pedalaman,1,suku wana,1,sulawesi tenggara,1,suleiman,1,sultan murad,1,sumbar,1,sundar,1,surah,1,surahman hidayat,1,suriah,26,suster katolik,1,swedia,1,swiss,2,syafii antonio,2,syahadat,3,syahid,1,syaikh yusuf al-qaradawi,2,syam,1,Syamsul Falah,1,syariah,146,syariat,1,syawal,1,syeik al-qarni,1,Syeikh Al-Qarni,1,syekh,1,syiah,7,Syiekh Sholah al Budair,1,taaruf,2,taat suami,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,tabrakan mobil di saudi,1,tahuidullah,1,takdir,1,tanpa riba,3,tanyajawab,75,tarbawi,45,tarhib,1,tato,1,taujih,2,taujih online,53,Tausyiah,17,Tech,6,tedc,1,teheran,1,teknologi,4,teladan,91,Telkomsel,2,tenggelam,1,tentang dahlan iskan,1,Tentang Oki Setiana Dewi,1,Tentara,1,tentara israel,1,Tentara Korea,1,tepi barat,1,tere liye,2,teror,2,teuku wisnu,4,thulabiy,133,tidur,1,tidur sahur stroke,1,tidur setelah sahur,1,tikam,1,tilawah,3,time,1,timur tengah,1,tinggalkan riba,1,tips,9,tips menulis,1,tips trik menulis,1,Tirta Mandira Hudhi,1,TNI,4,togutil,1,tokoh,15,tol bawah laut,1,toleransi,1,tolikara,1,tqd,11,tradisi bid'ah,1,tragedi,2,trump,7,Tsabit bin Ibrahim,1,tsaqofah,140,tsunami,2,tukang sayur,1,tuna rungu mualaf,1,tunahan kuzu,1,tunisia,1,turki,72,tvone,1,ubn,1,uganda,1,uighur,3,ukhuwah,11,ukmi,1,ulama,1,ulil,1,Ulil Abshar Abdala,1,umahat,62,umar,1,umar bin abdul azis,1,umat,14,Ummi Pipik,1,Unesco,2,uni eropa,1,Univsersitas Islam Gaza Palestina,1,upah minimum,1,usradz Firanda adirja,1,ustadz,66,ustadz abdul somad,20,ustadz adi hidayat,8,Ustadz Arifin Ilham,4,ustadz Felix,4,ustadz hanan attaki,1,Ustadz Hasan Lubis,1,ustadz hilmy,1,ustadz zulkifli,1,utang,1,utsmani,1,vaksin,8,van damme,1,video,18,vitell logo pki,1,wahabi,1,wahyu dan kenabian,1,wali kota padang,1,walid,1,Walikota Bogor Bima Arya,2,walikota muslim london,1,walikota padang,1,walimah murah,1,wanita amerika,1,warga amerika ikrar syahadat,2,warga gaza,1,warga palestina,1,warga suriah,1,warga yaman,1,wawancara,37,White helmet,1,wilders,2,wirausaha,17,Wirda Salamah Ulya,1,Wirda Yusuf Mansur,1,worldview islam,2,xinjiang,1,Yaminah Elsyaib,1,Yasser arafat,1,Yerussalem,3,yudas iskariot,1,yunani,1,yusuf alqaradawi,1,yusuf mansur,1,Yusuf Qaradawi,1,yvonne,1,zakat,6,Zakir Naik,7,
ltr
item
Islamedia - Media Islam Online: “Minal ‘Aaidin wal Faaizin” kalimat bid’ah?
“Minal ‘Aaidin wal Faaizin” kalimat bid’ah?
http://4.bp.blogspot.com/-rzwuMPZMi3s/UCjBv8WD94I/AAAAAAAAA2k/GHTX5lSXl3g/s1600/images.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-rzwuMPZMi3s/UCjBv8WD94I/AAAAAAAAA2k/GHTX5lSXl3g/s72-c/images.jpg
Islamedia - Media Islam Online
https://www.islamedia.id/2012/08/minal-aaidin-wal-faaizin-kalimat-bidah.html
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/2012/08/minal-aaidin-wal-faaizin-kalimat-bidah.html
false
4462325520328585611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content