Ketika Kejujuran Dipertaruhkan #2

Islam edia - Waktu bergulir begitu cepat. Hanya tinggal satu pekan lagi, aku dan ribuan siswa kelas 12 SMA se-Indonesia akan melaksan...

http://setiaonebudhi.files.wordpress.com/2012/04/ujiannasional2012.jpg?w=358&h=269
Islamedia - Waktu bergulir begitu cepat. Hanya tinggal satu pekan lagi, aku dan ribuan siswa kelas 12 SMA se-Indonesia akan melaksanakan hajat besar nasional bersama-sama. Sebuah hajat pemerintah yang sering menjadi sangat menyedihkan. Dimana banyak idealisme siswa tergadaikan. Banyak nilai kejujuran yang rela ditukarkan dengan nilai besar yang tertera di ijazah mereka. Ujian Nasional.

Aku merasa ada yang berbeda dengan teman-temanku. Sikap mereka terhadapku, terutama terhadap Firman. Kami semua seolah menjauh. Lebih-lebih Firman. Sangat terlihat kekecewaan teman-teman terhadap Firman. Mungkin ini disebabkan oleh sikap Firman yang konsisten terhadap kejujuran yang dia pegang.

“Ya, kalaupun gak mau dapat kunci jawaban, jangan pelit sendiri dong! Mentang-mentang orang pinter..” ucap salah seorang rekanku kepada Firman suatu ketika. Ini terjadi ketika beberapa pekan lalu kami melaksanakan Ujian Akhir Semester yang pada tahun ini dilaksanakan sebelum penyelenggaraan UN.

“Iya nih.. Kita menghargai kamu yang yakin sama kemampuan kamu sehingga mengerjakan ujian itu sendirian.. Gak menerima kunci jawaban yang udah susah-susah kita cari ke sekolah lain.. Tapi ya seenggaknya kamu bantuin temen-temen yang lain lah.. Cocokkin kunci jawabannya sama jawaban kamu, supaya kita tau kunci jawaban itu benar atau nggak..” sambung yang lain dengan polos. Firman hanya terdiam di tempat duduknya.

“Kawan, coba kalian lihat di peraturan nomor 4 itu.. Disana disebutkan bahwa kita tidak boleh menanyakan jawaban kepada orang lain, atau memberikan jawaban kepada orang lain.. Berinteraksi saja sebenarnya sudah tidak boleh.. Kalau saya memberikan jawaban saya kepada salah seorang dari kalian, itu sama saja melanggar peraturan.. Kalau gitu, buat apa saya bela-belain jujur dan ga liat kunci jawaban kalian.. Mendingan liat yang kalian juga kalau begitu mah.. Rugi di saya atuh..?” ucap Firman dengan tenang. Teman-teman terlihat tambah jengkel menghadapinya.

“Nah kalau gitu kamu juga lihat aja..! Kita mah gak apa-apa kok..” sambung yang lain.
“Gak mau ah.. Takut ketahuan sama Pak Yahya..” ucap Firman dengan polos. Pak Yahya adalah seorang guru yang sangat idealis. Mungkin bukan satu-satunya guru idealis yang tersisa di sekolah kami, tapi yang pasti beliaulah yang paling berani. Beberapa teman sekelasku pernah mendapatkan ‘dampak’ dari ketidakjujuran mereka di UAS ini. Pak Yahya samasekali tidak segan untuk merobek lembar jawaban mereka dan mempersilahkan siswa yang ketahuan menyontek untuk ke ruang POKJA.

“Nggak bakalan..! Gue jamin deh.. Kan kita juga hati-hati Man.. Guru-guru gak bakalan ada yang lihat deh..!! Percaya sama gue, Man.. Ntar biar gue yang atur..” jawab salah seorang dari mereka.
Firman kemudian berdiri seraya tersenyum. Menatap wajah temanku yang berbicara tadi dalam-dalam. Tatapannya sangat tenang dan meyakinkan. “Ya, mungkin Pak Yahya tidak melihat kita.. Tapi…… bukankah TUHANNYA Pak Yahya PASTI MELIHAT kita..?” ucapnya dengan tenang. 
Matanya masih menatap tajam wajah temanku. Aku terkagum melihatnya. Sungguh berani.

“Kenapa kita harus takut kepada Pak Yahya sedangkan kita samasekali tidak takut kepada Allah..? Kenapa kita harus malu kepada para guru-guru sedangkan kita samasekali tidak malu kepada Allah..? Ini jalanku, kawan.. Aku harap kalian bisa menghormatinya, sebagaimana aku menghormati pilihan kalian tadi.. Aku samasekali tidak melapor kepada guru kan, bahwa kalian saling bekerjasama..? Padahal itu jelas dilarang dalam aturan..” lanjutnya dengan tegas.

Teman-teman yang ada di sana terdiam. Diam seribu bahasa. Tampak sangat kaget dan tidak mampu berkata-kata. Karisma yang terpancar dari ketulusan hati Firman tampak membuat mereka sangat segan. “Emmh.. Ah.. Eumh.. Halaah.. terserah lo aja deh!” jawab temanku yang ditatap Firman dengan agak terbata. Mereka semua lalu langsung beranjak keluar dari ruangan kelas. Firman menghembuskan nafas panjang, kemudian terduduk lagi. Dia membuka buku pelajaran yang akan diujikan hari ini.

Semenjak itulah Firman seolah menjadi musuh bagi seluruh teman-temanku. Ralat, tidak semua. Terkecuali anak-anak Rohis dan anak-anak halaqah. Beberapa dari mereka juga sebenarnya sering menyontek. Dan aku sangat mengetahui bahwa mereka juga sebenarnya masih mengharapkan Firman melunak. Tapi mereka tidak memusuhi Firman.

Yang aku kagumi dari Firman, dia samasekali tidak membalas sikap-sikap itu dengan sikap yang serupa. Dia justru sangat giat untuk mengingatkan teman-teman seangkatan dengan sering mengirimkan SMS Dakwah. Di samping itu, dia giat sekali mengajak teman-teman lain untuk belajar bersama. Tapi hanya sedikit yang merespon. Kebanyakan dari kalangan akhwat.

Aku sendiri masih agak bingung tentang matematika. Belakangan aku mendalami pelajaran-pelajaran lain. Aku agak melunak. Aku sempat berpikir untuk menyontek hanya di pelajaran matematika saja. Dengan begitu, aku bisa lebih fokus di mata pelajaran lain yang memang lebih aku kuasai dan aku sukai. Tapi melihat Firman, aku jadi malu sendiri.

“Firman.. Apa gak sebaiknya kamu sedikit melunak saja, Man..? Kamu bilang saja sama mereka, bahwa mereka boleh saja melihat jawabanmu.. Asalkan kamu tidak tahu..” ucapku pada suatu kesempatan. Firman hanya menimpali dengan senyuman dan tatapan keyakinan terhadapku. 

Keteguhannya bagai sinyal untuk meyakiniku, sudah tidak apa-apa Mal.. Ini sudah yang terbaik.. Hal itu membuatku jadi malu sendiri telah menanyakan pertanyaan itu kepadanya.

Akhirnya aku memutuskan untuk tetap pada pendirianku. Aku akan tetap jujur, apapun hasilnya kelak. Tapi aku tidak boleh pasrah. Ikhtiarku harus terus berjalan. Harus tetap istiqamah pada jalan yang tepat. Satu pekan ini akan menjadi pekan pertarungan terakhirku. Pekan penentuan nasibku setelah selama tiga tahun ini berikhtiar di tingkat SMA. Aku tidak akan menyerahkan kejujuranku hanya kepada satu kata lulus. Aku akan lulus, dengan jujur!

***
Lagi-lagi waktu terus bergulir dengan cepat. Pantaslah Allah swt., sangat menghargai waktu. Bahkan dalam surah Al-Ashr, Allah bersumpah atas nama waktu. Aku pernah membaca dalam sebuah buku bahwa sepanjang sejarah tafsir dalam Al-Qur’an, ketika Allah bersumpah dengan salah satu makhluknya, maka bisa dipastikan bahwa sesuatu tersebut adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Ketika Allah bersumpah dengan makhlukNya, maka hal tersebut pasti memiliki kedudukan yang sangat stategis dalam struktur kehidupan manusia. Misalnya, selain waktu, Allah bersumpah atas nama matahari, bulan, bintang, dan yang lainnya.

Ini sangat menunjukkan bahwa waktu adalah hal yang sangat penting dan sangat strategis dalam kehidupan manusia. Oleh karenanya, beruntunglah mereka yang sangat menghargai waktu dan memanfaatkan waktu yang ada dengan seoptimal mungkin. Tentu saja, karena satu detik yang telah terlalui takkan pernah kembali. Dan satu detik ke depan tak akan pernah sama dengan detik yang tengah kita lalui sekarang. Itulah hebatnya waktu. Jika Allah saja sangat ‘menghargai’ waktu, mengapa kita tidak?

Tidak terasa beberapa waktu yang lalu kami telah memulai pelaksanaan Ujian Nasional. Dan bagiku, hari ini adalah hari penentuannya. Hari pelaksanaan Ujian Nasional, suatu hajat besar tingkat nasional untuk siswa-siswi kelas 12 SMA se-Indonesia. Mata pelajaran yang akan diujikan hari ini adalah yang tersulit bagiku. Matematika.

Pelajaran-pelajaran yang lain telah aku selesaikan dengan baik. Dan aku sangat yakin bahwa aku bisa meraih nilai yang optimal di dua pelajaran sebelum hari ini. Namun hari inilah yang tersulit. Secara umum, konsep-konsep Matematika telah aku hafal dalam otakku. Namun terkadang aku masih sulit untuk mengerjakan bentuk soal dalam varian yang berbeda.

Bismillahirrahmanirrahim, ucapku dalam hati. Hari ini adalah hari terakhir ikhtiarku dalam perjuangan untuk ‘bersahabat’ dengan Matematika. Aku harus bisa jujur! Apapun hasilnya!, tegasku dalam hati.

Bel sekolah berdering, seiring dengan suara pengumuman dari Pak Yahya bahwa pelaksanaan Ujian Nasional mata pelajaran matematika akan dimulai dalam waktu sepuluh menit lagi. Aku semakin tegang. Terlebih ketika kedua pengawas dari sebuah instansi pendidikan Kristen masuk ke dalam kelasku. Kedua pengawas dari sekolah Kristen tersebut memang ditugaskan oleh pemerintah untuk mengawas di sekolahku, yang notabene merupakan sekolah islam.

