Muslimah ini Berdakwah Melalui Bisnis Kreatif


Islamedia -  “Yang Muda Yang Berwirausaha”. Nampaknya kalimat itu cocok untuk seorang Muslimah Preneur yang mengusung brand Tatuhandmade. 

Tatuhandmade adalah salah satu brand usaha yang diangkat oleh seorang mahasiswa Muslim di salah satu Perguruan Tinggi ternama di Bogor, Tatu Kulsum. Sepak terjang di dunia bisnis sudah ia lakoni sejak tingkat pertama kuliah. Berawal dari ia mendapatkan juara 1 business plan competition Tingkat IPB dan Tingkat Nasional. Akhirnya ia memutuskan untuk menekuni dunia bisnis. Namun, ada hal yang berbeda dengan produk-produk bisnis yang ia tawarkan sebelumnya. 

Sebelumnya, ia fokus berbisnis di bidang fashion dan pertanian. Sekarang, pemilik akun instagram @tatuhandmade ini memberikan terobosan baru dengan menawarkan berbagai produk kreatif bernuansa Islami.

Produk-produk yang ditawarkan Tatuhandmade adalah boneka dan bantal bernuansa Islami; Boneka Ukhti Tatuhandmade, Boneka Yuk Berhijab, Bantal Wisuda Ukhti, dan lain lain. Uniknya, konsumen dapat memesan sendiri warna bahan dan bisa memesan tulisan yang akan di bordir pada boneka. Bisnis kreatif Tatuhandmade baru berdiri sejak Desember akhir 2014, namun produknya sudah dikirimkan ke berbagai daerah di Indonesia. Sekarang, ia sedang mengusahakan agar produknya bisa menembus tahap ekspor.


“Berwirausaha itu alangkah baiknya berjamaah. Jadi, saya sangat membuka peluang bagi siapapun yang ingin menjadi investor Tatuhandmade. Terlebih lagi, produk yang saya tawarkan memiliki nilai edukasi Islami. Secara tidak langsung, bisnis ini bisa menjadi sarana untuk berdakwah secara kreatif. Menyebarluaskan sama dengan syi’ar. Semoga produk Tatuhandmade ini bisa menjadi ikon Indonesia. Kalau Jepang punya Doraemon, Malaysia punya Upin Ipin, maka Indonesia punya Tatuhandmade, boneka edukasi Islami.” Tatu Kulsum.[putri-alhadad/islamedia/YL]