Web PKS Bandung Kota, Menjaga Orisinalitas Karya


Islamedia.co - Menarik memperhatikan menjamurnya web-web yang berafiliasi ke salah satu partai Islam, yaitu PKS. Web-web itu mengatas-namakan struktur suatu wilayah. Contohnya pks-jakarta.or.id milik pengurus PKS di provinsi DKI Jakarta, atau pksjateng.or.id milik pengurus PKS provinsi Jawa Tengah, dll.

Web-web struktur PKS ini juga dapat ditemukan di kepengurusan tingkat kota, misalnya www.pksdepok.com di Depok, pks-kotabogor.org dari Bogor, dll. Web PKS bahkan bisa ditemukan di kecamatan seperti www.pksnongsa.org dari kecamatan Nongsa kota Batam, dari kecamatan Pancoran ada pks-dpcpancoran.blogspot.com, dan banyak lagi.

Di antara puluhan web-web struktur PKS itu ada yang aktif meng-update kontennya, ada juga yang mati suri. Kelemahannya, di antara web-web itu masih terjadi saling copy paste (copas), atau ada kesamaan berita. Akhirnya sulit ditemukan postingan yang unik dari masing-masing web.

Terkecuali web PKS Kota Bandung yang beralamat di www.pksbandungkota.com, dan juga sebagian web struktur PKS lainnya. Berbincang dengan salah satu redakturnya, Riska Mardiana, web PKS Bandung Kota berniat untuk menjaga orisinalitas konten dengan tidak mencopas dari web lain, juga tidak mengizinkan kontennya dicopas oleh web lain.

Bagaimana perjalanan tim PKS Bandung Kota mengurus web mereka, ikuti wawancara Islamedia bersama Riska Mardiana!

Sudah banyak web struktur PKS yang dibuat oleh kader-kader PKS. Apa hal yang berbeda yang ingin ditawarkan web PKSBandung Kota?

Pada awalnya web PKS Bandung Kota sama saja dengan web struktur lainnya. Memuat hal-hal terkait PKS, dsb. Sekitar awal tahun 2014 ini kami mulai merapikan arah langkah kami. Terutama dalam hal orisinalitas tulisan. Kami mulai membuat 'dapur' sendiri untuk meracik bahan tulisan yang akan naik di situs kami.

Artinya web ini anti copas (copy paste)?

Sebenernya berawal dari beberapa kejadian. Pernah suatu kali postingan PKS Bandung Kota di-copas oleh sesama akun struktur tanpa mencantumkan sumber. Nah, kita agak kecewa juga dengan hal itu.

Ditambah, kita menelusur beberapa situs struktur kok banyak yang isinya saling copas satu sama lain. Kami fikir, kalau akun struktur beda daerah isinya sama karena saling copas, berarti tidak nambah info sama sekali dong. Selain itu dengan anti copas kita sedang berusaha menumbuhkan kesadaran kader untuk rajin menulis. Karya kader yang masuk dapur kita selalu kita usahakan untuk dimuat.

Kalau ada berita yang sedang hot/trending, web PKS Bandung Kota tidak akan memuatnya karena menghindari copas?

Kita berupaya untuk mencari source sendiri atau minimal remake berita dari angle yang lain kalau sedang ada yang trending. Tetapi tetap upayakan tidak copas.

Apakah ketersediaan personil cukup untuk menajalankan aksi anti copas ini?

Awalnya kita agak keteteran dengan belum terbentuknya tim. Waktu itu yang mengurus konten web hanya admin seorang aja haha .

Akhirnya karena kebutuhan, plus juga niatan kita untuk menyemai bakat menulis kader, kita coba bentuk tim khusus kontributor web PKS Bandung Kota.

Saat ini jumlah kontributor tetap web PKS Bandung Kota ada 8 orang plus admin. Tiga di dalamnya sudah mulai diaktivasi untuk jadi redaktur yang berhak menyunting & memposting langsung tulisan ke web.

Web ini punya sasaran segmentasi pembaca?

Segmentasi khusus sih gak ada. Cuma pastinya kita mengutamakan berita ke-Bandung-an

Rubrik-rubrik yang menjadi andalan apa saja?

Utamanya kisah/tausyiah dan tokoh. Kadang kita mengangkat aktivitas dpc/dpra juga

Kendala dalam mengurus web struktur partai apa saja?

Kalo dari personel, kadang karena kesibukan personel jadwal tayang web suka terganggu terutama kalau sedang momen pemilu di mana kader punya tugas di lapangan juga. Kalau yang lainnya, konten lebih terbatas karena sifatnya suara web merepresentasikan suara partai.

Apa rencana pengembangan web PKS Bandung Kota ke depan?

Ke depan kita akan memperbanyak materi riayah dan mengangkat tokoh-tokoh PKS kota Bandung, juga merambah ke mengangkat sisi-sisi ke-Bandung-an dari warganya.

Apa pesan dari pengurus web www.pksbandungkota.com untuk pengurus web struktur PKS lain?

Hmm. Mungkin semakin kembangkan lagi webnya, gali kemampuan kader yang mungkin belum keliatan. Siapa tau semakin banyak kader yang bisa nulis dan akhirnya web partai semakin bisa mengembangkan kader yang bernaung di bawahnya.






close
Banner iklan disini