Cagub Jateng Sudirman Ingin Jateng Jadi Rumah Santri, Bukan Kandang Banteng


Islamedia Calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut 2, Sudirman Said sangat mengharapkan jika Provinsi Jateng dimasa depan akan berubah dari stigma sebagai kandang banteng menjadi rumah para santri.

"Mari kita menggeser stigma, pandangan, bahwa Jateng bukan kandang banteng. Ini adalah rumah bersama, rumah orang beriman, rumah santri dan rumah orang beragama,” ujar Sudirman saat bersilaturahmi dengan pengurus dan para santri Pondok Pesantren Al-Falah, Songgom, Kabupaten Brebes, seperti dilansir jawapos, Sabtu (19/5/2018).

Jawa Tengah memiliki lebih dari 5.800 pondok pesantren yang tersebar. “Saya ingin mengawali silaturahmi disini dengan sebuah pertanyaan. Apa betul Jateng ini kandang banteng? Karena faktanya, ternyata jumlah pesantrennya sangat banyak," 

Ada beberapa alasan mengapa Sudirman memiliki harapan tersebut. Diantaranya jika umat dan para santri masih terpinggirkan, hal tersebut tidak baik bagi pembangunan di Jateng.

Ini kesempatan baik, suasana ini bisa dirubah. Selama umat masih terpinggirkan, tidak mengontrol kebijakan, tidak mengontrol anggaran, tidak mengontrol policy keputusan, itu tidak baik,” papar Sudirman.

Salah satu hal yang disorot Sudirman adalah, perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saat ini yang dinilai masih minim terhadap pendidikan Islam. Dan salah satunya, perhatian kepada pesantren yang juga sangat terbatas.

Sehingga, kalau memimpin Jateng dengan ridho Allah SWT, kami berkomitmen untuk memfokuskan pembangunan Jateng pada pembaruan manusia, cerdas, sehat, berakhlak mulia, salah satunya lewat pesantren dan pendidikan Islam,” tegasnya.[islamedia].