Amerika Khawatir, Dukungan Internasional Terus Meningkat Cabut Legalitas Israel


Islamedia.co -  Mantan penasihat Presiden Barak Obama, Dannis Ross menjelaskan, bahwa sikap negaranya terhadap Tel Aviv akan terkena dampaknya dengan pembentukan pemerintahan baru dan garis politiknya. 

Dalam keterangannya kepada media Israel, Ross berharap ada upaya perundingan baru antara Israel-Palestina, yang saat ini tak ada kepercayaan dari kedua pihak, karenanya sangat penting untuk mengubah suasana dan kondisi di kawasan.

Pihak Palestina lebih sukses meraih dukungan internasional sebagai pihak yang ingin berdamai dibandingkan Tel Aviv, meski belum merespon inisiatif Menlu Amerika John Kerry, dan langkahnya bergabung ke pengadilan internasional, ungkap Ross. 

Ross mengingatkan, dukungan internasional terus meningkat untuk mencabut legalitas negara Israel, dan menyerukan kepada PM Israel, Benyamin Netanyahu agar mengusulkan inisiatif politik dan menjelaskan langkah yang hendak dibuatnya, dan mengumpan bola ke pihak Palestina, tegasnya. 

Menurut Ross, pemerintah Amerika concern terhadap penerapan statmen Netanyahu terkait solusi dua negara di lapangan, dan menghentikan proyek pemukiman yahudi. Israel harus mengumumkan bahwa proyek pemukiman hanya dibangun di kawasan yang berada dalam kendalinya dalam perundingan mendatang, dan bukan di kawasan negara Palestina, pungkas Ross. [PIP/islamedia/YL]