Lembar jawaban dibagikan. Aku berusaha untuk menenangkan diriku, kemudian mengisi identitasku dengan teliti. Selesai. Tak berapa lama, lembar soal dibagikan. Matematika. Ah, aku pasti bisa! Bismillahirrahmanirrahim..

Perlahan aku membuka lembar demi lembar soal tersebut. Satu per satu aku kerjakan soal-soal yang berada dalam penguasaan materiku. Satu, dua, tiga, dan beberapa soal lainnya berhasil aku kerjakan. Aku sangat khusyuk mengerjakannya. Sesekali aku terlihat bingung sendiri, dengan ekspresi yang sangat menunjukkan bahwa aku tengah terbingung. Memang terkadang aku sangat ekspresif, tanpa aku sadari.

Mungkin hal itu juga yang membuat salah seorang pengawas mendatangiku dan memperhatikanku. Aku bingung dibuatnya. Jangan-jangan pengawas ini menyangka aku berbuat curang. Ah, padahal teman-teman yang lain terlihat sangat jelas tengah bekerjasama. Bahkan aku saja bisa melihatnya. Tapi kenapa malah aku yang didatangi?, batinku. Tapi aku berusaha untuk tidak menghiraukan pengawas itu, dan tetap fokus pada soal yang tengah aku kerjakan.

Tanpa pernah aku duga sebelumnya, tiba-tiba pengawas yang tengah memperhatikanku tersebut mengambil sebuah pensil cadangan yang ada di dalam kotak pensilku. Kemudian dengan tenang dan wajah tanpa dosa, dia menyoretkan beberapa coretan dalam lembar soalku. Tanpa berbicara, dia menyerahkan kembali lembaran soal tersebut. Setelah aku memperhatikan tulisan-tulisan tersebut, ternyata itu adalah rumus-rumus serta pengerjaan lengkap salah satu soal dalam kertas ujianku. Pengawas ini mengerjakan sebuah soal untukku!

“Nanti dihapus ya..” ucap pengawas wanita yang berambut pendek tersebut dengan wajah tanpa dosa. Ya Allah, mungkinkah ini ‘ujian’ yang sesungguhnya? ‘Ujian’ yang langsung kau berikan kepadaku yang memang tengah gundah? Astagfirullahal’adzhiim.. Kuatkan aku ya Allah, teriak batinku.

Dengan mencoba untuk tidak melihat tulisan-tulisan tersebut, aku langsung menghapusnya. Aku berusaha untuk menghapusnya serapi mungkin. Aku sebenarnya sangat jengkel kepada pengawas tersebut. Namun aku bingung harus berbuat apa saat itu. Ah, sudahlah. Aku harus tetap fokus mengerjakan soal-soal ini. Masih banyak soal yang belum selesai aku kerjakan, pikirku.

Tidak terasa, waktu untuk mengerjakan soal tinggal lima belas menit lagi. Aku sudah mengevaluasi soal-soal yang telah selesai aku kerjakan. Namun ternyata aku masih menyisakan sepuluh dari total empat puluh soal yang harus aku kerjakan. Aku mulai panik. Aku lihat di sekelilingku, teman-teman sudah santai. Bahkan ada beberapa orang yang memprovokasi panitia untuk menyudahi waktu pengerjaan, karena mereka semua sudah selesai. Egois!, batinku.

Tanpa sengaja tatapanku bertemu dengan lembaran jawaban dari Mahmud, yang terkenal jagonya matematika di kelasku bersama Firman. Entah kenapa tatapan ini tak mau cepat-cepat pindah dari lembar jawaban tersebut. Aku terdiam. Namun segera aku beristigfar dalam hati. Astagfirullah! Aku tidak boleh mengkhianati integritasku. Ya Allah, kuatkan aku!!

Akhirnya aku mencoba untuk tenang dan kembali membaca soal-soal yang terpampang di hadapanku. Aku tatap salah satu soal, kemudian aku ingat-ingat lagi penjelasan dari Bu Ani guru matematikaku. Aku korelasikan rumus dasar yang telah aku ingat dengan varian soal ini. Bismillahirrahmanirrahim.

Tak terasa beberapa soal telah selesai aku kerjakan. 80% aku yakin terhadap pengerjaan soal-soal tersebut. Kini tersisa lima soal lagi. Dan waktu untuk mengerjakan hanya tinggal dua menit! Aku tatap soal-soal tersebut untuk mengecek, barangkali ada soal yang aku ingat langkah-langkah pengerjaannya. Ternyata aku bingung. Akhirnya aku gunakan jurus Pak Yahya. Aku isi kelima soal tersebut dengan jawaban yang sama : C. C untuk cucah, karena soal-soal tersebut adalah soal-soal yang cucah (baca : susah). Hehehe.

Bel berdering. Pak Yahya mengumumkan bahwa waktu pengerjaan soal matematika telah selesai, dan seluruh siswa diharuskan untuk keluar dari ruangan. Alhamdulillah, aku berhasil mengerjakan soal-soal matematika yang notabene merupakan pelajaran yang sangat sulit bagiku dengan jujur. Kini aku tinggal terus berdo’a dan bertawakal kepada Allah untuk segala hasil yang telah ditentukan olehNya.

