Komunitas Muslim Bantu Korban Gempa di Kumamoto, Jepang


Islamedia - Gempa dengan kekuatan besar 7,3 pada skala Richter mengguncang Prefektur Kumamoto di Pulau Kyushu, Jepang selatan, pada Sabtu (16/04) lalu, pukul 01.25 waktu setempat.


Kejadian bencana alam ini membuat pemerintah Jepang dan warganya mengerahkan segala upaya untuk membantu para korban.


Tak hanya warga Jepang, komunitas muslim di negeri samurai tersebut ikut tergerak untuk membantu para korban.


Seperti dilansir stasiun televisi NHK Jepang, Marlo Siswahyu dari Kumamoto Islamic Center mengatakan.


"Kami (komunitas muslim-red) membantu menyuplai bahan makanan bagi para korban dan menyediakan tempat bagi mereka yang rumahnya rusak diterjang gempa", Ujarnya saat diwawancara melalui sambungan telepon oleh TV NHK.


Menurut Marlo, yang juga merupakan warga Indonesia dan telah lama tinggal di Jepang ini menceritakan bagaimana saat kejadian gempa ia bersama rekannya sedang berada dijalan dan merasakan betul guncangan hebat akibat gempa tersebut.


Sementara itu, masjid Al Nour, di Fukuoka yang tidak terkena gempa juga terbuka bagi para korban yang rumahnya hancur dan ingin mengungsi. lebih lanjut komunitas muslim juga membuka donasi bagi siapapun yang ingin membantu.


Sebagaimana diberitakan, gempa berkekuatan besar mengguncang beberapa kali wilayah perfektur Kumamoto pada Kamis dan Sabtu waktu Jepang.


Akibat Gempa di kawasan itu telah menewaskan sedikitnya 15 orang dan mencederai ratusan lainnya.


Hingga saat ini puluhan orang diduga masih terperangkap di antara reruntuhan bangunan. Gempa juga merusak sejumlah ruas jalan dan beberapa insiden longsor berlangsung di berbagai wilayah Jepang.[islamedia/nhk/YL]

close
Banner iklan disini