Kecewa pada Pemerintah Netanyahu, Menteri Lingkungan Israel Mundur


Islamedia.co - Menteri Lingkungan Hidup Israel Amir Peretz hari Ahad (9/11/2014) mengatakan mundur dari jabatannya di kabinet PM Netanyahu.
 
Berbicara dalam rapat kabinet mingguan, Peretz mengatakan negara Israel sedang mengalami “gempa” di semua bidang -diplomatik, sosial dan finansial” dan menuding Netanyahu bertindak secara “tidak bertanggungjawab. Demikian menurut pernyataan Peretz yang dirilis juru bicaranya.
Pada hari Ahad itu juga kemudian Peretz secara resmi mengajukan surat pengunduran diri, kata juru bicara itu kepada AFP.
 
Peretz merupakan mantan ketua serikat pekerja yang berpengaruh, Histadrut, yang meninggalkan Partai Buruh untuk bergabung dengan Partai Ha Tnuah bentukan Menteri Kehakiman Tzipi Livni sebelum pemilihan umum terakhir. Dia merupakan kritikus vokal kebijakan sosial PM Netanyahu.
Peretz juga mengatakan tidak akan mendukung rancangan anggaran negara yang dijadwalkan persetujuannya oleh parlemen hari Senin ini.
 
“Saya tidak bermaksud lagi untuk menjalankan kebijakan-kebijakan Netanyahu, yang sudah terpenjara oleh kelompok sayap kanan,” kata Peretz.
 
Peretz menjadi menteri kedua yang mundur dari kabinet Netanyahu bulan ini, setelah sebelumnya Gideon Saar mundur dari jabatan menteri dalam negeri. Saar yang tergabung dalam Partai Likud bentukan Netanyahu mengaku turun dari panggung politik karena ingin menghabiskan waktu bersama keluarganya. [hidcom/im]