Ini Sosok Pengganti Raja Arab Saudi yang Wafat


Pangeran Salman
Islamedia.co -  Kerajaan Arab Saudi langsung menisbahkan Pangeran Salman bin Abdul Aziz al-Saud menjadi raja menggantikan King Abdullah setelah sang penjaga dua kota suci meninggal dunia dini hari tadi. Pangeran Salman sendiri telah ditunjuk menjadi putra mahkota sejak tahun 2012.

Lantas seperti apa sosok sang pengeran yang kini menjadi raja? Dikutip dari Al Jazeera, Pangeran Salman lahir pada 1935. Dia merupakan satu dari tujuh anak Raja Abdul Aziz dari istrinya, Husa al-Sudairi. Sejak muda Pangeran Salman telah ditempa di School of Princes di Riyadh. Anak-anaknya kini menduduki posisi penting di Arab Saudi.

Dia memulai karir politiknya pada 1954 sebagai Gubernur Riyadh sampai tahun 2011. Saat pertama kali menjabat sebagai gubernur usianya baru 19 tahun. Sang pangeran lantas ditunjuk menjadi menteri pertahanan dan diangkat menjadi putra mahkota pada tahun 2012.

Pangeran Salman dikenal sebagai sosok yang memegang teguh nilai-nilai agama dan sangat konservatif, namun juga memiliki semangat besar melakukan reformasi dan perubahan sosial di negaranya. Hanya saja diusianya yang menapak 79 tahun sempat beredar rumor bahwa kondisi kesehatannya kurang mendukung untuk melakukan tugas-tugas kenegaraan yang berat. [eko]