Cerita Shalat Idul Fitri di Birmingham Inggris 2018


Shalat Idul Fitri di Birmingham Inggris Tahun 2018
Islamedia Shalat Eid terbesar di Eropa menurut Birmingahm mail ada lebih dari 140.000 muslim yg shalat Eid disini
*********
Eid 2018 - updates as 140,000 enjoy Europe's biggest Eid al-Fitr celebrations

Masha Allah such a massive gathering

Bismillah, jauh-jauh sebelum hari idul fitri, suami dan saya sudah melakukan riset, dimana kita akan shalat Eid, Seperti tahun lalu di London kami selalu memilih di taman / park london daripada di Masjid supaya terasa kebersamaan dan melihat komunitas muslim lainnya di negara ini.

Akhirnya, kami dapat informasi seperti tahun-tahun sebelumnya, kami memilih Birmingham, MashaAllah, populasi muslim di Birmingham inggris adalah yg terbesar bukan hanya di Inggris tapi juga di Eropa.

Diperkirakan lebih dari 100.000 Muslim akan memadati Taman di Park small heath, suatu area yg terdapat di birmingham dimana populasinya 85% muslim.

Kami sudah beberapa kali ke kota ini, its just like my second home.

Jam 6 pagi saya dan suami sudah berangkat dari rumah menuju birmingham, sambil bertakbir sepanjang perjalanan

Allahu akbar 3× ... Laa illaha ilallahu Allahu akbar, Allahu akbar wa lillahilhamd.

(baca : Foto Lengkap Suasana Sholat Idul Fitri di Birmingham Inggris).

Menginjakan kaki di kota ini, terdengar dengan jelas suara TAKBIRAN memenuhi sepanjang jalan menuju taman itu, rasanya saya ingin meneteskan airmata, ini di inggris bukan di tanah air, tapi begitu nyata yang terasa tak berbeda ada rindu mendengar takbir bukan dari youtube atau hp kita, suara takbir menggema sepanjang jalan bisa terdengar secara langsung, mashaAllah Alhamdulillah ya Rabb.

😭😭😭😭😭😭

Sampai di taman ini, saya mulai menyadari ternyata begitu banyak hamba-hamba Allah di negara ini yang masih bersujud dan memegang aqidah di negara bebas ini, walau betapapun ujian dan godaan yang harus dihadapi.

MashaAllah isnt beautiful how Islam has united us, look All people from all walks, all colours, different languages, nations we are one Family , MUSLIM UMMAH

Saya merasa bersyukur, berbeda-beda bahasa, bangsa dan warna kulit hanya Islamlah yg menyatukan kita, Rahmat Allah tidak melihat bentuk rupa, Allah menciptakan kita berbeda-beda supaya kita saling mengenal.

Hidup di negara bebas seperti ini, merayakan Idul Fitri di taman ini sangat di rindukan anak-anak, karena merekalah yang sangat merasakan kebahagiaan, setelah shalat mereka bisa naik beberapa wahana permainan, membeli es krim dan makanan lainya, bertemu dengan anak-anak lainnya juga berlarian dengan bebas di taman. Termasuk saya dan suami, ikut mengantri beli es krim dari Mobil Van bersama anak-anak 😊😊😋😋 

Ketika sedang asyik menikmati es krim dengan suami di bawah pohon tiba-tiba .. jepret - jepret 🤣🤣🤣   ada wartawan inggris membidikan kameranya kearah kami , memfoto saya dan suami spontanitas, saya senyum-senyum, i feel you sir !!

Saya juga tukang jeprat - jepret, ini momen idul fitri yg sangat langka di inggris bahkan di eropa, semua orang ingin mengabadikannya dan menyimpan memori indah ini, saya maklumi para wartawan-wartawan itu pasti tertarik dgn suasana Lebaran ini.

Walaupun saya jauh dari tanah air, tidak bisa mudik, tidak ada baju baru, rasanya saya harus banyak-banyak bersyukur Allah memberikan saya kesempatan seperti ini, bertemu saudara seiman sesama muslim di negri orang yg jumlahnya sangat banyak, mashaAllah, nikmat Allah mana lagi yg akan kau dustakan.

Thats What the Eid brings you ... So much Hapiness and smile 😍😍😍😍

Satu lagi, suami saya berkomentar ketika event-event besar sperti ini di inggris apalagi dengan jumlah massa lebih 100.000 orang pasti akan membutuhkan Ratusan Petugas keamanan, atau SECURITY GUARD tapi ada yang berbeda saat Shalat Eid ini, untuk mengantisipasi keadaan yang tidak di inginkan.

Jumlah security tidak sampai 100 orang dan mereka justru terlihat santai, masih bisa ngobrol-ngobrol santai sesama rekan securitynya, karena hampir tidak ada kekacauan, perkelahian atau yang biasanya terjadi jika ada event besar seperti pertandingan bola atau konser musik. Karena banyak yang minum-minum dan berkelahi, merusak properti public, berbeda dengan shalat Eid kali ini, security sangat santai dan bisa duduk-duduk menikmati makanan yang di jual di stand-stand Eid 😊😊😊😊


**********

Mengingatkan suami saya sewaktu beliau belum menjadi muslim yg harus bertugas sebagai security " Wedding Ceremony ".

Kalau ada pesta pernikahan muslim, suasana di gedung cenderung tenang dan aman, orang muslim tidak ada dansa-dansa sambil minum-minum semua terkendali, malah beliau bisa banyak makan, karena selalu di tawari makanan oleh pihak keluarga yg mengadakan pesta pernikahannya.

Disinilah beliau sudah mulai tertarik menjadi Muslim saat itu, karena begitu mudahnya mengatur orang-orang , MashaAllah

Berbeda dengan pesta pernikahan non muslim, selalu ada minum-minuman alkohol, musik ajeb-ajeb dan berujung pada perkelahian, merusak properti-properti gedung, it caused alot of trouble. Alhamdulillah for islam
*************
Eid Mubarak , Taqabalallahu minna wa minkum

Ditulis oleh Rahma, Yorkshire 15 juni 2018

Dipublikasikan pertama di Facebook pribadinya Rahma Binti Nasril


[islamedia].

Baca Ini Juga ...: