Ketua MUI : Kami Tidak Mendukung Apa yang Dilakukan Staquf di Israel


MUI Yahya Cholil Staquf
Islamedia Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Maruf Amin menolak keras atas langkah Yahya Cholil Staquf yang memenuhi undangan Israel dan memberikan pidato di forum America Jewish Commitee (AJC). 

"Karena itu kita tidak memberikan atau mendukung apa yang dilakukan oleh saudara Yahya Staquf," tegas Kiai Maruf di sela-sela acara Tausiyah Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia dalam menyambut Idul Fitri 1439 H di gedung MUI, jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, seperti dilansir voa-islam, Senin (12/6/2018).

Kiai Maruf menyatakan bahwa langkah yang dilakukan oleh Yahya Cholil Staquf tidak ada kaitannya dengan PB Nahdatul Ulama (NU).

Untuk persoalan Palestina, MUI mendukung penuh perjuangan masyarakat Palestina dan menegaskan bahwa Yerusalem adalah ibukota Palestina. 

Seperti diketahui, Yahya Cholil Staquf menuai kecaman banyak pihak setelah video nya berdialog dengan seorang Rabi Yahudi dalam forum yang digagas American Jewish Committe, viral di media sosial. 

(baca : Inilah Transkrip Lengkap Wawancara Yahya Cholil Staquf di Forum AJC Israel).

Kecaman terhadap Yahya Staquf tidak hanya datang dari dalam negeri bahkan kelompok pejuang Palestina baik Hamas maupun Fatah mengecam tindakan yang dilakukan Yahya Staquf tersebut.

(baca juga : HAMAS Kecam Keras Kunjungan Tokoh NU ke Israel).

[islamedia]