Presiden SBY: Indonesia Konsisten Dukung Penuh Negara Palestina


Islamedia.co -  Pemerintah Indonesia konsisten mendukung terbentuknya Negara Palestina dengan memberikan bantuan dan berbagai kerjasama dengan Palestina. "Khusus mengenai Palestina, bersama masyarakat internasional lainnya, Indonesia aktif memperjuangkan hak-hak sah bangsa Palestina untuk mendirikan negara yang merdeka dan berdaulat," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam pidato kenegaraan di Gedung DPR/MPR/DPD RI Jakarta, Jumat (15/8).

"kita juga berada di barisan depan dalam memperjuangkan peningkatan status Palestina sebagai anggota penuh PBB dan aktif membantu peningkatan kapasitas menuju negara Palestina yang merdeka dan berdaulat," tambah Presiden SBY.

Dukungan itu tidak hanya berupa sejumlah kebijakan luar negeri Indonesia namun juga beberapa hal lain sebagai upaya diplomasi. "Beberapa waktu lalu, saya mengirimkan surat terbuka kepada para pemimpin dunia agar memiliki sikap dan kesadaran bersama untuk menghentikan aksi kekerasan yang sungguh tidak proporsional dan tidak berperikemanusiaan oleh Israel atas penduduk Gaza dewasa ini. Indonesia akan terus berjuang bagi kemerdekaan Palestina, berdasarkan konsep dan solusi dua negara. Two State Solutions," katanya.

Sementara terkait upaya menjaga perdamaian global, peran Indonesia juga tidak kecil. "Indonesia telah menjadi salah satu penyumbang utama dalam misi-misi perdamaian PBB. Peran Indonesia dalam perspektif ini semakin menguat dan terlihat tidak hanya dari sisi jumlah, tetapi juga dari segi kualitas personel. Visi Indonesia dalam hal ini adalah menjadikan Indonesia sebagai 10 besar negara penyumbang pasu-kan misi-misi perdamaian PBB," katanya. [rol/im]