Kapal Freedom Flotilla III Mulai Berlayar dari Swedia Menuju Gaza


Islamedia - Sebuah kelompok yang menamakan diri Kampanye Eropa untuk Mengakhiri Pemenjaraan Gaza, mengumumkan bahwa pada hari Senin (11/5) kemarin, kapal besar pertama yang akan ambil bagian dalam Freedom Flotilla III telah berlayar dari Gothenburg, Swedia menuju Copenhagen, Denmark, untuk selanjutnya menempuh jarak 5000 mil laut dengan tujuan Jalur Gaza, demikian dilaporkan Anadolu Agency.

Dalam pernyataannya, pihak Kampanye Eropa juga mengatakan bahwa kapal trawler Marianne telah bergabung bersama rombongan SHip to Gaza Swedia dan Ship to gaza Norwegia, dan kapal-kapal lainnya akan ikut pula bergabung sepanjang perjalanan.

Freedom Flotilla pertama dahulu dipimpin oleh kapal Turki Mavi Marmara yang menempuh pelayaran menuju Jalur Gaza pada Mei 2010 sebelum kemudian pasukan zionis Israel menyerangnya di perairan internasional, hingga menyebabkan gugurnya 10 orang aktivis dan melukai yang lainnya.

Presiden Kampanye Eropa untuk Mengakhiri Pemenjaraan Gaza, Mazen Kahil, mengatakan bahwa upaya-upaya kalangan internasional terus berlanjut demi mencapai Jalur Gaza selama 8 tahun ini.

Kahil mengatakan bahwa usaha Kampanye Eropa bermaksud untuk mengingatkan komunitas internasional akan tanggung jawab yang mesti diembannya dan menempatkan pemenjaraan gaza sebagai agenda politik teratas. Ia juga menegaskan bahwa usaha-usaha unyuk mendobrak blokade Israel atas Gaza akan terus berlangsung.

Kahil menyerukan kepada segenap pemangku kepentingan dan aktivis internasional untuk bergabung dengan usaha Kampanye Eropa untuk menembus blokade Gaza tersebut, serta bersama-sama membantu mengurangi beban penderitaan yang dialami warga sipil di sana.

Koalisi Freedom Flotilla juga mengumumkan di laman mereka, bahwa mantan Presiden Tunisia Moncef marzouki akan juga turut bergabung sebagai penumpang di kapal mereka menuju ke Gaza.

Kapal tersebut mengangkut jumalh kargo yang terbatas termasuk panel surya dan perlengkapan medis. (memo/ismed)
close
Banner iklan disini