Mantan Sekjen PBB Kofi Annan Wafat


kofi annan wafat
Islamedia Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Kofi Annan dikabarkan meninggal dunia pada hari sabtu 18 Agustus 2018, Annan tutup usia pada usia 80 Tahun.

"Dia meninggal dengan tenang pada hari Sabtu setelah penyakit yang singkat," kata pihak Kofi Annan Foundation dalam sebuah pernyataan seperti dilansir sindonews, sabtu(18/8/2018).

Annan merupakan orang kulit hitam pertama Afrika yang mengambil peran sebagai diplomat top dunia. Dia menjadi Sekjen PBB dari tahun 1997 hingga 2006.

Dia kemudian menjabat sebagai utusan khusus PBB untuk Suriah, yang memimpin upaya untuk menemukan penyelesaian damai atas konflik di negeri Bashar al-Assad tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Kofi Annan Foundatioan menggambarkan secara singkat sosok mantan Sekjen PBB itu."(Dia) negarawan global dan internasionalis yang sangat berkomitmen berjuang sepanjang hidupnya untuk dunia yang lebih adil dan lebih damai," kata yayasan tersebut.

"Di mana ada penderitaan atau kebutuhan, dia mengulurkan tangan dan menyentuh banyak orang dengan belas kasih dan empati yang mendalam. Dia tanpa pamrih menempatkan orang lain terlebih dahulu, memancarkan kebaikan, kehangatan, dan kecemerlangan sejati dalam semua yang dia lakukan," imbuh pernyataan yayasan tersebut, seperti dikutip BBC.

Pada 13 Desember 1996, Annan terpilih oleh Dewan Keamanan PBB sebagai Sekretaris Jenderal, dan dikukuhkan empat hari kemudian lewat pemungutan suara di Majelis Umum. Annan segera mengambil sumpah jabatan, dan memulai masa jabatannya yang pertama sebagai Sekretaris Jenderal pada 1 Januari 1997. Annan menggantikan Sekretaris Jenderal Boutros Boutros-Ghali dari Mesir, yang berakhir masa jabatannya. Ia menjadi orang pertama dari sebuah negara Afrika Hitam yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

Masa jabatan Annan sebagai Sekjen diperbarui pada 1 Januari 2002, dalam sebuah penyimpangan yang tidak lazim dari kebijakan yang tak resmi. Jabatan ini biasanya berotasi di antara benua, masing-masing dengan dua masa jabatan. Karena pendahulu Annan adalah Boutros-Ghali yang juga berasal dari Afrika, Annan biasanya hanya akan menjabat satu masa jabatan. Perpanjangan masa jabatannya menunjukkan popularitas Annan. [islamedia].

Baca Ini Juga ...: