Ditemukan Foto Asli Pendiri NU KH Hasyim Asy'ari yang Bersorban, Berjenggot, dan Berjubah


IslamediaSebuah foto yang memperlihatkan keseharian pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari ditemukan. Foto tersebut ditemukan oleh KH Mubassyir Sa'di pada tanggal 2 Syawal 1438 H atau 26 Juni 2017.

Penemuan foto Kiyai Hasyim terjadi saat Kiyai Mubassyir sedang membongkar arsip-arsip milik sang Kakek yaitu Almaghfurlah wa Murobbina’ KH Amir Ilyas dari Pesantren Guluk-guluk Madura.

Kemudian foto Kiyai Hasyim diinformasikan kepada santri Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, Taufik Mkt.

Taufik mengungkapkan bila mencermati foto Kiyai Hasyim, nampaknya foto diambil di area sekitar Pesantren Tebu Ireng. Dan di situ terlihat aktivitas KH Hasyim Asy’ari  ketika berada di halaman pesantrennya.

SubhanAllah.. Foto-foto terebut sangat berharga. Ya Allah., jadikanlah kami salah satu murid beliau dan kumpulkanlah kami bersama Hadratus Syeikh Mbah KH.Hasyim Asy'ari beserta para Masyayikh di akhirat nanti... Amin,’’ ujar Taufik dengan perkataan yang penuh nada gembira seperti dikutip republika.

Lebih lanjut Taufik mengungkapkan bahwa dengan ditemukanya foto Kiyai Hasyim akan mengubah stigma soal sorban, jenggor dan jubah.

"Wow, foto ini sangat langka. Foto ini akan mengubah stigma akan serban, jenggot, dan jubah yang selama ini telah menjadi pakaian keseharian para kyai kita,'' papar Taufiq.

Penemuan foto Kiyai Hasyim merupakan sesuatu yang sangat istimewa, mengingat pada masa tersebut alat perekam gambar merupakan sesuatu yang langka dan tidak banyak dimiliki, hanya beberapa pihak yang memilikinya. [islamedia]
close
Banner iklan disini