Kampanye Warga Eropa Menuntut Pencabutan Blokade di Gaza


Islamedia.co -  Kampanye warga eropa menuntut pencabutan Blokade di Gaza tengah bersiap menggelar aksi yang akan diikuti puluhan lembaga dan yayasan di benua Eropa untuk menggalang aksi solidaritas Gaza sejak 27 Desember bersamaan dengan peringatan perang Al-Furqon. 

Kampanye Eropa dalam keteranganya, Kamis (12/18) mengatakan, “Pekan Eropa untuk solidaritas Gaza akan dimulai pada 27 Desember hingga 18 Januari mendatang. Aksi akan dimulai di puluhan kota Eropa untuk menuntut penghapusan blokade Gaza. Mereka minta perlintasan Rafah segera dibuka dan rekonstruksi dipercepat. Disamping itu, mereka menuntut agar Gaza diberikan haknya untuk membuka pelabuhan yang akan menghubungkan Gaza dengan dunia luar, sebagai tuntutan HAM untuk bergerak dan hidup secara layak. 

Gaza yang telah mengalami tiga kali gempuran Zionis, saat ini dalam kondisi kemanusiaan yang sangat mengkhawatirkan, yang telah terjadi sejak delapan tahun silam. 

Mereka menegaskan, konsisi Gaza butuh gerakan cepat dan nyata dari sejumlah pihak internasional, untuk menyelamatkan tuntutan blokade dan gempuran militer yang bertubi-tubi. Sejumlah sektor hampir lumpuh. 

Selain itu, Eropa Campaign menegaskan, sangat penting menghentikan sangsi massal terhadap satu setengah juta warga Palestina di Gaza serta bekerja untuk mencabut blokade yang mencekiknya, terutama setelah perang terakhir ke Gaza. [Infopalestina/islamedia/YL]