PBB Tolak Resolusi Pengakuan Negara Palestina


Islamedia.co -  Dewan Keamanan PBB pada akhirnya tidak meloloskan resolusi pengakuan negara Palestina yang ditentang keras oleh Amerika Serikat pada Selasa (30/12).

Rancangan resolusi sebelumnya telah diajukan secara resmi oleh Palestina lewat Yordania ke DK PBB.

China, Perancis, dan Rusia berada di antara delapan negara yang memberikan suara mendukung resolusi, tetapi butuh 9 negara pendukung agar resolusi bisa lolos.

Australia dan Amerika Serikat menentang, dan lima negara lainnya abstain, termasuk Inggris.

Resolusi yang disusun oleh Palestina dan didukung oleh negara-negara Arab akan membuka jalan untuk sebuah negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya.

Anggota Dewan Keamanan Jordania telah meminta untuk diadakn suara meskipun ada penentangan keras dari Amerika Serikat, yang menyatakan bahwa resolusi tidak menangani masalah keamanan Israel dan menetapkan tenggat waktu sewenang-wenang.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah melobi pada hari-hari menjelang pemungutan suara, memanggil 13 menteri luar negeri untuk menjelaskan oposisi Amerika.

Argentina, Chad, Chili, Yordania,Luksemburg, China, Perancis dan Rusia mendukung resolusi.

Lithuania, Nigeria, Rwanda dan Korea Selatan abstain, bersama dengan Inggris.

Sumber-sumber diplomatik mengatakan Nigeria telah diharapkan untuk mendukung resolusi dan berubah sikap pada menit terakhir. (beritapalestina/islamedia)