Menlu Italia Sebut Rejim Suriah Ingin Hancurkan Aleppo untuk Keuntungan Politik


Islamedia Rejim Suriah menghancurkan Aleppo untuk mendapat keuntungan politik dan diplomatik, lapor Anadolu Agency mengutip pernyataan Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Italia Paulo Gentiloni.

"Perlindungan udara Rusia untuk operasi militer pemerintah Suriah tidak dapat diterima," ujar Gentiloni.

"Situasi di Suriah melebihi batas wajar dan ini membuat kerja sama diplomatik lanjutan antara Rusia dan Amerika Serikat menjadi tidak perlu," lanjutnya seperti dilansir Middle East Online.

Ia mengatakan bahwa dari awal, Italia telah menyatakan keprihatinan tentang situasi tersebut, tetapi "tidak secara negatif menilai intervensi Rusia."

Ia melanjutkan: "Kami mengatakan bahwa ini bisa menjadi kesempatan karena akan memberikan tekanan pada rezim Suriah untuk memaksa untuk menerima sikap yang lebih terbuka terhadap negosiasi."

"Kami harus dengan jelas mengatakan mengenai dua hal: pertama bahwa kita telah menyaksikan serangan militer oleh rejim di Aleppo... serangan yang nelum pernah terjadi sebelumnya, sewenang-wenang dan tak terbayangkan," ujarnya.

"Kedua, bahwa rejim Suriah meluluhlantakkan Aleppo untuk mendapatkan keuntungan politik dan diplomatik," jelasnya. [islamedia/abe]