Ya Allah, jika memang aku belum ditakdirkan untuk lulus dalam ujian nasional kali ini, aku yakin bahwa itulah yang terbaik dariMu. Dan aku berharap, apapun takdir yang Engkau berikan dalam ujian duniawi ini, semoga itu menjadi penguatku dalam melewati ujian kehidupan yang sesungguhnya dariMu. Kalaupun aku belum ditakdirkan lulus dalam ujia duniawi ini, semoga di mataMu aku telah berhasil untuk lulus dalam ujian kehidupan yang sesungguhnya. Amin, ya Mujib..
*bersambung


Muhammad Fathan Mubina
Mahasiswa Ilmu Politik UI 2011
Staff PSDM FSI FISIP UI
Nama

#2019GantiPresiden,5,#cabutpermendikbudno.30,1,#kejahatanseksual,4,#palestina #aqsa #smart171 #aaw #aqsaawarenessweek headline nasional,1,#permen,1,#Permendikbudno.30,1,#seksbebas,4,#zina,1,212mart,1,aa gym,4,aadk,1,Aaw,1,ACN,4,ada apa dengan konsen,1,adara,1,ahmat davutoglu,1,ahzami samiun jazuli,1,aid al-qarni,1,aidit,1,air zam zam,1,ajat syaikhu,2,ak parti,1,akhrawi,1,akmal sjafril,4,AKP,6,aksi 112,1,aksi 115,1,aksi 212,2,Aksi 64,2,Aksi Bela Baitul Maqdis,1,aksi bela palestina,6,aksi kemanusiaan,1,aksi peduli aleppo,1,aktivitasdakwah,146,Aku Kamu Adalah Kita,2,al aqsha,4,al irsyad,1,al zawari,1,al-aqsa,1,al-qarni,1,al-qassam,1,al-qur'an,5,al-quran,4,alamislami,926,alaqsa,4,alasan logis mengelilingi ka'bah,1,alasan nikah muda,1,aleppo,6,aleppoisburning,1,alexis,3,alkhusairi,1,Allah,3,Almuzzammil Yusuf,2,alquds,1,alqur'an,2,alquran,41,Alvin,1,ambulans,1,amerika,7,amerika serikat,1,amien,1,Amien rais,5,anak,2,anak dilarang ke masjid,1,Anak Inggris Hafal Al-Qur'an,1,anak kembar,1,anak masjid,2,anak masjid ribut,1,anak palestina,2,anak pendeta,1,anak TK CHina baca Al Quran,1,anak-anak masjid,1,analisa,24,anggota dewan PKS,2,anggota dewan sederhana,2,anggota dprd bekasi,1,anggota odoj meninggal dunia,1,anggota parlemen,1,anggota PKI,1,Anggota TNI,1,anggota TNI Hafal Al Qur'an,1,anggota TNI Hafal Qur'an,1,angsuran bank,1,ani yudhoyono,1,anies baswedan,57,Anies sandi,8,anjing,1,anti lgbt,2,anti vaksin,7,Anya,1,aqsha,2,arab,1,arab israel,1,arab saudi,7,arab saudi jamin kesehatan warga yaman,1,arabic,3,ari purbono,1,arie untung,1,arifin ilham,3,artefak,1,as-sisi,1,asma nadia,2,asyuro,1,ataturk,1,ateisme hanya kenakalan saja,1,atheis,1,Aung San Suu Kyi,2,australia,1,Awkarin,1,ayah,8,ayat ayat cinta,2,azan,1,azan pengeras suara,1,azan turki,1,bachtiar nashir,1,bachtiar nasir,2,bahasa arab,1,baliho KB,1,bandara paris,1,bandung,4,bangkok,1,banjir,2,banjir Jakarta,1,bank riba,2,bantuan,1,bantuan kemanusiaan,1,bantuan turki,1,bantuan turki gaza,1,barat,1,barokah,1,basar asad,1,bashar asad,1,batik trusmi,1,bayan,4,bayar puasa,1,bds,1,bebas hutang,1,Begin Again,1,Belanda,1,belum hamil?,1,Bencana Purworejo,1,bendera,1,Bendri Jaisyurrahman,1,beras maknyus,2,berau,2,berita,4933,berita duka muhammad ali,1,berita nasional,4,beritafoto,51,bermain di masjid,1,bhiksu budha,1,bid'ah,1,bila ingin disebut Allah,1,bin,1,binali,1,birokrasi,1,bisnis,2,boikot,1,boikot starbuck,2,bom,1,bom depok,1,brasil,2,Britain,1,brunei,5,budha,2,bukan negero dongeng,1,buku,19,bunda yoyoh,15,burqa,2,buruh,1,busana,1,buya hamka,5,cadar,5,caesar,1,cagub jabar,1,cahyadi takariawan,1,caisar,1,cara mendidik anak,1,charles darwin,1,Charlie Hebdo,1,chelsea,1,China,4,cicak,1,cincin,1,cinta masjid,1,cirebon,1,corona,9,covid19,2,crane,2,cupink topan,2,daerah,7,dahlan iskan,4,dakwah,147,dakwahkantor,1,davutoglu,1,Deen Mohammad Shaikh,1,dembaba,2,demokrasi,1,demokratis,1,denny