Tifatul : Pertarungan Masa Depan adalah Inovasi


Islamedia.co - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring menyebut bahwa pertarungan industri ke depan adalah pertarungan inovasi.
 
"Industri teknologi informasi atau IT adalah industri otak. Banyak para pengusaha yang hadir dalam pameran ini, karena pertarungan masa depan adalah inovasi," ujar Tifatul Sembiring usai membuka pameran ICT 2014 di Balai Sidang Jakarta, Jakarta, Rabu (14/5).
 
Ia mengharapkan pameran itu tidak hanya mencari "recehan" alias acara dagang biasa, tetapi juga harus menginspirasi anak-anak muda di Tanah Air untuk bersaing dalam bidang IT.
 
Bisnis IT di Tanah Air mencapai Rp500 triliun setiap tahunnya, tetapi 70 persen pelaku bisnis tersebut adalah asing. "Maka porsi itu harus diambil oleh lokal," katanya.
 
Menkominfo menyebut beberapa kebijakan kementerian turut mendorong partisipasi pebisnis lokal. Misalnya dengan mewajibkan konten lokal.
 
Pameran ICT 2014 tersebut menampilkan produk-produk terbaru dari dunia IT, pameran itu berlangsung 14 hingga 16 Mei dari pukul 10.30 hingga 18.00 WIB. Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk melihat pameran IT terbesar itu.
 
Pameran itu juga diisi dengan seminar-seminar yang diisi oleh pakar-pakar di bidang IT. Pameran itu bertujuan untuk menfasilitasi komunitas bisnis di Indonesia dalam menumbuhkan sudut pandang yang didasari oleh inovasi dan bertahan di tengah kompetisi. [Islamedia/Berlin/ROL]