Yaminah Elsyaib, Fakta Sejarah Korban Kekejaman Tentara Perancis




Islamedia - Yaminah Elsyaib yang juga dikenal dengan nama lain Zulaikhah Adey adalah pejuang wanita legendaris dari masyarakat Al-Jazair. Beliau meninggal dunia dengan cara dilempar dari udara dengan menggunakan helikopter setelah sebelumnya anak dan suaminya dibunuh oleh Tentara Perancis dengan dipenggal kepalanya pada bulan yang sama.


Yaminah ditangkap tentara Perancis pada tanggal 15 Oktober 1957,  kemudian disiksa selama 10 hari berturut-turut tanpa henti sebelum akhirnya dihukum mati dengan cara dilempar dari atas helikopter pada tanggal 25 Oktober 1957


Setelah ditangkap, Yaminah diikat ditruk militer (seperti dalam photo) kemudian diseret dengan truk sepanjang jalan dan disiksa di depan umum. Namun, Yaminah sangat tabah dalam menghadapi siksaan itu tanpa mengeluarkan sepatah katapun.


Tentara Perancis mengancam rakyat Aljazair dengan perkataan: "siapa saja yang meberontak kepada penjajahan Perancis akan mendapatkan penyiksaan yang sama dan Perancis tidak akan menaruh belas kasihan sedikitpun meskipun kepada wanita dan anak-anak".


dikutip dari Facebook : Kivlein Muhammad


[islamedia/mh]