indrayana,1,denny JA,1,depok,2,derajat,1,dewan dakwah,1,Dibutuhkan Masjid Ramah Anak,1,Didin Hafidhuddin,1,dina lorenza,1,diskriminasi,1,Dk pbb,1,doa,1,doa gempa,1,dokter pembersih sepatu,1,dokter Tirta,1,Domingus Roudolsifa,1,Donal Trump,1,donald trump,3,Dosen Amerika Masuk Islam,1,dosen FMIPA UNY,1,dosen katolik masuk islam,1,dprd semarang,1,Dr Zakir Naik,5,dropship dalam Islam,1,Dropship halal,1,dropship haram,1,dsp pks,1,dunia,60,dunia islam,235,duniaislam,13,duta besar israel,1,duterte,1,e-ktp,1,egi john,4,Egyptair,1,ekonomi syariah,1,ekonomisyariah,90,ektp kepercayaan,2,elang gumilang,1,embunpagi,29,Entertainment,2,erdogan,57,Erez,1,eropa,3,Esebius Pomats,1,etika membutuhkan agennya,1,Eurasia,1,event,50,facebook,3,fahmi salim,1,farid nu'man,1,Fariq Zakir Naik,1,fatih,1,fds,1,felix siau,1,felix siauw,9,Feminisme,2,feriza,1,fethullah gulen,1,film 212,6,film islami,1,film pendek,3,fiqih,1,firanda adireja,1,FISIP Universitas Indonesia,1,flp,1,forum,1,foto,1,fpi,5,FPI Gaza,1,FPI Palestina,1,FPI peduli Palestina,1,FPKS,2,fpks dprd jakarta,2,fpks Jakarta,1,freemansory,1,gadis gereja masuk islam,1,gaji halal,1,gaji kecil,1,gardu listri,1,garuda,1,gatot,3,gay,1,gaza,26,gema keadilan,1,gempa,4,gerakan,14,gereja,1,gereja katolik,1,gerhana bulan,2,gerhana bulan total,1,ghazwul fikri,6,ghilad salit,1,gnpf mui,3,gnpf ulama,1,gojek,1,good governance,1,gpmp,1,Grand Metropolitan Mall Bekasi,1,gulen,2,gus nur,1,habib rizieq,10,habib salim,2,hadits,12,hafal al-qur'an,2,Hafalan Surat Yasin,1,hafidz anah,1,hafidz anak,1,hafidz quran,1,hafiz indonesia,1,Hafiz Indonesia RCTI,1,hagia sophia,2,haji,22,hak allah,1,halal haram dropship,1,hamas,7,hamil,3,hamka,2,handhphone ViTELL,1,hary tanoesoedibjo,1,hasan al banna,1,hasyim asyari,1,headline,8050,headline nasional,4,Helvy Tiana Rosa,1,hidayah,4,hidayatullah,1,hidup,1,hidup sederhana,1,hijab,2,hijrah,20,hikmah,27,Hindu Masuk Islam,2,Hizbut Tahrir,5,Hizbut Tahrir Indonesia,1,hmi,1,hoax,4,hti,11,hti dibubarkan,1,hukum dropship,1,hukum sropshipping,1,hukuman mati,1,hutang,1,ibadah haji,1,IBF 2918,1,ibnu mubarak,1,Ibnu Riyanto,1,ibu,2,ibu walikota padang,1,icc,1,idul adha,5,idul fitri,3,idul Fitri,4,idul Fitri Muhammadiyah,1,idulfitri,2,ikhwanul muslimin,2,iklan,15,ikrar syahadat,2,ikrar syahadat di yogyakarta,1,ikrimah,1,ilmu syar'i,1,ilmuan,1,IM,2,imam,1,imam malik,1,imunisasi,1,Indahnya Masjid MALL,1,indonesia,50,indonesia abstain suriah,1,Indonesia PBB,1,Indonesia salah PKI,1,indonesia tanpa jil,2,indosat,1,infoumat,20,injil barnabas,1,innalillahi muhammad ali,1,inspirasi,737,internasional,1836,intifadhah,1,Intifaha 3,1,intoleransi,1,irak,1,iran,1,Irfan Hakim Hafiz Indonesia,1,Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri,1,irwan prayitno,3,irwansyah,1,isbal,1,isil,1,isis,1,islam,11,Islam Bersatu,1,islam bukan agama arab,1,islam liberal,1,islam papua,1,islam-download.net,1,islamediaredaksi,38,islamophobia,1,Ismail Yusanto,1,israel,26,Israel hentikam bantuan luar negeri,1,Israel pasang kamera pengintai,1,istambul,1,istiqlal,2,istiqomah,1,istri,2,Italia,3,itikaf,3,itj,3,itj bandung,1,ITJ Jakarta,1,jamaah,1,Jamaah Tabligh,1,jamin kesehatan,1,jangan ada tebang pilih dalam kasus penistaan agam,1,jangan lakukan ini,1,janji kampanye,1,janji pemerintah,1,jepang,1,jidat hitam,1,jihad,2,jihad islam,1,jilbab,3,jilbab diskriminasi,1,jilbab pramugari,1,JK,1,jodoh,1,jomblo,1,jordania,1,jual