Terowongan Gaza Ditemukan, Warga Yahudi Ketakutan


IslamediaSumber-sumber media Israel mengungkap dokumen rahasia milik pimpinan militer 'Israel' tentang mekanisme menyikapi warga pemukim Yahudi yang berdekatan dengan Jalur Gaza dan menenangkan mereka jika operasi penyerangan melalui terowongan oleh pejuang Palestina terus berlanjut.
Portal berita Israel Walla, Kamis (3/4) waktu setempat, mengutip dokumen tersebut bahwa meningkatnya penemuan terowongan bawah tanah menambah ketakutan warga Yahudi.

Pihak komanandan Israel yang ikut beroperasi mencari terowongan di perbatasan dengan Jalur Gaza merekomendasikan agar segera dilakukan dialog dengan warga Yahudi.
Pihak keamanan coba memberikan pemahaman kepada warga Yahudi bahwa pasti ada solusi bagi maslaah ini. Apalagi, Israel sedang menyiapkan sistem pertahanan Kubah Terowongan seperti halnya Kubah Baja.

''Komandan Israel juga menegaskan temuan terowongan itu berada di titik militer dan bukan di titik dekat pemukiman,'' sebut laporan Walla seperti dikutip Infopalestina. Pihak Israel juga meningkatkan personelnya di pemukiman-pemukiman yahudi dekat Jalur Gaza.

Dua pekan lalu, pihak militer Israel menyatakan berhasil menemukan terowongan bawah tanah dekat Kobesot Aen 3 ke arah timur dari Khan Yunis, Jalur Gaza selatan. Namun, pihak Brigade Izzuddin Al-Qassam menyatakan temuan terowongan itu bukan karena prestasi Israel namun karena lonsor akibat musim hujan beberapa saat lalu di Jalur Gaza. (ROL/islamedia/ds)