Istri Wakil Wali Kota Bandung Dapat Penghargaan dari Jepang


Islamedia.co -  Istri Wakil Wali Kota Bandung, Siti Muntamah, A.Md., mendapatkan penghargaan dari Universitas Katakyushu Laboratorium Matsumoto karena dinilai berhasil membidani bank sampah di Kota Bandung. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan oleh Prof. Martsumoto Toru di RW 10 Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Selasa (21/10/2014). Acara tersebut, dihadiri Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial yang merupakan kader PKS.

Seperti dikutip dari Galamedia, Prof. Matsumoto Toru mengaku sangat terkesan dengan pengolahan sampah melalui sistem bank sampah yang dipelopori LSM Hijau Lestari yang dibina siti Muntamah. Ia telah banyak mengunjungi daerah yang mengelola bank sampah, namun bank sampah di Kota Bandung lebih bagus.

"Karena itu, kami tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengelolaan sampah di Kota Bandung," ujarnya.

Semenrtara itu Siti Muntamah menyatakan, lahirnya LSM Hijau Lestari disadari dari keprihatinannya terhadap permasalahan sampah di Kota Bandung. Sejak tahun 2006, ia mulai mengajak masyarakat untuk peduli dan mengatasi masalah sampah melalui bank sampah.

"Alhamdulilah sudah ada 100 titik bank sampah yang tersebar di RW. Dan sudah ada 35 titik bank sampah yang maju. Bahkan bank sampah di RW 10 Kel. Dago, Kec. Coblong ini sudah memiliki tabungan sebesar Rp 20 juta dalam kurun waktu setahun ini," katanya. [gie/islamedia/glmd]