cincin,1,jurnal ramadhan,1,jurnalistik,3,jurnalistik dakwah,1,Jusuf Kalla,2,Juventus,1,ka'bah,3,kairo,1,kajian,29,kalender arab saudi masehi,1,kalender hijriah,2,kalender masehi,1,kanada,1,kangen band,1,Kapan Muhammadiyah Lebaran,1,kapan nikah,2,Kapolda Sumsel,1,karikatur,8,kaset,1,kashmir,1,kasunanan surakarta,1,Katharina Sutarni Sutanty,1,Katharina Sutarni Sutanty masuk islam,1,katolik,1,katolik masuk islam,2,katolik merapi,1,katolik papua,1,kawin,1,kdm,1,kebakaran,1,Kebangkitan,2,kedaulatan rakyat,1,kejam,1,kekejaman PKI,1,keluarga,183,kemenag,1,kenaikan upah,1,kepala suku papua,1,Kepanduan,1,kepenulisan,1,kesehatan,44,kesultanan yogyakarta,1,ketahanan keluarga,1,Kevin James,1,KH Arifin Ilham,1,khalid,1,khalid misy'al,1,Khilafiyah,1,khitbah,1,khusuf,1,khutbah,3,khutbah idul adha,1,khutbah idul fitri,1,khutbah jumat,1,Kiai Idham Chalid,1,kiamat,1,kiblat,1,kislap,1,kitab suci,1,kitabisa,1,kiyai slamet,1,KMGP,1,knrp,20,knrp jawa timur,2,kodam,1,koin,1,komnas,1,komunis,3,komunis china,2,Komunitas aci,1,konsep diin,1,konsep kebahagiaan dalam islam,1,konstantinopel,2,korban tragedi mina asal indonesia,1,korea,1,korupsi,3,korupsi e-KTP,1,KPK,3,krl,2,kronologis penembakan al-qarni,1,kudeta,2,kudeta gagal,1,kudeta militer turki,1,kudeta turki,4,kultwit,226,kurban,2,Kuwait,1,larangan mendidik anak,1,Letkol I Wayan Arta,1,Letkol I Wayan Arta Hafal Al-Qur'an,1,LGBT,14,LGTB,1,Libya,2,Lifestyle,1,logo HTI,1,logo palu arit,2,logo pki,1,london,2,lowongan,1,LPOI,1,lukis wajah nabi,1,lukman hakim saifudin,2,ma,1,Maariya Aslam,1,mabit,2,Madinah,2,madrasah,1,mahathir,4,maher zain,1,mahmud,1,mahram,1,Mahyeldi Ansyarullah,1,Makanan,1,makkah,2,malaysia,3,malik,1,Mall Pasar Raya Manggarai,1,Malta,1,mandi wajib,1,mandul,1,manggarai,1,manhaj,16,manusia dan kebahagiaan,1,marah,1,marbot masjid,1,maroko,1,Mas Gagah,1,masjid,4,Masjid Ahmet Akseki Camii,1,masjid al aqsa,2,Masjid Al Latief,1,Masjid Al Latief Pasar Raya manggarai,1,masjid blom m square,1,masjid di turki,1,masjid gede kauman,2,masjid kokas,1,masjid nabawi,1,Masjid Pasar Raya Manggarai,1,masjid turki,2,masjidil haram,3,masuk islam,4,mata uang,1,mavi marmara,1,MCI,2,membawa anak ke masjid,1,Memeluk Islam,1,menang,1,menangis,1,mendagri tjahjo kumolo,1,mendidik anak,2,mengelilingi ka'bah,1,menghormati yang tidak berpuasa,1,menikah muda,1,meninggal dunia,3,menteri agama,3,mentoring,1,menulis,2,menuntut ilmu,1,menyebabkan stroke,1,merasa benar,1,merdeka,1,mesir,161,messi,2,Mesut ozil,1,mie babi,1,mie instant korea,1,migran,1,milad fpi,2,militer turki,1,mimpi,1,mimpi bertemu Rasulullah,1,mina,4,minta maaf PKI,1,minta maaf ramadhan,1,misyal,1,MLM haram,1,MLM itu haram,1,modern,1,mogok,1,Mossad,1,mtq,1,mts walisongo,1,MTT,2,mualaf,46,mualaf Budha,1,mualaf center indonesia,1,mualaf hindu,1,Mualaf Hindu Masuk Islam,2,mualaf kristen,1,Mualaf Pakistan,1,muallaf,14,mudik,1,Muhamad Ali meninggal dunia,1,Muhammad Abduh Tuasikal,1,Muhammad Al Fatih,1,muhammad ali,5,muhammad ali bicara kematian,1,muhammad ali masuk islam,1,muhammad ali mati,2,muhammad ali meninggal dunia,2,muhammad ali wafat,2,Muhammad badie,1,Muhammad Najeeb Abdur Razzaq,1,Muhammadilah Idul Fitri,1,muhammadiyah,8,muhammadiyah idul fitri 2016,1,Muhammadiyah Idul Fitri 6 Juli,1,Muhammadiyah Lebaran Rabu,1,muharam,1,MUI,5,munajat 212,1,murabithun,1,mursi,7,mursyid am,1,museum,1,museum nasional,1,Muslim,11,muslim bosnia,1,muslim myanmar,2,Muslim Paris,1,muslim