Amerika : Sanksi Turki Dicabut Jika Pastor Brunson Dibebaskan


Amerika : Sanksi Turki Dicabut Jika Pastor Brunson Dibebaskan
Islamedia Pihak Amerika Serikat melalui Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) John Bolton menawarkan kepada Turki solusi untuk mengakhiri Sanksi dengan catatan pihak Turki membebaskan Pastor Andrew Brunson. Bolton mengatakan, Pemerintah Turki telah membuat kesalahan besar dengan menahan pastor asal AS itu.

"Dan, setiap hari kesalahan itu terus terulang, krisis ini akan langsung berakhir jika mereka berbuat hal yang benar sebagai sekutu NATO, bagian dari blok barat dan melepaskan pastor Brunson tanpa prasyarat," kata John Bolton seperti dilansir republika, rabu(22/8/2018).

Sejak peningkatan tarif barang asal Turki oleh Amerika, ekonomi Turki mengalami goncangan. Amerika menggandakan tarif baja dan aluminium asal Turki masing-masing sebesar sebesar 20 persen dan 50 persen. Hal tersebut kemudian berdampak pada melemahnya nilai tukar mata uang Turki, lira, terhadap dolar AS.

Pemerintah Qatar lantas mengucurkan investasi senilai 15 miliar dolar AS di Turki guna menyelamatkan mata uang tersebut. Ivestasi ditanamkan setelah pertemuan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan Emir Qatar Syekh Tamim Bin Hamad al-Thani. Doha sepakat menyetujui paket proyek ekonomi, investasi, dan deposito di Istanbul.

Meski demikian, menurut Bolton, kucuran dana investasi itu tidak akan menolong perekonomian Turki. Dia mengatakan, apa yang dilakukan Qatar sama sekali tidak cukup untuk memberikan dampak signifikan pada kondisi yang dialami Turki kini.

"Ini tentu tidak membantu, tetapi kami akan benar-benar melihat apa yang berkembang dari hal yang mereka lakukan," kata Bolton.

Retaknya hubungan AS-Turki menimbulkan pertanyaan terkait keanggotaan Ankara dalam Pakta Aliansi Atlantik Utara (NATO). Saat dikonfirmasi terkait hal itu, Bolton mengatakan, keanggotaan Turki dalam NATO tidak akan ditangguhkan mengingat itu berlainan dengan isu yang dihadapi saat ini.

"Kami fokus kepada pastor Brunson dan warga AS lainnya yang ditahan secara ilegal oleh Pemerintah Turki dan kami berharap ada solusi segera terkait hal itu," kata Bolton.

Sementara Pemerintah Turki memberikan syarat akan pembebasan Pastor Brunson dengan balasan pemimpin organisasi FETO, Fetullah Gulen diserahkan ke Turki. Pria 77 tahun yang kini hidup di Pensylvania itu disebut-sebut sebagai dalang dari kudeta gagal presiden pada 2016 lalu.[islamedia].

Baca Ini Juga ...: