Ketika Kejujuran Dipertaruhkan

Islam edia - Aku berjalan menelusuri jalan menuju ke rumahku. Menikmati pemandangan yang mungkin sebentar lagi aku tak akan sering me...

http://www.promathtutoring.com/Images/pages/regents/kid_math.jpg
Islamedia - Aku berjalan menelusuri jalan menuju ke rumahku. Menikmati pemandangan yang mungkin sebentar lagi aku tak akan sering melihatnya. Hulu-hilir mobil angkutan kota semakin membawaku pada bayangan dan anganku sendiri. Keramaian di sekitarku terasa hambar. Bimbang. Ya, aku tengah dirasuki kebimbangan yang mendalam.

Seketika berbisik keras suara ibuku, “Akmal, bagaimanapun kamu harus lihat potensi kamu juga, nak.. Ibu percaya jika semenjak awal kamu belajar dengan serius, kamu pasti bisa menghadapinya oleh tanganmu sendiri.. Tapi inilah sistem, nak.. Kamu siap untuk tidak lulus..?”

Teringat saat itu aku hanya bisa menundukkan kepalaku mendengar nasihat-nasihat – yang menurutku tabu – dari perempuan yang paling aku cintai itu.

Lalu berganti suara lembut yang aku suka dari seorang sahabatku, “Akmal.. Hidup ini adalah pilihan.. Setiap pilihan ada resikonya.. Setiap pilihan ada tanggung jawabnya.. Keduanya akan engkau dapati baik di dunia maupun di akhirat.. Aku tidak akan menyuruhmu memilih salah satu jalan dari dua jalan yang engkau bimbangkan ini..  Inilah resiko dari sistem yang ada sekarang.. Ya, ketika kejujuran dipertaruhkan demi sebuah kata kelulusan. Aku tidak akan mengganggumu, apapun jalan yang kau pilih.. Tapi aku hanya ingin memberitahumu, inilah jalanku.. Silahkan kau pilih jalanmu.. Aku akan bersamamu jika kita memilih jalan yang sama, kawan.. Tapi meskipun aku tidak bersamamu, kau tetap sahabatku..”

Memang, terkadang aku merasa tidak nyaman ketika mendapat nasihat dari orang yang sebaya denganku. Tapi omongannya kali ini berkecamuk hebat di dadaku. Seolah tengah berperang dengan nasihat – atau mungkin tuntutan – dari kedua orangtuaku. Aku ingin lulus, tapi aku juga ingin mempertahankan kejujuran yang baru saja aku dapatkan ini. Apa yang akan kalian lakukan jika kalian menjadi aku?

Semua bermula ketika aku mendengar sebuah tausyiah dari seorang ustadz ternama di sebuah stasiun televisi. Satu kalimatnya terus mendengung di telingaku hingga menjadi satu titik balik kehidupanku. Beliau berkata, “Untuk mengetahui apakah perbuatan kita diridhai oleh Allah atau tidak, itu sangat mudah dan sangat sederhana! Satu kuncinya, adukan itu dengan kematian..!”

Aku agak bingung menangkap maksudnya. Tapi kemudian aku terkonsentrasi dengan kalimat berikutnya. “Coba ketika kita melakukan suatu hal, apakah kita siap jika Allah mengambil nyawa kita kala itu..? Jawab dengan hati kita.. Hanya ada dua jawaban, dan dua artinya.. Jika kita bersedia dan berani, artinya perbuatan itu bersama ridha Allah.. Dan jika kita tiada berani, maka dalam perbuatan kita itu tidak ada pula ridha Allah..!!”

Tergetar aku mendengarnya. Mungkin inilah yang disebut dengan pendengaran hati. Tidak sebatas masuk kuping kiri, keluar kuping kanan. Tapi masuk ke hati. Menyentuh urat hidayahku.
Semenjak hari itu aku berubah. Aku menjadi sangat berhati-hati dengan segala sikap dan perilakuku. Ya, meskipun tidak bisa sepenuhnya berubah untuk menjadi manusia yang penuh memberikan arti, aku senantiasa mencoba untuk terus menjadi lebih baik. Dan yang paling berpengaruh terhadap hidupku, perubahanku dalam belajar.

Semenjak aku kelas satu, aku tidak pernah belajar dengan serius. Jika tuntutan akhirnya adalah lulus ujian, cukup mencari jawaban untuk ujian itu..! Tidak perlu memaksakan diri di bidang yang tidak kita suka..! batinku. Aku pun selalu memanfaatkan teman-teman sekitarku untuk mendapatkan nilai akademik.

Hasilnya tidak terlalu jelek. Bagus malah. Aku seringkali mendapatkan nilai-nilai ujian yang besar. Tapi entahlah, semua terasa hambar. Jauh hari, tentu aku akan bersyukur bahwa Allah masih memberikan “rasa hambar” itu di hatiku kala itu. Melihat ternyata banyak teman-temanku yang melakukan hal yang sama denganku, tapi mereka terlihat sangat bahagia dan bangga dengan hasil itu. Malah menyombongkannya kepada orang lain. Hal yang samasekali tidak aku rasakan pada ‘masa jahiliyahku’ dulu.

Kembali ke kisahku, semua ketidaknyamanan yang aku rasakan membuatku ingin mencari kedamaian. Dan Alhamdulillah, aku dipertemukan dengan Firman. Dia adalah sahabat yang sangat baik. Aku bahkan menganggapnya sebagai saudaraku sendiri. Kami baru bertemu sebenarnya semenjak kami SMA. Dan itu waktu yang cukup bagiku merubah sikapku untuk menjadi lebih baik.
Aku dan Firman tinggal satu rumah. Kami menyewa sebuah rumah kos yang dekat dengan sekolahku. Kebetulan lokasi rumahku cukup jauh dari lokasi sekolahku. Hingga akhirnya aku memutuskan untuk tinggal di rumah sederhana itu bersama Firman dan Kak Randi. Kak Randi adalah seorang aktivis dakwah yang sangat berpengaruh di kota ini. Dia adalah salah seorang mas’ul atau koordinator bagian di salah satu organisasi dakwah remaja di kota ini.

Hari-hari berikutnya kami lalui dengan indah. Firman sudah lama ikut khalaqah atau mentoring keagamaan. Keluarganya adalah keluarga yang lahir dari halaqah. Hingga dia bisa lebih menjaga sikapnya selama ini. Aku mengenalnya sebagai pribadi yang saleh dan apa adanya. Sedangkan Kak Randi lebih lagi. Dia sudah menjadi murabbi atau guru spiritual kami secara tidak resmi sekaligus menjadi saudara kami. Selama tinggal bersama mereka, aku rasakan kedamaian dan keindahan islam.
Singkat kata, aku diperkenalkan oleh mereka berdua kepada dunia yang indah. Dunia halaqah. Dunia tempat kami terus menggali ilmu dengan hikmah. Dunia yang kemudian membawaku menjadi aku seperti hari ini. Image-ku di SMA berubah. Mulanya aku terkenal dengan gambaran seorang anak alun-alun. Seorang yang sering bermain di jalanan pada malam hari. Tapi kini, aku banyak dikenal sebagai seorang yang gemar ke masjid.

Tapi itu belum mengubah tabiatku dalam hal belajar. Aku mulai dengan prinsipku bahwa sebisa mungkin aku harus jujur. Meskipun hasilnya tidak memuaskan. Tapi tetap saja, aku jarang belajar. Kejujuranku itu aku iringi dengan rasa malas untuk belajar. Hingga akhirnya, aku seringkali mendapatkan hasil nilai sekolah yang kurang memuaskan. Berbeda dengan Firman, yang senantiasa menjadi bintang di kelas kami.

http://4.bp.blogspot.com/-RarYVNWcS5Q/T3_Czx4TnXI/AAAAAAAAAzc/e2lNjqKyA2A/s1600/ujian-nasional.jpg

Itu pulalah yang membawaku pada kebimbangan ini. Aku bingung. Apakah aku harus konsisten dengan kejujuran ini, dengan mempertaruhkan status kelulusanku? Ataukah aku harus mengejar status lulus itu dengan menggadaikan kejujuran yang selama ini aku bina? Sejujurnya, aku ragu bisa mengejar ketertinggalanku semenjak kelas 10 yang jarang sekali belajar. Entahlah. Semua itu terus berkecamuk di benakku.
***
“Keduanya bukan pilihanmu, kawan.. Aku percaya, bahwa kita bisa mengoptimalkan sisa waktu kita ini! Ayo kita terus berikhtiar bersama, Mal..!” ucap Firman kepadaku ketika aku menceritakan kegalauanku kepadanya.

“Tapi jujur, Man.. Aku sangat terkait jauh dibandingkan kamu.. Untuk Matematika, aku sudah sangat bingung.. Pelajaran semenjak kelas 10, aku hanya sedikit mengerti di 3 Bab saja.. Sisanya, aku benar-benar bingung! Lalu bagaimana mungkin aku lulus jika aku jujur pada kemampuanku ini, Man..?” ucapku.

“Kita pasti bisa, Mal.. Kau sendiri tau bagaimana aku belajar di rumah selama ini.. Aku tidak serajin yang teman-teman bayangkan.. Bahkan kurasa kamu lebih rajin dariku.. Aku percaya, kalau kita bisa optimalkan masa-masa terakhir kita ini, kita bisa melaluinya dengan jujur Mal..!” jawabnya dengan tegas.

“Tapi Man..”

“Firman benar, Mal.. Kalau kalian bisa optimal dalam ikhtiar ini, kakak yakin kalian bisa..” ucap Kak Randi menenangkanku. “Seorang mujahid sejati akan senantiasa memegang teguh prinsip yang dia pegang, selama dia yakin bahwa itu benar.. Kakak yakin kalian, khususnya kamu Mal, bisa..” lanjutnya. Kali ini terdengar lebih melejitkan semangatku.

“Hmm.. Astagfirullahal’adzim.. Apa yang aku lakukan? Maaf ya Man, kak Randi.. Aku khilaf..” ucapku. “Insya Allah, sisa waktu ini akan aku manfaatkan dengan optimal..” lanjutku yakin.
“Alhamdulillah.. Gitu dong, Akh.. Hehehe..” sambung Firman seraya merangkul bahuku.
“Ayo, hamasah yaa ikhwah!!” ucap Kak Randi seraya merangkul bahuku yang satu lagi. Ah, beruntung rasanya aku bisa mendapatkan atmosfer ini. Indahnya kebersamaan dalam dekapan ukhuwah. Alhamdulillah, ya Allah!
***

“Mal.. Akmal… Ayo bangun Mal.. Kita tahajud dulu…”

Aku tergugu mendengar ajakan itu. Aku paksakan mataku untuk terbuka dan tubuh-tubuhku untuk bangkit dari pesona mimpi yang melenakanku. Setengah terpejam, aku mengangguk sedapatnya kepada Firman. “Iya Akh… Oaaahm..”

“Tutup mulutnya kalau menguap akh.. Hehehe..”

“Eh, iya.. Astagfirullah..” ucapku. Aku kemudian mengumpulkan nyawaku dan segera menuju ke kamar mandi. Wajahku kemudian disegarkan oleh cipratan air yang kuambil untuk menyempurnakan wudhuku. Segar yang membangunkanku secara utuh. Aku segera keluar setelah selesai berwudhu dan menuju ke kamarku.

“Beres tahajud langsung kesini ya Akh.. Kita sahur bareng-bareng..” ucap Kak Randi. Agaknya dia sudah selesai tahajud. Basahnya air wudhu masih menetes dari janggutnya yang rapih.

“Iya Kak.. Wah, keduluan melulu nih..” ucapku.

“Gak apa-apa Akh.. Kakak juga lagi mau masak soalnya.. Hehehe..”

Aku masuk ke kamar dan menyalakan lampu kamarku yang cahayanya kemudian memenuhi seluruh ruangan sempit itu. Aku fokuskan pikiranku, lalu aku dirikan shalat tahajudku malam ini dengan syahdu. Sangat indah.

Tangisku meledak ketika sujudku yang terakhir. Kembali terkuak wajah kedua orangtuaku yang terus memaksaku untuk mengurangi idealisme-ku dalam menghadapi ujian kali ini. Juga dari pihak sekolah yang juga sedikit menganjurkanku untuk mengurangi idealisme-ku ini. Beberapa dari mereka tidak percaya atas kemampuanku. Aku sangat sedih menerima kenyataan itu. Bahwa mereka sangat menyayangiku dengan cara yang tidak aku sukai. Tangisku meledak lagi. Sujud kali ini cukup lama aku lakoni.

Usai shalat, aku panjatkan aduanku ini pada Penggenggam Jiwaku. Sepenuh hati, aku berdoa agar aku dikuatkan. Karena aku merasa sangat lemah. Sangat labil.

Selesai dengan pengaduanku, aku mengambil buku latihan soal Ujian Nasional yang sudah jauh hari aku beli. Lalu aku menuju ruang makan untuk menyantap sahur bersama Kak Randi dan Firman. Aku mengerjakan soal-soal di buku tersebut seraya menyantap sahur bersama. Sesekali aku bertanya kepada Firman jika aku menemukan soal yang sulit untuk aku kerjakan sendiri.

“Gimana persiapan kalian nih..?” ucap Kak Randi.

“Alhamdulillah, kak.. Masih terus proses ikhtiar..” ucap Firman. “Kalau saya Alhamdulillah tinggal latihan-latihan varian soal lagi.. Secara konsep, Insya Allah udah ada di kepala.. Hehe..” lanjutnya.

“Saya juga Kak.. Masih harus belajar.. Masih ada beberapa bab yang masih harus di perdalam lagi pemahamannya.. Apalagi Matematika.. Baru menguasai yang kelas satu aja..” sambungku.

“Alhamdulillah kalau begitu.. Ikhtiar kalian akan dicatat sebagai amalan kalian, Insya Allah.. Kakak pernah dengar, kata Imam Syahid Hasan Al-Banna.. Beliau pernah memberi nasihat bahwa Allah tidak menuntut hasil kerja.. Samasekali tidak.. Bukan hasil kerja, tetapi benarnya orientasi dan baiknya persiapan.. Setelahnya, bila kita keliru, maka kita akan mendapat pahala kerja yang sungguh-sungguh.. Dan bila kita benar, maa kita akan mendapat pahala dan keberhasilan.. Ketahuilah bahwa Allah beserta kita dan tidak akan menyia-nyiakan amalan kita.. Dan sesungguhnya, kemenangan adalah milik orang-orang yang bekerja, Akhi..” ucap Kak Randi panjang lebar. Kami hanya tersenyum-senyum mendengarnya.

“Iya, Kak.. Kalimat yang sangat indah dan bernilai motivasi..” ucapku.

“Intinya adalah benarnya niat dan baiknya persiapan ya, Kak.. Itu bagian dari ikhtiar kan, ya Kak..?” sambung Firman.

“Ya.. Setelah ikhtiar itu telah selesai kita optimalkan, ada dua suplemen yang akan senantiasa membuat kita kuat.. Sabar dan syukur.. Kedua sikap itulah yang akan senantiasa membuat kita lebih kuat menghadapi segala hasil yang telah diskenariokan oleh-Nya..”

“Ya Kak.. Insya Allah, ya..” ucap Firman.

“Saya juga suka sama kata-kata Kakak.. Yang dulu Kakak SMS-kan ke saya.. Isinya adalah bahwa setiap rintangan dan ujian, jika itu tidak sampai membuat kita MATI, maka semua itu hanya akan membuat kita lebih kuat.. Ya, itu sangat menguatkan saya..” sambungku.

