Inggris Akan Kirim Kembali Dubes dan Buka Kedubes di Iran


Menteri Luar Negeri Inggris Phillip Hammond akan mengunjungi Iran pada pekan ini untuk secara resmi membuka kembali kedutaan besar Inggris di Teheran, demikian seperti dilansir Middle East Monitor mengutip keterangan Kantor Kementerian Persemakmuran dan Luar Negeri Inggris (FCO).

"Kami dapat konfirmasikan bahwa Menteri Luar Negeri akan mengunjungi Teheran dalam beberapa hari ke depan," kata jurubicarawati FCO kepada Anadolu Agency.

Dilaporkan pula bahwa pada waktu yang bersamaan, Iran juga akan membuka kedutaan besarnya di London.

Keputusan untuk saling membuka kembali misi diplomatik antara kedua negara itu tak lepas dari tercapainya kesepakatan antara Iran dengan negara grup P5+1 terkait program nuklir Iran, yang sebelumnya menyebabkan jatuhnya sanksi PBB terhadap Iran.

Kedubes Inggris di Teheran ditutup pada tahun 2011 setelah sekelompok demonstran menyerbu dan menjarah bangunan kedubes dan rumah dubes Inggris dalam sebuah aksi menentang sanksi yang dikenakan terhadap program nuklir Iran.

Hubungan diplomatik antara Inggris dan Iran kemudian berada pada level charge d’affaires, tanpa kehadiran duta besar.

Hammond akan menjadi menlu Inggris pertama yang mengunjungi Iran setelah mantan menlu Jack Straw pada tahun 2003.

Pada 14 Juli lalu, grup kekuatan dunia P5+1 yang terdiri dari Inggris, Perancis, Rusia, China, dan Jerman, telah mencapai kesepakatan final dengan Iran, yang berisi persetujuan Iran untuk membatasi program penelitian nuklirnya, serta untuk membuka fasilitas nuklir dan militernya kepada inspeksi dari Badan Nuklir Dunia (IAEA). (memo/ismed)
close
Banner iklan disini