5 Tips Sederhana Menghilangkan Rasa Kantuk Ketika Baca Al-Qur'an


Islamedia - Ramadhan merupakan Syahrul Qur'an (bulan Al-Qur'an), setiap Muslim memiliki tekad untuk semakin mendekatkan diri dengan Al-Qur'an, salah satunya dengan membaca Al-Qur'an. Problem yang kerap kali muncul adalah rasa kantuk kerap kali menyerang, baru membaca satu atau dua lembar langsung mengantuk.


Berikut ini 5 tips sederhana agar menghilangkan rasa kantuk ketika membaca Al-Qur'an.




  1. Menarik nafas dalam-dalam secara pelan-pelan melalui hidung, kemudian keluarkan melalui mulut, lakukan gerakan nafas ini minimal tiga kali.

  2. Bila masih mengantuk coba gerak-gerakan anggota tubuh, seperti pergelangan tangan atau kaki, dan pijatlah tengkuk leher secara perlahan.

  3. Bila masih mengantuk gosok-gosokan kedua telapak tangan, lalu tempelkan tangan yang sudah mulai hangat dikedua mata anda.

  4. Bila masih mengantuk lakukan lari-lari kecil untuk mengembalikan kelancaran aliran darah.

  5. Bila masih mengantuk juga, pergi ke kamar mandi ambil air usap wajah dan lakukan wudhu.


Semoga dengan 5 tips sederhana tersebut semangat untuk senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur'an semakin baik, sehingga dapat mempelajari Al-Qur'an, memahami, menghafal dan mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari.


Nabi Muhammad Sholalluhu 'Alaihi Wasallam bersabda dan diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi : "Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran ), ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan 10 kali ganjaran (pahala). Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf."


[islamedia]

close
Banner iklan disini