“Ya..  Semua itu adalah yang terbaik yang telah diberikan Allah bagi kita.. Insya Allah, ya..” lanjut Kak Randi. Tak lama kemudian terdengar suara adzan. Adzan merdu yang menandakan dimulainya hari ini. Aku tekadkan di dalam hati bahwa ikhtiarku hanya aku persembahkan kepada Rabb-ku. 

Selanjutnya terserah kepada Allah. Namun tidak dapat aku nafikan bahwa aku masih agak takut jika tidak lulus. Dan aku merasa bahwa kemampuan Matematika-ku masih sangat kurang. Ah, sudahlah. 
Ikhtiar dulu!



*bersambung


Muhammad Fathan Mubina
Mahasiswa Ilmu Politik UI 2011
Staff PSDM FSI FISIP UI
Nama

#2019GantiPresiden,5,#cabutpermendikbudno.30,1,#kejahatanseksual,4,#palestina #aqsa #smart171 #aaw #aqsaawarenessweek headline nasional,1,#permen,1,#Permendikbudno.30,1,#seksbebas,4,#zina,1,212mart,1,aa gym,4,aadk,1,Aaw,1,ACN,4,ada apa dengan konsen,1,adara,1,ahmat davutoglu,1,ahzami samiun jazuli,1,aid al-qarni,1,aidit,1,air zam zam,1,ajat syaikhu,2,ak parti,1,akhrawi,1,akmal sjafril,4,AKP,6,aksi 112,1,aksi 115,1,aksi 212,2,Aksi 64,2,Aksi Bela Baitul Maqdis,1,aksi bela palestina,6,aksi kemanusiaan,1,aksi peduli aleppo,1,aktivitasdakwah,146,Aku Kamu Adalah Kita,2,al aqsha,4,al irsyad,1,al zawari,1,al-aqsa,1,al-qarni,1,al-qassam,1,al-qur'an,5,al-quran,4,alamislami,926,alaqsa,4,alasan logis mengelilingi ka'bah,1,alasan nikah muda,1,aleppo,6,aleppoisburning,1,alexis,3,alkhusairi,1,Allah,3,Almuzzammil Yusuf,2,alquds,1,alqur'an,2,alquran,41,Alvin,1,ambulans,1,amerika,7,amerika serikat,1,amien,1,Amien rais,5,anak,2,anak dilarang ke masjid,1,Anak Inggris Hafal Al-Qur'an,1,anak kembar,1,anak masjid,2,anak masjid ribut,1,anak palestina,2,anak pendeta,1,anak TK CHina baca Al Quran,1,anak-anak masjid,1,analisa,24,anggota dewan PKS,2,anggota dewan sederhana,2,anggota dprd bekasi,1,anggota odoj meninggal dunia,1,anggota parlemen,1,anggota PKI,1,Anggota TNI,1,anggota TNI Hafal Al Qur'an,1,anggota TNI Hafal Qur'an,1,angsuran bank,1,ani yudhoyono,1,anies baswedan,57,Anies sandi,8,anjing,1,anti lgbt,2,anti vaksin,7,Anya,1,aqsha,2,arab,1,arab israel,1,arab saudi,7,arab saudi jamin kesehatan warga yaman,1,arabic,3,ari purbono,1,arie untung,1,arifin ilham,3,artefak,1,as-sisi,1,asma nadia,2,asyuro,1,ataturk,1,ateisme hanya kenakalan saja,1,atheis,1,Aung San Suu Kyi,2,australia,1,Awkarin,1,ayah,8,ayat ayat cinta,2,azan,1,azan pengeras suara,1,azan turki,1,bachtiar nashir,1,bachtiar nasir,2,bahasa arab,1,baliho KB,1,bandara paris,1,bandung,4,bangkok,1,banjir,2,banjir Jakarta,1,bank riba,2,bantuan,1,bantuan kemanusiaan,1,bantuan turki,1,bantuan turki gaza,1,barat,1,barokah,1,basar asad,1,bashar asad,1,batik trusmi,1,bayan,4,bayar puasa,1,bds,1,bebas hutang,1,Begin Again,1,Belanda,1,belum hamil?,1,Bencana Purworejo,1,bendera,1,Bendri Jaisyurrahman,1,beras maknyus,2,berau,2,berita,4933,berita duka muhammad ali,1,berita nasional,4,beritafoto,51,bermain di masjid,1,bhiksu budha,1,bid'ah,1,bila ingin disebut Allah,1,bin,1,binali,1,birokrasi,1,bisnis,2,boikot,1,boikot starbuck,2,bom,1,bom depok,1,brasil,2,Britain,1,brunei,5,budha,2,bukan negero dongeng,1,buku,19,bunda yoyoh,15,burqa,2,buruh,1,busana,1,buya hamka,5,cadar,5,caesar,1,cagub jabar,1,cahyadi takariawan,1,caisar,1,cara mendidik anak,1,charles darwin,1,Charlie Hebdo,1,chelsea,1,China,4,cicak,1,cincin,1,cinta masjid,1,cirebon,1,corona,9,covid19,2,crane,2,cupink topan,2,daerah,7,dahlan iskan,4,dakwah,147,dakwahkantor,1,davutoglu,1,Deen Mohammad