Kakek Tua ini Nekat Gelar Kontes Gambar Nabi Muhammad di AS


Islamedia - Warga negara New Hampshire, Jerry DeLemus (60 tahun), mencetuskan aksi seni yang kebablasan. Atas nama kebebasan, kakek tua itu berencana menggelar kontes menggambar kartun Nabi Muhammad SAW Agustus mendatang.
 
Kontes demikian bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, dua warga negara Amerika Serikat dari komunitas non-muslim, Pamela Geller dan Jon Eric Ritzheimer, pernah pula menghelat acara kontroversial “Draw Muhammad” yang mengundang reaksi dan hujatan.
 
Penistaan agama itu berujung pada tanya: siapa mereka sebenarnya? Penggagas acara sebelumnya, Jon Eric Ritzheimer, adalah mantan sersan di marinir AS. Ia bertugas dua kali di Irak, tahun 2005 dan 2008. Sedangkan Pamela Geller adalah aktivis perempuan yang terang-terangan anti-syariah.
 
Sementara, Jerry DeLemus lahir di Rochester, New Hampshire, Amerika Serikat pada 25 November 1954. Suami dari mantan anggota DPR New Hampshire itu aktif dalam koalisi New Hampshire Tea Party.
 
Veteran Korps Marinir Amerika Serikat (sekitar 1973) itu dikenal pula sebagai pemimpin kelompok Project Glenn Beck 9/12. Mantan Sersan tersebut sempat menjadi berita utama tahun lalu sebagai pemimpin milisi darurat yang berhadapan dengan agen federal dalam upaya untuk menghentikan penyitaan properti dari peternak Cliven Bundy di Nevada.
 
Pada 2014, ia juga mencalonkan diri sebagai sheriff di Strafford County, NH. DeLemus menganggap, kebebasan berekspresi yang dijamin oleh Amandemen Pertama mengalahkan keterbatasan berekspresi yang diatur oleh agama.
 
"Jika Anda kembali menjauh dari kebebasan sebagai warga negara sedikit demi sedikit, hal berikutnya, Anda tidak akan memiliki kebebasan yang tersisa,” ujarnya. [rol/islamedia]