Ingin Puji Toleransi di Jerman, Ternyata Lokasi Foto Buka Puasa Itu Ada di Turki


Islamedia Foto deretan meja panjang buka puasa bersama yang diklaim oleh beberapa pihak sebagai perwujudan nilai toleransi di Hanover Jerman ternyata informasi yang keliru. Foto tersebut ternyata diambil di Turki.

Lebih tepatnya kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Esenler, salah satu distrik di Istanbul, Turki. Diselenggarakan pada tanggal 21 Agustus 2010, dengan 7 ribu meja yang berjajar pada sekurang-kurangnya 10 kilometer jalanan. 

Berikut ini fakta sebenarnya yang diungkap oleh jurnalis Frendy Kurniawan dan dipublikasikan oleh situs tirto.id senin 28 Mei 2018.

-------------------------------------------------

Untuk mencari informasi fakta sebuah gambar di internet, orang dapat menggunakan Google Reserve Image. Mesin pencari google akan membantu mencarikan gambar yang sama, atau dengan kemiripan visual.

Setelah mencoba memasukannya ke Google Reserve Image; hasilnya merujuk ke situs Haberdukkani. Dalam sebuah foto artikel dari situs itu, ditemukan foto deretan meja makan yang panjang.

Verifikasi dengan teknik berbeda dapat dilakukan, baik sebagai pembanding, ataupun menguatkan hasil temuan pertama tadi. Situsweb lain, NTV Turki, hasil dari telusur reserve image, dapat sebagai bahan verifikasi dengan teknik kedua.

Jika dilihat foto dalam situs tersebut, foto nomor dua dapat dijadikan bahan penelusuran. Foto sepintas menunjukkan jalan yang sama seperti foto yang beredar, namun dengan angle berbeda. Namun, acaranya adalah acara yang sama, yakni buka puasa bersama untuk memecahkan rekor. Demikian ditulis situsweb tersebut.

Melalui bahan foto kedua itulah dapat dilihat beberapa detail papan nama gedung. Salah satunya adalah tulisan "Tomurcuk" pada papan merah dari sebuah gedung di sisi kanan. Melalui petunjuk ini, lokasi gedung dapat dipastikan lewat Google Street View. Orang hanya perlu melakukan penelusuran berdasarkan kata kunci yang sudah ditemukan, misalnya "Tomurcuk", “Istanbul”, dan “Turki”. Lewat penelusuran arsip Google Street View, ditemukan bahwa lokasi jalan raya depan dari gedung dengan tulisan "Tomurcuk" pada papan merah adalah Jalan Raya Atışalanı Cd, Istanbul Turki.

Artikel Haberdukkani juga memberitahu bahwa ada 41.120 orang yang berbuka puasa di bersama dan bertujuan untuk memecahkan rekor Guinness Record Book. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Esenler, salah satu distrik di Istanbul, Turki. Disebutkan bahwa pada 21 Agustus 2010, ada 7 ribu meja yang berjajar pada sekurang-kurangnya 10 kilometer jalanan. 

Selain itu, ada 10 ton nasi, 8 ton daging, 100 ribu air minum, 45 ribu lembar jus buah dan ayran [minuman tradisional Turki yang terbuat dari Yoghurt, air dan garam], 500 ribu baki baklava [kudapan manis dari adonan kulit tepung dengan isian kacang-kacangan] dibawa untuk warga yang tidak membawa makanan. Ada pula informasi sekitar 2.900 petugas relawan yang turut membantu dalam kegiatan, termasuk 50 orang petugas pencatat rekor. 

Artikel lainnya di Worldbulletin.net menyatakan bahwa catatan acara itu akan dikirimkan ke Inggris untuk mendapatkan rekor. Namun, hingga saat ini, acara tersebut belum masuk ke dalam database Guinness Record Book. Dalam laman guinnessworldrecords.com untuk kategori “Largest iftar dinner (multiple venues)” dan “Largest iftar dinner (single venues)”, terdapat keterangan: “There is no current record holder for this title”. 

sumber : tirto

[islamedia].