Shaikh,1,dembaba,2,demokrasi,1,demokratis,1,denny indrayana,1,denny JA,1,depok,2,derajat,1,dewan dakwah,1,Dibutuhkan Masjid Ramah Anak,1,Didin Hafidhuddin,1,dina lorenza,1,diskriminasi,1,Dk pbb,1,doa,1,doa gempa,1,dokter pembersih sepatu,1,dokter Tirta,1,Domingus Roudolsifa,1,Donal Trump,1,donald trump,3,Dosen Amerika Masuk Islam,1,dosen FMIPA UNY,1,dosen katolik masuk islam,1,dprd semarang,1,Dr Zakir Naik,5,dropship dalam Islam,1,Dropship halal,1,dropship haram,1,dsp pks,1,dunia,60,dunia islam,235,duniaislam,13,duta besar israel,1,duterte,1,e-ktp,1,egi john,4,Egyptair,1,ekonomi syariah,1,ekonomisyariah,90,ektp kepercayaan,2,elang gumilang,1,embunpagi,29,Entertainment,2,erdogan,57,Erez,1,eropa,3,Esebius Pomats,1,etika membutuhkan agennya,1,Eurasia,1,event,50,facebook,3,fahmi salim,1,farid nu'man,1,Fariq Zakir Naik,1,fatih,1,fds,1,felix siau,1,felix siauw,9,Feminisme,2,feriza,1,fethullah gulen,1,film 212,6,film islami,1,film pendek,3,fiqih,1,firanda adireja,1,FISIP Universitas Indonesia,1,flp,1,forum,1,foto,1,fpi,5,FPI Gaza,1,FPI Palestina,1,FPI peduli Palestina,1,FPKS,2,fpks dprd jakarta,2,fpks Jakarta,1,freemansory,1,gadis gereja masuk islam,1,gaji halal,1,gaji kecil,1,gardu listri,1,garuda,1,gatot,3,gay,1,gaza,26,gema keadilan,1,gempa,4,gerakan,14,gereja,1,gereja katolik,1,gerhana bulan,2,gerhana bulan total,1,ghazwul fikri,6,ghilad salit,1,gnpf mui,3,gnpf ulama,1,gojek,1,good governance,1,gpmp,1,Grand Metropolitan Mall Bekasi,1,gulen,2,gus nur,1,habib rizieq,10,habib salim,2,hadits,12,hafal al-qur'an,2,Hafalan Surat Yasin,1,hafidz anah,1,hafidz anak,1,hafidz quran,1,hafiz indonesia,1,Hafiz Indonesia RCTI,1,hagia sophia,2,haji,22,hak allah,1,halal haram dropship,1,hamas,7,hamil,3,hamka,2,handhphone ViTELL,1,hary tanoesoedibjo,1,hasan al banna,1,hasyim asyari,1,headline,8050,headline nasional,4,Helvy Tiana Rosa,1,hidayah,4,hidayatullah,1,hidup,1,hidup sederhana,1,hijab,2,hijrah,20,hikmah,27,Hindu Masuk Islam,2,Hizbut Tahrir,5,Hizbut Tahrir Indonesia,1,hmi,1,hoax,4,hti,11,hti dibubarkan,1,hukum dropship,1,hukum sropshipping,1,hukuman mati,1,hutang,1,ibadah haji,1,IBF 2918,1,ibnu mubarak,1,Ibnu Riyanto,1,ibu,2,ibu walikota padang,1,icc,1,idul adha,5,idul fitri,3,idul Fitri,4,idul Fitri Muhammadiyah,1,idulfitri,2,ikhwanul muslimin,2,iklan,15,ikrar syahadat,2,ikrar syahadat di yogyakarta,1,ikrimah,1,ilmu syar'i,1,ilmuan,1,IM,2,imam,1,imam malik,1,imunisasi,1,Indahnya Masjid MALL,1,indonesia,50,indonesia abstain suriah,1,Indonesia PBB,1,Indonesia salah PKI,1,indonesia tanpa jil,2,indosat,1,infoumat,20,injil barnabas,1,innalillahi muhammad ali,1,inspirasi,737,internasional,1836,intifadhah,1,Intifaha 3,1,intoleransi,1,irak,1,iran,1,Irfan Hakim Hafiz Indonesia,1,Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri,1,irwan prayitno,3,irwansyah,1,isbal,1,isil,1,isis,1,islam,11,Islam Bersatu,1,islam bukan agama arab,1,islam liberal,1,islam papua,1,islam-download.net,1,islamediaredaksi,38,islamophobia,1,Ismail Yusanto,1,israel,26,Israel hentikam bantuan luar negeri,1,Israel pasang kamera pengintai,1,istambul,1,istiqlal,2,istiqomah,1,istri,2,Italia,3,itikaf,3,itj,3,itj bandung,1,ITJ Jakarta,1,jamaah,1,Jamaah Tabligh,1,jamin kesehatan,1,jangan ada tebang pilih dalam kasus penistaan agam,1,jangan lakukan ini,1,janji kampanye,1,janji pemerintah,1,jepang,1,jidat hitam,1,jihad,2,jihad islam,1,jilbab,3,jilbab diskriminasi,1,jilbab pramugari,1,JK,1,jodoh,1,jomblo,1,jordania,1,jual cincin,1,jurnal ramadhan,1,jurnalistik,3,jurnalistik dakwah,1,Jusuf Kalla,2,Juventus,1,ka'bah,3,kairo,1,kajian,29,kalender arab saudi masehi,1,kalender hijriah,2,kalender masehi,1,kanada,1,kangen band,1,Kapan Muhammadiyah Lebaran,1,kapan nikah,2,Kapolda Sumsel,1,karikatur,8,kaset,1,kashmir,1,kasunanan surakarta,1,Katharina Sutarni Sutanty,1,Katharina Sutarni Sutanty masuk islam,1,katolik,1,katolik masuk islam,2,katolik merapi,1,katolik papua,1,kawin,1,kdm,1,kebakaran,1,Kebangkitan,2,kedaulatan rakyat,1,kejam,1,kekejaman PKI,1,keluarga,183,kemenag,1,kenaikan upah,1,kepala suku papua,1,Kepanduan,1,kepenulisan,1,kesehatan,44,kesultanan yogyakarta,1,ketahanan keluarga,1,Kevin James,1,KH Arifin Ilham,1,khalid,1,khalid misy'al,1,Khilafiyah,1,khitbah,1,khusuf,1,khutbah,3,khutbah idul adha,1,khutbah idul fitri,1,khutbah jumat,1,Kiai Idham Chalid,1,kiamat,1,kiblat,1,kislap,1,kitab suci,1,kitabisa,1,kiyai slamet,1,KMGP,1,knrp,20,knrp jawa timur,2,kodam,1,koin,1,komnas,1,komunis,3,komunis china,2,Komunitas aci,1,konsep diin,1,konsep kebahagiaan dalam islam,1,konstantinopel,2,korban tragedi mina asal indonesia,1,korea,1,korupsi,3,korupsi e-KTP,1,KPK,3,krl,2,kronologis penembakan al-qarni,1,kudeta,2,kudeta gagal,1,kudeta militer turki,1,kudeta turki,4,kultwit,226,kurban,2,Kuwait,1,larangan mendidik anak,1,Letkol I Wayan Arta,1,Letkol I Wayan Arta Hafal Al-Qur'an,1,LGBT,14,LGTB,1,Libya,2,Lifestyle,1,logo HTI,1,logo palu arit,2,logo pki,1,london,2,lowongan,1,LPOI,1,lukis wajah nabi,1,lukman hakim saifudin,2,ma,1,Maariya Aslam,1,mabit,2,Madinah,2,madrasah,1,mahathir,4,maher zain,1,mahmud,1,mahram,1,Mahyeldi Ansyarullah,1,Makanan,1,makkah,2,malaysia,3,malik,1,Mall Pasar Raya Manggarai,1,Malta,1,mandi wajib,1,mandul,1,manggarai,1,manhaj,16,manusia dan kebahagiaan,1,marah,1,marbot masjid,1,maroko,1,Mas Gagah,1,masjid,4,Masjid Ahmet Akseki Camii,1,masjid al aqsa,2,Masjid Al Latief,1,Masjid Al Latief Pasar Raya manggarai,1,masjid blom m square,1,masjid di turki,1,masjid gede kauman,2,masjid kokas,1,masjid nabawi,1,Masjid Pasar Raya Manggarai,1,masjid turki,2,masjidil haram,3,masuk islam,4,mata uang,1,mavi marmara,1,MCI,2,membawa anak ke masjid,1,Memeluk Islam,1,menang,1,menangis,1,mendagri tjahjo kumolo,1,mendidik anak,2,mengelilingi ka'bah,1,menghormati yang tidak berpuasa,1,menikah muda,1,meninggal dunia,3,menteri agama,3,mentoring,1,menulis,2,menuntut ilmu,1,menyebabkan stroke,1,merasa benar,1,merdeka,1,mesir,161,messi,2,Mesut ozil,1,mie babi,1,mie instant korea,1,migran,1,milad fpi,2,militer turki,1,mimpi,1,mimpi bertemu Rasulullah,1,mina,4,minta maaf PKI,1,minta maaf ramadhan,1,misyal,1,MLM haram,1,MLM itu haram,1,modern,1,mogok,1,Mossad,1,mtq,1,mts walisongo,1,MTT,2,mualaf,46,mualaf Budha,1,mualaf center indonesia,1,mualaf hindu,1,Mualaf Hindu Masuk Islam,2,mualaf kristen,1,Mualaf Pakistan,1,muallaf,14,mudik,1,Muhamad Ali meninggal dunia,1,Muhammad Abduh Tuasikal,1,Muhammad Al Fatih,1,muhammad ali,5,muhammad ali bicara kematian,1,muhammad ali masuk islam,1,muhammad ali mati,2,muhammad ali meninggal dunia,2,muhammad ali wafat,2,Muhammad badie,1,Muhammad Najeeb Abdur Razzaq,1,Muhammadilah Idul Fitri,1,muhammadiyah,8,muhammadiyah idul fitri 2016,1,Muhammadiyah Idul Fitri 6 Juli,1,Muhammadiyah Lebaran Rabu,1,muharam,1,MUI,5,munajat 212,1,murabithun,1,mursi,7,mursyid am,1,museum,1,museum nasional,1,Muslim,11,muslim bosnia,1,muslim myanmar,2,Muslim Paris,1,muslim perancis,2,muslim rohingya,3,muslimah,48,mustafa kemal pasha,1,mutabaah harian ramadhan,1,muzammil hasballah,6,myanmar,6,Nabawi,1,nabi,2,nama foundation,2,nandang burhanudin,1,nasihat,96,nasioanal,1,nasional,774,nasional. palestina,1,nasional. pilgub jabar 2018,1,nasional. pks,1,nasional. spi Jakarta,3,nasonal,2,nasyid,74,nativisasi,2,nato,1,Nazia Ali,1,nenek ikrar syahadat,1,Nenek Katharina Sutarni Sutanty,1,nenek katolik masuk islam,1,nenek masuk islam,1,neno warisman,1,netanyahu,2,new york times,1,ngo,1,Nico Ardiansyah,1,nikah,109,nikah 17 tahun,1,Nikah massal gaza,1,nikah muda,1,nikah murah,1,nikah tanpa pacaran,1,nimr al nimr,1,novel baswedan,8,november,1,NU,3,nusantara,1,obama,2,odoj,18,oemar mita,1,ok oce,1,oki setiana dewi,2,Okoso Zukin,1,opini,269,orang benar,1,orang merasa paling benar,1,ormas seragam tni,1,oslo,1,ottoman,3,pahlawan,1,palestin,1,palestina,1047,palestina suruah,1,palestinaterkini,64,pangeran saudi,1,pantai padang,1,panti wreda,1,papua,3,parenting,12,paris,1,parlemen,1,partai 212,3,partai berkuasa,1,partner,2,Pasar Raya Manggarai,1,PBB,3,PBB Suriah,1,pedang,1,peduli,208,pemakaman muhammad ali,1,pembunuhan ahli drone,1,pemeluk katolik masuk islam,1,Pemerintah Turki,1,pemilu,2,pemilu 2019,1,pemilu turki,1,pemimpin serbia,1,pemkot,1,pemuda papua ikrar syahadat,1,pemuda papua masuk islam,1,pemukim ilegal,1,pemukim yahudi,1,penakhlukan konstantinopel,1,Penaklukan Konstantinopel,1,penembakan,1,penemu,1,Pengadilan Surambi,1,pengajian,1,pengeras suara,2,Penghafal Al-Quran,1,pengungsi,2,pengungsi suriah,1,pengusaha golf masuk islam,1,pengusaha muslim,1,penista agama,1,penjahat peranng,1,penjajah israel,1,penyimpangan asyuro,1,peradaban,1,perancis,3,perasaan,1,perempuan peradaban,1,Peringatan Milad ke 563 Tahun Penaklukan Konstantinopel,1,pernikahan,2,perppu ormas,2,Persahabatan,1,persatuan islam,1,Persatuan Ulama Muslim Internasional,1,persis,2,philipina,1,pilgub jabar,2,pilkadadki,5,pilpres,1,Piprim Basarah Yanuarso,2,pki,4,PKI menyerang Gontor,1,pks,75,PKS Kota Tegal,1,pksmuda,1,PLN,2,plularitas,1,poligami,2,polisi sholeh,1,polisi tilawah al quran,1,politik,19,potong kuku,1,PPP,1,prabowo,1,prabowohatta,1,prancis,1,prasasti,1,Prasetyo Budi .W,1,presiden,2,presiden mesir,1,presiden pks,1,presiden Turki,1,pria suriah,1,proklamasi,1,puasa,2,puasa senin kamis,1,puasa syawal,1,puisi,3,pulung sampah padang,1,purwokerto,1,putin,3,Putra Arifin Ilham,1,putri yusuf mansur,1,putri Yusuf Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah,1,qatar,8,qunut,2,Qunut Shubuh,2,qur'an,3,qurban,6,r4biah,8,rabia,1,rabiah,1,Rabithah Alawiyah,1,radio,1,Radovan Karadzic,1,raja arab,1,raja faisal,1,raja salman,5,rakyat,1,ramadan,1,ramadhan,99,ramadhan 1437,1,Ramadhan di Paris,1,ramah anak,1,referendum,1,referendum turki,2,rekaman kajian,1,rekaman kajian ilmiah,1,Relawan PKS,1,remaja,46,resensi,3,resepsi mahal,1,resepsi pernikahan,1,resolusi,2,resolusi dk pbb,1,reuni 212,14,Revolusi,1,reyhan,1,reza noah,1,rezeki,1,rezeki milik siapa,1,riba,3,ridley,1,ridwan kamil,13,ridwan tulus,1,Rimpu Bima NTB,1,Rimpu Colo,1,Rimpu Mpida,1,rindu sang murabbi,1,Rodrigo Duterte,1,rohingya,14,rohis,2,rokok,1,ronaldo,1,rumah makan,1,Rumah Tangga Sakinah,1,rumah zakat,2,rusia,4,Ruu kk,1,ruu pks,4,ruutpks,2,RZ,1,sabana,1,sadiq khan,4,sakinag,1,salah alarouri,1,salaman,1,salim a fillah,4,salim segaf,1,Sally Giovani,1,Sally Giovanni,1,samuel etoo,1,sandiaga uno,8,saptuari,5,saptuari sugiharto,1,sari roti,2,sarjana,1,sastra,163,saudi,2,sby,2,SDIT,1,sedekah,1,sedih,1,sejarah,12,sejarah islam,4,sejarah palestina,1,sekolah,5,sekolah pemikiran islam,7,selfie,1,semarang,1,seni,9,senyum,1,setya novanto,1,shalit,1,shamsi ali,1,shaum,1,SHIELD,3,shoes and care,1,shola idul fitri,1,sholat,2,sholat ashar,1,sholat berjamaah,2,silatnas 2017,1,sim gratis,1,sirah,1,siroh,52,smart171,1,Smartphones,1,soeharto,1,soekarno,1,sohibul iman,4,solo,2,somalia,2,Sonia Ristanti,1,sosial,2,spanduk,1,spi,12,spi bandung,11,Spi fatahillah,1,spi jakarta,38,SPI Tangerang,1,spj,1,sri lanka,1,steven indra wibowo,1,suami sholeh,1,suara ibu,1,suara pembaca,1,suarapembaca,107,sudah hamil?,1,Sudan,2,sudrajat syaikhu,2,sukmawati,18,sukmawatii,1,suku pedalaman,1,suku wana,1,sulawesi tenggara,1,suleiman,1,sultan murad,1,sumbar,1,sundar,1,surah,1,surahman hidayat,1,suriah,26,suster katolik,1,swedia,1,swiss,2,syafii antonio,2,syahadat,3,syahid,1,syaikh yusuf al-qaradawi,2,syam,1,Syamsul Falah,1,syariah,146,syariat,1,syawal,1,syeik al-qarni,1,Syeikh Al-Qarni,1,syekh,1,syiah,7,Syiekh Sholah al Budair,1,taaruf,2,taat suami,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,tabrakan mobil di saudi,1,tahuidullah,1,takdir,1,tanpa riba,3,tanyajawab,75,tarbawi,45,tarhib,1,tato,1,taujih,2,taujih online,53,Tausyiah,17,Tech,6,tedc,1,teheran,1,teknologi,4,teladan,91,Telkomsel,2,tenggelam,1,tentang dahlan iskan,1,Tentang Oki Setiana Dewi,1,Tentara,1,tentara israel,1,Tentara Korea,1,tepi barat,1,tere liye,2,teror,2,teuku wisnu,4,thulabiy,133,tidur,1,tidur sahur stroke,1,tidur setelah sahur,1,tikam,1,tilawah,3,time,1,timur tengah,1,tinggalkan riba,1,tips,9,tips menulis,1,tips trik menulis,1,Tirta Mandira Hudhi,1,TNI,4,togutil,1,tokoh,15,tol bawah laut,1,toleransi,1,tolikara,1,tqd,11,tradisi bid'ah,1,tragedi,2,trump,7,Tsabit bin Ibrahim,1,tsaqofah,140,tsunami,2,tukang sayur,1,tuna rungu mualaf,1,tunahan kuzu,1,tunisia,1,turki,72,tvone,1,ubn,1,uganda,1,uighur,3,ukhuwah,11,ukmi,1,ulama,1,ulil,1,Ulil Abshar Abdala,1,umahat,62,umar,1,umar bin abdul azis,1,umat,14,Ummi Pipik,1,Unesco,2,uni eropa,1,Univsersitas Islam Gaza Palestina,1,upah minimum,1,usradz Firanda adirja,1,ustadz,66,ustadz abdul somad,20,ustadz adi hidayat,8,Ustadz Arifin Ilham,4,ustadz Felix,4,ustadz hanan attaki,1,Ustadz Hasan Lubis,1,ustadz hilmy,1,ustadz zulkifli,1,utang,1,utsmani,1,vaksin,8,van damme,1,video,18,vitell logo pki,1,wahabi,1,wahyu dan kenabian,1,wali kota padang,1,walid,1,Walikota Bogor Bima Arya,2,walikota muslim london,1,walikota padang,1,walimah murah,1,wanita amerika,1,warga amerika ikrar syahadat,2,warga gaza,1,warga palestina,1,warga suriah,1,warga yaman,1,wawancara,37,White helmet,1,wilders,2,wirausaha,17,Wirda Salamah Ulya,1,Wirda Yusuf Mansur,1,worldview islam,2,xinjiang,1,Yaminah Elsyaib,1,Yasser arafat,1,Yerussalem,3,yudas iskariot,1,yunani,1,yusuf alqaradawi,1,yusuf mansur,1,Yusuf Qaradawi,1,yvonne,1,zakat,6,Zakir Naik,7,
ltr
item
Islamedia - Media Islam Online: Ketika Kejujuran Dipertaruhkan
Ketika Kejujuran Dipertaruhkan
http://www.promathtutoring.com/Images/pages/regents/kid_math.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-RarYVNWcS5Q/T3_Czx4TnXI/AAAAAAAAAzc/e2lNjqKyA2A/s72-c/ujian-nasional.jpg
Islamedia - Media Islam Online
https://www.islamedia.id/2012/05/ketika-kejujuran-dipertaruhkan.html
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/2012/05/ketika-kejujuran-dipertaruhkan.html
false
4462325520328585611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content