Bangunan Sejarah Islam Masa Kekhilafahan Ustmani Terancam Digusur dan di Yahudisasi


Islamedia.co -  Puluhan rumah dan bangunan peninggalan kekhilafahan Usmaniyah bertebaran di kota Lama Bersheba, dan saat ini terancam yahudisasi dan penggusuran. 

Khalifah Usmani membangun kota Bersheba awal tahun 1900 dengan cirri khas arsitektur Islam. 

Kota ini masih menjadi pusat kebudayaan penting warga Negev, banyak pusat-pusat pendidikan, kebudayaan, kesehatan dan perdagangan, di samping sarana keagamaan, dan stasiun kereta yang menghubungkan Selatan Palestina dengan wilayah Utara. 

Peninggalan sejarah Islam dan peradaban Palestina di Bersheba saat ini tak terawat, banyak bangunan dan rumah yang kokoh namun sepi dan terisolir, dan justru digunakan para pecandu narkoba dan lainnya. 

Penjajah zionis ‘Israel’ berupaya mengubah sebagian gedung-gedung peninggalan tersebut jadi museum, dan tempat festifal minuman keras, termasuk Masjid Agung Bersheba yang tak dihormati zionis. 

Beberapa bangunan masih menggunakan tulisan Arab sebagai bukti peninggalan Islam dan Arab. Namun beberapa lainnya telah diubah zionis menjadi pertokoan dan kafe yang menghapus identitas aslinya sebagai peninggalan Islam masa Usmaniyah. 

Bangunan-bangunan bersejarah ini meski terlantar, tapi masih memperlihatkan kekokohannya, berbeda dengan kondisi kawasan sekitarnya. [PIP/islamedia/YL]


close
Banner iklan disini