Inilah 7 Foto Eksklusif Ruangan Dalam Ka'bah


Islamedia - Ka'bah bagi kaum Muslimin merupakan bangunan suci yang menjadi kiblat ketika menunaikan Ibadah Sholat baik yang Fardhu maupun sunnah. 

Jutaan kaum muslimin berdatangan setiap tahun melakukan tawaf (mengelilingi) Ka'bah untuk menunaikan Ibadah Haji atau dan hampir setiap saat untuk Ibadah Umroh.

Untuk dapat mengenal lebih dalam tentang ka'bah, Syaikh Muhammad bin Umar Bazmul mengunggah sebanyak 7 foto yang memperlihatkan bagian dalam ruangan Ka'bah.

 
Foto 1 : Sudut dalam ka’bah di mana Rukun Yamani berada di luarnya. Tampak di bagian atasnya terdapat kain kiswah yang dibuat khusus untuk menutupi atap bagian dalam Ka’bah.
 
Foto 2 : Tiang Kab'bah, Tiang ini terbuat dari kayu terbaik dan disepuh dengan emas murni. Diantara tiangnya terdapat lampu-lampu kecil dan wadah tempat pengasapan kayu gaharu untuk mengharumi Ka’bah. Benda-benda ini adalah hadiah pemberian dari para khalifah, para sultan, para amir, dan para raja sepanjang sejarah Islam untuk Ka’bah yang mulia.

Foto 3 : Kaligrafi di dinding marmer yang menunjukkan lokasi di mana Nabi Muhammad SAW sholat saat ia memasuki Ka’bah, bertuliskan Tiada Tuhan Selain Allah.



Foto 4 : Tanda di lantai di mana Nabi Muhammad SAW pernah sholat ketika beliau memasukki Ka’bah.

 


Foto 5 : Pintu ke arah atap Ka’bah.

Foto 6 : Tulisan di dinding dalam Ka’bah dari penguasa Raja Khaled bin Abdul Aziz Aal Sau’d saat Ka’bah direnovasi

Foto 7 : Lemari, didalamnya sering diletakkan alat pewangi dari asap kayu gaharu yang dibuat khusus untuk mengharumi ruangan dalam Ka’bah. Hal ini biasa dilakukan setelah prosesi pencucian Ka’bah. Di dalam lemari ini juga terdapat semacam kapur pewangi yang beraroma mawar untuk membaluri dinding Ka’bah agar tetap wangi.



[islamedia/mh]

Baca Ini Juga ...: