Tergali! Kota Tua di Berumur 5.000 Tahun di Turki


Islamedia.co -  Para arkeolog menguak adanya kota bawah tanah di Anatolia Tengah, provinsi Nevsehir, Turki. Sejauh ini sudah diketahui adanya formasi batu Fairy Chimney di sana, demikian dilaporkan Kantor Berita Islam IINA, Sabtu (17/1) lalu.

Jejaring terowongan dan jalur jalan yang diketemukan di sana, diyakini berumur 5.000 tahun. Situs tua itu diketemukan ketika pengembang properti setempat sedang memulai pembangunan di area tersebut.

"Tadinya tidak diketahui sebagai kota bawah tanah. Ada jalur terowongan sepanjang tujuh kilometer," kata Kepala Administrasi Pembangunan Perumahan Turki Mehmet Ergun Turan kepada Hurriyet.

"Kami menghentikan pembangunan konstruksi yang sebelumnya kami rencanakan di area ini, begitu kami temukan kota bawah tanah ini," kata Turan menambahkan.

Di provinsi Nevşehir, sebelumnya sudah ada kota bawah tanah Derinkuyu, yang sanggup menampung tempat tinggal 20,000 orang. Tetapi jika perkiraan awalnya benar, situs kota bawah tanah yang baru ini ukurannya jauh lebih besar.


Menanggapi soal besarnya pengaruh penemuan tersebut, walikota Nevsehir,
Hasan Ünver mengatakan, bahwa kota Derinkuyu itu cuma seluas "dapur" dibanding kota bawah tanah yang baru ditemukan tersebut.

"Kota bawah tanah ini (diketemukan) di lahan seluas 45 hektar dari total 75 hektar wilayah yang termasuk dalam proyek transformasi (urban). Kami mengerjakan proyek ini sendiri sejak tahun 2012," ujarnya.

"Kami telah mengambil 44 benda bersejarah untuk proses pelestarian. Kota bawah tanah ini ditemukan tatkala kami memulai proses penghancuran sesuai protokol. Ciri-ciri pertama dikenali pada tahun 2013. Kami waktu itu mengajukan ke Badan Pelestarian Pusaka Budaya dan Alam dan kemudian area ini secara resmi sudah terdaftar," tuturnya.

Hurriyet Daily news melaporkan bahwa kota yang baru digali itu kemungkinan merupakan kota bawah tanah terbesar yang berhasil ditemukan di provinsi itu. (iina)

close
Banner iklan disini