Hamas Tunjuk Saleh Al-Arouri Sebagai Wakil Kepala Biro Politik yang Baru




Islamedia Sebuah sumber di gerakan Hamas mengatakan bahwa Saleh Al-Arouri terpilih menjadi wakil kepala biro politik Hamas.

Al-Arouri terpilih oleh biro politik gerakan tersebut dan sesuai dengan perjanjian Hamas,” ujar sumber tersebut dalam sebuah wawancara bersama Quds Press.

Dilansir Middle East Monitor, pemilihan dimulai dua hari yang lalu dan berakhir hari ini. Dewan Syura gerakan Hamas, yang mencakup perwakilan dari tiga wilayah: Tepi Barat, Jalur Gaza dan di luar wilayah Palestina, berpartisipasi dalam pemilihan.

Al-Arouri merupakan pendiri Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas di Tepi Barat, berasal dari kota Arura, sebelah utara Ramallah. Ia lulusan Sarjana Hukum Islam dari Universitas Hebron, sebelah selatan Yerusalem yang tengah diduduki, telah menikah dan memiliki dua anak perempuan.

Arouri bergabung dengan Hamas pada sejak muda dan memimpin kegiatan mahasiswa Islam di universitas dari tahun 1985 sampai dia ditangkap pada tahun 1992.

Dia bergabung dengan gerakan Hamas pada tahun 1987 dan berpartisipasi dalam berbagai bentuk perlawanan terhadap pendudukan sejak penciptaan gerakan tersebut.

Al-Arouri ditahan oleh Israel antara tahun 1990-1992. Dia kemudian mulai membentuk sebuah perangkat militer untuk Hamas di Tepi Barat pada tahun 1991-1992.

Pasukan Zionis Israel menangkapnya pada tahun 1992 dan dia ditahan sampai 2007 setelah ditugaskan membentuk sel pertama Brigade di Tepi Barat. Dia ditangkap lagi tiga bulan setelah dibebaskan untuk jangka waktu tiga tahun hingga 2010. Kemudian, Mahkamah Agung Israel memutuskan untuk membebaskannya dan mendeportasinya. Dilaporkan bahwa dia sekarang tinggal di Malaysia.

Dia telah menjadi anggota biro politik gerakan tersebut sejak 2010 dan merupakan anggota tim negosiasi dalam kesepakatan Wafa Al-Ahrar. Dia juga seorang pemimpin Hamas yang berpartisipasi dalam dialog Kairo baru-baru ini dan kunjungan Hamas ke Rusia. [islamedia/abe]