Presiden Turki Erdogan Ajak Negara Muslim Bersatu



Islamedia Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengajak negara-negara Muslim untuk meningkatkan kerja sama satu sama lain. Pernyataan Erdogan ini disampaikan melakukan kunjungan ke ibukota Yordania, Amman, untuk memperingati 70 hubungan diplomatik antara kedua negara. Ia didampingi Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu.

Berbicara dalam sebuah pertemuan antara delegasi kedua negara di Istana Al Hussainiah, Erdogan mengatakan bahwa dunia Islam mengalami masa-masa sulit. 

"Kami, dunia Islam, hidup di masa-masa sulit. Sebagai umat Islam, kita harus menjaga solidaritas di wilayah ini, "kata Erdogan seperti dikutip dari republika, selasa (22/8/2017).

Sebelumnya pada hari Senin(21/8/2017), Erdogan mengadakan pembicaraan dengan Raja Yordania Abdullah II di istananya di Amman, dan membahas situasi di Yerusalem dan wilayah Palestina. "Saya tahu Raja prihatin dengan Palestina," kata Erdogan.

Erdogan mengatakan bahwa ia akan terus mendukung peran Jordan dalam melestarikan tempat-tempat suci umat Islam di Yerusalem. Dia menambahkan bahwa Turki dan Yordania akan terus bekerja sama untuk memastikan bahwa kesucian Masjid Al-Aqsa tidak dilanggar.

Ajakan Erdogan disambut baik oleh Raja Yordania dan mengatakan dukungan yang diberikan sangat berarti. Yordania merupakan negara penjaga kompleks masjid di Yerusalem timur, situs tersuci ketiga untuk umat Islam. 

Seperti diketahui bahwa penjajah Israel pada bulan Juli 2017 memberlakukan penutupan terhadap masjid Al-Aqsa. Bahkan umat Islam yang akan masuk Al-Aqsa diperiksa dengan detektor logam dan kamera. Kejadin tersebut menyebabkan kemarahan di seluruh dunia Muslim. [islamedia]
close
Banner iklan disini