perancis,2,muslim rohingya,3,muslimah,48,mustafa kemal pasha,1,mutabaah harian ramadhan,1,muzammil hasballah,6,myanmar,6,Nabawi,1,nabi,2,nama foundation,2,nandang burhanudin,1,nasihat,96,nasioanal,1,nasional,774,nasional. palestina,1,nasional. pilgub jabar 2018,1,nasional. pks,1,nasional. spi Jakarta,3,nasonal,2,nasyid,74,nativisasi,2,nato,1,Nazia Ali,1,nenek ikrar syahadat,1,Nenek Katharina Sutarni Sutanty,1,nenek katolik masuk islam,1,nenek masuk islam,1,neno warisman,1,netanyahu,2,new york times,1,ngo,1,Nico Ardiansyah,1,nikah,109,nikah 17 tahun,1,Nikah massal gaza,1,nikah muda,1,nikah murah,1,nikah tanpa pacaran,1,nimr al nimr,1,novel baswedan,8,november,1,NU,3,nusantara,1,obama,2,odoj,18,oemar mita,1,ok oce,1,oki setiana dewi,2,Okoso Zukin,1,opini,269,orang benar,1,orang merasa paling benar,1,ormas seragam tni,1,oslo,1,ottoman,3,pahlawan,1,palestin,1,palestina,1047,palestina suruah,1,palestinaterkini,64,pangeran saudi,1,pantai padang,1,panti wreda,1,papua,3,parenting,12,paris,1,parlemen,1,partai 212,3,partai berkuasa,1,partner,2,Pasar Raya Manggarai,1,PBB,3,PBB Suriah,1,pedang,1,peduli,208,pemakaman muhammad ali,1,pembunuhan ahli drone,1,pemeluk katolik masuk islam,1,Pemerintah Turki,1,pemilu,2,pemilu 2019,1,pemilu turki,1,pemimpin serbia,1,pemkot,1,pemuda papua ikrar syahadat,1,pemuda papua masuk islam,1,pemukim ilegal,1,pemukim yahudi,1,penakhlukan konstantinopel,1,Penaklukan Konstantinopel,1,penembakan,1,penemu,1,Pengadilan Surambi,1,pengajian,1,pengeras suara,2,Penghafal Al-Quran,1,pengungsi,2,pengungsi suriah,1,pengusaha golf masuk islam,1,pengusaha muslim,1,penista agama,1,penjahat peranng,1,penjajah israel,1,penyimpangan asyuro,1,peradaban,1,perancis,3,perasaan,1,perempuan peradaban,1,Peringatan Milad ke 563 Tahun Penaklukan Konstantinopel,1,pernikahan,2,perppu ormas,2,Persahabatan,1,persatuan islam,1,Persatuan Ulama Muslim Internasional,1,persis,2,philipina,1,pilgub jabar,2,pilkadadki,5,pilpres,1,Piprim Basarah Yanuarso,2,pki,4,PKI menyerang Gontor,1,pks,75,PKS Kota Tegal,1,pksmuda,1,PLN,2,plularitas,1,poligami,2,polisi sholeh,1,polisi tilawah al quran,1,politik,19,potong kuku,1,PPP,1,prabowo,1,prabowohatta,1,prancis,1,prasasti,1,Prasetyo Budi .W,1,presiden,2,presiden mesir,1,presiden pks,1,presiden Turki,1,pria suriah,1,proklamasi,1,puasa,2,puasa senin kamis,1,puasa syawal,1,puisi,3,pulung sampah padang,1,purwokerto,1,putin,3,Putra Arifin Ilham,1,putri yusuf mansur,1,putri Yusuf Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah,1,qatar,8,qunut,2,Qunut Shubuh,2,qur'an,3,qurban,6,r4biah,8,rabia,1,rabiah,1,Rabithah Alawiyah,1,radio,1,Radovan Karadzic,1,raja arab,1,raja faisal,1,raja salman,5,rakyat,1,ramadan,1,ramadhan,99,ramadhan 1437,1,Ramadhan di Paris,1,ramah anak,1,referendum,1,referendum turki,2,rekaman kajian,1,rekaman kajian ilmiah,1,Relawan PKS,1,remaja,46,resensi,3,resepsi mahal,1,resepsi pernikahan,1,resolusi,2,resolusi dk pbb,1,reuni 212,14,Revolusi,1,reyhan,1,reza noah,1,rezeki,1,rezeki milik siapa,1,riba,3,ridley,1,ridwan kamil,13,ridwan tulus,1,Rimpu Bima NTB,1,Rimpu Colo,1,Rimpu Mpida,1,rindu sang murabbi,1,Rodrigo Duterte,1,rohingya,14,rohis,2,rokok,1,ronaldo,1,rumah makan,1,Rumah Tangga Sakinah,1,rumah zakat,2,rusia,4,Ruu kk,1,ruu pks,4,ruutpks,2,RZ,1,sabana,1,sadiq khan,4,sakinag,1,salah alarouri,1,salaman,1,salim a fillah,4,salim segaf,1,Sally Giovani,1,Sally Giovanni,1,samuel etoo,1,sandiaga uno,8,saptuari,5,saptuari sugiharto,1,sari roti,2,sarjana,1,sastra,163,saudi,2,sby,2,SDIT,1,sedekah,1,sedih,1,sejarah,12,sejarah islam,4,sejarah palestina,1,sekolah,5,sekolah pemikiran islam,7,selfie,1,semarang,1,seni,9,senyum,1,setya novanto,1,shalit,1,shamsi ali,1,shaum,1,SHIELD,3,shoes and care,1,shola idul fitri,1,sholat,2,sholat ashar,1,sholat berjamaah,2,silatnas 2017,1,sim gratis,1,sirah,1,siroh,52,smart171,1,Smartphones,1,soeharto,1,soekarno,1,sohibul iman,4,solo,2,somalia,2,Sonia Ristanti,1,sosial,2,spanduk,1,spi,12,spi bandung,11,Spi fatahillah,1,spi jakarta,38,SPI Tangerang,1,spj,1,sri lanka,1,steven indra wibowo,1,suami sholeh,1,suara ibu,1,suara pembaca,1,suarapembaca,107,sudah hamil?,1,Sudan,2,sudrajat syaikhu,2,sukmawati,18,sukmawatii,1,suku pedalaman,1,suku wana,1,sulawesi tenggara,1,suleiman,1,sultan murad,1,sumbar,1,sundar,1,surah,1,surahman hidayat,1,suriah,26,suster katolik,1,swedia,1,swiss,2,syafii antonio,2,syahadat,3,syahid,1,syaikh yusuf al-qaradawi,2,syam,1,Syamsul Falah,1,syariah,146,syariat,1,syawal,1,syeik al-qarni,1,Syeikh Al-Qarni,1,syekh,1,syiah,7,Syiekh Sholah al Budair,1,taaruf,2,taat suami,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,tabrakan mobil di saudi,1,tahuidullah,1,takdir,1,tanpa riba,3,tanyajawab,75,tarbawi,45,tarhib,1,tato,1,taujih,2,taujih online,53,Tausyiah,17,Tech,6,tedc,1,teheran,1,teknologi,4,teladan,91,Telkomsel,2,tenggelam,1,tentang dahlan iskan,1,Tentang Oki Setiana Dewi,1,Tentara,1,tentara israel,1,Tentara Korea,1,tepi barat,1,tere liye,2,teror,2,teuku wisnu,4,thulabiy,133,tidur,1,tidur sahur stroke,1,tidur setelah sahur,1,tikam,1,tilawah,3,time,1,timur tengah,1,tinggalkan riba,1,tips,9,tips menulis,1,tips trik menulis,1,Tirta Mandira Hudhi,1,TNI,4,togutil,1,tokoh,15,tol bawah laut,1,toleransi,1,tolikara,1,tqd,11,tradisi bid'ah,1,tragedi,2,trump,7,Tsabit bin Ibrahim,1,tsaqofah,140,tsunami,2,tukang sayur,1,tuna rungu mualaf,1,tunahan kuzu,1,tunisia,1,turki,72,tvone,1,ubn,1,uganda,1,uighur,3,ukhuwah,11,ukmi,1,ulama,1,ulil,1,Ulil Abshar Abdala,1,umahat,62,umar,1,umar bin abdul azis,1,umat,14,Ummi Pipik,1,Unesco,2,uni eropa,1,Univsersitas Islam Gaza Palestina,1,upah minimum,1,usradz Firanda adirja,1,ustadz,66,ustadz abdul somad,20,ustadz adi hidayat,8,Ustadz Arifin Ilham,4,ustadz Felix,4,ustadz hanan attaki,1,Ustadz Hasan Lubis,1,ustadz hilmy,1,ustadz zulkifli,1,utang,1,utsmani,1,vaksin,8,van damme,1,video,18,vitell logo pki,1,wahabi,1,wahyu dan kenabian,1,wali kota padang,1,walid,1,Walikota Bogor Bima Arya,2,walikota muslim london,1,walikota padang,1,walimah murah,1,wanita amerika,1,warga amerika ikrar syahadat,2,warga gaza,1,warga palestina,1,warga suriah,1,warga yaman,1,wawancara,37,White helmet,1,wilders,2,wirausaha,17,Wirda Salamah Ulya,1,Wirda Yusuf Mansur,1,worldview islam,2,xinjiang,1,Yaminah Elsyaib,1,Yasser arafat,1,Yerussalem,3,yudas iskariot,1,yunani,1,yusuf alqaradawi,1,yusuf mansur,1,Yusuf Qaradawi,1,yvonne,1,zakat,6,Zakir Naik,7,
ltr
item
Islamedia - Media Islam Online: Ketika Kejujuran Dipertaruhkan #2
Ketika Kejujuran Dipertaruhkan #2
http://setiaonebudhi.files.wordpress.com/2012/04/ujiannasional2012.jpg?w=358&h=269
Islamedia - Media Islam Online
https://www.islamedia.id/2012/05/ketika-kejujuran-dipertaruhkan-2.html
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/2012/05/ketika-kejujuran-dipertaruhkan-2.html
false
4462325520328585611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content